35

Baby Grace - The birth story

Posted on Sunday, December 8, 2013

Di usia kandungan yang nyaris 10 bulan (yoi, nyaris 40 minggu), si calon mama ini deg-degan setiap hari nunggu kehadiran si kecil. Setiap pagi saya jalan ke pasar dari rumah untuk beli hal-hal yang gak jelas, yang pada intinya adalah supaya saya banyak jalan. Terakhir-terakhir pun sempet jongkok-jongkok di siang hari bolong kalo lagi nganggur. Tapi tetep rasa kontraksi itu kok gak muncul tiba..

Dokter memprediksi tanggal kelahiran di 24 Nov 2013, yang berarti kalo tanggal 24 gak kunjung keluar saya harus di induksi atau parah-parahnya harus di sesar >_<. Terus terang saya takut banget kalo harus sesar, ya walopun enak gak sakit mules tapikan yang namanya operasi ya boook... dibelek... isi perut kemana-mana (lebay)... gini nih kalo kebanyakan nonton Greys Anatomy, bawaannya ngeri aja sama ruang operasi.

Enihow, tanggal 20 Nov saya jadwal rutin kontrol ke dokter kandungan. Begitu masuk sapaan dokter langsung "lho kok masi disini? belom mules?" hmmm...

"Saya cek dalam ya"

Oh nooooo. Kata orang kan cek dalem sakit banget yaa, dan ternyata beneran aja sakit! Karena itu bukan cuman cek dalam tapi di induksi mekanis sama dokternya.

"Kamu sama sekali ga pernah kontraksi? ini udah bukaan dua.."

Pulang dari dokter perasaan saya udah dag dig dug campur sari ga karuan. Excited campur takut. Sejak itu saya merasa perut saya mengeras dibagian bawah setiap kali ganti posisi, tapi gak mules. kata orang kan kalo kontraksi mules yaa.. jadilah saya nungguin rasa mules sampe pagi. Tidur malem masih lumayan nyenyak asalkan gak ganti posisi.. Paginya saya merasa perut kok mengencangnya semakin sering yaa.. Sekitar setengah jam skali dan lama lama jadi 10 menit sekali. Daaan disitulah saya baru sadar kalo itu dia yang namanya kontraksi. beneran rasanya gak ada mules-mulesnya sama sekali. Ga ada rasa pengen pup, cuma kenceng kayak mau kram tapi gak jadi dan durasinya sekitar 10-40 detik.

Saya hitung pake contraction timer nungguin sampe 5 menit sekali tapi kok gak kunjung tiba ya. Sampe sore jam 5 masih setiap 10 menit sekali tapi udah semakin sakit dan lama. Akhirnya saya memutuskan ya udah deh ke RS cek. kalopun harus pulang lagi ya gak pa pa.

Screen shot dari contraction timer. Jedanya masih gak jelas kan.

Jam 5 sore ke RS langsung di CTG. Kontraksi udah cukup kuat tapi durasinya ya masih lambat. Di cek dalam sama suster (kali ini sama sekali ga sakit) ternyata udah bukaan 3-4.

"Kontraksinya udah bagus tapi jedanya masih jarang ya.. kalo bagus begini terus udah pasti gak boleh pulang nih. Kita siapkan kamar bersalinnya ya..."

And here we go...

Pindah dari ruang observasi ke kamar bersalin saya masih bisa senyum-senyum sampai suster datang bawa alat infus.. oh oh...

"Kata dokter disuruh infus.. gak pa pa ya biar cepet. mau cepet apa lama nih?"

Aaaaa.. infus kan induksi. induksi kan sakittt.. tapi yaaa sok lah atuh di infus. ini pertama kalinya saya masuk RS, dan ternyata diinfus itu ga enak ya. Tangannya harus di tetep di posisi tertentu biar obatnya bisa masuk.

Setelah di infus jeda kontraksi saya jadi cepet banget. Yang tadinya tiap 10 menit jadi tiap 5 menit, dan tau-tau udah setiap menit rasanya. Yang tadinya perut kenceng dibagian bawah doang jadi kenceng sampai kebagian belakang, mulai dari pinggang atas sampe ke pantat. Tetep ga ada rasa mules kayak mau eek loh ya.

Dari awal saya sudah bilang sama Tomo kalo saya mau pake epidural, jadi minta tolong susternya siapin aja.. dan di antara sakit nyaris ga ada jeda inilah saya mulai merengek minta epidural.

Begitu dokter anestesi datang saya langsung disuruh duduk bungkuk meluk bantal. Untungnya saya minta epi nya sebelum sakitnya parah banget jadi saya masih bisa duduk diam gak gerak. Tapiiii... gak tau tulang saya yang kurang oke atau dokternya yang kurang ahli, saya disuruh duduk itu sampe 30 menit dong... lama ajeee. Kayaknya susah gitu masuknya, saya merasa dokternya beberapa kali nyuntik saya tapi gak berhasil -_-". Disuruh peluk bantal tangan diatas ga bisa, tangan disamping juga susah, akhirnya disuruh telungkup lebih bungkuk lagi, kepala juga lebih bungkuk lagi.. daann berhasil, phewh.

Eh kok masi mules? ternyataa, obatnya belum dimasukin aja deh. Jadi cari tadi itu cuma baru masukin kateter huhuhu... Setelah saya kembali tiduran baru deh obat biusnya dimasukin lewat kateter tadi. Kaki saya yang tadinya menggigil kedinginan tiba-tiba jadi hangat. Rasa sakit pun langsung hilang. Halleluyahh!!!

Selama di epi saya bisa ngobrol dan ketawa lagi, bahkan sempet loh ya minta dan makan martabak dulu, hihi...

Sampai akhirnya sekitar jam 11an saya merasa sakit itu kembali. Bilang ke suster kalo obatnya bisa ditambahin gak, eh kata susternya kalo udah bukaan cukup mereka ga akan nambahin. Jeng-jeng, saya langsung berdoa supaya bukaannya udah 10 jadi sebelum hilang banget obatnya saya sudah bisa ngeden.

Di cek dalam ternyata udah bukaan 9 tapi dinding sebelah kiri masih tebal. Saya disuruh berbaring miring ke kiri selama beberapa menit sebelum akhirnya boleh mulai belajar ngeden.

Rasanya saya sudah ngeden ratusan kali tapi dokternya belum-belum juga dipanggil. Saking capenya ngeden saya sampe terbatuk-batuk kehabisan nafas. Diajarin cara nafas lagi dan suster bilang kalau rambut bayinya sudah kelihatan. Laaah, mana rambut dokternyaaa...?

Gak lama dokter dateng bersama dengan dokter anak. Legaaa rasanya ngeliat si pak dokter. Ngeden pertama setelah dokter dateng saya malah batuk-batuk lagi.

"Batuknya lebih bagus daripada ngedennya nih.. bayinya jadi turun banget.." daaan mereka ketawa lohh, yang kata Tomo sampe kedengeran keluar ketawanya bikin dia penasaran.

Ngeden kedua dan tiba-tiba si baby keluar. Puji Tuhan.

Grace Kathleen Kwan telah lahir di dunia dengan berat 3.4 kg dan panjang 51 cm pada hari Jumat tanggal 22 November 2013, 00.50 AM.
During IMD. Fresh from the womb
Cakep setelah dibersihin. Usia less than one day old :)
PS. Karena efek epidural selama proses ngeden saya cuma merasa mules sedikit pas kontraksinya datang. Gak ada rasa sakit yang kata orang sampe pantat rasanya mau copot. Pas bayi keluarpun saya gak kerasa sampe saya merasa ada yang licin menggeliat dibawah sana. Pro and con, kalau ingin merasakan proses alami jadi seorang ibu mending jangan pake epi soalnya pas bayi lahir gak kerasa. Kalau yang ga mau sakit sangat disarankan pake epi karena mana bisa pas kontraksi heboh tenang-tenang makan martabak kan? :)

Cerita setelah melahirkan lanjut ke postingan berikut yaa.

Happy mommy =D

Discussion

  1. Mel.. liat foto u sama baby jee entah kenapa gue jadi ikutan damai banget gitu :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. kliatannya damai yah, padahal gw lg meringis dalem ati kesakitan abis nyusuin pertama kali hahaha

      Delete
  2. Congrats ya. .. baby so cute... :)

    betah juga ya sampe 40 minggu... haha

    ReplyDelete
  3. Hahahaha.... ngga pake epidural emang brasa banget pas keluarnya... sakitnya jg ampun2an, tapi abis gitu ilang pas udah ngeliat muka baby hihihi *except gue gak brapa lama kemudian MUNTAH... yak... muntah banyak banget... huks*

    Gemuk anaklu Mel. Dan rambutnya banyak hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. untung muntah pas udahan, kalo ditengah2 berabe Le. hebat eluh ga pake apa apa, saluttt salutttt. gw bukaan 5 aja uda merengek2 haha

      Delete
  4. Selamat ya Mel, seneng banget liat baby sama mamanya sehat :)

    ReplyDelete
  5. congrats ya mel.. baby gwen lucu banget..

    ReplyDelete
  6. melll...lagi tegang-tegang baca yg "mana rambut doternya?" jadi ngakak...hahahaha

    ko keknya luh mulus banget yak, induksinya kagak lama...kaka gueh ampe 2 kali induksi en lbh dr 24jam...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, melahirkan perlu byk doa supaya lancar.. puji Tuhan bgt deh proses gw cepet :)

      Delete
  7. Melll.....akhirnya yaa setelah kurang lbh 40minggu lahir juga baby nya
    duhhh gw baca postingan loe agak2 gmn yaa? serem ya ndk, ndk serem juga ndk wkwkkwkw
    bener katanya vira bagian mana rambut dokternya bikin ngakak, btw suntik Epi nya kok seremm yaaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak serem kok kalo pake epii, suerrr deh hehehe

      Delete
  8. congrats ya mel, 3.4kg lahiran normal, hebat ^^

    ReplyDelete
  9. Congrats mba mel atas kelahiran baby grace, cantik euy, smoga jadi anak yg takut akan tuhan, berbakti kepada orangtua :)

    ReplyDelete
  10. Tomo ga boleh dampingin elu di dalem ya,Mel?
    Duh klo g ga ditemenin kayanya bisa makin stres deh.
    Enak Mel ngeden 2 x udah brojol..g sampe ngosngosan ngedennya ga kluar2. Hahahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh na, tp dianya aja yg ngibrit keluar pas bukaan uda lengkap. katanya ga tega liat gw sakit n takut liat darah... ya wes lah, drpd bikin gw panik di dalem juga hahaa

      Delete
  11. babynya cantik deh... namanya juga cakep... once again, congratz ya :)

    ReplyDelete
  12. Baiklah nanti anak kedua gue harus ngotot pake epidural, karena kemaren nggak pake sakitnya udah nggak bisa dijelasin lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha. iya, gw jg ketagihan epidural nih hihihi

      Delete
  13. congrats ya mel....welcome to the world grace

    ReplyDelete
  14. katanya klo pakek epi emang ga sakit tapi kedepannya tulang cepet kropos, dan gejalan lainnya.. beberapa temen yang keliatan lemah lembut, pas hamil keliatan ceking kecil, gitu pada hebat bisa lahiran normal tanpa epi, dan ada temen yang hampir 24 jam menahan mules.. g pengen banget kek mereka .. walo denger cerita mereka aja g langsung lemes dan mules wakakaka :D.. tapi g pengen banget seperti mereka... congratzz yah! g denger cerita lo juga brasa mules nih wakakaka ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh, smoga ga ada side efek bgitu dehhh, amit2.
      ya bukan tergantung badannya sih pit, tp tergantung pain tolerance masing2 orang. berdoa aja supaya lo dikuatin pas lahiran n ga tergoda epi kayak gw :p

      Delete
  15. Thinking of using epidural.. kayaknya lebih "nyaman" yaaa.. hahaha
    Toh ntar pas ngurus anaknya juga pusing lagi.. :P

    Btw. hello baby Grace

    ReplyDelete
  16. Halo mel, salam kenal. Ga sengaja nemuin blog kamu n isinya familiar banget (yg soal senam hamil). Pas liat foto kamu baru nyadar kalo kita sekelas di senam hamil RSPI Puri Indah. Congrats yah buat kelahiran baby Grace, she's so adorable! Aku juga baru lahiran disana tgl 28 nov yg lalu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi hi, kamu yang mana yaah.. di blog mu ga ada fotonya hehehe...
      met kenaal, congrats juga buat lahirannyaah :))

      Delete
    2. Aku duduknya suka pindah2 sih kadang depan kadang belakang. Skrg jadi terinspirasi buat bikin blog utk catet pengalaman lahiran juga. Nanti aku kirim link nya deh :)

      Delete
  17. Kak Mel aku ketinggalan.... Hahaha anw selamat yaaaahhhh... Suka banget namanya bagus Grace Kathleen.. Cantik banget :))))))

    ReplyDelete
  18. halo ci Mel.. salam kenal yah..
    aku baru coba komen stelah sebelum2nya ga berani komen (cuma baca ajah)

    btw, proses melahirkan itu kalo kt mamaku, kaya pertaruhin nyawa.. hahaha
    jadi ngeri2 kalo dgr cerita prosesnya..
    tapi baca cerita ci Mel , kayanya ngga, bisa makan martabak lagi :D

    Selamat yah.. Baby nya juga lucu & cantik ^oo^

    ReplyDelete
  19. Mel, baby nya cantikk banget :D Sehat terus yah Grace dan Mama nya :D Berdoa ASI nya lancar.. Aminn :D

    ReplyDelete
  20. iiiiii, baby u lucu banget Mel. Rambutnya tebel. >.< Congrats ya Mel

    ReplyDelete