11

Hari-hari di rumah sakit (post-birth)

Posted on Saturday, December 21, 2013

Lanjut cerita lahiran kemarin ya.

The day after, well sebenernya masih hari yang sama sih soalnya kan Grace lahir jam 00.50 dilanjut dengan IMD sekitar 1 jam lanjut beres-beres saya masuk kamar sekitar jam 3 pagi. Jam 5am kebangun karena lapar dan langsung pencet bell panggil suster minta early breakfast :p

Setelah breakfast saya mules donggggg. Minta tolong suster biar boleh ke toilet tapi malah disodorin pispot, huaaaaa. Apa boleh buat lah ya, akhirnya saya cobain juga tuh pupup sambil tiduran yang tentu saja tidak berhasil dan cuma bikin belakang saya pegel, haiyah!

Gak lama setelah itu Grace diantar ke kamar saya untuk nyusu. Of course susunya belum keluar huhu.. Tapi dasar bayi pintar ya, walopun ga keluar tetep aja dia asik ngenyot. Me? I'm amazed how a little human being is depending on me on food. Then I pray to God so that I could produced enough milk for my baby.

Drama selanjutnya adalah pipis! Yes, you read it right. Saya gak bisa pipis dongggg!
Dari malem suster udah pesan supaya banyak-banyak minum air putih, dan emang abis ngeden-ngeden kali ya rasanya memang haus melulu. Setelah drama pispot, jam 9an saya merengek sama suster biar dibolehin turun ke toilet. Akhirnya boleh dengan catatan ditemenin suster. Iyaaaa, saya di dalam toilet diliati  ajaaa gituuu sama susternyahhh. So again, mission failed.

Akhirnya jam 11 suster datang lagi dan suruh saya coba pipis lagi, tapi gak tau kenapa ya saya tetep gak bisa pipis loh. Rasa kebelet pipisnya sama sekali gak ada padahal saya udah minum air buanyak banget. Kegagalan kali ini membuat saya pasrah harus di kateter >_<. Ternyata kandung kencing saya sudah full banget sama air, ditadah sampai 1.5 liter lebih. Curiganya sih efeknya epidural yang belum habis sehingga saya masih belum bisa merasakan pengen pipis,

Gak lama setelah itu dokter anestesi datang untuk mencabut selang epidural (yoi dari semalem tuh belum dicabut). Kali ini nyabutnya cepet dan gak sakit.

Setelah itu obgyn datang untuk cek jahitan dan cek kontraksi. FYI, selama itu saya masih di infus biar kontraksinya bagus. Setelah perut dipencet-pencet dikit sama dokter baru deh infusnya dicabut. Huahhh legaaa rasanya udah ga ada selang ditubuh lagi. Sekarang waktunya belajar jalan.

Please ya, siapa bilang kalo lahiran normal sebentaran aja udah bisa lari-lari?!

Gak tau karena saya pake efek epidural sehingga ngeden sekuat tenaga dan gak kerasa apa-apa atau gimana, tapi ada pembengkakan di bawah sana + *blush* ada (sedikit) hemoroid *blush lagi*

JADI JALAN ITU SAKIT!

Saya gak bisa berdiri tegak. Kalo berdiri harus rada bungkuk ke depan dengan pantat nonggeng kayak soang T___T. Nah karena harus nonggeng kan jadi gak balance yaa.. otomatis saya jalan harus pegangan atau kalo gak ada yg bisa dipegang ya terpaksa merembet tembok (kalo malem-malem ada yang ngeliat ngeri kali ya, ada cewe pake baju jubah rumah sakit panjang jalan merembet tembok hahaha)

Hari ke 3 masih sakit tapi sudah mendingan. Jalannya sudah gak perlu merembet tembok lagi tapi tetep aja harus pelan-pelan. Belum berani gendong Grace sambil jalan. Kalo gendong saya harus sambil berdiri diam sambil menjaga keseimbangan.

Seminggu kemudian saya cek-up ke obygn lagi. Pas di cek tekanan darah saya tinggi jadi dokter menyarankan untuk test lab.. yang hasilnya... saya ada infeksi saluran kencing Y____Y (helooo pispot, ini gara-gara kamu!). Ya, pasti gara-gara waktu itu saya gak bisa pipis dan menahan 1.5 liter air di dalam tubuh jadinya infeksi deh..

So, the point is...

LAHIRAN ITU GAK ENAK!

Walopun di postingan sebelumnya saya bilang kalo pake epidural sama sekali gak sakit, tapi efek sakitnya tetep aja ada belakangan.

Nanti lanjut lagi ya..

Discussion

  1. Sama kaya g Mel, disuruh pipis terus sama suster tapi guenya ga ngerasa pengen pipis ya masa dipaksa ya.. eh trus dipakein pispot sama susternya dan ternyata kencingnya banyak. Kata orang sih efek waktu sebelom lahiran g ada dikateter buat pipis juga jadinya badannya kebawa pengennya dikateter klo mau pipis..

    Dan g jg ga bisa langsung jalan normal..musti pelan2..sampe di catatan pasien kemampuan jalan gue dinilai belum lancar.hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. lo ga pake epi kan ya na? kok di kateter jg ya.. gw kira krn gw di epi makanya di kateter sampe 3x -_-"

      Delete
  2. g baca postingan lo... otak g blank, dan menunggu hari itu datang say... do'a kan saya lancar2 yah lahirannya ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha santai aja pi. kalo harinya uda dateng kita cuma bisa berdoa n pasrah kok.. jhn terlalu dipikirin ya ;)

      Delete
  3. mau lahiran normal, atopun cesar, sama2 ada ga enaknya yah >.<'
    infeksi saluran kencing *doooh!* trus akhirnya gmn pengobatannya tuh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. minum jus cranberry aja kok. ga sampe bbrp hari juga sembuh hhehehehe

      Delete
  4. Mungkin tiap orang beda-beda ya recovery-nya, soalnya gue abis pindah ke kamar rawat udah jalan-jalan sendiri, ya emang nggak enak sih jalannya. Disuruh pipis juga sama dokternya dalam waktu 4 jam setelah dijahit. Mungkin efek adrenalin juga dan senengnya nggak ketulungan udah bebas dari kontraksi jahanam itu hehehe... Btw, ISK itu sungguh sangat gak enaaaak!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda ya kalo dibius epi sama ngga. gw mah hrs nunggu efek epi ilang baru boleh jalan.. efeknya 12 jam., jd pake pispot dah haha

      ISK gw untungnya ga parah sih, jd yaa meringis2 kecil aja sebelum pipis :p

      Delete
  5. hahahaha.... gue juga disuruh minum cranberry, tp pada saat hamil sih. Dan gak parah cuma disuruh jaga-jaga aja jd minum juice. Gue juga ada hemoroid dong pas abis lahiran.

    Eh elu gak bisa ya kalau pipis ditongkrongin? Kalo gue sih nyante banget. Kayaknya ud keseringan bolak balik rumah sakit, kadar malunya udah turunnnn...

    ReplyDelete
  6. hai hai mbak, mampir kemari setelah melalang buana.
    selamat ya sudah lahiran.
    daku tahun lalu lahiran pake induksi infus dari jam 9mlm sampe jam 4pagi, besokannya udah bisa jalan2. tapi mungkin emang tiap orang beda2 ya mbak.

    ps. btw, template blognya bagus euy. minimalis :)

    ReplyDelete
  7. Dan itulah perjuangan jadi seorang Mama yah Mel :D Hebatt sudah melewati :)

    ReplyDelete