22

Kenapa takut?

Posted on Friday, September 26, 2014

Gara-gara baca ini saya jadi pengen ikutan cerita.

Sejak dibawa ke Semarang waktu umur 4 bulan Grace jadi takut sama orang asing. Awal-awal Cuma gak mau digendong. Jadi setiap kali orang asing itu mau angkat Grace dari gendongan saya pasti dia langsung buang muka. Kalo dipaksa digendong pasti langsung merintih, memble, dilanjutkan dengan nangis. FYI ya, yang saya maksud orang asing disini adalah orang yang tinggal di luar rumah saya termasuk keluarga intinya Tomo dan keluarga-keluarga lain. Saya gak mungkin juga kan kasih stranger gendong Grace.

Nah, akhir-akhir ini mulai 9 bulanan, bulan-bulan dimana Grace sudah semakin “melek” dan semakin bisa diajak interaksi, ketakutannya sama orang asing semakin menjadi-jadi. Boro-boro mau digendong, cuma ditoel pipinya aja dia bisa nangis kejerrrrrrr.

Pernah kejadian waktu lagi makan di restoran. FYI, kalo di restoran kita males pake high chair yang disediakan karena Grace gak bisa diem, takut kejengkang kalo gerakannya terlalu heboh. Jadi kita biasa dudukin Grace di strollernya aja. Nah waktu itu pas jam makan siang dan restorannya cukup sempit. Nah orang yang duduk meja belakang kita pengen keluar karena sudah selesai makan. Karena kehalang sama stroller jadi dia bilang permisi, terus nungguin kita geser strollernya Grace. Setelah bisa jalan, dia toel dikit pipinya (saya gak lihat jelas tapi kata sus sih gak kena). Eh nangis dongg tuh anak kayak abis diapain aja. Nangisnya sambil meluk si sus yang pas ada disebelahnya dan minta di gendong. Haish.

Kejadian lain. Lagi jalan-jalan di mall tiba-tiba si Grace nangis heboh lagi. TIBA-TIBA. Saya bingung dong, orang gak diapa-apain, gak di colek, gak di toel tiba-tiba dia nangis. Ternyata kata si sus si Grace di senyumin sama orang lewat. (O_o)

Parahnya waktu kawinan kemarin. Entah karena kawinannya malam (Grace gak biasa pergi malam karena pasti rewel di carseat. Curiganya sih dia takut gelap), atau karena shock karena banyak yang nyapa. Yang pasti semaleman itu anak nangis mulu. Maunya di gendong saya. Sama papa, sus, kungkung dan bobo nya yang biasa sering gendong di rumah juga gak mau. Padahal kawinan itu banyak keluarga papa saya yang pengen ketemu Grace. Maklum Grace adalah cucu pertama di keturunan keluarga papa. Duh, saya jadi gak enak sama om-om dan tante-tante saya.

Kalo sama tetangga sih gak pa-pa. Mungkin karena sudah sering lihat. Tapi kasihan kalau papa mama nya dan kakak-kakaknya Tomo datang. Sudah jarang ketemu, giliran ketemu anaknya malah gak mau dideketin.
 
Dulu waktu hamil saya pernah bilang sama Tomo kalau nanti anak kita jangan sembarangan kasih gendong ke orang lain. Soalnya Jakarta kan ngeri yah, banyak culik sana sini. Kalau anaknya terlalu friendly dan kesiapa saja mau kan bahaya juga. Kayaknya sih kata-kata saya backfire nih…

Ada yang bisa bantu saya jawab kenapa dan gimana cara mengatasi anak yang penakut begini?

 
Kalo lagi rewel digendong papanya pun ogah

Discussion

  1. Waduh Mel, gue sih ngga tau ya cara ngatasinnya gimana, secara anak gue gak rewel. Tapi mungkin kudu sering dibawa-bawa keluar dan diekspose sama orang di sekitar kali ya. Kayak tetangga dulu gitu misalnya, atau sering-sering dibawa interaksi ke playground di mana temen2nya seumuran gitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. padahal tiap hari udah diajak jalan2 keluar rumah Le. Sama tetangga hepi2 aja dia, mungkin krn sudah sering lihat dari kecil. Sama anak kecil juga gak pa-pa. Jadi sama keponakan gue yg masih SD hepi2 aja dia, giliran dideketin tante gue langsungggg huaaaaaaaaa....

      Delete
  2. waduh mel, .. *sama geto reaksi gw sama si leony* .. pertama, buat papa mamanya semangat yaaa .. yang sabarrrr .. gw sendiri ga tau juga sih musti gimana secaa belom punya anak cuma ya mungkin apa yang leony bilang bener juga .. pelan2 aja mel bawanya dibawa sana sini, .. playdate geto sama temen loe mungkin ... terus doain juga kali yaaa, .. loe kasih liat video2 tentang people interaction juga bisa kali yaa a.. coz i know anak2 semumuran gini learn a lot through their sensorial experience .. tapi ya balik itu take your time .. step by step .. macam new kids on the block aja hahaha .. titip colek grace buat gw ya hihihihi ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh juga tuh idenya kasih ntn video. Eh, tapi, video people interaction itu yg kayak apa toh?
      *sodorin grace buat di colek tante Gili*

      Delete
  3. apa mungkin karena jarang dibawa ketemu orang? mungkin bisa dicoba untuk lebih sering dibawa main ke tempat publik kayak playground di mall atau park...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tiap sore pasti jalan2 kok. Dan di gang dia hepi2 aja digodain supir2 dan mbak2 tetangga. Giliran dibawa ketempat asing + orang asing baru dia rewel..

      Delete
  4. gw gak bisa kasih saran mel. hahaha.. tapi mungkin ada baiknya yang saran ci leony. sering dibawa keluar.. biar gak kagok orang. dan mungkin sekarang rada dikendorin dikit rasa takut kalo baby kita dipegang. yah siap2 bawa tissue basah aja kalo tangan or pipi grace dicowel. susah juga sih yaaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha.. tissue basah..
      kl ditoel2 mamanya juga gak rela sih masalahnya :p

      Delete
  5. don't worry, memang ada masa2nya kok... dulu faith juga takut orang... nangis mulu.. tapi seiring dengan waktu terus kita juga sering ajak keluar, ketemu banyak orang, sekarang jadi gak takut orang lagi hehe.. malah bias sok akrab sama stranger -- gawat juga hahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya.. mungkin emang phase-nya aja ya ci?

      Delete
  6. apa mungkin karena jarang dibawa keluar ketemu org banyak? kata2 evita bener juga sih, mungkin rasa takutnya bisa dikendorin dikit... soalnya dari beberapa temen gua yg uda punya anak, keliatan bedanya... anak yg suka digendong2 ama org lain, jadinya ga terlalu takut pas ketemu org banyak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu mel, gw gak mau anak gw sembarang di gendong2 org lain, takut dibawa kabur hahaha

      Delete
  7. Ada masa-masanya baby/toddler stranger anxiety, Mel. Gpp, mungkin buat kita orang tua jadi merasa nggak enak sama keluarga. Tapi di satu sisi kita juga harus memahami ketakutan si anak. Kita aja yang sudah dewasa kalo masuk ke lingkungan yang baru juga pasti awalnya canggung, bingung harus ngapain kan? Coa bayangin kalo baby, pasti berkali-kali lebih menakutkan.

    Nanti pelan-pelan seiring dia bertambah besar, dan semakin ngerti, stranger anxiety pasti akan berkurang. In the mean time, sabar aja, sambil encourage Grace untuk mau bergaul sama keluarga besar. Kalopun anaknya nggak mau, ya gpp jangan dipaksa, nanti malah ketakutannya menjadi-jadi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya yah.. thanks for advise ya Ngel. Sangat2 menenangkan gue :)

      Delete
  8. Ikutan nyimak :D Semoga kalo ketemu Grace lagi tetep anteng kayak pertama kali bertemu yah Grace :D *tetiba kangen Grace*

    ReplyDelete
    Replies
    1. semogaaaa.. tapi kalo skrg2 sih i doubt it. pasti nangis (-___-)

      Delete
  9. Sama kaya yang lain komentarnya : kudu lebih byk frekuensi dibawa keluar misalnya ke mall atau playground.. belajar pelan2 untuk juga ajak salaman aja sama kenalan kita trus pas ngobrol juga jangan terlalu keliatan fokus ke Grace, jadi dia juga ga takut.. *just ide ya hehehe
    Kebetulan sih anak2 dari dulu ga rewel kalau ketemu orang, malah terlalu aktif deketin orang n ajak ngobrol siapa aja *tepokjidat..

    ReplyDelete
  10. persis Clarissa kecil Mel hahahah sabar aja deh, dia cm mau sm org sekeliling dan tiap hari ketemu jd udah nyaman kaya anak tetangga kan tiap hari ktm, kl di mall org yg ketemu kan beda2 bukan masalah bawa keluar kl gw blg tapi karakter anaknya memang begitu gak comfort sm org gak dia kenal

    lama2 juga nanti gak begitu kira2 ehm
    m kl anaknya sudah sekolah gahahhaahah yah 3,5 tahun deh kl pengalaman gw krn pertama sekolah 2,5 thn di kelas diem aja gak may ngom even sm miss awal sklh nangis sebulan gw temenin, diajak tmn sekelas main gak mau bener2 pas nursery setahun gitu trus gw pindah sanmar adaptasi lg dr awal start 3 thn lbh nangis lg gw temenin 2 mg mana hamil conrad tapi seiring jalannya waktu pelan2 dia adaptasi kok jd gak usah khawatir gaahahah butuh waktu tapi pertanyaannya "kapan"

    yg penting kl emg dia takut dan gak nyaman jgn dipaksa clarissa diliat org aja tau3 nangis katanya aku diliat org itu pas gw ajak misa cm gw blg oh oma itu seneng clarissa hak usah takut yah... lama2 skrg udah gak pa2

    semangat yah Mel

    ReplyDelete
  11. sepupuku dulu begitu, dari jauh dilihat aja uda nangis. tapi untungnya pas uda agak gedean, dia agak berani. Moga-moga grace juga begitu nanti. :)

    ReplyDelete
  12. Kejadian grace kayak ponakan gw mel...jadi klo keluarga inti gw dibali or keluarga suami cici gw datang yaa gt dah anakny memble nangis kejer, cici gw smpt bingung gt masak ma keluarga ndk mao kan jadi ndk enak yaa, tp diperhatiin ternyata itu anak kaget mel jadi mending jangan action duluan. Jadi klo org yg blm sering grace ketemuin mending cool aja *diem gt* ntar biar dia sendiri yg action duluan baru deh kita balas jadi dia ndk kaget....sekarang ponakan gw umur 3th sih cara itu masih ampuh hehehe, jadi klo ada org baru yg dia temui kita pasti wanti2 blng jgn di sapa yaa biar dia yg deketin sendiri klo ndk pasti nangis heboh hehhehe

    Tp ndk tau jg grace pake cara ini mempan ndk kan tiap anak beda2 yaa...semoga udh agak gedean grace lbh berani yaa

    ReplyDelete
  13. saran atas gw bener juga tuh. Biasanya anak suka takut kalo dideketin om2 tante2 yang agresif, coba aja suru cuekin, mungkin anaknya akan lebih mudah beradaptasi.

    Menurut gw sih gausa kawatir ya, semua ada masanya kok. Kata psikolog anak tuh usia 0-3 taon masa anak berpikir 'percaya' vs 'curiga', jadi peran mama biasanya kuat di umur 0-3 taon ini. Anakku pertama dulu lengket banged ama gw, pemalu n gamau dkt2 orang asing, lama2 ngga, skarang umur 5 taon sama strangers juga dia berani ajak kenalan, skarang sama skali ga nempel gw tapi lengket ama papanya (anak cowo si ya). Jadi dont worry lah, biarin anak berkembang aja sesuai umurnya :D Kalo umur 5 taon masi nangis disenyumin orang asing lah itu baru dipikirin wakakakak

    ReplyDelete
  14. aku juga waktu kecil penakut bngt ci sama org.. tapi ga pernah diapa2in sih berubah dgn sendirinya,, kalo aku merasa karna penerimaan org berbeda lama2.. biasanya aku takut karna merasa insecure sama suasana sekitar, menganggap semua org punya niat jahat ma aku.. tp udah gedean lebih pinter dan mulai mikir kalo mereka sebenernya baik sama aku, jadi skrg ga pernah takut2 lg deh hehehe

    ReplyDelete