30

Grace's First Flight

Posted on Monday, May 19, 2014

Tanggal 8 Mei Grace perdana naik pesawat lho.

Penerbangan perginya sengaja saya pilih yang paling pagi yaitu jam jamnya Grace bobok (jam 7 pagi). Perjalanan dari rumah ke airport dia sukses molor, lalu bangun pas sampai di airport, dilanjutkan dengan molor lagi pas disusuin di pesawat take-off. Wah, saya bahagia banget liat Grace ketiduran pas nyusu dimana ada anak lain yang malah nangis waktu take off *joged-joged sambil ngacungin dua jempol di dalam hati*.

Ditengah perjalanan dia bangun tapi terus gak lama lagi mau landing. Saya pikir gak perlun nyusuin lagi toh anaknya keliatan hepi-hepi aja, eh malahan dianya yang ngusek-ngusek ke dada saya kepengen nyusu. Tau ya nak kalo taxi harus nyusu biar kupingnya gak sakit. Penerbangan pagi itu ternyata cukup menyenangkan karena anaknya masih dalam suasana ngantuk jadi gak terlalu aktif di pesawat.

Saya, Tomo dan Grace ke Semarang tidak dalam rangka apa-apa sih, cuman merasa ada keharusan aja bawa Grace ngunjungi rumah akong dan amaknya. Sengaja saya pilih pas Grace 5 bulanan supaya cukup sehat untuk perjalanan jauh. Juga sengaja dipilih sebelum umur 6 bulan yaitu pada saat Grace belum mulai makan makanan padat. Memang keliatannya paling enak jalan-jalan diumur segini sih karena anaknya sudah bisa diajak interaksi tapi juga gak perlu repot mikirin makannya. Tinggal buka termos ajaib - Ta-da - bisa langsung disusuin. hehe.

Selama perjalanan menuju Semarang
Sampe Semarang Grace disambut dan langsung digendong sama amaknya. Surprisingly anaknya nangis! Dan waktu saya gendong eh dia langsung diem. Surprise dong soalnya selama ini dia selalu mau di gendong sama siapa aja, dan baru beberapa minggu lalu mau digendong amaknya di Jakarta. Sampe rumah lebih heboh lagi nangisnya waktu mau dimandiin sama amaknya, padahal biasasanya dia paling happy kalo mandi.

Terus terang saya sedikit happy karena Grace cuma mau nempel sama saya. Happy karena merasa dibutuhkan (soalnya kalo di Jakarta saya suka rada jelous sama sus *jujur*). Tapi ya lama-lama capek juga ya bok, secara mau mandi aja harus kilat soalnya baru ditinggal sebentar Gracenya langsung mewek. Saya maklum sih, soalnya Grace seumur hidupnya gak pernah tinggal di tempat lain selain rumah saya. Maklum saja kalau dia merasa asing dengan lingkungannya dan akhirnya merasa takut sama un-familiar faces.

Terlepas dari rewelnya Grace yang hanya mau nempel sama saya, the overall trip was F-U-N.

Makanannya enaaaak, terutama srimping di Gama Resto. Ada yang tau srimping? Sebelum kesana saya gak tau loh ada makhluk makanan yang namanya srimping yang rasanya enak banget. Bentuknya kerang, dalemnya mirip banget sama scallop, tapi harganya muraaaaaaaaaaaaah meriaaah bangetttt. Seporsi srimping goreng yang isinya seabrek-abrek cuman 22.000! Ya Tuhan, kemana saja kamu selama ini, pinggg? kenapa dunia heboh dengan scallop yang harganya mahal kalo ada makhluk srimping yang murah meriah???

Itu tuh yang bulet-bulet kayak kerang yang namanya Srimping
Disana saya juga sempat ketemuan sama temen kuliah seperjuangan, teman saling mencari contekan untuk assignment yang akhirnya dicontek rame-rame, teman galau dikala hasil test jelek, dan teman main bareng saya selama hampir 4 tahun di Aussie. Kalo dulu semuanya masih cupu-cupu pacaran dan galau mencari jodoh, sekarang saya sudah menggendong bayi, teman saya sedang hamil, dan yang satunya malah berbisnis sabun homemade bikinan sendiri. Hebat... *plok-plok-plok...*

Berhubung Grace tidurnya jam 6-7 sore, jadilah setiap malem saya gak bisa pergi-pergi. Sayang memang, tapi gak apa lah, yang penting Grace happy dan tidurnya gak pake drama nangis-nangis kayak di rumah sendiri. Mungkin dia sudah capek seharian jalan-jalan jadinya tidurnya gampang dan selalu bablas sampe jam 6 pagi (tetep bangun untuk nyusu sih).

Perjalanan pulang yang seharusnya jam 11 siang delay sampe jam 1 siang. Untungnya kita sudah city check-in dulu jadi tau kalau pesawatnya delay. Di ruang tunggu pesawat Grace tidur, yang akhirnya dia jadi seger di dalam pesawat *lap keringet*. Untungnya perjalanan cuma 45 menit. Take-off nyusu, main, gigit-gigit teether, main lagi, eh tau-tau udah pengumuman mau landing :D

Selfie dulu sebelum take-off

Asiiiikk, Grace berhasil jalan-jalan jauh. Dan saya cukup bangga karena bisa menghandle Grace sendirian dengan minimal bantuan dari mama mertua dan cukup banyak support dari suami *muach*.

Next time kita jalan-jalannya ke luar negeri ya, neng. *toel Tomo*

Tips buat jalan-jalan naik pesawat sama bayi:

1. City check-in PENTING BANGET. Pertama, untuk tau apakah pesawat akan on-time / delay. Kedua, supaya kita bisa minta duduk di barisan depan jadi cepet turun dan naik pesawatnya. Kalo maskapainya gak punya layanan city check-in datanglah ke airport lebih cepat agar masih kebagian tempat duduk di depan. Katanya sih tekanan udara di bagian ekor pesawat kerasa lebih sakit di telinga (CMIIW).

2. Siapa bilang kalo bawa anak bayi makannya harus gantian dan gak bisa enjoy? Apalagi kalo anaknya belum bisa duduk di kursi anak. Bawalah stroller! Grace tinggal taro di strollernya, dudukin disebelah kita, kasih mainan / gigit-gigitan anteng deh :)*eh, tapi ini tergantung sifat anaknya juga sih, ada yg betah ada yg gak betah di stroller*

3. Bawalah stroller naik ke kabin pesawat (jangan dimasukin ke bagasi). Karena selama nunggu bisa aja kan pesawatnya delay. Mau pake gendongan merek paling mahalpun cape juga kalo kan harus digendong terus. Yang ada pulang dari jalan-jalan punggung mama/papanya bungkuk :p

4. Kayaknya kalo disusuin selama TA-XI di pesawat kuping bayi gak perlu disumpel kapas gak pa-pa ya? Saya sih berusaha sumpel, tapi kebanyakan jatoh karena anaknya garuk-garuk kuping sendiri pengen ngelepas. Tapi dia hepi-hepi aja sih dan gak ada tanda-tanda kalo kupingnya sakit.

5. Beware kalo setelah landing perut anak jadi kembung dan alhasil jadi agak cranky. Grace sukses kentut-kentut waktu perjalanan pergi. Pas perjalanan pulang dia langsung pup begitu sampe Jakarta. LoL.

6. Kalo anaknya sudah bisa main, jangan lupa bawa beberapa mainan favoritnya. Gak perlu bawa segudang juga, bawa aja yang dia suka sehingga dia betah main mainan tersebut. Bawa lebih dari 3 karena bayi gampang bosan dan keluarkan mainannya satu-satu, jangan sekaligus dimainin ya.

Discussion

  1. Horeeee.. Grace udah berhasil jalan2 naik pesawatttt.... Abby masih belum nih hahaha. Kayaknya sih lagi di plan abis lebaran ini, tapi gue bawa sus dah hahahaha *haish males banget ya gue kesannya*. Tapi alesan utamanya sih lebih kepada supaya kalo misalnya liburan di luar kota, gue sama suami bisa indehoy serasa hanimun dan pulang lebih maleman, while anak dimomong susnya. Good tip banget terutama yang bawa stroller ke dalam pesawat. Tapi kayaknya ga semua pesawat membolehkan stroller masuk ke dalam ya? Eh itu Srimping di Jakarta ada gak?? Gue mauuuu...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang enakan pake sus sih Le.. gw aja karena alasan tertentu jadi gak bawa sus hihihi..

      Gw naik Sriwijaya boleh tuh bawa stroller. coba pastiin aja dulu ke airlinesnya sebelum berangkat.

      Srimping gw gak pernah nemu di Jakarta! Gila itu rasanya bisa persissssssss sama kayak scallop!!! uenakkkkkkkk tenannnnnnnn. Coba kalo jln2 ke jawa cari deh. lu harus nyobain Le!!!

      Delete
  2. Asikkkk.. Grace udah berhasil yah Mel.. :) Memang stroller its a must yah.. gua pernah ngajak nathan 6 bulan cuma nemenin ke mall abis itu pulang gak pake stroller. ya owoooo.. pegelnya makyus. gua aja gantian sama emak gua. hehehe.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha, anak 6 bulan mah udah kerasa beratnyaa. Apalagi kalo anaknya pas lagi aktif banget gak bisa diem.. mantabbbb

      Delete
  3. gak semua airline boleh bawa stroller sampe boarding room mel. kudu dipastiin ke call centre mereka krn kemarin gw ke medan bawa stroller ringkespun kudu masuk bagasi dan ada yg bayar loh klo bawa stroller *lirik C1t1l1nk*. Sebenernya yg paling nikmat itu bisa pergi bawa PRT/sus merdeka lah kita menikmati liburannya hahhaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yaaa.. gw baru tau lohhh! gw naik Sriwijaya boleh2 aja sih. Tapi dibilangin kalo nanti strollernya pura2 dipake aja, jadi keliatan dipake waktu di ruang tunggu. kalo gak takutnya gak boleh.

      Delete
  4. hore baby Grace udah jalan2 :)
    kamu orang semarang toh? mamaku juga asli semarang hehehe tapi udah lama aku ga pulang semarang karena yah udah ga ada mak engkong lagi disana
    btw aku ga tau srimping itu apa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. suamiku yang org semarang ci.
      ayo ke semarang lagi, cobain srimping! hahahaa

      Delete
  5. Wihiii.. Jagooo Grace! Asikk..

    ReplyDelete
  6. iya bawa anak travelling itu emang kudu di bawah 6 bulan atau di atas 1 th sekalian pas udah bisa makan table food. kalo diantara itu... ribet. mesti nyiapin makanannya itu lho. hahaha.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betulll, gak mungkin kan jalan2 bawa blender hahaha

      Delete
  7. Yeeee Grace hebat *kasih dua jempol*

    ReplyDelete
  8. grace hebatt naik pesawat dan jalan2 ga rewel...
    kalo gw ga brani bawa gwen kemana dulu karena anaknya super rempong, mungkin nanti kalo uda 1 tahun lebih sambil lihat2 perkembangannya gwen bisa memungkinkan apa ngga, hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa.. gw juga modal cuek kok, dan berharap di semarang kan tinggal di rumah ortu jadi lebih aman kalo ada apa2

      Delete
  9. asikkk grace hebat udah berani jalan2 naik pesawat, kalau anaknya gak cranky aman2 aja yah kak mel :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyahhh. asal jangan di jam2nya rewel aja deh perginya

      Delete
  10. g juga berharap akhir tahun ini Zio bisa ketemu kakek buyut na di Kediri, saat itu mungkin Zio udah mau 10 bulan, tapi inget perjalanan surabaya kediri, g berasa capek sih ^^
    grace waktu naik pesawat sempet nangis ga ? biasanya kan kuping na suka sakit gitu !?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh kediri harus via Surabaya ya? brp jam perjalanan naik mobilnya? mungkin sebelumnya harus lo ajak naik mobil sering2 pits, liat dia betah gak.
      Grace waktu naik pswt sih hepi2 ajah, kupingnya gak sakit soalnya sambil disusuin. Dia gak hepinya kalo naik mobil. Bentaran aja udah rewel..

      Delete
  11. mungkin ga srimping murah karena dia di semarang? sapa tau kalo uda nyampe jakarta jadi mahal hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hhahaha bisa jadi Mel. Gimana kalo gw jadi importir srimping dari Smrg ke Jkt aja? :p

      Delete
  12. Mel, si grace lucuu banget sih itu mukanya. Gemes. Hihihi. Seru ya bisa jalan2 sama baby dan ga rewel anaknya :) Dan baru tau loh kl anak disusuin pas taxi bikin kupingnya ga sakit ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi iyaaa. untung banget dia gak rewel di perjalanan

      Delete
  13. Yeaaay.. Grace udah sukses jalan2 perdananya naik pesawat..
    Btw itu makanannya bikin glek banget deh.. *elus2monitor*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahahaha... nanti kalo pulang indo jgn lupa nyobain srimping ya be

      Delete
  14. Mel, gue bingung kok naik taxi harus nyusu supaya kuping ga sakit? Maksud nya naik pesawat ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bukan naik taxi pi. Tapi pas TAXI, alias pas take-off and landing di pesawat :D

      Delete
  15. eh pas lu nyebut temen lu bisnis sabun homemade, gw langsung inget temen gw Tania S***m. Beneran pas cek ig nya ternyata ada foto lu hahaha, dunia sempit ya. Jadi dulu kalian satu uni di melbourne gitu?
    bener ya emang enak travelling pas anak blom makan kok, ga ribet tinggal buka warung aja hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. hahaha lu kenal juga? what a small world yaaaaa

      Delete