28

You will never know how it feels...

Posted on Monday, July 8, 2013

Dulu, saya gak pernah ngerti kenapa ada ibu yang mau-maunya ngorbanin nyawanya untuk anak di kandungannya. 

Misalnya gini, kalo di film-film atau sinetron, di awal cerita kan suka ada prolog dimana dalam melahirkan dihadapkan oleh dua pilihan: menyelamatkan ibu atau menyelamatkan anak. Dan biasanya, selalu si anak yang diselamatkan. Saya pikir, ih ngapainn ya relain nyawa buat anak yang toh masih gak tau apa-apa dan gak bakalan inget apa-apa. Kan kalo ibu yang hidup bisa bikin anak lagi, gampang...

I really-really have no idea that time how it feels to love a child, even when s/he's not even born... 

... until now.


Selalu, setiap saya pertama kali baring di meja dokter langsung saya merasa takut. Merasa kalau nanti ditemukan suatu penyakit, atau bayinya tidak berkembang, atau kepalanya ada dua *terlalu extreme?*

Kemarin saya cek up 20 weeks
Bayinya sehat, semua anggota badan lengkap dan ukurannya normal.Lega...

Lalu dokter memberi tahu kelaminnya: Perempuan.

Excited? NGGA!

Saya TAKUT!

Takut karena kalau anak perempuan kan harus extra dijaga. Takut nanti dia digodain abang-abang. Takut kalo dia diapa-apain dijalan gak bisa menjaga diri. Pokoknya serba takut deh. 

Pikir saya, kalo cowo kan lebih enak, ga mungkin digodain mas-mas dijalan. Kalo takut dirampok tinggal les-in aja dia karate (cewe juga bisa les karate sih, tapi ya kalo dia mau..)

Langsung saya teringat jaman-jaman SMA/kuliah dimana saya selalu ngomel-ngomel karena papa dan mama saya yang (menurut saya waktu itu) overprotektif-nya lebay. Setiap kali pergi sama temen pasti di telp / di cek. Ditanya dari A sampe Z: mau kemana, mau ngapain disana, sama siapa aja, dan pulang dan pergi kalo bisa dianter. Gak boleh naik taksi sendirian, boro-boro angkot. Alasannya cuma 1: Bahaya.

DANG!

Rasanya seperti di tabok pake sarung tinju.

Now I feel the same about my unborn baby!!!

Belum lahir aja saya udah takut dia kenapa-napa. Apalagi nanti kalo udah lahir???

Akhirnya saya mengerti kenapa papa mama saya extra-overprotektif. Apalagi saya anak satu-satunya perempuan...

Apakah saya akan seperti papa mama saya yang overprotektif nantinya walopun dengan konsekuensi disebelin sama si anak? YA!

MASA BODO deh mau dibenci dan berantem sama anak, yang penting si anak AMAN!

***

*ngetiknya sambil melow-melow dengerin lagu If I Could by Celine Dion*


"If I Could"

 If I could
I'd protect you from the sadness in your eyes
Give you courage in a world of compromise
Yes, I would

If I could
I would teach you all the things I've never learned
And I'd help you cross the bridges that I've burned
Yes, I would

If I could
I would try to shield your innocence from time
But the part of life I gave you isn't mine
I've watched you grow
So I could let you go

If I could
I would help you make it through the hungry years
But I know that I can never cry your tears
But I would
If I could

If I live
In a time and place where you don't want to be
You don't have to walk along this road with me
My yesterday
Won't have to be your way

If I knew
I'd have tried to change the world I brought to you to
And there isn't very much that I can do
But I would
If I could...
Oh baby... mummy wants to protect you
And help my baby through the hungry years

It's part of me
And if you ever... ever need
Sad shoulder to cry on
I'm just someone to talk to
I'll be there... I'll be there

I didn't change your world
But I would
If I Could! 

*tuh kan jadi berlinang air mata sendirian*

*huaaaa jadi nangis beneran dehhhhhh*

*yak jam makan siang udah abis, mari kerjaaa*

Discussion

  1. hueeeee.. jadi ikut mewek mel.. (T.T)
    however, me percaya, you'll be a grea mommy, a best friend for your daughter baby J

    GBU dear

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kok ketularan hormon mellownya? :D
      makasih yaaa Me..

      Delete
  2. Ah ah tuh kan perempuan, abis lo morning sickness nya parah kayanya... *tetep teori mitos-mitos itu seru buat tebak2an* :p

    Gw ngerti lo perasaan lo itu, gw malah ngerasainnya pas baru awal banget tau kalo gw hamil. In fact gw pengen bikin posting tentang ini juga tapi belum sempet-sempet, keselak hal-hal lain.

    Tapi beda sama lo... gw justru malah jadi bertekad dalam diri ga mau terlalu overprotektif walau entah gimana caranya. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha.. dan satu lagi, perut gw gak terlalu melendung kedepan makanya sampe skrg blm kliatan. Kalo cewe kan katanyaaaa melebar :D *demen juga tebak2annya*

      iya baby R cowo kan? kalo cowo mebe lebih bebas yaa, eh gak tau jg deng, blm ngerasain punya anak cowo :P :D

      Delete
  3. oohh begitu yaa rasanyaa.. Jadi penasaran kalo nanti aku yg ngalamin gimana ya? Secara ortu ku juga dari dulu gak segitu over protektif sama aku anak cewek satu-satunya. Apakah mungkin nanti juga jadinya cuek atau overprotek.
    Tapi emang jaman udah berubah si ya, Mel. Jadi makin was-was ngegedein anak di era begini. *koq malah ngomporin :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gedeinnya di Melb mah gak se was-was kalo di jkt kali yaaa hehehe

      Delete
  4. gueh malah kagak ada overprotective nya mel...hahahahaha...
    dari SD udh pulang sendiri naek angkot, malah ngerasain nongkrong bareng anak SMA yg suka pulang rombongan naek bis...hihihihihi...

    smoga sehat terus ya baby-nya mel...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ow yaa? soalnya lo bkn anak tunggal kali... kalo bonyok gw sih overprotective tp masih bisa di nego laah hehehe

      Delete
  5. Wah2 hormon mellownya kemana2 ya, emang si kalo anaknya cewe pasti lebih repot, tapi kan lucuu... You'll be a great mum.. Dun worry :)

    ReplyDelete
  6. iya banget... emang kita baru tau pas udah ngerasain jadi ortu sendiri.. :D

    ReplyDelete
  7. gua jg waktu blm hamil sempet mikir kalo punya anak cewe gmn jagainnya, takut dimacem2in orang, dan banyak takut2 lainnya. Jd pas dokter blg anak gue cowo, legaa juga :D btw congrats ya mel dede nya cewe, bisa di pakein baju yg lucu2 n gue yakin kok lo pasti bs jd mommy yg baik ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya pi.. anak pertama kayaknya kita extra cautious aja sama apa2 a.k.a kelewat parno hahaha

      Delete
  8. Nyokap gue surprisingly lebih protektif sama adek gue yang cowo dibandingin gue, karena... simple sih.. GUE LEBIH PREMAN hahahahaha. Tapi tetep kok, kalo gue telat pulang, dia mules bolak balik wece.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nyokap2 kadang suka sok cool di depan anaknya. padahal mah di otaknya pasti mikirin anak2nya terus :)

      Delete
  9. gua biarpun anak tunggal, tapi dibebasin juga ama bonyok... dari SD uda pulang pergi sekolah jalan kaki sendirian, SMP SMA naik angkot ama bis umum... kuliah malah lebih preman lagi, saking kudu ngerjain tugas ampe bisa nginep2 di kost temen... yg penting sih gua selalu laporan, pegi kemana, ama siapa, pulang jam berapa, beres deh hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya beda2 cara org tua didik anak. Tapi intinya kan tetep mereka pasti nungguin lo pulang rumah selamat setiap hari :)

      Delete
  10. Gue juga sekarang kayak gitu Mel.. Rasanya takuuuut mulu kalo bebinya kenapa2. Apalagi sampe sekarang ga bisa USG kan, jadi cuma bisa berserah sama Yang Di Atas kalau memang bebinya sehat waalfiat.

    Gue sendiri orangnya overprotective dari dulu juga, jadi anak gue nanti (entah cowo/cewe) kayaknya bakalan harus pasrah deh sama kebawelan emaknya.. huhu..

    Eniwei.. sehat2 terus yaaa.. and congrats for the baby girl.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang katanya org hamil bakalan takut terus hehe..

      sama2 ya be, smoga baby lo juga sehat2 selalu :D

      Delete
  11. aahh, gw langsung inget nyokap gara-gara baca ini :")
    sehat-sehat terus yaa dedek bayii :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, begitulah perasaan nyokap2. gw akhirnya merasakan yg dirasakan nyokap gw :)

      Delete
  12. Wow, never thought from that perspective.
    I'm not a mom and not a very good daughter myself.
    But I always wish someday I have a one of a kind relationship with my daughter. =) Daughter would be nice.
    Congrats Mel!

    ReplyDelete
    Replies
    1. That's what the title said. You'll never know how it feels until you experienced it yourself :)
      Thanks ya!

      Delete
  13. TOSS sama2 expecting baby girl.. (ini komen telat bgt, gara2 sekian lama ga blogwalking!)

    ReplyDelete
  14. kunjungan perdana. :)
    selamat yah anaknya perempuan.

    baca post ini, tiba-tiba jadi inget semalem pergi sama temen-temen sampe jam 12 ditelponin nyokap ngomel-ngomel disuruh cepet pulang.

    ReplyDelete
  15. kita coba lagi ya Mel hahahaha jadi senapsaran, soalnya ke Mbak Titi juga dulu gitu (temenku yg juga blogspot)
    Eh aku sama hubby juga dulu gak suka anak kecil samsek, eh sama anak sendiri ya bedalah ya. Darah daging sendiri, Mel. Dalam perut kita. Bernafas bareng ah kalo nggak ngerasain sendiri emang dianggap lebay macam aku dulu begitu . Dan aku dulu sering majuin tanggal periksa...karena mau USG, padahal kan gak perlu sering-sering USG.

    ReplyDelete
  16. mel hahaha bisa, ternyata pake Open ID aku kemarin pake yang wordpress malah kok gak bisa ya

    ReplyDelete