35

Acara Sangjit

Posted on Tuesday, February 5, 2013

Iyah telat banget.. walo hari H saya udah lama lewat, tapi rasanya kurang komplit aja kalo gak cerita tentang sangjitan...

Temen seperjuangan saya mah udah pada ceritain tentang hamil/cerita seputar kehidupan penganten baru, cuma saya aja nih kayaknya yang masih berputar di kondangan dan acara pra-nikah, hahaha..

Tapi gak-pa-pa deh, lagian saya lihat banyak orang yang nyasar masuk blog saya karena search di google tentang "nikah", "lamaran", dan "baju prewedding", jadi sekalian deh diceritain tentang sanjitnya =)

Gak banyak sih yang bisa diceritain (#lah piye toh ndoo', katanya mo cerita?!) cuma yang menariknya, untuk sesama orang cina aja cara sangjit itu beda-beda ya..

Saya ngikutin adat suami (hokjia / henghwa)

Sangjit saya diadakan seminggu sebelum hari H. Kita tuh ya, boro-boro ya mikirin sangjit, semua pikiran rasanya sudah tentang ke hari H aja. Beberapa hari menjelang sangjit baru heboh karena semua barang masih di dalem plastik belanja dan belum diapa-apain haha.

Terus karena lamarannya udah heboh (karena pertama kalinya ketemu keluarga besar), jadi pas sangjit malah lebih santai. Bawaan juga gak perlu bawa buah, makanan, dan kaki babi lagi.

Total 6 baki:
Baki untuk cewe: 1) Tas, 2) Sendal/sepatu, 3) Perhiasan, 4) Make up, 5) Baju, 6) Arak/Ciu
Baki untuk cowo: 1) Dompet & Ikat pinggang, 2) Sepatu, 3) Jam tangan, 4) Parfum, 5) Baju, 6) Sirup

Serba merah-merah. Saya dan mama saya loh yang menghias dan pita-pitain sendiri. Lumayan yah hasilnya =)


Nah, cara saya ternyata sedikit berbeda dengan cara sepupu saya (Hokian).
Pas lamaran cuma 2 baki yang isinya buah sama makanan. Nah pas sangjit lebih heboh sampe 10 baki termasuk perlengkapan cewe & cowo, buah kaleng, apel, jeruk, dan makanan cina (entah apa namanya, yg cracker banyak wijennya itu loh).

Box sangjit untuk perempuan

Box sangjit untuk laki-laki
PS. kalo ada yang nanya baki nya beli dimana? kalo baki yang ini belinya di Mangga Dua atau di Petak Sembilan (Glodok). Di Mangga dua lebih sedikit optionnya; kalo di Petak Sembilan buanyaak banget yang jual. Mereka sampe nyediain jasa bungkus asal baki dan beberapa isinya beli di toko tersebut. Gratis kok bungkusnya. Tapi saya lebih suka bikin sendiri, soalnya mereka kurang rapih dan terlalu "cina banget" =P


Perihal uang susu

Waktu saya, saya dibawain 2 angpao yang isinya jumlahnya sama, jadi tinggal balikin 1 angpao.

Giliran sepupu saya, ada 2 angpao yang isinya jumlahnya beda. Angpao pertama jumlahnya bulet, misalnya Y juta. Angpao ke dua ada recehannya, misalnya X juta + 99.900 rupiah. Angpao pertama diambil sepenuhnya sama pihak cewe. Nah giliran angpao ke dua, hanya 99.900 rupiahnya yang diambil sama pihak cewe, sedangkan jumlah X di angpao ke dua dibalikin ke pihak cowo.

Katanyaaaa.. gak tau bener apa ngga... yang 99.900 rupiah itu untuk bayar uang susunya saja, sekedar tanda terima kasih sudah membesarkan si anak perempuan. Nah, kalo diambil X + 99.900 berarti si anak cewe ini dibeli sama pihak cowo. hihihi.. gak tau dah bener apa ngga...


Discussion

  1. meeelll... gua termasuk salah satu yg terbantu baca blog lu hahahaha... jadi ga usah google2 lagi, tinggal baca blog lu ajah... kebetulan gua ga cina2 amat dan pacar orang jawa, jadi kita sendiri juga ga ngerti sangjit2an gini..

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahuaa.. terharu postingan gw berguna buat lo, Mel.
      Gw jg gak gitu ngerti, pas mau acara baru sibuk tanya sana sini. Untungnya mamer gw ngerti

      Delete
  2. Iya yang uang susu itu emang gitu. Beda dikit sih kalo dulu cici & koko gue, angpaonya 1, terus yang diambil cuma uang lembaran paling atas sama paling bawah aja. Itu 'tanda' doang. Kalo diambil semuanya, memang artinya semacam si perempuan udah 'dibeli' sama keluarga laki. Tapi ya gue ga pake sangjit2-an sih soalnya udah gak ada angkatan tua yang ngerti, jadi buat apaan dipaksain kan. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. adat bgini udah banyak yang gak ngerti yah, jadinya ngalur-ngidul dan jadinya beda-beda caranya.. mungkin sebenernya bukan caranya beda, tapi orang pada lupa akhirnya saling melenceng dari yang seharusnya hehehe

      Delete
  3. wuii gua udah gak gitu inget lho sangjit dulu bawa apa aja. pokoknya ngikutin aja dari list nya mertua secara keluarga gua gak ngerti gitu2an. huahaha.

    trus angpaonya emang diambil sebagian trus sebagiannay dibalikin... tapi gak inget juga harus ada 2 angpao atau 1 angpao... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi.. udah lama sihh, gw skrg aja udah lupa2 inget :P
      angpaonya gw malah gak liat jumlahnya berapa, yg pasti 2 angpao dan jumlahnya sama

      Delete
  4. Mel...

    sama kek Melissa nih, kebantu deh sam post luh yg ini, secara pusing jugah mikirin sangjit...

    nanti mw tanya sama calon mami jelasnya gmana, karn aklo diliat-liat dari kel gueh, lebih ngikutin yg sepupu lu ituh...tapi dari pihak pacar kagak ngerti ikut adat yg mana....

    ReplyDelete
    Replies
    1. hohoho... glad i can help

      biasanya ikutin keluarga cowo sih, kecuali kalo cowonya gak ngerti. Yahh sebenernya, menurutku gak penting2 juga ngikutin yang mana, kan intinya lamaran :)

      Delete
  5. kalo g, waktu merit dulu nggak pake acara sanjit, mel. Karena udah pusing rempong sendiri dengan hari H, juga keluarga si Ony nggak pake adat Cina lagi. keluarga g, ngikut aja dah. Tapi emang ttp pake uang susu juga sih. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. gw jg sebenernya udah rempong banget, tapi teteeuupp ortu2 mau sangjit. Loh tapi kalo gak ada sangjit terus uang susunya kapan ngasihnya?

      Delete
  6. Hi Mel...
    btw gw dah sering mampir sini tapi udah pernah komen atau say hello belum ya hehehe *lupa saking kebanyakan blogroll*
    Btw klo misalnya yg merit tu hokjia ama hokien trus ngikut yg mana ya? cewe atau cowo? hahaha... sama kalau bawa 2 angpao gt tapi yg satunya ga genep, yg pihak cewe taunya gimana ya itu angpao yg mana yg harus dibalikkin :P Sama klo bawa 2angpao dua2nya kudu diisi sama ga jumlahnya? asli ga ngerti deh aturan ginian :) tengkyuu~

    ReplyDelete
    Replies
    1. hi juga, kayaknya udah pernah komen deh :)
      biasanya ikut adat cowo sih. kecuali kalo cowonya udah gak cina-cina banget n gak ngerti. Intinya mah ikutin yang ngerti aja :p

      waktu sodara gw sih, jumlahnya (misalnya yaa) Angpao 1: 2 juta, Angpao 2: 2,990,000. Nah yang diambil angpao 1 sepenuhnya + 990,000 dari Angpao 2. Pokoknya ambil buntutnya ajah..

      tapi gak tau yaa, soalnya bisa beda2 tata caranya

      Delete
    2. i see...
      iya ini kayanya budaya turun temurun tapi kadang udah pada kecampur2 jadi pada lupa hehehe.. tengkyu ya mel buat inponya :)

      Delete
  7. weh, rada mirip sama Sangjitnya cece sepupuku.. cuma bawaannya cuman 8 baki, terus diadainnya H-1 pernikahan... (jdeeer)
    isinya yah buah, baju, baju dalem, alat mandi, kaya gitu2 deh :D
    terus uang susunya itu.. seingetku kebalikannya... jadi misal dikasih Y juta 990,000 yang Y juta itu diambil, yang 990,000 dibalikin sama separuh buah-buahannya.. tapi aku ngga tau itu yang cowonya suku apa xD hehehe

    ReplyDelete
  8. wah mel, ak baca postmu sampai 2x wkkwkwkw
    karna awalny cuma baca sekilas tapi pas cowku tanya2 tentang uang susu jadi inget postmu n dibaca dengan seksama wkwkkwkw....
    klo sangjit gini ngikut adat pihak cew or cow?
    agak beda yaa ma keluarga suami cici ku, kr uang susu pas dikasih wkt temu manten, sedangkan pas lamaran + tunangan hanya dikalungi aja ma bawa hantaran bbrp baki

    tp serius kebantu bgt ma post mu ini mel
    thx yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya tergantung kesepakatan bersama sih mau ikutin adat cewe atau cowo. Malah kalo bisa di combine aja biar semua hepi :p
      waktu gw sih ikutin cowo soalnya keluarga gw gak ada yg ngerti, sedangkan cowoku mamanya lumayan ngerti..
      Kalo uang susu sih dikeluarga gw dan cowoku sama, dikasih pas sangjit :) Soalnya pas nikah kan dikasihnya udah angpao teapay

      Senang dapat membantu anda :D hehehehe

      Delete
  9. Gw seneng deh Mel kalo liat orang yang beneran ikutin adat kaya gini. Karena temen gw ada yang sangjit cuma demi dapetin barang-barangnya aja. Dia minta channel, louboutin, dsb dsb.... Pihak cowok mau bawa 6 baki juga lgsg diomelin, maunya 12 baki, ckckck... Etapi ikut adat kaya gini ribet juga ya, apalagi kalo adatnya ga sama. Mesti diajarin satu2. Kalo ga tau (kaya gw) tu duit di angpao kedua bakalan gw embat semua, balikin amplop kosong hihihihi^^ *maunya*

    ReplyDelete
  10. wow,thanks atas infonya. jadi kan tau gw klo mo ngelamar calon istri w.

    ReplyDelete
  11. Halo,

    Mau tanya, itu baki nya berapa duit ya beli nya? Lagi mau cari di petak 9 nih soalnya hehe.
    Thx before.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah udah lupa nih.. kalo gak salah yaa, kayaknya sekitar 120rb isi 3 pcs (beda2 ukuran)

      Delete
    2. Oooh..jauh lebih murah daripada sewa yah.
      Oke deh, nanti saya coba cari. Thanks buat info nya.

      Delete
  12. Mel, itu isi2an buat sangjit kayak kue2nya gitu ada juga yah di glodok? di petak 9 ya maksudnya? males bgt nih gw mesti nyiapin kayak gtuan. Nyiapin hr H aja udah pusing2. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lengkaaaaaaaap banget di petak 9. Tinggal bawa badan sama uang aja deh. semua ada disana hehehe

      Delete
    2. haai meeii mo tanya donk nech tokonya dimana yach di petak9.nya? nama tokonya apa? bnyak kah pilihan barang2 sangjitannya? tahnks yach nech infonya..

      Delete
  13. Mel, sori mau nanya itu baki yang kamu punya..apa mau dijual?kalau dijual bisa contact email saya ya phemapie@gmail.com
    thank a lot

    ReplyDelete
  14. mau nanya dong. baki itu yang sediain pihak cowo saja ato tiap pihak harus sediain? Kan bakinya dr pihak co juga harus di isi kan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dua belah pihak harus saling menyediakan. Yg cewe siapin barang2 cowo, yg cowo siapin barang2 cewe. Nantinya kan untuk di tuker..

      Delete
  15. baki yg di sediakan cowo lebih kumplit, tadi kalau dari cewe hanya beberapa seperti yg di sebut di atas

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya sama aja sih.. cuma memang barang cewe kan perintilannya lebih banyak, contoh saja alat make up, itu kan jenisnya banyak banget. Kalo cowo lebih simple :)
      kalo jumlah bakinya harus sama.

      Delete
  16. maaf mau tanya untuk uang sanjit dan uang susu (adat khiau sen /cina tangerang) apakah pihak wanita meminta nominal untuk uang susu dan sanjit nya ??? (dan apakah uang sanjit nya di ambil semua ? karena teman saya ada yg baru sanjitan ....uang sanjit nya di ambil semua oleh pihak wanita ( khiau sen /cina tangerang)
    saya orang (khe) klo dari adat saya .....uang susu dan uang sanjit itu .....pihak wanita nya menerima seberapa aja yg di berikan oleh pihak laki2( uang susu "di ambil semua " dan uang sanjit nya " di ambil atas dan bawh nya saja


    ada yg bisa bantu jawab khusus nya org khiau sen/cina tangerang

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah saya kurang tau kalo cina tangerang.
      Saya sama kayak kamu, khe, jadi sebagian diambil, sebagian dikembalikan :)
      mungkin ada pembaca lain yg bisa bantu?

      Delete
    2. Hi, saya juga mau sanjitan tapi saya orang khe
      kalau menurut saya untuk uang susu itu tergantung orang tua cew ( ada yang sebutin dan ada juga yang ga ) dan berhubung saya dan cow saya ga mau ribet tanya sana sini jadi saya minta uang susunya sejumlah tanggal lahir saya agar ada maknanya. terkait uang lamaran dan uang susu untuk cina tangerang saya kurang paham, namun menurut saya mungkin maknanya sama (untuk beragam chinese ) di ambil ujungnya doank berarti hanya menitipkan anak perempuannya.
      semoga membantu ya ^.^

      Delete
    3. Hi, saya juga mau sanjitan tapi saya orang khe
      kalau menurut saya untuk uang susu itu tergantung orang tua cew ( ada yang sebutin dan ada juga yang ga ) dan berhubung saya dan cow saya ga mau ribet tanya sana sini jadi saya minta uang susunya sejumlah tanggal lahir saya agar ada maknanya. terkait uang lamaran dan uang susu untuk cina tangerang saya kurang paham, namun menurut saya mungkin maknanya sama (untuk beragam chinese ) di ambil ujungnya doank berarti hanya menitipkan anak perempuannya.
      semoga membantu ya ^.^

      Delete
  17. Hi mau tanya dong. Sy kan belum lamaran. Nanti digabung sama sangjit lamarannya. Boleh ga kalo sediain barang2 aja ga usah kaki babi/buah2an/makanan kaleng?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau boleh atau ngga sih tergantung kesepakatan kedua keluarga yah. Didiskusikan dulu aja sama keluarga besar. Tapiii, setau saya kalau digabung ya bakinya juga digabung antara baju dan makanan :)

      Delete