6

3 tahun Grace, dan 3 bulan Theo

Posted on Friday, December 16, 2016



Minggu lalu saya, mama saya, dan Grace jalan-jalan ke mall Ambasador. Pas kami lagi muter-muter, tiba-tiba si Grace bisa mendadak mogok gak mau jalan. Tangan saya dan mama saya ditarik sambil nge-glesot mau jongkok dan mandek. Ok, kita kira dia gak mau diajak masuk ke gang sempit, jadi kita balik arah dong. Eh gitu lagi, dia nge-glesot mandek lagi. Terus sambil malu-malu dia bilang “itu apa sihhh”, tapi gak nunjuk maunya apa. Saya sempet bingung, sampe akhirnya ngeh juga, ternyata dia dari tadi ngeliat ke arah tukang jam di pengkolan. Oalaaaaaah, ternyata dia naksir jam anak-anak yang dipajang!!!

Ini milestone banget buat Grace, karena sebelumnya dia gak pernah minta apa-apa kalo ke mall. Mintanya pun lucu bangettttt, gak langsung bilang minta dibeliin tapi sok-sok nanya itu apaan. Saya sama mama saya langsung gemesssssssss. Pas udah dideketin tukang jamnya pun, dia gak langsung minta dibeliin. Sampe kita yang heboh suruh dia milih jam yang mana. Anaknya galau antara jam frozen pink atau hello kitty pink. Untung jamnya 35 ribu sajah, jadi langsung deh kami beliin, hihihhi.

-

Lain Grace, lain Theo. Theo pas masuk bulan ke-3 kena pilek sampe nafasnya susah karena banyak lendir. Kasihan banget dia kalo nyusu sampe gelagapan, sebentar-bentar stop untuk cari nafas. Kalo tidur pun sampe kedengeran kayak ngorok. Untung, anaknya emang sifatnya anteng. Jadi selama pilek ya gak rewel juga. Saya sih gak kasih obat, secara anak baru lahir ya. Cuma kasih Transpulmin sama uap-in pake Vicks. Seminggu gak sembuh sampe kelewatan jadwal vaksinnya 2 minggu. Akhirnya minggu ini baru sembuh. Dan ternyata bener dong kata orang dulu, kalo anak sakit itu mau pinter. Setelah sembuh anaknya langsung bisa angkat kepala tinggi, terus tengkurep, eh besoknya udah bisa balik dari tengkurep ke terlentang sendiri. Yay, new milestone for my both child.

Theo tuh emang anaknya anteeeeeeng banget. Saking antengnya sampe sekarang kalo digodain cuma senyum simpul aja. Gak pernah tuh sampe ketawa ngakak-ngakak kayak anaknya Chelsea. Bikin kami semua penasaran banget!

Jam tidur malemnya pun enaaaaaaaaaaaaaak banget. Pokoknya abis mandi sore jam 4, main sebentar sampe jam 5, nyusu, terus bobok deh sampe jam nyusunya lagi jam 9, 12, dan 3 subuh. Terus bangun sekitar jam 5 pagi. Beda banget sama cicinya dulu yang kalo mau tidur susah nya minta ampun dan harus nangis-nangis dulu sejam :p. Mamanya hepi banget lah pokoke. (Update: hari ini 16/12/2016, he slept through the night for the first time, yay!)

Masalahnya cuma satu. Theo selalu rewel kalo abis diajak jalan-jalan. Bukan rewel pas jalan-jalannya loh ya. Pas jalan-jalannya mah anteng banget. Dari awal di taro di stroller juga langsung anteng (dulu cicinya sempet ogah naik stoller), asik liat kanan kiri aja dia. Justru pulangnya, mulai dari naik mobil pulang, dan sampe rumah pun biasanya nangis. Gak tau kenapa. Kecapean mungkin ya? Atau dia gak mau pulang, mau nya jalan-jalan terus? :p

Perkembangan perut:
1 bulan    : 4.5 kg / 55 cm
2 bulan    : 6.0 kg / 61 cm
3.6 bulan : 7.3 kg / 64 cm

-

Grace kemarin ambil raport mid-semester. Raport akademisnya baguuuuuuuus banget, katanya sih paling bagus daripada yang lain. Di umur 3 tahun ini, Grace sudah bisa pegang pensil, mewarnai-nya juga sudah teratur dan keluar garisnya semakin sedikit. Tracing yang simple udah bisa, yang belum bisa yang bentuknya wave alias bergelombang. Pegang gunting masih in-progress tapi sudah lumayan lah. Nempel2 paling pinter. Grace sudah bisa berhitung 1-10. Berhitung loh ya, bukan sekedar baca. Saya aja kaget tau-tau dia udah bisa. Kalau baca, Grace sudah bisa baca angka 0-9, masih suka kebalik antara 6 dan 9. Huruf baru bisa beberapa. Yang paling bikin dia cepet belajar adalah pake keyboard. Jadi disuruh cari dan tekan huruf A, eh besok-besok anaknya inget dan kalau di test suruh baca juga sudah bisa :). Motorik kasar-nya juga sudah jauh lebih baik. Grace sudah bisa naik turun tangga sendiri tanpa dipegangin, walopun tetep aja kita was-was dan selalu jagain.

Kekurangannya satu: social skill *tutup muka*. Emang nih anak keras kepala ya. Jadi, kalu disuruh malah gak mau. Giliran gak disuruh dia jalanin -_-". Kayak kemarin ada dance performance di TA. Pas gladiresik dia gak mau gerak, eh pas di TA juga diam aja mematung. Walaupun mending lah sudah mau naik panggung dan gak nangis :p. Pas saya tanya kenapa Grace gak mau dancing, dia bilang dong "Grace takut salah...". Uuuuhh langsung gemes pengen unyel-unyel.

Missnya laporan kalau kemarin Grace nangis. Gara-garanya dia mau minum minta miss ambilin minum tapi gak mau minta tolong. Missnya ajarin dia pake kata "tolong" atau say "please". Eh anaknya malah diem terus nangis. lol. Tapi akhirnya mau juga sih bilang tolong walopun sambil berderai-derai. Gengsinya tinggi bok.

Oh, kalau kata "maaf" sudah mau ngomong, walaupun suka bikin gemes juga sih karena kadang dia sengaja terus dengan gampangnya bilang "maaf mamaaa", sambil cengengesan. Tuh kan, gak ngomong salah, ngomong juga salah :p hihihi...

Sifat Grace memang suka bikin kita kewalahan sih. Anaknya ekspresif sekali. Gampang nangis. Gampang ketawa. Kalau gak suka ya dia bilang gak suka (kadang di depan orangnya -_-). Kalau moodnya lagi jelek, bisa nangis teriak-teriak kenceng buanget sampe se-gang denger. Kepentok dikit, nangisnya kayak anak abis ditabokin. Kalo kita bilang sih dia drama queen banget!

Tapi, lain kalau sama orang baru. Dia pemalu banget. Dulu pernah saya ceritain kan setiap ketemu orang baru dia nangis. Ya sampe sekarang juga gitu. Gak nangis sih karena sudah lebih besar, tapi seringnya ngumpet. Gak mau salaman, dan kalau diajak ngomong juga diem aja. Kadang suka bikin saya malu sih, takutnya orang kira gak sopan. Tapi ya gimana ya, saya sudah berusaha omongin dan ajarin berkali-kali, tapi memang sifatnya begitu... Dipaksain juga gak bisa kan.

Sekarang Grace terlihat mulai sayang sama Theo. Mungkin dulu Theo belum bisa apa-apa ya. Sejak Theo bisa tengkurep sendiri, Grace mulai suka ajak main, panggil-panggil, kasih boneka, dan kitik-kitik. Mama pun mulai bisa bernafas lega =D

Grow healthy and happy together, my lovely kiddos. Semoga rukun-rukun selalu sampe tua yaah!

Pas 3 bulan :)
3.5 bulan. Horee aku bisa tengkurep! Dan sadar kamera banget yah hahaa..
Sebelum pentas di TA. Kurang topi reindeer-nya.
Semakin pinter diajak selfie ^^


Discussion

  1. dua2nya mirip lu mel...

    kadang gua mikir ya, kayaknya ada bagusnya juga kalo anak takut orang, setidaknya jadi lebih aman ga akan sembarangan ikut orang... kalo kayak jayden, ga takut sama sekali sama orang... mau digandeng mbak2 di mall juga hayo, maminya dimana juga dia ga nyariin... gua suka dag dig dug takut dia hilang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya sih, ada plus minus ya
      nih gw rasa si Theo bakalan kayak Jayden nih, sama siapa aja mau >_<

      Delete
  2. Bott gw kira dia liat penampakan scarry apa di alley mol itu... jiah dia napsu ama arloji... (((ARLOJIIII))) lol.

    Anak gw 6 bulan br bs bolbal badan sendiri bo!!! Remah-remah biskuit regal banget mereka dibanding Theo ๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข๐Ÿ˜ข

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. 2-2nya baru bisa bolbal di 6 bln?? kok kompak bener..

      Delete
  3. Me, baca cerita ttg theo jd inget anaknya dina si kirana.antengg banget juga. Trus karena banyak menemukan di temen2 dan sodara2 gw yg anak ke2 nya lebih anteng daripada anak pertama, trus jadi berpikir apa emang ada kecenderungan gt ya? Bisa gt ya hehe.

    Btw si grace lucu amat malu2 gt pas mau minta sesuatu hehe

    ReplyDelete
  4. Waaaah, pinter ya Grace. Ketawa ngakak g baca " Kalau moodnya lagi jelek, bisa nangis teriak-teriak kenceng buanget sampe se-gang denger. Kepentok dikit, nangisnya kayak anak abis ditabokin." Clairine banget, seh. Demennya pegelaran nyanyik. hahahahah

    ReplyDelete