36

Kerikil di akhir trimester 1

Posted on Friday, May 17, 2013

Yak lanjut ya cerita kemarin..

Jadi selama kehamilan saya 11 minggu pertama itu saya sama sekali gak keliatan kayak orang hamil. Kalo siang segar bugar sama sekali gak mual. Kalaupun mual hanya sedikit dan itu pasti setelah matahari tenggelam, dan ya gak sampe vomit, paling cuma uek uek aja. Memang sih saya lebih cepet cape, biasa kuat jalan di mall berjam-jam, sekarang jalan beberapa jam aja saya udah meleyot minta kursi.. Terus kalo jalannya jauh dan cepet pasti cuma beberapa langkah aja saya cepet ngos-ngosan.

Nah karena saya merasa kok kondisi saya melemah ya (cepet cape) maka saya google lah cara olah raga yang aman untuk orang yang sedang hamil. Beberapa situs luar negri bilang sih kalo jalan pagi diperbolehkan malah bagus asalkan jangan cepat-cepat. Bahkan kalau sang ibu sudah biasa jogging, maka selama trimester pertama jogging juga boleh hanya kita perlu merasakan heart-rate kita.. kalo udah sampe terengah-engah harus stop dulu. Berenang juga boleh selama berenangnya berenang santai.

Si Tomo semingguan kemarin rajin lari pagi (soalnya perut mulai membuncit nyaingin saya). Dia setiap hari bangun jam 5 pagi, lari keliling komplek 30 menit dan naik turun apartemen pakai tangga darurat. Berhubung saya lagi hamil maka saya terpaksa deh gak bisa nemenin *padahal males juga sih*. 

Pas hari sabtu, saya bilang ke Tomo kalau saya mo coba ikutan. Saya akan jalan santai aja, gak akan lari atau macem-macem yang membahayakan. Maka sabtu itu saya turun ke tempat kolam renang dan jalan santai. Sesantai-santainya jalan saya merasa kok jalannya pelan banget ya, bahkan nenek-nenek aja lebih cepet dari saya jalannya. Saya juga gak merasa capek waktu itu. Tanpa berpikir panjang saya cepetin deh jalannya... Saya sempet naik turun tangga juga walopun cuma 1 lantai (lumayan tinggi loh anak tangga dari kolam renang ke lobby). Setelah Tomo selesai 10 putaran kita balik ke apartemen. Disana saya sama sekali gak kerasa capek. Malah badan rasanya seger karena bisa menghirup udara pagi. Setelah itu siangnya saya ke bandara karena harus jemput ortunya Tomo.

Malemnya saya merasa mual lebih dari biasa.. makan malempun yang shabu-shabu gak kerasa enak sama sekali. Tapi disana saya tetep gak sampe vomit.

Besoknya, karena semua keluarga besar Tomo ngumpul di Jakarta, maka mereka merencanakan mau foto keluarga tapi yang murah. Pagi-pagi Tomo udah di telponin minta tolong jemput si koko. Terus lanjut makan pagi bareng. Terus saya lanjut pergi ke TA cari M-studio yang ternyata sudah tutup. Terus lanjut ke CL dan akhirnya foto di Malibu studio. Di CL itu saya gak langsung foto, tapi sempet belanja juga ke matahari. Malemnya ke rumah ortu saya karena mertua kangen :p. Terus lanjut ajak mertua ke rumah baru saya dan baru ke bandara anter mereka balik kampoeng. Setelah itu saya merasa pusingggggggg banget. Kepala rasanya cenut-cenut. Badan capek. Rencana mau ke gereja jam 7 langsung batal karena saya sudah kecapean.

Pusingnya gak ilang sampe besoknya. Saya tuh orang yang gampang pusing kalo kecapean makanya saya selalu sedia obat di tas. Tapi karena katanya orang hamil gak boleh makan sembarang obat jadilah saya paksain gak minum. Apalagi katanya 3 bulan pertama itu masa-masa pembentukan seluruh organ tubuh bayi dan otaknya sedang berkembang pesat. Ya sudahlah saya ngalah sama si jabang bayi dan seharian  harus menikmati sakit kepala. 

Hari selasa pun saya masih merasakan sakit kepalanya. Hebat ya tuh sakit kepala bisa bertahan 2 hari.

Sampe hari rabu akhirnya sakit kepalanya hilang. Tapi apa yang terjadi.. hari rabu itu sepulang saya kerja (masih sempet makan pear dan masukin baju ke mesin cuci), pendarahan itu terjadi.

Jadi pas saya pipis langsung ada cairan ngocor (banyak) ke toilet. Saya sampai takut mo pipis padahal lagi kebelet. Setelah itu saya panik telepon papa saya soalnya Tomo masih otw dari kantor dan naik motor. Mama saya suruh saya pake pembalut dan tiduran dengan kaki terangkat keatas sambil tunggu mereka datang. 

Gak lama Tomo sampai. Langsung dia suruh saya telepon dokter kandungan saya. Setelah saya telpon ternyata hari itu dia sedang praktek di RS di cengkareng. Jauh bok. Tapi dokter suruh saya beli obat untuk menguatkan janin dan diminum hari itu dan besoknya. Tapi namanya panik ya, mana bisa sih tunggu sampe besok?!!

So kita memutuskan untuk pergi ke RS terdekat dengan dokter yang paling cepet (a.k.a paling gak ada pasien). Ternyata RS itu ruangan dokternya malah kosong dan yang praktek cuman 1 dokter doang. Syukurlah saya gak perlu antri.

Di RS mama saya sudah sampai duluan dan pesen kursi roda untuk bawa saya dari lobby ke ruang dokter *lebay gak sih*.

Sang dokter tanya, darahnya merah atau kecoklatan? Saya jawab merah... 
Dan dia langsung "waduh..."

AAAAAAAA...... *stresss*

Langsung beliau suruh saya naik ke kasur untuk USG. Deg-deg-an gila saya waktu itu.

Tapi dokternya langsung bilang, "bayinya gak pa-pa nih.. sehat... cowo ya?"

"HAH??"

"Eh tapi gak tau deng, masih 12 minggu.. kecepetan buat tau cewe atau cowo... Ini gak pa-pa. Plasentanya juga bagus diatas..." lanjutnya..

Wuiiiii disitu saya langsung legaaaa se-lega leganyaaaaa. Terima kasih Tuhaaaaaaaan....

Lalu dokter lanjut suruh saya ke kursi buat ngangkang lagi *maamaaaaaakk*.

Ternyata memang ada pendarahan dari dalam. Setiap saya batuk pasti darah segarnya keluar. Tapi si dokter gak bilang dong kenapa berdarah. Dia cuma kasih saya resep dan disuntik progresteron buat menguatkan bayi. Saya harus bed rest selama seminggu, which means tiduran. Bener-bener tiduran dan gak boleh bangun kecuali ke WC.

Setelah saya pulang, malemnya setiap saya pipis pasti toilet penuh sama darah. Hiiiii nightmare banget saya kalo inget kejadian itu. Saking takutnya saya sampe gak berani pipis. Jadi saya tahan bener-bener pipisnya sampe perut saya sakit *i know gak sehat nahan pipis*. Tapi thank God banget besok siangnya sudah gak ada darah segar yang keluar lagi. 

Lusanya saya masih ada flek hitam/coklat yang saya tebak adalah darah yang mengering. Tapi just to make sure saya pergi ke dokter saya yang biasa sekalian check up rutin bulanan. 

Saat itu pas di USG saya tertera 12 weeks.

Dokter bilang semuanya sehat dan saya hanya butuh melanjutkan bed rest saya..

Tapi gak tau kenapa ya, sejak kejadian itu saya jadi lebih sering mual. Kemarin ini malah sempet sampe vomit 2x. Sampai sekarang pun setiap hari saya masih mual dan bener-bener kepengen muntah.

Aneh gak sih trimester pertama sudah lewat tapi malah mual?

Dan obat anti mualnya harganya mahal boookk... Vometa itu harganya 49 rebu isi 10 biji! >__<

Yah sutralah dinimati saja ya. Doain ya sodara-sodari ku setanah air supaya gak ada pendarahan lagi.. Semoga saya dan baby selalu sehat dilindungi sama Tuhan.

***
Semua kejadian ini saya anggap sebagai pelajaran kalo orang hamil itu gak boleh bandel sok sok-an mau olah raga.. gak boleh cape-capean lagi. It is ok to ask for help. Kalo bawa berat-berat gak-pa-pa kok minta tolong orang. Walopun kadang suka gak enak ati sih soalnya perut belom keliatan tapi kok udah sering minta tolong. Dan satu lagi buat ibu-ibu yang mengalami pendarahan kayak saya, gak perlu terlalu over khawatir... maybe your baby is fine... jangan nangis kejer-kejer dulu terus panik kirain anda keguguran. Kemungkinannya hanya sandungan kecil ditengah jalan :)
***

Btw kemarin keponakan Tomo yang baru umur 5 tahun doain saya. Dia taruh tangannya diatas perut saya sambil bilang, "Ya Tuhan Yesus yang baik, tolong jaga adek bayi supaya sehat sampai lahir. Dan supaya adek bayi bisa main Ipad sama Moses"
*namanya Moses

huaaaaaaaaaa lucu bangetttttttttttt.. saya sampe terharu..

Baby Jeeeeeee, sehat-sehat yaaaaa.. ada yang nungguin kamu main Ipad lohhhhh ^_____^

Discussion

  1. Ya ampuuun... bagian yang keponakan Tomo doain itu, hix... gw terharu. Itu jenis doa yang didenger sama Tuhan tuh. Pake tumpang tangan segala. OMG!!!

    Eh btw, 11 weeks kali.... 11 bulan mah lo udah lagi hamil anak kedua itu kayanya, heheheh^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya lucu banget, gw mo nangis malu haha

      oh iyaaa.. udah gw revisi. Thankyou yaa

      Delete
  2. Syukurlah beneran ngga ada horrible ending dari postingan kemarin... :)

    Yaudah jangan bandel-bandel lagi ya say.. Klo cepet cape, setau gw justru harusnya santai, leha-leha yaa..

    Terus mual muntah di trimester 1/2/3 kayaknya masih wajar2 aja sih, badan org juga beda2.. Tmn gw malah sepanjang 3 semester muntah terus *kasian* tp babynya udah keluar (proses normal) & sehat sih.

    Semoga lo dan Baby Jee sehat terus ya, jgn ada cerita horrible lagi. God bless & God speed.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduhh amit2 deh kalo sampe mual terus sampe 9 bulan *ketok2 meja*
      semoga kayak elo aja lancar tanpa mual hehehe

      Delete
  3. akhirnya gw baru berani komen hehehe....kemaren takut salah komen...
    semoga kehamilannya lancar terus yah mel sampe lahiran nanti...

    btw gw juga pernah flek coklat doang sore - malem trus pagi lgs ke dokter udah merah seger (iya gw pake softex)saat itu juga gw lgs di periksa dan disuruh opname di RS katanya "abortus iminent" artinya abortus yg masih bisa di pertahankan...

    keluar dr ruang dokter gw naik kursi roda ke bilik (bukan kamar) jd di bilik itu segala yg lg kontraksi, pecah ketuban, ibu habis lahiran tumplek blek jadi satu...disitu gw 1x24 jam baru boleh pindah kamar sendiri soalnya kl di kamar susah pantau...btw kl pas ngucur darah perut loe kaga sakit kan, jd gak perlu khawatir....kl ini perut gw sakit sampe kram2 segala (katanya bs gitu krn dlm perut lg kontraksi mau gugur)gw di RS itu 3 hari pas malam taun baru hahahah...

    udah sampe rumah suruh bedrest 10 hari gak boleh turun kasur kecuali ke wc astagaaa gak betah bener akhirnya gara2 itu gw baru ntn CSI, 24 hours, NCIS (itulah asal muasalnya hahahah) pas 10 hari balik dokter tau2 udah negatif aja..tapi gw gak di kuret...gw curiga pas darahnya kentel keluar ngegumpel beneraan kaya kecap manis pas netes (gw inget pas di rs kaya itu ada pas gw pipis) jd gw juga takut kalo mau pipis...bulan depannya gw mens trus bulan berikut langsung isi lagi (si conrad) sejak itu gw dilarang gendong clarissa krn ada riwayat kguguran. Padahal ada yg lagi hamil boleh gendong anak makanya tergantung kondisi badan masing2 yah :) jadi nggak masalah mel kalo soal berat2 itu elo minta tolong...

    karena parno soalnya pas hamil conrad ngeflek juga, lgs inisiatif bedrest sendiri hahahaa...trus pas ke sgp ke USS naik wahana kaya istabon itu gw berasa kapalnya pas masuk sama keluar itu gudruk trus perutnya gak enak bangettttttt...jadinya beneran di jaga tuh hamil...eh tapi yah mau baik2 di jaga kita gak tau juga kan kalo ternyata lahirnya ada kelainan jantung bawaan. Gw bukan mau nakutin elo, cuman sekedar share aja...intinya manusia boleh berusaha tapi Tuhan yang menentukan :)

    komen gw jd panjang hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. haduh gw jadi parno nih baca komen lo.. takut kenapa2 sama si jabang bayi.. *ketok2 meja lagi*

      untungnya kemarin gw gak ada sakit perut/mules2 kayak mau mens gitu sih. makanya gw bingung juga kenapa bisa "bocor" begitu. btw pas kejadian lo brp bulan kandungannya? pasti masih kecil ya makanya gak perlu di kuret..
      haduhh gw takut euy di kuret.. soalnya temen gw ada yg abis kuret malah susah punya baby.. amit2 Tuhaaann....

      Smoga gak lagi2 deh kayak gini.. :)

      Delete
  4. moga2 sehat2 terus ya...
    good to hear semuanya baik2 aja, gak ada apa2... :)

    ReplyDelete
  5. Trimester satu itu emang gak boleh terlalu banyak gerak sih Mel, katanya sih itu paling rentan, dilanjutkan dengan trimester tiga yang juga nanti bawaannya gede bener hihihi. Tapi di Trimester 3, kalo kandungan lu udah kuat, justru enaknya dibawa beraktifitas, supaya lahiran lu lancar, tapi jangan berlebihan. Trimester dua menurut gue paling enak. Eneg2 udah ga gimana, makanan masuk gampang banget alias mudah gembrot, dan saat itu emang paling nyaman untuk traveling, asal jangan aneh2 hihi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya.. tapi gw bandel semester awal malah mo sok2an olah raga *sekarang sangat menyesal*
      gw ini baru masuk trimester kedua, tapi kok malah enegnya baru mulai yaa.. ahh smoga gak berlama2 dhe

      Delete
  6. Hwaaaa Mel. Kok bisa gitu ya. Untung ga kenapa2 :) Thanks God.
    Itu mengharukan banget sih doa si Moses. Mao kenalan dong sama Moses.

    Gw juga kelar trimester pertama kan udah dapet ijin dari dokter buat olahraga. Terus suatu hari gw jalan pagi, pelan2 loh. Tapi abis itu selama 2-3 hari, perut gw kenceng rasanya. Gak berani deh gw olahraga lagi. Sekarang cuma berani renang aja.

    Lo kalo mau pergi-pergi atau olahraga gitu, mending konsultasi dokter dulu biar aman hehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ih gw juga abis kejadian kemaren sampe sekarang perut kerasa kenceng. Kalo gw berdiri tegak gitu rasanya sakit kayak ketarik otot2 perutnya.. normalkah saya??

      btw renang emang boleh ya? *nanya doang udah gak berani coba*

      Delete
  7. Syukur deh nggak kenapa kenapa, udah deg degan aja pas baca postingan yang kemaren. Semoga sehat terus yaa :)

    ReplyDelete
  8. seneng bacanya, langsung napas lega...*lebay*...
    en terharu baca doa dari ponakannya, semoga sehat terus ya mel...lancar sampe persalinan yaaa...

    ReplyDelete
  9. sehat2 yah... jangan terlalu padat acara, walo judulnya JARANG2 / KAPAN LAGI :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaa... udah kapok sekarang hehehe

      Delete
  10. Aduhhh ngebacanya itu perut koq ikutan ngilu.. Rasa empatiku besar sekali ini *loh*
    Jaga kesehatan ya Mel.. Supaya baby Jee bisa main Ipad sama Moses :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha... jgn dibayangin makanya :p

      Delete
  11. sehat2 terus ya mel and baby Jee, lancar2 ampe lahiran nanti :)

    ReplyDelete
  12. waduhhh mel, loe nekat banget dah naik2 tangga
    untuk ndk papa yaa, gw sampai merinding bayangi darah seger keluar pas pipis
    jgn capek2 mel, jln pelan2 aja...
    semoga sehat2 yaa mel and baby jee nya

    Moses....cutes banget deh, sini sama tante main ipad hehehhee

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa soalnya waktu itu kan clueless.. skrg kapokkkk-pokkkk-pokkk.

      si Moses emang cute, ngomongnya pinter banget :D

      Delete
    2. seneng banget dah punya ponakan kayak moses mel....
      yup jaga kesehatan mel,
      anak kantor gw saking cueknya pas hamil dia rela naik turun bis dari cikarang ke blok m
      yang ada selama 3 bln kudu bedrest karna pendarahan terus....
      jadi pas denger cerita loe langsung inget dia

      Delete
  13. fiuh untungnya semua baik-baik aja. wah ane ngga bisa bayangin deh bed rest gituh. ane ngga betah. dulu pas sakit juga disuruh gituh, tapi ujung2nya masih kelayapan ke mana2 hahaha. itu si moses bikin ane terharu. masih kecil tapi udah ada inisiatif buat doain kamu. bakal keren tuh nanti gedenya :) Semoga lancar ya kehamilannya. God bless.

    ReplyDelete
    Replies
    1. waduh kalo ini gw patuh deh.. soalnya kan bukan penyakit biasa.. hehe..
      si Moses itu disuruh doain sama amaknya, tapi kata2nya dari otak dia sendiri :)

      Delete
  14. Puji Tuhan baby Jee nya sehat.. Terus sehat yah baby Jee dan mamanya :D

    ReplyDelete
  15. mel kalo gue liat darah ngocor gt pas pipis keknya keburu pingsan duluan deh x_x tp syukurlah baby ga pa pa ya. btw dokter nya hebat amat bisa langsung liat jenis kelaminnya :D gue kemaren cuma flek doang secuil langsung mau nangis ketakutan hehehe cemen sekali saya yaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha jangan pingsan dong, nanti gak ada yang tau :p
      lo ada flek? terus langsung ke dokter dong?? gpp kan?

      Delete
  16. Waah, mel, gue baru baca ni :(
    untung gpp ya janin lu
    smoga spanjang kehamilan, elu+baby sehat ya
    sementara hindari naik turun tangga, angkat barang, jongkok2
    gue sendiri termasuk cengeng hamilnya, sampe mertua sebel ngeliat gue, kayaknya gue manja dan lemah banget
    karena mertua pas hamil 4 anak termasuk badak, ga mual, muntah ato flek

    ReplyDelete
    Replies
    1. hhahaha gw jg sejak kejadian ini jadi super manja n cengeng. gw udah gak berani angkat2 lagi... kalo ada lift juga mending nunggu lift lama dari pada naik tangga 1 tingkat :p
      emang tiap orang fisiknya beda2 sih yah :)

      Delete
    2. iya, mel...itu yg gue sebelin
      orang2 pd anggap gue pura2 biar bisa males2an dan manja2an sama suami
      banding2in dengan keadaan mereka ketika hamil malah kuat dan segar bugar
      padahal kn ga bisa disamain kondisi tiap orang :(

      Delete
  17. hiee serem ya, gw juga lagi hamil tapi gw kalo ada setitik flek coklat aja udah parno, gimana kalo merah seger, amit amit *touchwood*

    Muga2 kehamilan kita baik2 saja sampe lahiran dan anaknya juga sehat yahh.. aminnn

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnn.. mari kita sama2 berdoa supaya lancar yaa :)
      btw umur baby kita mirip2 yah hehe

      Delete