20

Iri

Posted on Thursday, October 20, 2016

Sejak sebelum hamil Theo, saya sudah sering mendengar cerita tentang kecemburuan kakak terhadap adiknya. Mau yang usianya beda sedikit ataupun beda jauh, yang namanya cemburu itu kemungkinan besar pasti ada. Makanya, sejak tau kami hamil lagi, saya selalu memberi tahu Grace tentang sosok seorang adik.

Grace berusia 2 tahun. Tapi dasar anaknya pintar, pertanyaan pertama yang dia tanyakan adalah "dedeknya cewe yah?". Ketika itu kami sedang berharap dapat anak laki-laki, maka kami sering bilang "semoga cowok ya Grace biar sepasang". Grace pun langsung bilang gak mau, maunya dedek cewek ajah.

Kami selalu ajak Grace kekunjungan rutin check up. Kami selalu bilang kalau kita mau pergi lihat dedek, dan Grace selalu excited. Pas usia kandingan saya 4 bulan, dokter bilang kita lagi intip "anu"nya dedek nih. Wah bener dapat anak laki-laki. Papanya seneng banget, tapi Grace malah menggerutu di depan dokter kalau maunya dedek cewe aja. Saat itu terlihat lucu, ya namanya anak 2 tahun yah. Tapi siapa sangka kalau dia serius maunya dedek cewe aja.

Setelah tau dedeknya cowo, Grace terlihat kurang suka sama sang janin. Dia bia tiba-tiba pukul perut saya. Ketika ditanya kenapa mukul mama? Dia bilang kalau dia ga suka sama dedek, karena dedek cowo. Terus pernah sekali dia bilang kalau dedeknya ntar mau dibuang ke tong sampah aja.

Jelas saya sedih dengernya. Tapi ya saya maklum, mungkin dia sudah mulai ada perasaan cemburu sama dedeknya yang masih di perut itu.

Saya dan Tomo terus bilang ke Grace supaya sayang dedek, cium perut mama, elus-elus, dsb. Ya kadang anaknya mau kalau lagi manis. Tapi kadang juga gak mau kalau lagi jelek moodnya.

Setelah dedeknya lahir, awalnya dia bersikap acuh tak acuh, tapi lama kelamaan, seiring perhatian saya yang sering terpecah, dia mulai acting up. Seringnya sih nangis ketika saya nyusuin dedeknya di jm dia mau tidur, teriak-teriak sambil suruh saya stop nyusuin. "Dedek ga bole nyusuu", "mama ga boleh nyusuin dedek", "nyusuinnya udah aaaahhh", sambil berurai air mata.

Saya kadang tetap nyusuin walaupun dia teriak. Maksud saya, Grace harus paham kalau saya harus nyusuin Theo. Saya gak mau kasih botol ke Theo yang nantinya malah jadi kebiasaan. Kasihan Grace.

Pernah juga dia berusaha pukul dedeknya yang lagi nyusu. Kami tahan tentunya, yang bikin dia tambah teriak-teriak karena stress.

Padahal ya, kalau lagi ga menyusui saya berusaha main sama Grace lebih sering loh. Tapi ya, moment sebelum tidur sepertinya tidak mau dibagi dengan yang lain, hanya mau dikelonin sama saya.

Akhirnya saya selalu usahakan untuk Theo nyusu lebih dulu sebelum Grace masuk kamar tidur. Tapi kadang susah juga karena nidurin Grace itu lama, masuk kamar jam 9, bisa baru tidur jam 11 malam. Ya Theo keburu laper lagi ~_~.

Bulan lalu, sebelum tidur Grace sering sekali minta pipis. Awalnya setengah jam sekali, lalu 20 menit sekali, dan beberapa hari setelahnya bisa per-5 atau 10 menit dia minta pipis. Kami takut kalau Grace kena anyang-anyangan. Tapi anehnya pipisnya selalu keluar dan terlihat lumayan banyak. Sampai kami penasaran dan tampung pipisnya di potty. Ternyata setiap pipis, pipisnya cuma 10 sampai 30 ml, dikit sekali walaupun pasti keluar. Lumayan bikin saya dan Tomo stress karena semalam bisa sampai 20x bolak balik wc dalam waktu 2 jam -_-".

Esoknya kami ke dokter urolog. Hasilnya? Ada infeksi external yang bisa dilihat dengan mata, yaitu kemerahan di daerah kemaluannya. Dikasih antibiotik untuk 2 hari. Sembuh, kemerahannya hilang, tapi pipis-pipisnya masih. Kami sampe capek dan kadang emosi juga tiap beberapa menit minta pipis. Capek kan jongkok bangun bukain celananya.

Konsul dengan dokter urolog lagi dan disuruh tes urin. Hasilnya? Normal semua. Lega sekaligus curiga. Kayaknya ada yang gak bener nih...

Besoknya kami ke dokter anak langganan di RS Carolus. Ceritain semua masalahnya dan juga kondisinya yang baru punya dedek. Dokter periksa dan dia bilang kalau Grace sehat. Masalahnya sepertinya adalah dipikiran. She is seeking for attention, kata dokternya. Percaya gak percaya loh anak 3 tahun bisa acting kayak gini. I mean. Siapa yang ngajarin???

Memang bisa ya dok anak segini acting pipis-pipis untuk cari perhatian?

"Oh, jangan salah. Anak segini biasa kita sebutnya drama queen," kata si dokter.

Ternyata dia pernah menemukan beberapa kasus seperti ini. Waktu itu kasusnya adalah keponakan dokter kandungan saya. Sama, baru punya adik juga. Tapi karena keluarganya punya USG, jadi sebelum dan sebelah pipis dia di USG. Hasilnya, dia pipis, tapi gak dikeluarin semua. Kantong pipisnya masih penuh. Dia bisa atur supaya gak pipis sekaligus supaya bisa pipis terus. Amahzing ya otak bocah itu. Sampai bisa mengatur strategi seperti itu!

Akhirnya ya gak dikasih obat apa-apa sama dokter. Beliau hanya menyarankan untuk spend kore time bertiga aja seperti sebelum adiknya lahir. She needs that. Coba refreshing pergi ke tempat yang jauh. Suruh Grace latih tahan pipisnya di jalan. Kalau dia maksa pengen pipis, sediain plastik aja, kalau gak mau ya suruh dia belajar tahan.

Sepulang dari dokter kami langsung praktek ke mall. Selama di mall grace beberapa kali minta pipis, tapi kami suruh tahan sambil alihkan perhatiannya. Lumayan, bisa tahan pipis jadi sejam sekali.

Weekend besoknya kami ajak Grace lihat ikan di Seaworld. Selama di sana, Grace blas gak minta pipis sama sekali, sampai saya yang harus ajak dia pipis. Terbukti kan kalau selama ini Grave tuh gak sakit, cuma cari perhatian papa mamanya saja.

Saya melihat kejadian ini bukannya kesal karena Grace jadi drama queen, tapi malah kasihan. Ternyata Grace beneran tertekan dengan kehadiran dedeknya. Mana semua orang berharap Grace jadi lebih dewasa dan bisa langsung sayang sama dedeknya kan.

Mungkin posisi Grace bisa dibayangkan sama kayak kalau tiba-tiba suami kita bawa pulang istri baru yang lebih imut dan lebih muda. Semua orang yang datang memuji-muji istri baru itu sambil kasih hadiah. Istri lama diharapkan mau berbagi suami dan langsung sayang sama istri baru. Ya jelas susah dong...

Setelah kejadian itu, malamnya, sambil nahan Grace yang masih terpipis-pipis, saya bilang sama Grace kalau mama sayang sama Grace. Walaupun ada dedek Theo sayang mama gak berubah. Mama minta maaf kalau mama suka emosi sama Grace karena mama suka kecapekan. Saya bilang itu sambil meluk Grace yang masih pengen pipis, lalu bilang pipisnya coba ditahan sampai besok pagi yah karena dari tadi pipisnya udah banyak. Mama sayang sama Grace, ga mau lihat Grace pipis terus. Akhirnya dia tertidur dipelukan saya. Sebelumnya dia bilang, "Ges pipisnya besok aja ya ma".

Duh jadi sedih lagi :p

Setelah malam itu, bisa dibilang keadaannya lebih membaik. Sekarang tiap malam kami berdoa bersama memohon agar Grace dan Theo bisa saling menyayangi satu sama lain.

Sekarang Grace sudah sembuh dan mulai terlihat sayang sama dedeknya. Ya ada kejadian beberapa kali dia isengin dedeknya, tapi masih dalam tahap wajar.

Kita sama-sama belajar ya nak. Grace belajar sayang sama dedek, mama dan papa belajar memahami kebutuhan Grace, dan berbagi waktu serta kasih sayang kepada Grace dan Theo secara merata. Semoga Tuhan menerangi jalan kita semua agar menjadi keluarga yang rukun dan harmonis. Amin.

Akhir kata, ternyata punya adik begitu toh rasanya (baru paham karena saya anak tunggal).




Discussion

  1. Wow... Bisa jadi nahan-nahan pipis gitu ya...
    Wow.. asli baru tau
    Kecup-kecup buat grace yaaaa :*
    Salam sayang buat Theo juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya juga baru tau kalau bisa begitu efeknya. Makanya seprepare apapun kita untuk anak ke2, kakaknya belum tentu bisa langsung menerima

      Delete
  2. Nice sharing mel.. Semoga makin rukun dan harmonis ya kaliann.. Grace sama theo akur akur :) Grace pinter yahh.. Hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnn. Iya saking pinternya sampe bisa atur strategi untuk cari perhatian yah hehe

      Delete
  3. Aduh aku bacanya sampe pengen nangis ci.... :((
    kasian sama grace, semoga grace semakin dewasa dan saling sayang sama dede ya...
    dokter anak di carolus siapa ci? ryu juga dsa nya di carolus...

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama dktr Ruth. Km pake dokter siapa?

      Delete
    2. iya sama ci dr. ruth juga :)

      Delete
  4. Melll.. Gw nangis bacanya :') Gw juga dulu gitu, sama kek Grace. Bedanya waktu itu gw sudah umur 7 waktu punya ade. Bedanya sampe gw kuliah kalimat "kakak harus ngalah sama ade" selalu dikumandangkan bukannya sprti yg lo lakuin ke Grace bilang sayang dll. Kalo Grace pipis2, gw ngompol. Diapain juga ga ilang2, ilangnya ya gitu, pas kalo si Papa luangin lebih banyak waktu buat gw.

    Semangat ya cici Grace :* Begitulah jadi kakak :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tuh kan, beda 7 tahun aja masih iri yah. Emang susah sih ya yg namanya berbagi itu. Tp skrg hubungan lo sm adik baik kan py?

      Delete
  5. gua juga baru tau loh anak bisa nahan2 pipis demi cari perhatian... thx for sharing mel, jadi nanti kalo seandainya gua punya anak kedua jadi tau apa yang harus dipersiapin hehehehe... kiss kiss buat grace ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa. Gw udah siapin dr hamil tapi yg namanya mental anak susahh, apalagi grace agak keras wataknya. Ya intinya kakaknya harus lebih sering diperhatiin deh walau ada adeknya biar ga jeles

      Delete
  6. hehe wajar lah kalo cemburuan ya apalagi grace masih kecil jadi belum bisa kontrol perasaannya....

    emang kita jadi ortu nya yang mesti lebih ngasih perhatian lebih biar dia gak berasa kayak diduakan ya. mungkin papanya bisa lebih juga mendekatkan diri kayak nemenin tidur (karena mamanya kan mesti nyusuin) atau pergi berdua kemana gitu, jadi anaknya gak berasa diduakan. sekedar saran aja. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masalahnya skrg dia ga mau tidur sama papanya. Padahal sering loh diajak jalan berdua. Dulu Andrew ga jeles ke Emma yah, man,

      Delete
  7. Thanks for sharing mel. Gw jg baru tau anak kecil bisa ngatur2 pipis kaya gitu. Yg gw tau pipis mlulu karena stress.. semoga grace cepet sayang sama theo ya.. tp emang bener ya ga mudah berbagi. Gw beda 7thn sm ade gw, wkt ade msh di kandungan gw excited tapi pas lahir juga jeles2 ga jelas gt.. tp yah lama2 jg biasa kok.. smangat ya mel

    ReplyDelete
  8. Thanks for sharing mel. Gw jg baru tau anak kecil bisa ngatur2 pipis kaya gitu. Yg gw tau pipis mlulu karena stress.. semoga grace cepet sayang sama theo ya.. tp emang bener ya ga mudah berbagi. Gw beda 7thn sm ade gw, wkt ade msh di kandungan gw excited tapi pas lahir juga jeles2 ga jelas gt.. tp yah lama2 jg biasa kok.. smangat ya mel

    ReplyDelete
  9. mel, gua juga baru tau bisa sampe nahan pipis gitu. ternyata itu juga salah satu nyari perhatian supaya kita bisa deket sama dia yaaa..

    semoga grace bisa akur2 yah sama theoo.. :)

    ReplyDelete
  10. Nice sharing mel...kekny gw perlu tanya ke cici gw pas gw lahir dia jeles ndk? tp beneran loh gw baca postingan lu kaget anak kecil it cerdas bgt ya bisa kendaliin pipisnya buat narik perhatian pdhl ndk pernah di ajarin... semangat mel semoga kedepanny makin sayang grace ma theo malah ntar lu yg iri ma kedekatan mereka hahhah

    ReplyDelete
  11. Mel, coba deh elu beli sesuatu kesukaan Grace yg sederhana aja trus elu bungkus jadi kado. Nanti elu kasih ke dia pas elu orang lagi kumpul berempat. Bilang aja itu dari dedenya buat dia, karena dedenya tau kalau cicinya suka itu.

    Siapa tau dengan kaya gitu bisa membantu? Semoga habis ini Grace sayang sama dedenya dan nggak iri lagi yah :)

    ReplyDelete
  12. nice sharing... dulu Faith juga mengalami difficult time sih pas dedenya lahir.. sekarang juga masih ada kadang2... sepertinya kalo ce lebih sensitif ya.

    ReplyDelete
  13. Sama kya kak Pypy, gue beda 3 taon sama adek gue dan saking jelesnya gua sampe ngompol Ci hahaha.. Dan itu berlangsung lama, ada kali setahun. Nyokap stress, bokap stress, gua stress, akhirnya tiap weekend diajak main ke rumah sodara biar ada yg merhatiin gue x)))

    ReplyDelete