24

Review: Stroller, Sterilizer, dan tips and trick mompa di kantor

Posted on Wednesday, June 17, 2015

Tulisan ini saya tulis waktu Grace masih dibawah 6 bulan, tapi ngedon aja di draft dan lalu terlupakan.. Berhubung sekarang lagi banyak temen-temen blogger yang lagi hamil, saya jadi semangat lagi nulis review barang-barang baby nya :)



1. Stroller

Saya sebenarnya dapat hibahan 2  stroller dari kakak kakaknya Tomo, tapi dua-duanya gak bisa kepake karena waktu 3 bulanan Grace cuma mau naik stoller yang menghadap mama/papanya alias backward facing. Sempet dilema juga mau beli lagi apa ngga, tapi kok ya ribet banget kalo gak ada stroller berhubung kami waktu itu mau mudik ke Semarang.

Singkat cerita akhirnya saya beli juga stoller yang bisa backward facing merek cocolatte. Lebih jelasnya Cocolatte Raquide S. Saya beli di Ocha babyshop di ITC Ambassador. So far sih harganya paling ok diantara babyshop yang lain di ITC Ambas..

Performancenya so far so good. Manufernya gampang, walopun rada berat kalo lagi posisi backward facing (mungkin karena center of gravity nya jadi di depan). Beratnya sekitar 6 kg tapi saya bilang sih cukup enteng buat dilipat pasang sendiri pake satu tangan (walopun kadang harus pake bantuan tendangan waktu masang :p). Dan karena body-nya yang gak terlalu berat ini jadinya gak bisa buat gantung tas / belanjaan, apalagi kalo anaknya lagi ogah duduk di stroller.

Salah satu kekurangannya lagi ada di rodanya. Emang dasar strollernya di design khusus untuk dipake di jakarta kali ya.. jadi tipis gitu dan gak bisa dipake buat jalan di aspal. Waktu test drive pertama kali saya bawa Grace jalan-jalan keliling komplek rumah, eeeh pulang-pulang saya lihat rodanya pada bompal (~_~). Ya uwislah dipake buat nge-mol aja..

Update setelah Grace 1.5 tahun: baru-baru ini Cocolatte saya suka susah dibuka. Harus dibenerin dulu kanan kirinya supaya gak ada yang nyangkut, hentakan harus lebih heboh, baru deh bisa kebuka. Karena harus beres-beresin dulu jadi sudah gak bisa dibuka pake satu tangan lagi deh..

Cocolatte Raquide S bonus bayi gendut. Ini foto pertama kali Grace nyobain strollernya buat muterin kompleks. Gak berapa lama anaknya langsung bobok
2. Steam sterilizer / dish dryer

Ada teman yang nanya, mending pake steam sterilizer apa panasonic sterilizer sih.. kan panasonic bisa dijadiin dish dryer juga..

Well, saya sih gak bisa milih karena saya pake dua-duanya :p (Puji Tuhan, kebetulan dua-duanya kado).

Jadi begini pemakaiannya. Kalo cucian sedikit, saya pake steam sterilizer karena lebih cepat dan watt nya lebih rendah. FYI, kalau pakai yang panasonic saya set ke yang 30 menit. Setelah selesai di steril pake sterilizer, barangnya langsung saya simpan di panasonic itu. Saya sih gak nyalain lagi, biar dia kering sendiri aja. Kalo mau langsung dipake juga saya gak keringin lagi, kan steamnya pake air minum, terus dipanasin sampe mendidih, pasti aman dong buat bayi. Nah kalo pas cucian banyak baru deh saya pake panasonicnya langsung.

Plus poin yang lain adalah saya gak perlu beli rak khusus buat peralatan / botol bayi. Dan apabila sudah lama gak kepake botolnya pasti masih steril terus karena setiap steril botol baru yang lama kan ikut ke steril juga, dibandingin kalo kita nyimpennya di lemari biasa.

Update setelah Grace 1.5 tahun: Steam sterilizer sudah pensiun semenjak Grace sudah gak terlalu banyak minum susu (sekarang sehari cuma 4-5 kali). Jadi, semuanya masuk ke Panasonic dish dryer. Untung body nya gede, jadi semua piring-piring beraneka bentuk dan botol minum yang tinggi bisa masuk kesitu :)


3. Pompa ASI

Oh My, what can i do without you breast pump!

Lebay yah xD *ibu2 yang biasa mompa pake tangan langsung gatel mau komen*

Awalnya saya takut asi saya gak keluar dan breast pump nya wasted, sampe akhirnya sepupu saya beliin saya breast pump manualnya Avent. Terus karena waktu itu saya merasa sakit pake pompa manual, jadi saya beli Medella swing. Sekarang 2 pompa itu pokoke tak gedong kemana-mana deh..



Enakan mana yang manual dengan yang elektrik?

Kalau yang ASI nya masih seret, yaitu di bulan-bulan awal setelah melahirkan, saya bilang sih enakan pake yang Medella. Medella itu tarikannya smooth dan bisa diatur powernya. Awal-awal kan put*ng masih belum lentur ya, kalau dipompa terlalu keras jadi sakit. Kalo awal-awal pake medella mah palingan level 2... semakin kesini semakin dahsyat tarikannya sampe ke level 5 sampe ASInya muncrat kayak pake spray hahaha.

Tapiiiii, gak enaknya Medella menurut saya mompanya jadi lama. Ya mungkin karena tarikannya itu ada ritmenya, jadi gak bisa se-enak udel kita cepetin (Yang bisa diatur cuma kenceng-ngga nya tarikan / power). Nah kalo pake manual kan kalo lagi buru-buru dan sudah mahir bisa tuh kita srot-srot-srot, hehehe..

Kalo lagi santai di rumah biasanya saya pakai yang Medella, karena cukup di ganjel pake dengkul sambil duduk, dan kedua tangan bebas mau ngapain aja (maenan hape maksudnya :P)

Sedangkan di kantor, karena waktunya terbatas jadi saya pakai 2-2nya, satu di kanan, satu di kiri. Awal-awal kerja saya mompa bisa 3x sehari (pagi, jam 10-an, lalu jam 2-an). Tapi setelah Grace memasuki masa MPASI, saya mompa jadi 2x sehari (pagi dan jam makan siang). Karena pakai 2 pompa secara bersamaan, saya biasanya hanya butuh waktu 15 menit untuk mompa.

Di kantor "alat perang" saya adalah 1 pompa manual, 1 pompa elektrik, 1 cooler bag merek Gabag, dan botol simpan asi kayak gini..


Oh ya, dulu sebelum saya melalui masa-masa mompa di kantor, saya sempet bingung loh cara nyuci + steril pompa di kantor. Mana nyari tulisan di blog mana-mana gak nemu pula >_<.

Now that I've through it, let me share you my secret *wink*

1. Siapkan dari rumah sabun cuci botol ukuran kecil (saya pakai botol sampel / botol bekas shampo hotel) dan sikat botol ukuran mini
2. Beli liquid sterilizer (saya pakai merek sleek)
3. Beli wadah untuk membawa pompa yang akan dipakai nantinya untuk merendam semua komponen pompa (semacam tupperware/lion star)
4. Bawa botol kontainer ASI + plastik penyimpan ASI buat jaga-jaga kalau ternyata ASI nya ternyata banyak dan botolnya gak cukup


Caranya:

Untuk pompa pertama selalu bawa botol yang sudah bersih dan sudah di steril di rumah, jadi bisa langsung dipakai. Setelah selesai mompa, cuci semua pompa (2), lalu rendam dengan air panas matang dari dispenser kantor di wadah no 3 + tambahkan liquid sterilizer sesuai takaran. Setelah 30 menit buang airnya dan kembali bilas dengan air panas dari dispenser lagi. Setelah itu langsung deh tutup. Gak perlu dikeringkan lagi karena air panas itu pasti langsung menguap dan pompa kita langsung kering =))

Untuk menyimpannya, cukup menggunakan cooler bag + gel pendingin. Gel pendinginnya bisa dimasukkan ke kulkas kantor dulu sebelum kita mompa biar lebih awet sampe sore.

Personally, walaupun kantor saya menyediakan kulkas 2 pintu (ada freezernya terpisah), tapi saya lebih nyaman menyimpannya di cooler bag pribadi. Selain *ehem* malu, juga kita gak tau ada bakteri apa di kulkas tersebut. Bisa aja kan itu kulkas gak pernah dibersihin.. Jadi yang aman-aman saja lah. ASI nya tahan kok di cooler bag itu dari saya mompa jam 8 pagi sampai jam 6 saya sampai rumah :).

Terbukti aman karena Grace gembul-gembul saja walaupun sudah saya tinggal kembali kerja sejak usianya 2.5 bulan :)


Tiga itu dulu ya yang saya review. Kalau mau ada barang bayi lainnya yang ingin ditanyakan, silahkan loh... malah saya happy karena punya bahan tulisan lagi :)

Discussion

  1. thank you mel buat reviewnya.. :D gua semakin yakin beli medela swing *semoga asi banyak*. hihihihi.. :D mel, kalo pompa manual apa perlu beli diawal yah? krn gua banyak dikasih tau jangan langsung beli yang elektrik takut gak dipake (jika ternyata asinya dikit).

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama bumil :)
      Gw juga dulu mikirnya gitu pi.. Sampe setelah melahirkan gw pinjem dulu Medella (entah apa namanya) yang hospital grade yang guede banget di RS. Waktu itu sih dikenakan biaya sewa di RS tapi lupa berapa. Kalo gak salah sekitar 50 ribuan deh per bbrp jam *asli lupa*.
      Gw bilang sih, ini semua tergantung sama tekat dan niat kita mau ASI ekslusif apa ngga. Kalo niat ya beli ajah! terus rajin pompa dan pijat, pasti keluar kok.. Awal2 mah pasti setetes aja susah banget, TAPI ITU NORMAL. Semua org juga begitu.. So silahkan di beli pompanya hehe. Worse come worse, itu pompa medella kan bermerek ya, kalo mau di jual lagi juga harganya gak jatuh2 amat dan BUANYAK yang nyari di kaskus :p

      Delete
    2. sipp mel. makin yakin dah gua. sip2. thank infonya mel. :)

      Delete
  2. thx u mel buat reviewnya....boleh tanya yg manual it merk apa? hahhaha karna gw lebih tertarik beli yg manual hahahhaha, review botol susu donk mel yang lu pake...gw blank banget ttg botol susu yg bagus

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang manual merek Phillips AVENT, mir.
      Botol susu gw pake Dr. Brown. Ntar yah gw tulis..

      Delete
  3. Mel, setuju sm mira review botol susu sama baby gear apa aja yg kira2 kepake buat baby...hahaha...takut ngiler beli ini itu tp ujung2nya ga kepake...heheh...btw thanks yaa postingan nya amat sangat berguna buat newbie mom-to-be kaya aye...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 Ribka :D
      baby gear itu maksudnya apa yaaah? carseat, high chair gitu2 yah?

      Delete
  4. Baru kali ini nih baca trik mompa di kantor dan steril perintilannya. Membantu banget nih buat ibu-ibu yang kerja ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya, gw juga nyari sana sini gak ketemu sampe bingung sendiri dulu

      Delete
  5. gua juga lebih milih naro asip di cooler ketimbang kulkas kantor yang ga jelas bersih apa ga hahahaha... kalo pompa, gua masih setia pake unimom manual ampe sekarang... awalnya sih pegel banget, cuma lama2 uda biasa...apalagi kalo LDR, 10 menit kiri kanan uda dapet banyak... pernah coba merah pake tangan, cuma kayaknya gua ga jago hahahaha... btw, lu pernah ngerasa bosen ga sih mompa2 mulu? gua kadang suka jenuh loh hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw kan cuma 10 bulan mompanya Mel.. dan I cherish every moment of it NOW hahaha.. *lirik tagihan c4 yang berlipat-lipat gara2 sufor*
      eh tapi serius, mompa itu asik karena biasanya kitanya jadi relax n ngantuk. abis itu bobok deh. *eh* hahaha

      Delete
  6. ga sempet ngerasain perah ASI di opis, walo udah sempet panik, secara perjalan ke opis g jauh banget, di opis enggak ada kulkas juga... walo waktu itu udah sempet mau patungan beli kulkas sama si Boss, dan taro diruangan si Boss... wakakakak~

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuidiih, untung gak jadi beli kulkas yah pit. Ntar kalo ternyata lo gak pake jadi harga gono-gini lagi *tutup muka*

      Delete
  7. Thank you sharingnya ci mel..klo pompa aku udah beli yang manual klo udah banyak asinya rencana pikir2 baru mau beli yang elektrik..hehe tambahin review car seat sama tempat penyimpanan ASIP, better yang di botol atau di pelastik ya ci? trus klo Grace dl pas di kasih ASIP sempet ga mau ASI langsung ga cii? Maaciii ci... ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2 :)
      car seat kayaknya gak bisa banyak review soalnya dikasih dan gak tau mereknya apa >_<

      Kalo tentang ASI udah pernah aku tulis disini -- >
      http://rosesorlily.blogspot.com/2014/05/perjuangan-asi.html

      kalo aku sih lebih suka di botol ya karena irit :p. Plus hangatinnya juga enak karena botol warmer kan bentuknya pas bulet kayak botol. Kalo pake kantong, air yg di warmernya suka tumpah kalo aku tarik kantongnya keluar

      Delete
  8. hihihi kalau dipikir2 aku paling jorok kali ya.. kalau abis mompa di kantor cuman disiram air panas aja pompanya, terus masukin semua ke cooler bag terus ke kulkas (jadi ikutan dingin dan hopefully steril).. pertamanya pas dikasih tau temen kalo dia kayak gitu..mikir kok jorok ya, tapi demi waktu aku begitu jugaa.. untungnya anak2 baik2 aja so far.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku malah pertama kali banget mompa (minggu pertama balik rumah dr RS) pompanya gak pernah di cuci dari pagi sampe sore! mana mompa bisa berkali2 pula.. abis selesai ya ditaro aja gitu tutupin tissue. Sumpah clueless banget! untungnya Grace gpp yah :p

      Delete
  9. mel, gw turut menyimak dulu ya.. banyak info penting nya & nambah pengetahuan jg soal perlengkapan baby.
    nanti kalo misalnya udah waktunya, gw ubek2 lagi postingan yg ini.. hehehe.

    ReplyDelete
  10. waa tengkyu bgt ci mel postingannya :D
    guna bgt en jadi nambah info (buat gue pastinya) hehehehe..
    kalo ttg pompa asi uda naksir sama medela swing itu ci tapi kalo hal2 lainnya belum kepikiran, hahahaha masih banyak bingungnya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, medela swing cukup recommended :)
      Bingung yang manaa? sini2 tanya sama akuuuh *sotoy mode on*

      Delete
    2. ci, kalo pake pump yang manual itu sakit ya? sakit kayak ketarik pas dipompa apa gimana ci sakitnya?

      Delete
  11. postingannya sangat berguna Mel kl gw punya anak (lagi) tapi saya dua anak cukup deh haahahahha

    gw dulu punya medela tapi yg minel maklum budget tipis, gara2 bengkak mulu dan tersumbat akhirnya gw belajar pake tangan, lama2 gw jd enakan tangan (tapi gak bisa sambil main HP nih sisi negatif) soalnya satu nadah pake botol satu mencet susu. Andaikan pake pompa gw nggak bengkak2 pasti gw tetep pake medela walau berisik kaya mesin potong rumput. Enaknya bisa sambil HP an hahhaah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Malah enak pake tangan katanya ya, gak ribet bawa perintilan kemana2 n lebih cepet. Gw udah berkali2 belajar mompa pake tangan, yang ada malah muncrat kemana2 plus putingnya sakit Y_Y

      Delete