27

2 Year 4 Mos - First day at school

Posted on Thursday, March 24, 2016



Jadi jadi jadi.. akhirnya hari senin tgl 21 Maret kemarin, Grace memulai sekolah pertamanya!

Oh ya, sebelumnya mau curhat sedikit.

Jadi kemarin itu, pas survey sekolah dan trial class, tidak semuanya saya atau papanya yang nemenin. Ada kalanya Grace ditemani oleh kungkungnya.

Alasannya klise, kami kerja, dan gak enak kalau harus kebanyakan ijin. Nah, disini nih saya sempat mellow.

Pertama, saya tanya Grace gimana di dalam kelas ke papa saya yang saat itu nemenin Grace. Eh dijawab gak tau karena dia gak ikut masuk. Grace masuk sama susnya aja. HEH? Masa nanti yang menilai bagus ngga sekolah anak saya adalah sus?!? (Y__Y) *langsung google “derita working mom”, biar ada temen ceritanya*

Eeh, ditambah dong, saya ditanya sama temen sekantor,
“kok gak cuti mba? Kan Grace trial class hari ini?” Dia denger percakapan saya di telepon saat daftar untuk trial class.
“iya, ditemenin opanya aja”
“lah, mba gak lihat dong? Terus ntar milihnya gimana?”

*DONG-DONG-DONG*

Rasanya, hatiku seperti tercabik-cabik *lebay*.

Saya langsung merasa seperti ibu yang tidak peduli sama pendidikan anak sendiri, dan malah lebih mementingkan urusan kantor. Kepikiran juga nanti bila anak pulang pergi sekolah saya gak bisa antar jemput, yang berarti saya gak pernah lihat anak saya pakai seragam! Mulai deh sedih dan kepengen resign saat itu juga. LOL.

Ya in my defense, saya gak buta-buta amat sih sama sekolahan itu. Saya pernah survey, pernah lihat cara ngajarnya (ngintip aja sih), walaupun pas trial class memang saya gak bisa datang. Dan alasan kenapa papa saya tidak menemani Grace di dalam juga masuk akal banget sih. Beliau malu karena yang menemani isinya mami-mami dan suster-suster semua. Eh tapi setengah jam terakhir papa saya masuk kok ke kelas, sempet video-in juga interaksi Grace dan cara mengajar gurunya… *tuh kan masih defensive, biar gak di cap ibu-ibu kantoran yang gak peduli sama anaknya*

:p

Singkat cerita, akhirnya kami daftar juga di sekolah yang kami rasa terbaik.

Hari pertama, saya dan papanya ijin masuk setengah hari ke kantor, dan rencana akan menemani Grace full 2 jam. Ternyata, pas sudah masuk dan ketemu mainan, lupa dia sama kita. LOL. Saya ngobrol dengan principal sekolah di bagian pendaftaran, isi-isi form, tanya ini-itu, dan selesai itu pun Grace sama sekali gak cariin kita. Dia malah memperhatikan guru dan teman-teman lainnya bermain. Good sign nih, kami pikir, dan lalu kami diam-diam pergi keluar. Karena bingung mau nunggu dimana, diantara suster-suster dan mbak-mbak lainnya yang lagi ngerumpi, akhirnya kami memutuskan untuk tinggal sebentar untuk sarapan dan pulang dulu. Toh ada sus-nya Grace diantara kerumunan suster-suster di depan itu, in case Grace panik dan mencari orang yang ia kenal.

Sejam kemudian kami kembali ke sekolah. Ketemu dengan ibu principal dan langsung dikasih laporan kalau Grace nangis cari papanya.. huhuhu…  (nangis teriak-teriak kencang loh, bukan yang tersedu-sedu)

Katanya sempet teriak-teriak juga karena gak mau pintu kelasnya ditutup, maunya dibuka terus supaya bisa kabur ke ruang mainan.

Oh well..

Tapi pas saya datang sih katanya sudah tenang, of course, karena susnya nungguin di dalam kelas.

Saat itu, mereka sedang antri cuci tangan, karena sebentar lagi snack time!

Grace senang sekali melihat kami datang. Langsung prilaku malu-malunya hilang dan keluar aslinya. Kayak gini misalnya. Temannya ada yang pakai botol sedotan, eh dia teriak dong, “kok pake DOT sih??? Malu doooongg”, yang kompak bikin kami semua termasuk gurunya tertawa.

Terus pas ada anak yang nangis pun dia bisa langsung teriak, “JELEK! JELEK!” *mama papanya langsung tutup muka*.. padahal dia sendiri tadi kan nangis yah, hehehe..

Satu lagi, kan saya bawakan Grace bekal roti coklat ya, ternyata pas masih jam main, Grace mau ambil rotinya dan mau makan. Padahal bukan jam makan kaann. Mungkin dia udah kebayang-bayang ya roti pake ovomaltine kesukaannya dari pagi. Lol.

Yah, namanya anak kecil ya, masih polos, ceplas-ceplos, kita yang dewasa hanya bisa tersenyum deh.

Untungnya Grace tampak kerasan sama sekolah ini. Kalo dibandingkan dengan ke-2 sekolah lain yang kami survey, memang sekolah ini lebih “bebas”, dalam arti, in case anaknya lagi gak mau pake seragam, ya gak usah dipaksa (tau aja dia kalo si Grace suka moody and suka milih bajunya sendiri). Terus misalkan anak belum kerasan ditinggal sendiri di dalam kelas, ya silahkan ditemani, toh pelan-pelan akan terbiasa apalagi kalau lihat teman-temannya tidak ditemani mamanya.

Memang sepintas dilihat peraturannya longgar ya. Tapi ya, gimana, wong bocahnya aja baru 2.5 tahun.

Lain nanti ceritanya kalau sudah masuk SD, saya sih pengennya masukin ke sekolah Katolik kayak jaman saya dulu, yang kepala sekolahnya suster, yang galaknya ampun-ampun. Haha.

Posted in

27 Comments

Discussion

  1. klo sekolah katolik gurunya emang galak-galak ya cii..hahaha

    wah syukur deh grace cocok saama sekolah barunya, smoga grace betah nih dan semngat ke sekolah...hehe

    duh aku juga working mom, mungkin akan ngerasain hal yang sama juga ci..wkwkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha gak semua sih, tapi terkenalnya sekolah katolik lebih strict n disiplin gitu

      hehe, mari kita berpelukaaaan *sesama working mom*

      Delete
  2. ga apa2 lah ci, kerja juga buat anak juga kan.

    iyaa anak2 kalo ngomong bener2 polos n ceplak ceplok ya ci. anak saya kalo liat orang gila pasti teriak kenceng, "mami ada orang gila tuh mih" , sering banget. kan takut yaa kalo tuh orgil jadi ngejar kita.

    grace sekolah yg rajin yaa hhehhe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaaaa! anak kecil kl pas ceplas ceplos entah kenapa pasti volumenya keras yaah, bikin kita tutup muka aja hahaha

      Delete
  3. Iiihh grace jelek ih nangiiss.. hehehhe. Aduuh klo anterin anak skolah pas baru hari pertama masuk skolah tuh gile dah. Udah kaya langit pecah ama suara tangisan n teriakan bocah2. Hahahaha. Semoga suka sekolah terus ya grace.. biar banyak temen biar makin pinter.

    ReplyDelete
    Replies
    1. huahahhaa.. kmrn dia masuk di tengah2 sih, jadi anak yg lain udah pada tenang. dia doang yg heboh :p
      Amin amin amin!

      Delete
  4. g udah daftarin Zio sekolah habis lebaran, playgroup doank sih, cuma g jadinya dag dig dug secara omongan orang2 sekitar negatip semua, dianggap Zio tuh ga suka sekolah jangan dipaksa, padahal dia ke babygym kadang nangis karena emang ngantuk atau lagi ga mood, dari 10x kelas palingan nangis 1x tapi klo dah masuk juga dia seneng2 aja, cuma ga mau ngikutin coachnya doank! jadi sekarang kepikiran terus sambil menunggu hari H-nya :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya tergantung anaknya sih pitz. makanya pilih jam sebisa mungkin yg gak pas anaknya ngantuk/laper. Kalo gak mo ikutin coachnya, Grace jg gitu kok! lama2 juga mau.. it's just take time. Tenang pitz. mommy knows best lah!

      Delete
  5. Nabung dulu Mel 20jt buat uang masuk SD, per tahun tambah biaya kenaikan 10% hehehe buat masuk sekolah katolik yg ada suster:)
    Horeeee Grace sekolah akhirnya, bentar lagi nggak nangis deh pasti bakalan enjoy....

    ReplyDelete
    Replies
    1. huaaaaaaaaa.. knapaaaa? dulu pas jaman gw perasaan uang masuk cuma sejutaan hahaha

      Delete
  6. Jangan merasa bersalah Mel, kan keputusan jd working mom pun ada alasannya. Semangat ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul2.. cuma kadang suka kena aja momentnya hehehe

      Delete
  7. Selamat sekolah Grace yg pinter2 ya... emang dilema ibu2 kantor semua sama ya... dipikirin aja kerja kan juga untuk anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, betul2. Thanks supportnya ci Bon ^^

      Delete
  8. nanti aku juga merasakan apa yang dirimu rasakan. padahal gua kepengenan, clay 2 tahun gua resign *jadi bisa anter sekolah* eh tapi.. kayanya gak jadi resign. ahahahahaha..

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu, gw jg maunya begitu. Tapi tuntutan jaman ya bok, susah jg kl gak bantuin suami kerja hahaha

      Delete
  9. gua juga ikut mikir, ntar anak gua sekolah pasti merasakan hal yang sama... dilema working mom ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yoiii. Makanya kita hrs saling support mel!!!

      Delete
  10. Huahahahhaha ngebayangin dia ceplas ceplos bilang temennya malu dong sama jelek karena nangis bikin aku cekikikan sendiri depan laptop.

    ReplyDelete
  11. Semangatt Mell.. Gw belum siap makan nasi ma garam doang tiap hari, jadi mau ga mau mesti kerja demi tuntutan jaman. Rekan kantor anaknya masuk SMP uang pangkalnya 45jt. Denger nya aja perut gw langsung mules..wkwkw.. Cepat atau lambat pasti ngalamin hal2 bgini.. Tar kalo tiba saatnya diriku ngalamin, tolong dukungannya ya :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaahhh, mari kita saling menyemangati!!

      Delete
  12. Hi Ci Mel, salam kenal ya. mampir ke sini dari blognya ci Yance.
    umur 2,5taun udah disekolahin dan si Gracenya mau aja udah hebat lho. suka ada drama2 dy gak mau sekolah gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. so far belum ada sih, soalnya sekolahnya isinya main sama makan doang, seneng deh dia hahaha

      Delete
  13. Nawww mellll... gila cepet bener yah waktu, anak lo masuk skolah ajaaaaaa!!! Balik indo gw mo ke st ah jajan2 hahahaa. Ama makan mi agoan trus maen rmh lo minta sate wahahaha.

    Ttg kerja or not bo... mamak2 kita aja survive masi kerja n ngurus kita jaman skola kita dolo, sing sabar yoo dikit lagi tau2 pake seragam kuning ijo aja si grez... mudah2an kepseknya ga odel seeeeeeeeehhhh 😑😑😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. lol, ngakak gw baca odel. apa kabar ya diaaaa

      Delete
  14. Sekolah katolik bagus Ci disiplin dan ketat hahahaha jadi inget sama suster kepala sekolah wkt gw dulu, tegas bgt orangnya tp manfaatnya berasa smp sekarang :-)
    Ayo Grace semangat sekolahnya ;-) mami papi udah kasih yg terbaik bwt kamu.

    ReplyDelete