12

Sabtu Bersama Bapak

Posted on Friday, July 22, 2016


Bukan filmnya yang mau saya bahas, melainkan novelnya. Memang pas saya beli dan baca bukunya saya baru tahu kalau ternyata buku ini dibikin film dan pas banget lagi pas tayang di bioskop minggu lalu.

Sudah lama banget saya gak baca novel, padahal dulu mah suka banget. Nah kebetulan kemarin saya install aplikasi Carousell. Yang belum tau, carousell itu tempatnya jualan barang sekon. Akhir-akhir ini saya jadi keranjingan mantengin carousell secara saya dapet cukup banyak good bargain untuk barang-barang baby. Tentu gak semuanya yang saya beli bekas. Yang saya beli bekas kemarin ini hanya sepatu bayi, iseng, abis dijual murah banget cuma 15rb :p. Kalau baju bekas sih saya rada gak tega ya. 

Yang good bargain saya bilang itu adalah barang bekas tapi baru (bingung ga lo?). Alias, unwanted gift. Ya ini sih untung-untungan dapetnya. Kemarin saya dapet setelan 3 in 1 carter ori seharga 130rb saja, padahal ada tag nya seharga 499rb. Terus yang paling bikin happy sih pas dapet botol dr. Brown yang memang sudah saya incer lama. Di toko online maupun offline, harganya di sekitar 600rb. Saya dapet seharga berapa cobaa... 250rb sajaaaaa, brand new masih segel!!! Asli saya happy banget. Secara nungguin dr. Brown diskon itu bagaikan pungguk merindukan bulan kaaaannn. 

Makanya buat mentemen yang punya barang ga kepake, mending dijual aja di carousell. Siapa tau bisa jadi berkat buat yang lain kaan :)

Eniwaaaayy, back to laptop.

Saya nemu buku ini juga di carousell. Bukunya masih segel dan dijual setengah harga, haha. Setelah saya baca, ternyata bagussss. Bacaannya ringan, gak perlu mikir, tapi lumayan buat bikin interospeksi diri.

Jadi, secara garis besar, ceritanya begini.

Seorang bapak memiliki 2 anak dan seorang istri, harus menghadapi kenyataan bahwa dirinya mengidap kanker dan punya waktu setahun lagi. Dia akhirnya bikin video message untuk anak-anaknya yang di rekam dalam bentuk VHS. Anak-anaknya dapat menonton video tersebut di setiap hari sabtu atau di momen-momen penting lainnya, misalnya saat ultah ke sekian atau pada saat mau menikah. Yaaa, mirip-mirip novel PS, I Love You, lah.

Awalnya saya kira ceritanya bakalan sedih gimana gitu, bikin mewek. Ternyata ngga tuh. Malah banyak lucunya.  Ceritanya bukan menceritakan kesedihan sang ayah, tapi lebih banyak menceritakan problem kedua anaknya pada saat mereka sudah dewasa. Yang sulung punya masalah di keluarganya (anak2nya takut karena didikannya yang ala militer, dan istrinya ilfil dengan sifatnya yang pemarah), sedangkan yang bungsu punya masalah dalam perjodohan, alias jomblo melulu! Si bungsu ini yang bikin saya bacanya sambil mesem-mesem, kocak sih.

Nah, setiap mereka menghadapi masalah, mereka biasa menonton video dari bapaknya yang menitipkan banyak pesan-pesan. Yang paling saya suka sih ajarannya tentang mencari jodoh. Carilah pasangan yang bisa menguatkan, bukannya saling mengisi kekurangan. Find someone supplementary, not complimentary. Memang kalimat ini awam terdengar ya, tapi cara buku ini (sang ayah) mendeskripsikan tuh bagus, bikin saya manggut-manggut setuju.

Juga tentang hidup berkeluarga. Kadang kita pulang kerja capek, melihat rumah berantakan. Alhasil, kita marah-marah. Padahal namanya punya anak kecil ya, rumah rapih itu nyaris ga mungkin. Coba deh kita melihat dari persepsi yang beda. Kita melihat anak kita happy bermain dengan mainannya (yang berantakan). Daripada kita ngomel terus bikin bete sekeluarga, kan lebih baik kalau kita tutup mata, ikut bermain sama si anak. Anak bahagia bisa main sama papa/mamanya dan mereka jadi lebih bisa meng-appreciate kita. Ini lebih baik kan, daripada bikin anak takut dan segan sama kita. Yang ada, apabila mereka ada masalah, mereka takut bercerita karena takut dimarahi. Hubungan antara orang tua dan anak jadi tidak dekat.

Secara keseluruhan, yang bikin sedih sekaligus haru sih cuma di 2 halaman terakhir. Asli disitu saya mewek dikit sih :p

Apa hayoo yang bikin saya meneteskan air mata... Sok lah, dibeli dan dibaca sendiri bukunya. Worthed kok. Saya bacanya gak sampe setengah hari tapi kesannya masih terngiang sampe sekarang. Pantes ya, sampe dijadiin film :)

Jadi penasaran sama filmnya...

Posted in

12 Comments

Discussion

  1. Adhitya Mulya juga ngeluarin buku parents' stories ci yang isinya tips parenting. Selama ini aku baca blognya suka banget baca tips parenting dia, buku parents stories itu ampe beli PO tapi... ampe sekarang belom ada hasrat membaca. Tiba-tiba menguap gitu deh keinginan buat baca hahahaha. *lalu nyalahin pregnancy hormones* :P
    Sabtu Bersama Bapak ini bagus yaaaa. Suka banget sama si bungsu, terutama soal yang find someone supplementary itu. *toss*

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya, aku baru tau, ntar cari ah bukunya :)
      justru mumpung masih hamil dibaca, ntar kalo udah brojol malah gak sempet loh haha

      Delete
  2. katanya filmnya ga sebagus novelnya mel... gua juga uda baca novelnya, dan buat gua bagus banget... daripada nanti merusak novelnya yang uda bagus, mending gua ga nonton filmnya deh hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, kebanyakan novel yg dibikin film gak akan bisa nyaingin novelnya yak. Ternyata banyak yg udah baca ya, gw ketinggalan dong haha

      Delete
  3. Gue juga suka sama novel ini Mel, menghibur sekaligus menginspirasi. Gak nyangka bapaknya sblm meninggal sudah nyiapin itu semua supaya bisa tetap mendampingi anaknya tumbuh.

    ReplyDelete
  4. Iya bagus buku nya. Sempet skeptis awalnya karena ide cerita nya niru film Hollywood lama tp ternyata emang bagus.

    Btw baju carter's emang nya ada yg ori dan gak ori?

    ReplyDelete
    Replies
    1. disini banyak carter dan next palsu, man. jualnya biasa di OL shop gitu. Kualitasnya ya gitu dehh, standard.

      lo udah baca jg yaa ternyata.. kalah cepet nih gw sama yg di amrik hehe

      Delete
  5. Aku belum baca dan belum nonton hyaaaaa~ jadi makin penasaran Ci

    ReplyDelete
  6. pas bukunya heboh di indo, gw langsung nitip beliin haha .. gw sukaaaa .. terus baru tau juga bakal dibikin film .. penasaran pengen nonton cuma ya ntar aja lah ya tunggu online HHOHOHOHO ...

    ReplyDelete
  7. Ahh..gue jadi kepengen baca. Gue lagi baca novel2 ika natassa. Bagus2. Kemaren pas nyari novel ika, sempet liat novel ini, tapi ga tau kalo ini bagus. Tau gitu gue beli juga ya. Hahaha... Thanks Mel. Tar gue cari deh.

    ReplyDelete
  8. Aku blm baca buku nya tapi dah nonton film nya
    sempet mewek saat ibu nya sakit trus ada quote "Jangan pernah biarkan ibumu sendiri, karena dialah surgamu"

    ReplyDelete