20

1 bulan Grace sekaligus Happy new year 2014

Posted on Thursday, January 2, 2014

Sebelumnya saya ingin mengucapkan Selamat Tahun Baru 2014, semoga tahun ini kita semua diberikan kebahagiaan dan rejeki yang berlimpah dan semua resolusi tercapai. Amin.

Postingan kali ini isinya campur sari nih. Mulai dari perkembangan Grace, acara sebulanan, dan NYE.

Umur 1 bulan

Tanggal 1 Januari 2014 kemarin adalah tepat 40 hari dari hari lahirnya Grace. Sekarang dia udah lumayan sering bangun untuk main sebelum akhirnya bobok lagi. Kalo dulu rutinitasnya nyusu-pipis-bobok, sekarang nyusu-pipis-main-pipis-main lagi-baru deh bobok. Main apa? Ya ga jelas, kadang cuma minta digendong-gendong aja, kadang rewel yang ternyata pengen main di baby bouncer yang kita sebut "odong-odong". Kadang malah bangun senyum-senyum aja terus bobok.

Tidur malem juga udah bisa lumayan panjang. Rekormya adalah 4 jam straight. Mama papanya tentu happy banget karena jadi less-zombie lagi.

Matanya sudah bisa melihat walopun belum jelas. Kalo saya gerakin kepala ke kanan kiri bola matanya sudah bisa ngikutin. Kalo dari gelap tiba-tiba nyalain lampu juga dia langsung kedip-kedip kesilauan. Pendengaran sudah sangat sensitif yang mengakibatkan grace jadi kagetan -_-. Tapi kalo lagi merengek minta diangkat (digendong) sedangkan saya lagi sibuk nanggung tinggal diajak ngomong aja biar gak jadi nangis.

Secara fisik udah keliatan banget chubbynya (emang dari lahir pipinya udah chubby sih). Berat waktu cek 1 bulan 4.2 kg. Popok kain newborn udah pensiun karena sekarang udah pake celana pop.

Baju size newborn juga udah mulai sempit, sebagian malah ada yang udah kekecilan (nasib baju mungil cakep-cakep cuma kepake sekali). Anehnya beberapa baju size 0-3 bulan juga udah pada mulai sempit. Ini badannya Grace yang segede bayi 3 bulan apa size bajunya yang salah ya?

Minumnya udah banyak sampe pernah minum ASIP sampe 100 ml (pantesan chubby yak). Latch on nya udah pinter banget, tinggal mangap langsung hap nyot-nyot-nyot. Kalo dulu nyusu bisa sampe 1 jam, sekarang 15-20 menit juga kenyang. Pelan-pelan mamanya bisa mulai nabung ASIP buat nanti kembali kerja. Doain aja semoga asinya tambah lancar ya, soalnya selama ini asi saya pas-pasan buat nyusu aja.

Acara sebulanan

Karena kami bingung antara mau kasih ayam atau hampers, jadilah kami sediakan keduanya. Buat keluarga dekat yang sudah sepuh kami kasih ayam, sedangkan yang masih muda kami kasih hampers. Teman-teman saya kasih hampers dan Puji Tuhan banget semua hampers yang dikirim selamat sampai tujuan (sempet was-was soalnya isinya mug).

Grace digundulin di salon. Itulah pertama kalinya sang baby masuk ke mall.

Sebelum ke salon ada sedikit ritual kecil. Sebagian rambutnya digunting sama papanya lalu dimasukan ke kelapa hijau bersama beberapa kelopak mawar lalu dibuang ke sungai yang alirannya deras. Di Jakarta dimana kita bisa nemu sungai deras? Puji Tuhan lagi pas hari itu hujannya non stop dari pagi, jadi pas siang kali deket rumah alirannya lumayan deres :)

Ps. Ada yang ngikutin atau tau acara buang rambut segala? Soalnya ini tradisi dari mama mertua, saya sendiri baru pertama kali tau tentang acara beginian.

"Pelan-pelan ya mbak.."
Naik odong-odong setelah gundul

NYE

Kali ini pertama kalinya Grace diajak makan-makan ke restoran. Karena belum bisa duduk dan stroller gak ada jadilah dia harus digendong estafet dari saya ke Tomo ke mama ke mama mertua kembali ke saya =P

Gak tau karena hujan seharian siangnya sehingga dia tidur sangat pulas, dan di restoran pun tidur non stop, akhirnya malemnya dia rewel dong. Mulai dari jam 10 sampe jam 3 Grace rewel gak mau bobok. Awalnya udah mau bobok, eh ada suara kembang api, kaget kebangun lagi deh. Jam 12an pas kembang api sudah mulai sepi Grace bisa bobok sebentar, eh tapi terus dia gumoh lumayan banyak. Gara-gara itu dia kebangun dan rewel terus sampe jam 3. Disusuin gak mau, digendong nangis juga. Saya curiga dia kolik. Dicoba gendong terbalik akhirnya bisa diem. Disusuin mulai mau dan akhirnya bisa bobok dipelokan saya sampe saya pegel (pengalaman sebelumnya setiap udah bobok dipelokan pas ditaro di ranjang dia kebangun dan nangis lagi).

Kalau tahun lalu kami merayakan NYE dengan makan-makan lalu keliling Jakarta sebelum akhirnya nonton kembang api di apartemen, tahun ini kami malah teler sibuk nidurin bayi. See how life change when this little one came.

Happy New Year from the three of us :)

Discussion

  1. kalo tradisi digunting dikit ama papa mamanya sih gua tau. tapi kalo pake dibuang di kali itu gak tau. kalo kita malah guntingan rambutnya disimpen. :D

    happy new year ya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Disimpen sampe sekarang man? Waw...

      Delete
  2. Happy New Year..

    Villia digundulin aja gak pake ritual kelapa itu. klo masalah baju emang baju NB cepet banget sempitnya makanya villia cuma total punya 3 pasang baju NB selebihnya baju uk 3-6 bulan dan size S. anaknya cepet endutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huhu gw salah beli deh. Kebanyakan beli size NB dengan pikiran bakal sering keringetan atau dipipisin...

      Delete
  3. Happy New Year yaa melisa
    iih lucu yaa sie grace ....chubby abis itu pipiny *toel dikit*
    wah klo gunting rambut iyaa sering gw denger tp klo di bawa ke kali baru denger dari blog mu mel hehheee

    ReplyDelete
    Replies
    1. *kekep grace biar gak ditoel* *mama overprotektip haha*

      Delete
  4. Happy new year mel, tony n grace..
    Aaahhh aku iri kok bisa sih tidur 4 jam straight..kenny ngapa ampe skrg masih bangun tiap 2 jam *googling soal sleeptraining*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe susunya kurang kali? Kalo gw sebelom tidur malem minumin susu agak banyak sampe dia puas bener2 dan PD tongpes. Kalo kurang emang sering kebangun2

      Delete
  5. happy new year mel n fam... happy 1 month jg buat grace... cantik ya...

    ReplyDelete
  6. Waduh, elu belum beli stroller Mel? Ayo buruan, penting banget buat dibawa kemana-mana.
    Gue gak ada ritual2 gitu. Cuma potong rambutnya doang secuil. Gak digundulin juga. Wong anak gue udah gundul hahahaha...

    Happy One Month Grace, Happy New Year buat elu dan keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Stroller ada tapi hibahan, jadi sekarang masih di laundry hehehe

      Delete
  7. Gw masih blm kasih alamat nyokap gw donk booooot buat hampers yg elo mau kirim hahahahaha. Merry xmas and happy nu year ya nyeti, gw so touched by the last sentence of this entry, sehat2 and happy2 ya bot sm tonce and grace *huggie bear*

    ReplyDelete
  8. Happy new year kak Mel, happy 1 month juga buat grace, uuuu gemessshhh

    ReplyDelete
  9. Happy New Year! And happy 1 month old Grace!
    Dulu Madeline rambutnya digunting dikit terus gue simpen, masalahnya sekarang gue lupa nyimpennya dimana. Lagi dicari-cari kok nggak ketemu-ketemu :(

    ReplyDelete
  10. Heppy New Year Mel, Tomo, en Grace...

    ReplyDelete
  11. Happy new year ya Mel, Happy one month old baby Grace :) Grace nya gemesin hehehe

    ReplyDelete
  12. Happy New Year yah Mel, Tomo & Grace :D Dan happy 1 month juga buat Grace..

    Iya yah, hidup tuh bener2 berubah saat dah punya anak yah.. Jadi makin seru dan bermakna.. :)

    ReplyDelete
  13. ini Grace montok banget ya..:D
    btw, salam kenal mbak,, moga grace cepet gede dan sehat selalu..:)

    ReplyDelete
  14. Happy new year, Mel >.<
    Iya, rambut Claire dulu juga dibuang ke sungai. Kalo nggak salah pake acara dilengkapi buntelan berisi bunga gitu deh.

    ReplyDelete