20

Pertama kali sufor

Posted on Thursday, August 14, 2014

Kan kemarin ini saya sempet cerita tentang tangan saya yang keseleo yang rasanya kayak mau patah itu ya. Nah sama dokter UGD dikasih obat pelemas otot, ya kan keseleo itungannya ototnya kaku ya. Katanya minum obat itu saya sementara gak boleh menyusui. Nah karena gak nyusuin jadi saya pompa dong ya, and guess what… susunya jadi encer, butek, dan rada keijoan! Tadinya saya pengen foto, tapi tangan saya sakit banget dan gerak aja susah, gak jadi foto deh.

Setelah itu produksi saya menurun drastis-tis-tis. Yang tadinya setiap 6 jam kenceng banget sampe kadang bocor, pas sakit itu saya gak pompa dari pagi sampe sore tetep lemes-lemes aje. Tapi tetep dong saya pompa supaya produksinya gak turun, eh keluarnya dikit banget lohhhh..

Karena keluarnya sedikit + gak kenceng + tangan sakit, jadilah selama sakit itu saya jarang mompa. Sehari yang tadinya bisa 4 kali diminum jadi cuma 2x mompa. Puncaknya adalah hari ke-2 dimana saya beneran males jadi mompa asal-asalan gak sampe tuntas. Semaleman gak diminum dan dipompa sedikit bangun-bangun PD saya kenceng banget dan bocor. Tapi setelah itu boooookkk… produksinya sangat menyedihkan. Dipompa 2x cuma dapet kurang dari 100 ml.

Saat itu sih saya cuek-cuek aja. Saya pikir ini efek obat bikin produksi turun, dan bakalan banyak lagi kalo obatnya udah abis. Lagian stok di kulkas masih banyak, cukup untuk seminggu.

Eh ternyata oh ternyata...

Setelah obatnya habis, Grace menolak nyusu langsung dari saya. Pas disodorin cuma dilihat sambil mengerenyit bingung, di toel2, terus malah mau kabur. Agak dipaksa sedikit malahan mewek *mamanya ikut mewek dalam hati*. Sempet dicoba beberapa kali tapi tetep gagal.

Saya pikir ya sudahlah, toh Grace sudah gede. Mau sampe kapan nyusu langsung? Nanti kalo udah gede malah susah kan ngelepasnya.. Lagian jujur saya merasa agak risih kalo anaknya ntar udah bisa jalan / ngomong “mama hauuuuus”. LOL.

So saya pikir ya sudah lah gak pa-pa, saya kasih ASIP saja. Eh tapi ternyata ya bok, memompa itu lebih malesin disbanding nyusuin langsung. Kadang malah gak dapet waktunya karena udah sibuk ngurusin si anak yang belom bisa dilepas sedetik pun.

Stok susu di kulkas tinggal sebaris sekarang… Produksi cuma 50% dari biasanya… yang artinya, susunya kurang!

Grace nyusu 4-5 botol sehari sedangkan saya cuma menghasilkan 2 botol (itupun udah sampe keringetan meresnya). Asli, entah karena jarang mompa selama seminggu kemarin, atau beneran efek obat yang bikin produksi saya menurun. Kalo dulu 1 PD bisa 100ml+, sekarang 2 PD Cuma 60 ml… It’s sad.. oh saad.. it’s a sad sad situation… *tiba2 teringat lagunya blue yang sorry seems to be the hardest word*

Eniway, akhirnya hari minggunya saya memutuskan untuk beli sufor.

Dengan berat hati tapi juga dengan penuh semangat (nah loh?) saya melangkah ke supermarket. Satu sisi sedih karena gak bisa S2 full ASI, tapi satu sisi excited juga mau beli susu hehe.

Sampai di supermarket kami bengong dong di depan susu-susu itu! Hiihhhhh, pilihannya buanyak buangettttt.

Pertama adalah mencari merek apa. Karena kami cupu dan gak ada referensi akhirnya kami pilih yang “perasaan pernah denger si itu bilang merek ini bagus”.

Eh tapi dong, ternyata di satu merek juga ada tipe2nya -_-“. Ada yang gold/premium, ada yang biasa. Kami gak tau apa bedanya kecuali perbedaan yang paling jelas, beda harga!

Akhirnya setelah muter-muter, termenung dan diskusi beberapa menit (kayaknya 20 menit ada deh hahaa), kami beli juga salah satu sufor.

Nah sekarang pertanyaannya, bikinnya gimana yah? Harus pake air mendidihkah? Boleh pake air dispenser gak? Terus ngocoknya gimana? Bego banget ya kita? lol.

Setelah meminta wangsit sama nyokap akhirnya kita coba bikin. Dikocok di botol susu tapi kocaknya susunya malah muncrat2 keluar hahahaha… Ya ngocoknya juga sih pake sekuat tenaga..

Nah besoknya kan kerja tuh, si Tomo tanya sama temennya gimana cara mengocok susu (sounds weird huh?). Dia bilang diajarin temennya supaya ngocoknya diputer-puter dengan cara menggosokan botol diantara kedua telapak tangan. Dannnn gara-gara itulah si Grace jatoh dari kasur Y_Y (baca ceritanya di sini).

Jadi sekarang Grace kalo siang minum ASIP, dan kalau malam minum sufor. Saya pikir lumayanlah jadi pencernaannya gak kaget sekaligus HEMAT. Boook, sufor itu mahal yaaahh. Saya yang masih campur aja belom seminggu udah ngabisin seperempat kaleng…

Pertanyaan orang-orang adalah sampe kapan mau kasih ASI?
Well, saya akan berusaha kasih terus sebisa saya. Semoga sih produksinya bisa banyak lagi kayak dulu (any tips, anyone?). Rencananya sih at least sampe Grace setahun, setelah itu kita lihat nanti yah :)

I’m not against sufor. I’m against the price of sufor. lol.

Discussion

  1. Semangattt mell.. :) semoga lancar terus asinya. :D eniwei.. tangannya udah mendingan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tangannya udah sembuh walopun belom total hehehe

      Delete
  2. Mungkin bisa minum suplemen ASI? Waktu awal-awal ngASI dulu gue diresepin Molocco.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw juga awal2 minum itu sih... hmmm haruskah daku kembali berjuang kemakanan kuah2 dan booster asi kayak waktu baru lahiran........?

      Delete
  3. Gue ksh ASI sampe skrg, ditandem sm UHT. Tp Abby ga doyan susu. Jd kasih dia makan yg banyak aja. Kadang gue suka bikinin snack dr susu spt cake gitu hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. wawww lo hebat le masih ASI aja! Abby masih mau nyusu langsung kah?

      Delete
  4. g waktu sakit juga drop dan ga balik lagi, padahal ASI sebelum sakit aja udah pas2an di tambah sakit ampir kering deh wakakakaka ...
    tapi amin...walo Zio campur dari lahir, malahan sejak lai dia sufor, tapi dia ga pernah nolak nenen, malahan kadang minta nenen melolo, isi na ga ada nangis2 ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. tosssss dulu deh pit ttg drop asinya.
      dulu waktu Grace masih kecil juga gak pernah nolak nenen. paling lupa sebentar trus diajarin lagi mau. Tapi skrg pandangannya beda.. mata dia udah bisa ngomong "apaan nihhh". kalo dulu kan bengong2 plongo gak jelas gitu kan hahahaa. ya intinya skrg lebih susah deh ngajarinnya lagi.

      Delete
  5. Endingnya "GONG" banget Ci wkwkwk benar itu =)))
    Kadang apa yg udah sesuai rencana bisa meleset pdhl rencana itu baik (baca: full ASIX buat anak) sayangnya realita berkata lain.
    Cepet sembuh Ci Mel-nya, cepet banyak lagi ASI-nya.. Semoga Grace jg ga bingung lg sm nenen mamanya, amiiinn

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasihhhhhhh yaaa udah disemangatinnnnn! ciayoooo!

      Delete
  6. Hai Mel, kejadian bingung mau beli sufor itu sama banget sama aku pas jaman faith dulu. Daniel jg smpt ditandem sufor pas 6 bln, sedih bgt krn temen2 pamer lulus asi eksklusif dan aku engga.. trus makin sedih malah makin dikit dapetnya pas mompa :( nah pas daniel mulai makan minumnya ga gt byk aku mulai tenang dan agak santai, anehnya malah jadi banyak.. dan abis gt bisa asi aja ga perlu sufor lagi.. sampe skrg..malahan tmn2 yg dulu asi eksklusif skrg udah campur.. yah jadi kalo di kasus aku asi itu banyak karena kitanya santai dan pede hehe. Ohya mungkin dicoba lagi siapa tau sekarang Grace mau lagi nenen.. :) :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kayaknya ASI tuh lebih kepikiran. Mungkin gw stress juga pas sakit trus liat hasil pompaan sedikit. Secara gak sadar ngefek ke produksi asi deh.. Makanya skrg gw mo campur sufor aja biar gw ga stress setiap kali ngeliat stok di kulkas hehehehe. smoga lama2 bisa nambah banyak lagi nih

      Delete
  7. Gw juga kalo dulu ga kepo ikut bantu jaga keponakan ga tau cara bikin susu loh!! Gw pikir dulu sufor itu bikinnya pake air mendidih trus baru dicampur air dingin (kaya bikin kopi), ternyata airnya harus suam2 kuku bener ga? kalo panas malah gumpal. Kalo soal ngocok kayanya gw pegang bagian lehernya terus diputer2 gitu (ngerti ga?) emang mirip sih gerakan botolnya kaya digosok2 di tangan.
    Btw kalo mao coba suplemen coba Lactafar ato Lactamom. Banyak yang bilang lebih cespleng daripada Molocco. Gw juga dulu pake itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lactamom itu susu kah?? gw lagi minum MamaSoya nih. Dulu sih waktu awal2 kayaknya lumayan ngepek buat gw. Tapi skrg belom terlalu kerasa efeknya :p Ntar deh coba cari lactafar

      Delete
    2. bantu jawab ya Lactamom itu pil kapsul gitu :) bener kok bagus ini

      Delete
  8. sufor emang mahal ya.. tahan2in lah ntar bentar lagi 1th kan udah bisa minum UHT :)

    ReplyDelete
  9. Hi mel, aku silent reader biasanya, tp ngeliat postingan ini jd pengen share. Aku pernah ngalamin yg sama persis, sakit, asi mesti dipompa trus dibuang, akibatnya anak jd ga mau nyusu lgsg dan asinya ngedrop bangettt. Trus nyobain segala macam booster dari mulai molloco, fenugreek, bikin lactation cookies, mamasoya, tp yg paling manjur kalo di aku itu jus pare (dicampur melon biar ga terlalu pait). Bgitu minum jus pare 2x, langsung keliatan banget bedanya, although ampe skarang asinya blom bisa balik lagi kyk dulu, tp at least masi cukup buat si baby, hehe

    ReplyDelete
  10. Owhh beda toh cara nyeduh sufor sama kopi? hehe :D #barutahu

    Tuh Mel sudah dikasih banyak saran sama yg pengalaman. Berdoa ASI mu lancar lagi yah.. Amin aminn..

    ReplyDelete
  11. gua juga pikir nyeduh sufor buat baby kayak nyeduh susu buat org gede, ternyata engga ya hehehehe... semoga asinya lancar lagi... dan semoga asi gua juga nanti lancar, soalnya bener kata lu, sufor mahal bok hahahaha...

    ReplyDelete