January 2014

25

Grace 2 bulan

Posted on Wednesday, January 22, 2014

Sama kayak mentemen buibu lainnya, saya juga bercita-cita mau nulis perkembangan Grace dari bulan ke bulan. Kalo liat buibu lainnya kok rajin banget ya bisa cerita panjang lebar perkembangannya sampe detail banget. Saya? cukup dengan foto dan cerita singkat :)

Berat 5.6 kg, Panjang 57 cm. Pantesan semua orang bilang Grace chubby yak.

Muka kok pipi semua hihihi...

Udah bisa mulai bersuara "auuu" "A!" "eehh ehh" "auurgghhh". Paling seneng kalo diajak ngomong, pasti memberikan ekspresi macem-macem kayak dibawah ini :)

"Aku mau ikutan ngobrol mamaa.."
Waktu umur 1.5 bulan pertama kali diajak jalan-jalan ke mall Senci. Awalnya anteng di stroller, tapi begitu bangun dan nyusu langsung matanya seger gak mau tidur lagi. Digendong juga maunya tegak sambil celingkukan kanan-kiri. Total 4 jam di mall Grace gak mau bobok. Begitu pulang langsung tepar tanpa bedongan, padahal biasanya kalo tidur gak dibedong pasti "uget-uget" alias ngulet-ngulet sampe akhirnya kebangun sendiri.

Pas masih anteng di stroller, detik-detik mau bangun
Tepar kecapean abis jalan-jalan perdana
Udah bisa angkat kepala cukup lama tapi belum bisa melihat tegak kedepan (masih liat bawah). Terakhir-terakhir udah bisa balik badan dari posisi tengkurep jadi terlentang. Ini pun belum terlalu lancar, kadang bisa kadang gak bisa. Kalo udah kecapean terlungkup dan gak bisa muter bakalan merengek minta dibantuin guling hehehe..

Horee bisa ngeguling sendiri ^_^


Sehat-sehat ya baby. Mommy love you.

25

Minum obat

Posted on Tuesday, January 21, 2014

Saya itu termasuk orang yang sangat sehat dari kecil sampe gede. Bisa dibilang saya jarang banget sakit. Kalopun sakit paling yang ringan2 kayak sakit kepala yang sembuh dengan paramex. Batuk pilek tergolong jarang. Yang sering malah sakit tenggorokan yang kadang harus dikasih antibiotik baru sembuh.

Sejak hamil kesehatan saya malah semakin meningkat. Selama nyaris 10 bulan mengandung, diluar pendarahan waktu 3 bulan, satu-satunya penyakit adalah sakit tenggorokan yang sembuh dengan minum air madu campur lemon. Nah justru sekarang setelah melahirkan kok saya jadi rentan terkena penyakit ya...

Sebulan pertama sering banget masuk angin gara-gara sering bergadang nyusui setiap sejam sekali. Pernah sampe demam 2x tapi gak sampe ke dokter, cukup dengan paracetamol dan kerokan =P. 

Penyakit pertama adalah timbulnya benjolan berbentuk bola di PD kiri saya. Awalnya saya kira itu adalah asi beku. Saya coba kompres dan pijet-pijet sambil di pompa tapi kok gak ilang-ilang. Makin lama makin membesar. Saya pergi ke dokter bedah PD lalu dikasih antibiotik dan di USG. Puji Tuhan gak kenapa-kenapa. Setelah minum antibiotik seminggu benjolannya hilang.
Setelah itu adal lagi cobaan yang lebih parah. Tanggal 8 Januari kemarin saya panas sampe 40 derajat!

Siangnya saya sehat walafiat banget. Eh tiba-tiba jam 9an malem saya menggigil heboh sampe gigi gemeletukan dan bibir kebiruan. Seumur-umur kayaknya baru ini saya merasa kedinginan kayak begitu. Dalam selang waktu sejam panas saya melunjak dari 37 derajat ke 40 derajat. Langsung deh saya ngacir ke UGD takut kenapa-kenapa. Di UGD saya di infus untuk menurunkan panas lalu di ambil sample darah untuk di cek di laboratorium.

Waktu itu saya sampe kepikiran apa saya sudah mau mati ya? Ini gara-gara baru baca berita tentang ibu yang baru melahirkan satu bulan lalu meninggal gara-gara komplikasi di FB nya AIMI (link artikelnya gak ketemu).

Hasil lab menyatakan bahwa leukosit saya tinggi yang berarti ada infeksi bakteri (dokter gak tau infeksinya kemana). Alhasil saya harus minum antibiotik selama 5 hari. Yes, another antibiotik -_-". Karena PD kanan saya terlihat merah padam dan panas dokter jaga menyarankan agar saya tidak memberikan asi dari PD kanan yang kemungkinan terinfeksi. Hell No! Masa saya harus membuang asi??? FYI, asi saya tidak berlimpahan, kalau hanya dari satu PD pasti kurang. 

Besoknya sempat buang asi 2 botol penuh (sekitar 250 cc?). Setelah itu saya sangsi lalu mencari-cari di google mengenai infeksi payudara. Bahkan sempet nanya ke Leony karena saya sempet baca dia juga kena mastitis (thanks a lot, Le!) Semua menyarankan untuk terus menyusui dan tidak membuang asi. Jadi setelahnya asinya saya tandain dan simpen di kulkas untuk jaga-jaga siapa tau boleh diminum.

Beberapa hari setelahnya saya pergi ke dokter laktasi. Dokter bilang kemungkinan infeksinya gara-gara ada bakteri yang masuk ke PD gara-gara ada luka di puting. Ini biasa disebut mastitis? Antibiotiknya diterusin bahkan ditambah lagi, tapi asi justru harus tetap diberikan. HALLELUYAH. 

Selain itu ketauan juga kalau di puting dan di tenggorokan Grace ada sedikit infeksi jamur yang menyebabkan PD saya cenut-cenut setiap habis menyusui. Jadi saya dikasih obat oles, dan Grace dikasih obat minum.

Seminggu setelah itu saya harus cek lab lagi dan hasilnya belum normal. Dokter menyarankan untuk cek ke dokter bedah (bikin stresss gak sihhh book). Jadi kemarin diiringi dengan rintikan hujan dan genangan dimana-mana (lebay) saya pergi juga ke dokter bedah PD. Untungnyaaa, dokter bilang ini gak apa-apa. Gak harus minum antibiotik lagi karena kasihan bayinya kalau mamanya keseringan minum obat.

Ngomong-ngomong obat, sejak tau hamil sampe sekarang saya masih minum vitamin zat besi dan kalsium. Jadi udah setahunan ya saya kontinu minumin obat setiap hari...

Yah semoga sih gak ada kejadian aneh-aneh lagi lah. Semoga saya bisa sehat terus jadi bisa jaga Grace dan memberikan ASIX dengan lancar.

Obat, jauh-jauh deh lu!

NB siapa tau ada yang butuh info: 
- Antibiotik untuk mastitis adalah Cefspan 200 mg. Harganya gak murah Y___Y
- Obat untuk jamur adalah Mycostatin

20

1 bulan Grace sekaligus Happy new year 2014

Posted on Thursday, January 2, 2014

Sebelumnya saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2014, semoga tahun ini kita semua diberikan kebahagiaan dan rejeki yang berlimpah dan semua resolusi tercapai. Amin.

Postingan kali ini isinya campur sari nih. Mulai dari perkembangan Grace, acara sebulanan, dan NYE.

Umur 1 bulan

Tanggal 1 Januari 2014 kemarin adalah tepat 40 hari dari hari lahirnya Grace. Sekarang dia udah lumayan sering bangun untuk main sebelum akhirnya bobok lagi. Kalo dulu rutinitasnya nyusu-pipis-bobok, sekarang nyusu-pipis-main-pipis-main lagi-baru deh bobok. Main apa? Ya ga jelas, kadang cuma minta digendong-gendong aja, kadang rewel yang ternyata pengen main di baby bouncer yang kita sebut "odong-odong". Kadang malah bangun senyum-senyum aja terus bobok.

Tidur malem juga udah bisa lumayan panjang. Rekormya adalah 4 jam straight. Mama papanya tentu happy banget karena jadi less-zombie lagi.

Matanya sudah bisa melihat walopun belum jelas. Kalo saya gerakin kepala ke kanan kiri bola matanya sudah bisa ngikutin. Kalo dari gelap tiba-tiba nyalain lampu juga dia langsung kedip-kedip kesilauan. Pendengaran sudah sangat sensitif yang mengakibatkan grace jadi kagetan -_-. Tapi kalo lagi merengek minta diangkat (digendong) sedangkan saya lagi sibuk nanggung tinggal diajak ngomong aja biar gak jadi nangis.

Secara fisik udah keliatan banget chubbynya (emang dari lahir pipinya udah chubby sih). Berat waktu cek 1 bulan 4.2 kg. Popok kain newborn udah pensiun karena sekarang udah pake celana pop.

Baju size newborn juga udah mulai sempit, sebagian malah ada yang udah kekecilan (nasib baju mungil cakep-cakep cuma kepake sekali). Anehnya beberapa baju size 0-3 bulan juga udah pada mulai sempit. Ini badannya Grace yang segede bayi 3 bulan apa size bajunya yang salah ya?

Minumnya udah banyak sampe pernah minum ASIP sampe 100 ml (pantesan chubby yak). Latch on nya udah pinter banget, tinggal mangap langsung hap nyot-nyot-nyot. Kalo dulu nyusu bisa sampe 1 jam, sekarang 15-20 menit juga kenyang. Pelan-pelan mamanya bisa mulai nabung ASIP buat nanti kembali kerja. Doain aja semoga asinya tambah lancar ya, soalnya selama ini asi saya pas-pasan buat nyusu aja.

Acara sebulanan

Karena kami bingung antara mau kasih ayam atau hampers, jadilah kami sediakan keduanya. Buat keluarga dekat yang sudah sepuh kami kasih ayam, sedangkan yang masih muda kami kasih hampers. Teman-teman saya kasih hampers dan Puji Tuhan banget semua hampers yang dikirim selamat sampai tujuan (sempet was-was soalnya isinya mug).

Grace digundulin di salon. Itulah pertama kalinya sang baby masuk ke mall.

Sebelum ke salon ada sedikit ritual kecil. Sebagian rambutnya digunting sama papanya lalu dimasukan ke kelapa hijau bersama beberapa kelopak mawar lalu dibuang ke sungai yang alirannya deras. Di Jakarta dimana kita bisa nemu sungai deras? Puji Tuhan lagi pas hari itu hujannya non stop dari pagi, jadi pas siang kali deket rumah alirannya lumayan deres :)

Ps. Ada yang ngikutin atau tau acara buang rambut segala? Soalnya ini tradisi dari mama mertua, saya sendiri baru pertama kali tau tentang acara beginian.

"Pelan-pelan ya mbak.."
Naik odong-odong setelah gundul

NYE

Kali ini pertama kalinya Grace diajak makan-makan ke restoran. Karena belum bisa duduk dan stroller gak ada jadilah dia harus digendong estafet dari saya ke Tomo ke mama ke mama mertua kembali ke saya =P

Gak tau karena hujan seharian siangnya sehingga dia tidur sangat pulas, dan di restoran pun tidur non stop, akhirnya malemnya dia rewel dong. Mulai dari jam 10 sampe jam 3 Grace rewel gak mau bobok. Awalnya udah mau bobok, eh ada suara kembang api, kaget kebangun lagi deh. Jam 12an pas kembang api sudah mulai sepi Grace bisa bobok sebentar, eh tapi terus dia gumoh lumayan banyak. Gara-gara itu dia kebangun dan rewel terus sampe jam 3. Disusuin gak mau, digendong nangis juga. Saya curiga dia kolik. Dicoba gendong terbalik akhirnya bisa diem. Disusuin mulai mau dan akhirnya bisa bobok dipelokan saya sampe saya pegel (pengalaman sebelumnya setiap udah bobok dipelokan pas ditaro di ranjang dia kebangun dan nangis lagi).

Kalau tahun lalu kami merayakan NYE dengan makan-makan lalu keliling Jakarta sebelum akhirnya nonton kembang api di apartemen, tahun ini kami malah teler sibuk nidurin bayi. See how life change when this little one came.

Happy New Year from the three of us :)