22

In Time

Posted on Tuesday, March 18, 2014

Menurut saya sifat manusia di dunia ini dibagi menjadi 3 tipe: manusia yang selalu kepagian (in-time), manusia yang on-time, dan si tukang telat (out-of-time?).

Yang di maksud dengan in-time adalah manusia yang gak-enakan kalau telat. Jadi mereka selalu datang diawal ketika janjian. Lebih rela menunggu daripada harus ditunggu.

Sedangkan manusia on-time adalah manusia yang mepet waktu. Gak mau kepagian juga gak mau telat. Dateng selalu dipas-pasin sama jam janjian. Jeleknya ya kalo tiba-tiba ada hal mendadak / kena macet pasti jadi telat.

Si tukang telat mah gak usah dijelasin lagi ya. Gak tau apa yang disibukin tapi kalo dateng selalu telat dan (betenya) gak pernah merasa gak enak sama yang nungguin.
Dari kecil saya hidup sama kedua orang tua saja, gak punya kakak adek. Nah nyokap saya orangnya sangat in time sekali, sedangkan bokap senengnya telat. Nyokap pernah cerita kalo waktu kecil kami pernah (bahkan sering) ketinggalan kereta ke Jawa.. apalagi kalo bukan gara-gara bokap.  Sedangkan bokap sering ngomel kalo nyokap senengnya buru-buru dan akhirnya selalu kepagian sampai di tempat.

Di tengah pasangan in-time dan telat, saya adalah orang yang on-time. Saya paling males nunggu (karena takut dikira orang gak ada kerjaan?) dan juga paling males dibuat nunggu. Kalau teman janjian saya telat bisa-bisa saya telponin terus atau tinggal sekalian. Moto saya, kalo gak penting-penting amat lebih baik batal daripada nungguin si tukang telat. Time is precious.

Nah, bayangin gimana hebohnya kita bertiga kalau mau pergi bareng.

***

Contoh kasus kalo mau pergi kondangan. Jam 7 acara mulai, perjalanan kira-kira 30 menit – 1 jam deh tergantung traffic.

Jam 4.
Nyokap: mulai grasak-grusuk nyari ini itu, beresin ini itu, dll
Bokap: belom pulang dong
Saya: masih leha-leha baca blog / nonton / molor

Jam 5.
Nyokap: "MANDIIIII!!! Ayo siap-siap.. nanti telaaaaat!!!"
Bokap : "Nanti, masih lama. Papa mau tidur dulu."
Saya: "Iya, masih kepagian.."

Jam 5.30.
Nyokap: *udah mandi nyaris selesai dandan* "Ayoooooo mandiiiiiiii, nanti maceeeeeeeeet!"
Bokap: *Grrrrroooooookk groooooookkk* -masih ngorok.
Saya: Mulai mandi dan siap2.

Jam 6.
Nyokap: udah siap dan udah bertengger di ruang keluarga siap berangkat. Biasanya dia udah siap berangkat sendiri kalo bokap gak bangun-bangun juga (sadis emang)
Bokap: baru bangun tidur, masih ngulet-ngulet santai.
Saya: masih dandan mulai lari terkibrit-kibrit nyari aksesoris, nyari tas, nyari sepatu.

Jam 6.15.
Nyokap: senewen tingkat tinggi. Mulai ngambil kunci mobil / panasin mobil.
Bokap: baru selesai mandi, tetep masih santai.
Saya: udah di ruang keluarga dong dan mulai senewen juga. Mulai tereak "papaaaaaa papaaaaaaa, udah mau ditinggal mama lohhhhhhhh"

Jam 6.30.
Semua sudah di mobil. Mama ngomel karena takut telat. Papa diem. Saya senang karena akhirnya on-time (haha)

***

Contoh lain kalo janjian ketemu di mall.

Saya: muter-muter lihat-lihat tempat lain sambil terus ngeliatin jam. Kurang 5 menit baru deh jalan ketempat janjian.
Nyokap: Udah asih nunggu di tempat janjian walopun masih sejam lagi janjiannya.
Bokap: asik muter-muter liat tempat lain sampe lupa waktu dan akhirnya telat juga dateng ke tempat janjian xD.

***
Antara si in-time dan si out-of-time saya lebih mending yang mana? Gak dua-duanya deh! Menurut saya datang kepagian itu buang-buang waktu. Dikala seharusnya masih bisa ongkang-ongkang kaki di rumah malahan bengong di ruang tunggu. Sedangkan kalo telat juga gak enak dong sama yang nungguin, atau malah harus lari-lari karena takut di tinggal (kalo mau pergi).

Nah ceritanya jadi beda setelah nikah dan dapet Tomo yang extra-extra-In-time, alias selalu kepagian *ditebelin pake garis bawah*, yang mana dia lebih rela nunggu 2 jam daripada telat 10 menit >_<. Kayaknya dia capek kali ya setiap kali buru-buruin saya, ditambah dengerin saya ngomel di ruang tunggu =D.

Discussion

  1. Hahaha.. melll.. ngakak loh baca penjelasan elo, nyokap dan bokap. gua lagi ngebayangin yang comic golongan darah itu. hahahaha.. Gua termasuk on-time sih. gak terlalu telat, gak terlalu kepagian. nampaknya kondisi elo, gua bangetttt.. hahaha.. kita sama mel. *toss*.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya yah, jd ke inget komik golongan darah. coba gw bisa gambar, gw saingin tu komik #ngarepbanget

      Delete
  2. Hahahaha, gue sih lebih suka pas-pas-an, tapi gue jarang telat2 banget lahhh.

    ReplyDelete
  3. gua sama kayak lu, lebih suka dateng ngepas... males nunggu kalo dateng pagian... beda ama si suami, dia lebih suka nunggu ketimbang org nungguin dia... jadi mo pegi2, dia uda grasak grusuk, guanya masih nyantai2 aja hahahaha...

    ReplyDelete
  4. nyokap lo g banget dah! klo g yang punya acara MIL g tinggal tuh, toh dia ada boil sendiri bisa nyupir sendiri, misua juga g tinggal, bisa pergi ama F&MIL kan ^^, tapi klo dia yang punya acara sih, suka2 dia telat dah, g bawa badan doank, yang pasti g sudah siap 30min sebelumnya dari waktu sewajarnya hahaha ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. widih kaum sadis nih yg suka ninggalin haha. tp biasanya sekali ditinggal kapok sih, gw kalo nyokap udah teriak2 gw langsung ngibrit ke mobil, daripd ditinggal bok :p

      Delete
  5. Eh gue punya temen yang hobi telat loh disetiap acara apapun, akhirnya gue dan temen2 yg lain itu suatu hari pada kompakan buat ngerjain dia, kita majuin jem kumpul2 satu jam khusus buat dia. Dari situ dia kapok loh gak suka ngaret lg hehehe....

    ReplyDelete
    Replies
    1. bagus2.. org kyk gitu emang pantasnya dibikin kapok :p
      eh tp biasanya emang dasarnya tukang telat kapoknya sekali doang sih, bsk2 ya telat lagiiiii -__-

      Delete
  6. gua paling sebel ama orang yang suka telat alias ngaret. mungkin bawaan karena bokap gua orangnya yang selalu in time. dulu pas kecil emang suka sebel sih kok kita selalu datengnya kepagian, tapi lama2 jadi kebiasaan.

    sekarang sih sebenernya gua pengennya selalu on time. tapi karena pengen on time, jadi selalu ngasih waktu kan kayak lu bilang just in case macet dll, nah kalo ternyata lancar ya jadinya kepagian. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha jadi intinya lo tetep in time dong? bagus deh, gw paling demen janjian sm org in time (biar dia yg nunggu) hahahaha

      Delete
  7. Huahaha kayanya aku lebih ke yang on time deh soalnya males juga kalau harus dateng duluan dan nunggu berjam2. Tapi kalo dibuat nunggu karena orgnya ngaret juga males..

    ReplyDelete
  8. gua termasuk si in-time :)) Paling males kalo ketemu client ngaret, pernah waktu itu dia yg buat janji jam 8 teng, gw udah sampe disana jam 1/2 8 kurang. eh ga taunya dia baru dtg jam 9.30. pengen gua tinggal tp ini client, serba salah :))

    ReplyDelete
  9. sikon gw menyesuaikan sama anak2 dah hahaha kebanyakan kl gw gak yakin gw gak janji dari pada ngecewain orang :) sejak beranak jd telat tapi tetep kl ke gereja kita in time atau on time kok hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang rempong ya kl ada anak.. jd kalo mau gak telat hrs siap2 bbrp jem dimuka nih fel? haha

      Delete
  10. Gue sih berusaha ngepas, kalo telat juga sekitar 15 menit. Nggak mau bikin orang nunggu juga.

    ReplyDelete
  11. kalo aku disesuain janji nya sama siapa sih. Kalo orang nya tukang ngaret yah karetin balik. :p
    tapi in time, on time, ataupun tukang telat masih lebih mending ci, dibanding orang yang suka cancel janji sembarangan..hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bangettt! temen aku ada tuh yg sering batalin janji. jadi setiap kali janjian sm dia aku anggep angin lalu ajah :p

      Delete
  12. Aku tipe in time. Soalnya kdg kan kita ga tau jalanan sama aplg klo mau ke airport, mending in time hehhehe

    ReplyDelete
  13. Aku tipe in time. Soalnya kdg kan kita ga tau jalanan sama aplg klo mau ke airport, mending in time hehhehe

    ReplyDelete
  14. Ya ampunn sama bgt tuh nyokap gw juga kayak gitu.. Padahal doi dandan tp kelar duluan..ahhaha :p

    ReplyDelete
  15. Aku juga mendingan ngepas waktunya. Diusahain banget ga telat soalnya juga ga suka kalo mesti nunggu. Btw itu nyokapmu kocak amat sihh ninggalin bokap kl kelamaan. Hahaha kereen :)

    ReplyDelete