10

Demam pertama

Posted on Friday, March 6, 2015



Bulan Januari kemarin saya kaget waktu si sus telpon ke HP saya pas saya lagi di kantor. Katanya Grace panas sampe 38.9 C. Dari bayi sampe sekarang Grace itu bisa dibilang belum pernah sakit, palingan ya cuma pilek-pilek meler aja. Jadi pas kali ini panas, saya lumayan bingung dong. Manalah pula kerjaan di kantor lagi mbludak (dikeplak sama ibu2 yg lain deh karena dikira mentingin kerjaan dari pada anak). Saya telepon Tomo dan Tomo bilang dia mau pulang. Untungnya kantor Tomo pas lagi sepi projek, jadinya di kantor pun dia banyak nganggurnya.

Setelah ke dokter dan dikasih obat pilek ternyata belum sembuh juga. 2 hari saya lihat tidak ada perbaikan maka saya bawa ke dokter lagi. Katanya coba jangan dikasih minum susu sapi dulu, ada kemungkinan alergi. Ok, gak minum susu sapi. Eh, tapi masih panas juga loh. Akhirnya saya ganti dokter ke dokter langganan keluarga saya. Akhirnya setelah seminggu Grace sembuh juga.

Pas sakit itu ya ampunnnnn, kasihan banget. Anak yang biasanya aktif sekarang lunglai. Nemplok, maunya digendong terus. Makan susah, apa-apa dilepeh. Akhirnya saya kasih makan roti / regal sedikit-sedikit setiap beberapa jam. Gak pa-pa deh gak makan nasi, yang penting ada yang masuk. Untungnya ni anak lumayan gragas kalo dikasih biskuit dan masih doyan banget minum susu.

Ngasih minum obatnya juga susah banget! Ya maklum, dokter keluarga itu kan obatnya jadul, masih berbentuk puyer yang dibungkus kertas yang warnanya kayak kertas daur ulang. Juga harus dicampur gula/madu karena terlalu pahit. Akhirnya ya udah, dipaksa aja dicekokin... Mana cekokinnya kan pake pipet ya, itu obat ada 3 macem gak muat dong di satu pipet. Jadi harus 2-3x nyekokin (>_<) *maaaap*

Drama lagi pas mau ngekompres. Bayangan saya kan kayak di iklan-iklan ya, ditempelin cooler gitu anaknya seneng dan anteng. Nah, in reality, setiap dikasih tempelan pendingin langsung anaknya nangis-nangis dan dicopot sama dia. Lah, panasnya udah panas banget, apa gak pa-pa tuh kalo gak di kompres??? Dipaksa nangis terus malah gak bisa tidur… Dilema(dot)kom.

Eh tapi ya, kayaknya bener deh kalo kata orang anak sakit itu mau pinter.

Soalnya, setelah sembuh Grace jadi super duper cerewet sekali!

Bisa ngomong macem-macem dan non-stop babbling manggilin orang-orang serumah: mama, papa, popoh, aha (kung-kung harusnya tapi dia manggilnya aha), cusss, nenek, mbah (PRT), beyiii (beri – doggy saya). Ituuuuuu diulang-ulang terus sampe pegel nyautinnya haha.

Terus gak lama Grace juga bisa jalan! Ya, walopun belum berani bener-bener dilepas sih karena jalannya masih suka oleng #pinggang_mama_sakit. (Akhirnya Grace bisa jalan di usia 14 bulan)

Kejadian lucu nih. Kan Grace suka nge-gratak meja ya. Pas tangannya keambil tempelan penurun panas bayi itu. Dia teriak-teriak minta dibukain (dikira snack kali ya). Sudah saya bilang kalau itu buat kompres, jangan dibuka. Tetep ngerengek minta bukain. Ya sudahlah saya buka dong… ehhhhhh, si Grace lompat mundur, langsung kabur sambil nangis sesenggukan kayak habis lihat hantu hahahaa.. Ternyata kapok ya nak dikompres :P

Discussion

  1. emang paling ribet kalo anak sakit ya... moga2 abis ini sehat2 terus ya grace.

    ReplyDelete
  2. sebagai sesama ibu bekerja, gua ngerti banget gimana perasaannya kalo anak sakit... kayak waktu abis vaksin trus jayden nangis2, gua cuma bisa pulang sebentar, abis itu kudu kerja lagi >.<

    gua pernah baca, kalo anak demam, usahain skin to skin sama mami ato papinya, bisa bikin panasnya cepet turun... katanya sih gitu hehehehe...

    ReplyDelete
  3. Wah jadi ud 2 bln lalu ya Mel. Habis ini semoga Grace sehat terus. Si Abby kl panas gue cukup ksh panadol tiap 5 jam n ga pernah dikompres. Jangan mandi n keramas dulu biasanya 3 hari deh balik normal.

    Sampe skrg sih anak gue blm pernah pake AB. Intinya kl anak sakit cm jangan panik doang. Cuaca emang lg ga bersahabat. Semoga kita semua selalu sehat.

    ReplyDelete
  4. kata melissa bener tuh, dulu gw juga seringin skin to skin contact klo anak lg panas.. tp klo tinggi ya tetep gw kasi obt penurun panas lo

    itu lucu banged yg mundur2 nangis liat kompres hahaha trauma kli yaa. tp aku perna dgr katanya klo anak panas gabole ditempelin kompresan dingin. katanya harus kompresnya air hangat. gatau juga sikk bikin bingung, jd biasa aku ga kompres cman aku tempelin tanganku ke jidatnya (sambil ngarep panasnya tertransfer ke tanganku, dan panas jidatnya nyesuaikan temperatur tanganku)

    muga2 sehat trs ya grace :D

    ReplyDelete
  5. hmm jadi kalo panas jadi pinter yaa..
    cateet..

    sehat2 terus ya grace... dan jadi lebih pinter terus yaa... :)

    ReplyDelete
  6. seperti yang g pernah bahas di blog juga... mau tumbuh gigi demam, mau bisa jalan demam, mau pinter demam... lalu Opa-nya bilang... " semua itu hanya mitos" wakakakaka :D sehat terus yah~!

    ReplyDelete
  7. sehat2 terus yah grace.. semoga gak berkelanjutan trauma sama kompresan. hehehehe..

    ReplyDelete
  8. sehat2 terus ya grace.. tetep nafsu makan, biar selalu sehat. :D
    seneng bgt bacanya, begitu sembuh, grace nya jg makin pinter.
    cepet lancar ya grace utk belajar jalan nya.. :)

    ReplyDelete
  9. Moga Grace sehat2 terus yahh :D

    ReplyDelete
  10. Yang sehat ya grace... Itu lucu bngt pas adegan loncat trs kabur hehe

    ReplyDelete