29

Grace 1.5 tahun

Posted on Wednesday, April 15, 2015



Sudah lama rasanya gak menulis tentang perkembangan Grace.

Sekarang usianya sudah hampir 1.5 tahun (saya masih gak biasa nyebut usia anak sekian bulan – males ngitung!)

Kemarin barusan ke dokter vaksin MMR, jadi tau tinggi dan beratnya.
Berat = 11.5 – 12 kg (anaknya berontak di timbangan -_-)
Tinggi = 82 cm

Gigi
Gigi depannya sudah lengkap 8, taring bawahnya sudah ada 2, gerahamnya saya gak begitu jelas. Yang pasti sudah ada 2 geraham besar nongol di masing-masing sisi. Geraham atas gak bisa lihat gara-gara anaknya gak mau buka mulut gede-gede.

Kalau dulu sikat giginya pakai kain kassa, sekarang sudah pakai sikat gigi balita (tanpa odol).
Kegiatan sikat gigi sometimes becomes a battlefield. Walaupun Grace mau duduk anteng, tapi tangannya kemana-mana. Berebutan ambil gelas buat kumur buat di obok-obok. Kalau dikasih gelas mainan buat di obok malahan disiram-siram, kadang ke badan sendiri, kadang ke orang yang nyikatin :p

Tidur siang dan malam
Entah sejak kapan, kalau ada saya, Grace kebanyakan gak mau tidur. Entah siang, atau malam.
Biasanya tidur siang masih 2x sejam-sejam, atau 1x kalau bangunnya kesiangan. Nah, giliran sabtu minggu nih, pasti tidurnya cuma 1x dan itupun susahnya setengah mati. Biasanya main diatas sampe anaknya rewel ngantuk tapi gak mau bobok, lalu dibawa kebawah untuk ditidurin sama sus. Seringnya sih nangis-nangis pas saya tinggal ke atas, tapi terus dalam waktu 5 menit udah pules bobok sambil dinyanyiin sus :p

Sama juga dengan tidur malam. Saking susahnya tidur, sekarang hampir setiap malam, saya harus ajak Grace naik mobil muter-muter lihat kuda (di dekat kompleks suka ada delman), sampai anaknya tertidur. Kalau tidak, bisa sampai jam 11 dia baru tidur. Saya dan suami yang teler nemeninnya..

Nyanyi
Saya bersyukur sekali dapat sus orang Katolik yang suka nyanyi. Lagunya bukan sekadar “pelangi-pelangi”, “balonku”, dan semacamnya – itu sih saya :p, tapi lagunya lagu-lagu anak sekolah minggu.
Grace suka nyanyi, walopun belum bisa ngomong, tapi endingnya dia bisa.

dia bisa request minta dinyanyiin “mama.. nyanyii…”

Misalnya lagu favoritnya adalah “Happy ya-ya-ya, Happy ye-ye-ye”.. jadi “yeyeyeyeye…”
Atau “muuu… ” itu maksudnya lagu “dengar dia panggil nama saya, dengar dia panggil nama MU”
Lalu “oooo.. laaaaaa..”, itu lagu “oooo.. giranglaahh, ooo giranglahhh, Yesus amat cinta pada saya, oooooo girang laah”

Kalo di gereja pun, pas bagian nyanyi dia sering ikutan nimbrung humming “aaaa… aaaa… ooo…”

Toilet Training
Diusia ini saya mulai mengurangi popoknya Grace, secara sekarang dia udah pake size XL! Kalo seharian pake terus kan mahal ya booo (emak pelit).

Nah seringnya kita bilangin “Grace gak pake popok, kalo mau pipis bilang ya, maa.. pipiss…, entar kita ke toilet” *sambil tunjuk toilet*

Nahh, sudah beberapa minggu terakhir ini dia udah bisa bilang kalo pipis. Tapiiiiiiiii, bilangnya sambil keluar pipisnya hahaha. Ya gak pa-pa deh, yang penting ada kemajuan bisa tau kalau sedang pipis.
Mau pup juga sudah bisa bilang. Seringnya masih bilang “pis” lalu berdiri jalan ke toilet.

Duduk di closet nya masih gak mau, dan lebih memilih pup sambil berdiri. Pas pup nya jatoh, dia kaget, lalu nangis minta gendong. LOL LOL LOL. *puk-puk Grace yang takut sama pup sendiri*
Yah, one step at a time ya, dear.

PS. Kejadian ini gak setiap kali sih, kadang ya bisa juga kebobolan pup di celana :)

Bicara
Celotehnya sudah banyak banget. Seringnya sih diambil buntutnya (tenis jadi “nis”, gajah jadi “jah”, dll). Kadang pun keluar kata-kata yang saya dan orang lain gak ngerti, kayak gini nih..

Situasi ruang tunggu dokter. Sebelum masuk Grace diajak papanya lihat gambar lebah di dinding.
P : bee, Grace, bee
G : zzzzzzzz (menirukan suara lebah)
Setelah masuk ruangan, pas diperiksa seperti biasa nangis kan.
M : udah, udah gak usah nangis. Udah selesai, kita pulang.
G : *masih nangis heboh* pessss. Papaaaa, pessss
M : pa, nih Grace mau digendong papa
P : Grace mau liat bee? Ini beenya nih...
G : pesssss papaaaaaaa, huhuhuuu *nunjuk2 ke kaki, tetepp sambil tersedu-sedu*
P : oalaahh, sepatu Grace lepaaaas hahahahaha
G : he-ehhh *nganguk kenceng*
Ternyata dia nangis2 sebel tuh bukan sama dokternya, tapi sebel sepatunya mau lepassss, dan minta tolong papanya benerin. Hahahaha (Papa, mama, sus ngakak terpingkal-pingkal)


***

G : Popokkk! Popokk! (Sambil nunjuk-nunjuk ke luar jendela mobil)
M + P : *bingung, apakah ada iklan popok di luar?*
M: Spongebob! Itu SPONGE-BOB, Grace!!!

G : Popokkk!

LOL

Discussion

  1. lucky you ci dapet suster Khatolik :)
    ihhh Grace udh gede aja ya, makin pinter lagi :)

    ReplyDelete
  2. hihihi lucu.. terutama yang takut ama pup nya itu :P

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa, dia sih takut beneran kayak ngeliat apaan aja. nangis tersedu2 ketakutan

      Delete
  3. hahahaa lucu cii yang popokkk :D ponakan aku juga tuh sekitar satu taon lewat demenn bgt nyanyi.. Hehe.. sehat2 ya grace.. Btw enak ci dapet suster yg baik :) hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya ya, kayaknya anak umur segitu lagi nyoba2 macem2 suara, termasuk nyanyi hehe

      Delete
  4. ahaha.. lucu banget grace.. apalagi dikira nangis karena dokter, padahal gara2 sepatu.

    ReplyDelete
  5. Wahhhh grace udh 1,5th cepet banget mel...perasaan baru kmrn lu share ultah 1 th nya grace ya, cpt ya perkembangannya grace . Btw grace kek ponakan gw, klo weekend yang mana ortunya ada dirumah dari pagi smp pagi lg ini anak kek cari perhatian ortunya dg ndk mao tdr siang...bawaanny pengen main trs ma mama papanya, keknya dia ingin melepaskan kangennya yang jarang ketemu ortunya dari senin - jumat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kayaknya kalo ada gw bawaannya mau main terus, jadi gak mau bobok..
      ternyata sama ya anak2

      Delete
  6. Kok ga ada potoooo? Saya mau potoo graceee hahahah. Grace ga mo bobo mungkin dia pikir mumpung ada mama di rumah kali mel, kl bobo kan waktu main sama mama nya jd berkurang hihihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. poto grace blm ada yg layak tampil alias burem semua hahahaa

      Delete
  7. emang grace ngomongnya uda lancar ya mel? temen gua bilang kalo mau vaksin MMR kudu nunggu anaknya lancar ngomong...

    jayden dari lahir ampe sekarang kalo di rumah ga pernah pake diaper, pake cuma malem doang kalo mo bobo hahahaha... secara gua bayar suster ya, biarinlah dia nyuci2 bajunya jayden hahahaha... sus gua muslim, tapi dia hafal banyak lagu sekolah minggu loh... malah lebih hafal dia ketimbang laki gua hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. udah lumayan lancar sih. lumayan lah udah mulai bisa nyambungin 2 kata misalnya "popok, penuh" gitu2 hehe
      Gw mah dr mulai dia merangkak langsung full diaper, justru skrg ini baru ngurangin. Abis capek bok, anaknya lari sana lari sini, pipis dimana2 hahaha

      Delete
    2. oh iya, belum lagi kalo abis pipis ke lantai dianya sering kepleset, Mel.. jadi gw ngeri juga

      Delete
  8. grace makin pinter & lucu.. umur 1,5 tahun udah mulai bs diajarin toilet training..nanti waktu umur 2 tahun, pasti udah banyak hal yg makin bs & kosakata nya nambah makin banyaaaaak.. :)
    berarti grace duluan lancar jalan daripada ngomong ya mel? sm kayak keponakan cami, dia jg lancar jalan duluan dibanding ngomong..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak juga sih, skrg malah pinteran ngomongnya drpd jalan. Walopun bisa jalan, tapi masih oleng2 kanan kiri gituu

      Delete
  9. ga berasa ya udah 1.5thn
    bakalan makin lucu ntar celotehannya pasti mel. gw klo ama ponakan gw juga gemes banget klo pas denger dia ngomong hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, kadang ngebingungin maksudnya apa haaha

      Delete
  10. Hai Mel.. grace lucu ya dan ga berasa udah 1,5 tahun.
    gemes sama grace, sehat selalu ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, anak2 cepet bgt gedenya hehe

      Delete
  11. ah lucu banged yg dia takut ama pup nya sendiri hahaha, pinter ya ngomongnya uda mulai banyak. btw grace tuh kelahiran bulan apa sih? november bukan? klo anak gw james kan lairnya oktober. Mirip2 kelakuannya ya soalnya seumuran, tp anak gw ga sebanyak grace kosakatanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, lucu kocak. Dia ketakutan kita malah ketawain. hihihi...
      Grace lahiran November. Emang katanya kalo cewe lebih cepet ngomongnya sih

      Delete
  12. gw emang nggak jodoh sama blog lu kl komen lewat ipon, berakhir gimana pokoknya udah panjang2 trus ilang gitu aja dan gw males ngetik ulang hahahaha pernah tuh berapa kali kayanya gagal mulu sampe sebel *mumpung komputer nyala* kl masih gagal keterlaluan

    sz diaper Grace sama kaya Conrad bahkan Conrad masih pup disitu gak berani ke toilet alasan takut...misalnya mau pup dia bilang sama gw minta pake diaper hahahaha....mungkin Grace kaget dan geli kali makanya nangis "apaan tuh tiba2 nempel dan meluncur di kaki"

    Eh iya Conrad belom MMR nih dulu itu gara2 pas jadwal dia sakit skrg udah bablas aja umur 3,5 tahun...kapan deh gw bawa...untung baca disini jadi inget anak gw belom MMR hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. pantesan lo gak pernah komen lagi.. knp ya blogspot nih suka eror..

      tosss dulu sm koko Conrad hahaha. Kok bisaa yaa takut sm pup. Skrg dia kalo lihat pup nya di diaper juga nangis loh ketakutan gitu, ckck.

      MMR lagi langka loh, Fel. Gw cari kemana2 baru dapet di RS Royal Taruma, tp itu juga katanya udah mau abis stoknya

      Delete
  13. Mommy lily..aku mo nanya dong..baby aku juga 1.5 taon..tp kalo ngomong kok masi " uu " uu" gitu yah..cuman once in a while aja bisa mengejutkan dengan bilang " I dun wan " ato " piss (please) "..bagemana inih? :|

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaa.. kok jadi mami lily eke..
      Mayan loh, Er, udah bisa bikin 3 kata "i dun wan". Grace masih sepatah2 kok walopun banyak. Bisa sih nyambung2in.. tp itu biasanya ngikutin kita. Misalnya "popok.. penuh.."
      Tenang, cewe biasanya lebih cepet ngomong, emang bawaannya bawel. Tapi jalannya lebih lambat n sampe skrg masih oleng2

      Delete
  14. Mel... kenapa namalu jadi mommy lily? Haha. *melirik komen elrica*. Anak gue lbh lancar nyanyi dulu Mel drpd ngomong. N feeling gue Grace kemungkinan tipe yg lbh cpt ngomong drpd jalan. Abby jalannya duluan yg manteb tp skrg bawelnya kebanyakan nanya bikin mama pusingg haha. Anak2 seumur Grace sih udah bs keluar suara n bawel aja udah oke banget.

    Soal popok, Abby jg br siap pas di atas 2 thn untuk mulai toilet training. Itu jg butuh kesabaran extra deh. Tp skrg syukurnya siang ud lepas popok. Cm malem bobo doang. Pup jg ud bs blg n mau duduk di kloset. So step by step aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha tuh tuh si El..
      Nyanyinya humming ya, Le? Si grace demennya suruh kita yg nanyi, terus dia ikutin deh buntutnya.
      Iya dia jalannya sampe skrg masih oleng2, dan kalo lari suka tiba2 jatoh sendiri. Gw yg serem ngeliatnya..
      Toilet training emang katanya 2.5 tahun sih baru bisa. Bukannya mereka gak ngerti, tapi katanya emang bayi itu blm bisa nahan pipis. Dan kalo mau pipis pun mereka blom bisa ngerasain (kayak orang tua yg suka ngompol). Jadi bukan salah anaknya juga kalo blm bisa.

      Delete