17

Grace 9 & 10 bulan

Posted on Tuesday, September 30, 2014

Di usia 9 dan 10 bulan ini perkembangan paling pesatnya adalah di interaksinya.

Rasanya Grace kok tiba-tiba udah bisa diajak ngomong ya? =D

Ngocehnya
Bisa bilang “pa” “papa” “papapa” di usia 8 bulanan, walopun bukan bermaksud manggil papa nya juga sih. Terus bisa “da” “dadah”, dan barusan seminggu kemarin ini pas 10 bulan dia bisa bilang “mamam”. Catet ya, “mamam” yang artinya makan; bukan mama #hiks. Tapi gak lama setelah itu dia bisa manggil “mama” kenceng dan super duper jelas sambil ngeliat ke arah saya waktu subuh-subuh bangun minta susu #terharu.

Interaksinya
Kalo ditanya “Tuhan Yesus mana?” bisa langsung nunjuk salib di dinding. Juga bisa nunjuk hal-hal lain kayak bonekanya (pucca, mos - minimos, panda).

Bisa nunjuk ranjangnya dan kamarnya.

Bisa disuruh cari gambar bunny di Alkitab kecilnya. Jadi bukunya kita tutup, nanti dia bolak balik halamannya sampe ketemu gambar bunny :)

Bisa bilang “dahh” sambil dadah-dadah kalo mau pergi.
"Dah" ini juga berlaku kalo ditanya "Grace udah ... blom?" (isi titik2 dengan makan, mandi, dll)

Kalo ditanya "papa mana?" padahal papa nya belom pulang kerja, bisa nunjuk keluar rumah. Kalo gak bilang "ga da", tapi gak jelas sih (apa imajinasi mamanya yah? hihihi)

Klao ditanya "papa mana?" dan papa nya ada diatas, bisa nunjuk ke atas. Ihh kok dia tau yaahh *gemes*

Kalo ditanya “mana giginya Grace?”. Bukannya nunjuk gigi malahan melet-melet.

Kalo kejedot tembok kepalanya, sebelom anaknya nangis langsung bilang “Grace kejedot ya? mananya Grace?” dan dia bakalan langsung pukul-pukul kepalanya. Pernah sekali saya tanya “kejedot apa?” dan dia nunjuk ke temboknya. PINTERRRR…

Paling seneng ngumpetin kakinya dibawah selimut. Kalo kita tanya “kaki Grace mana yaa..?”, langsung angkat selimutnya nengok ke kakinya. Lalu lanjut kita bilang “kaki Grace dibawah selimut yaa? Ada gak sih kaki Grace?” sambil buka selimutnya. Pasti anaknya ketawa geli sampe jatoh2 kebelakang ^__^

Bisa cari dan tujuk pus meong loh
Motoriknya
Tangannya selalu joged kalo ada musik. Jadi waktu di pesta ulang tahun kemarin seneng banget dia berdiri-berdiri sambil joged.

Sejak 10 bulan Grace sudah mau ditita. Kayaknya lagi norak mau belajar jalan, jadi setiap dipangku selalu merosot turun minta berdiri di lantai. Kalo di gendong pun kadang dia nunduk-nunduk nunjuk ke lantai minta turun.

Gara-gara mau belajar berdiri sendiri juga mandiinnya jadi repot. Baby bathernya jadi pensiun karena Grace sudah ogah duduk dan maunya mandi berdiri *elap keringet*. Karena kami gak punya bath tub dan duduk di lantai kamar mandi saya anggap jorok, jadinya sekarang kalo mandi diatas perlak. Lumayan perlaknya ada gambar-gambar jadi dia anteng duduk sambil gebrak-gebrak gambar di perlak :p.

Seneng musik sambil joged-joged terus
Giginya
Gigi Grace udah 2 + ½ x 2 (nah loh?) (maklum mamanya orang teknik)

Maksudnya gigi bawah udah komplit 2. Yang atas masih OTW 2 lagi.
So far sih gak ada adegan teething yang gimana banget ya kecuali gigit-gigitin guling, selimut, dsb dan ngiler. Tapi ngilernya juga sebentar banget pas gigi atasnya mau keluar. Sekarang udah keluar sedikit ngilernya udah gak terlalu banyak lagi.


MPASI-nya
Grace sempet susah makan sebentar, saya kira emang masa-masanya GTM nih. Cari akal dengan cara masak buburnya dengan cara berbeda. Yang tadinya bikin bubur tim terus di blender, sekarang jadi bikin bubur lembek aja (gak di blender). Sayurnya juga di cacah halus terus dimasukin bareng sama buburnya. Kuning telur yang tadinya direbus terpisah, sekarang diaduk campur sama bubur. Sempet dikasih garem sedikit supaya ada rasa. Hasilnya? Doyaan! Sampe nasinya udah abis Grace masih mangap-mangap terus hehehe.

Karena sukses jadi sekarang gak pake garem lagi. Semuanya masih dimasak campur sama bubur nasinya. Kayaknya kalo dimasak terpisah-pisah gitu Grace gak doyan.

Makan buahnya masih milih-milih. Doyannya pisang sama melon merah (honeydew?), pear juga kadang doyan kadang ngga. Giliran buah lain kayak papaya, semangka, melon ijo, langsung di lepeh-lepeh -_-“

Mulai kepo sama makanan orang gede. Yang dulunya anteng kalo makan bareng, sekarang bisa nunjuk-nunjuk ayam goreng papa nya minta nyobain. Kadang kita kasih dia jilat sih dan kebanyakan langsung mengerenyit gak doyan hahaha.

Beratnya sekitar 10.5 kg (nimbang sendiri) dan tingginya gak tau soalnya belom check-up ke dokter lagi.
 
Kalo ada yg liat di instagram dan bilang Grace kurusan, memang jauh kurusan sih dibandingin waktu 5 bulan. Mungkin karena anaknya udah tambah tinggi dan gerak terus yah :)

Gak kerasa tinggal 2 bulan lagi bayi saya sudah mau setahun!
 

Selfie dulu yuk

Discussion

  1. wah grace tambah pinterrr.... sehat selalu yahh

    ReplyDelete
  2. Anak gue juga rada susah manggil Mama hahaha. Lbh gampang Papa buat dia. Kan gue jadi cemburu hahahahah. Tp kayaknya lbh kepada krn dia jarang ktm Papanya.

    Anaklu gede amat sampe 10.5 kg. Itu berat anak gue pas setahunan dan itu aja termasuk embul bgt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. masa gede ya, tp gak kliatan gendut loh.. blom nimbang di RS sih, tapi menurut timbangan digital gw sgitu.. jd pengen nimbang lagi buat make sure hahaha

      Delete
  3. Grace gemesin banget...uda pinter ngomong lagi..

    ReplyDelete
  4. Grace lucu bngt, baca perkembangannya disini makin gemes deh sama Grace, moga sehat2 terus dan tambah pinter yah :)

    ReplyDelete
  5. Kebayang tuh nunjuk2 lantainya :)

    Kalo Mama nya orang Teknik, Grace nanti bakal jadi orang apa yah?? xixixi *mikirnya kecepetan* :D

    Sehat2 terus yah baby Grace :)

    ReplyDelete
  6. yg pas baca yg bagian dia nunjuk2 tembok....grace pinter banget deh hehehe... kayaknya anaknya aktif banget ya... biasanya anak aktif emang rada kurusan, kayaknya anaknya dina.. tapi gpp, yg penting tetep cakep hehehe...

    ReplyDelete
  7. duh, iri deh, anak gw alih2 manggil mami papi, dia malah bisanya manggil akong dan ama dulu hiks.
    gemes ya kalo anak uda bisa ngomong, sampe skrg anak gw masih ngoceh2 absurd kaga jelas nih.

    grace emang kurusan, eh langsingan deng, hihihi.

    ReplyDelete
  8. uuuuh grace udah tambah pinter, gak kerasa ya kak mel, bentar lagi udh mau setahun.. sehat2 dan pinter2 terus yah grace :)

    ReplyDelete
  9. wah uda pinter komunikasi yaah.. :D

    eh 10,5 kg mah uda gendut kali.. anakku 11 bulan cowo baru 10,2, gw sempet kawatir sih apa beratnya kurang, tp dokternya bilang uda bagus beratnya. nah apalagi anak lu masi 10 bulan kan ehehehe

    ReplyDelete