5

Welcoming Baby Toby

Posted on Thursday, June 28, 2018

Minggu, 10 Juni 2018

Tengah malam saya mulai merasa pinggang kok sakit bener sampe saya yang sudah pulas tertidur, terbangun dan gak bisa tidur lagi. Kemudian mulai terasa tuh kontraksi yang hilang dan timbul. Kontraksinya very very mild sampai saya ragu ini bener kontraksi atau bukan sih.

Terus saya inget teknik yang diajarkan oleh bidan saya beberapa tahun lalu. Untuk cek kontraksi, kita tiduran lurus dan coba tekan perut bagian pusar. Apabila kenceng banget sampai tidak bisa ditekan ke dalam, berarti itu beneran kontraksi.

Setelah saya cek, eh bener loh kenceng!

Terus saya mulai download contraction timer apps. Saya hitung berapa sering kontraksinya. Ternyatahhh, sudah setiap 5 menit sekali dong dan konstan panjangnya sekitar 40-60 detik. Tips dari apps sudah suruh saya siap-siap jalan ke RS aja nih.

Saya lihat jam, baru jam 2 pagi. Mau bangunin suami kok kasihan, dia lagi tidur pules banget. Lagian saya merasa saya masih bisa handle kok sakitnya. Pelan-pelan saya bisa tertidur juga.

Tidur sekitar 1 jam, dan akhirnya saya terbangun jam 5 pagi. Kebetulan suami juga pas kebangun mau ke toilet. Langsung saya bilang kalau saya sudah kontraksi. Suami yang tadinya sudah siap-siap mau tidur lagi langsung loncat panik dan mukanya langsung seger. lol.

Dia seger, saya ngantuk akibat semalaman gak bisa tidur. Akhirnya saya yang ketiduran. Terbangun karena kontraksinya kerasa lagi. Jam 8 saya coba jalan ke kamar mandi mau sikat gigi dan siap-siap kalau-kalau harus ke RS. Pas berdiri lagi sikat gigi, itu saya merasa sakiiiiiiiiiit banget sampai gak bisa berdiri tegak. Karena ini anak ketiga, dan orang-orang bilang bisa cepet banget lahirannya, selesai beres-beres saya langsung ajak suami ke RS. Padahal tadinya suami dan anak-anak rencana mau misa pagi dulu di Gereja, batal deh...

Long story short. Sampai di RS saya "baru" bukaan 2. Lumayan lah, setidaknya sudah bukaan, berarti bener nih sebentar lagi lahir.

Tapi kok rasa kontraksinya malah hilang yaa. Sudah gak sakit sama sekali malah.

Akhirnya saya turun dulu untuk sarapan di lobby. Tapi kata susternya, jangan jauh-jauh ya, karena dokter sudah suruh opname.

Hmm...

Ternyatah

Sodarah - sodarah

Bukaan 2 itu berlangsung luamaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa bangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet sampai saya akhirnya bermalam di RS. Malemnya malah sempet hilang kontraksinya dan saya bisa tidur lumayan pulas (ternyata karena induksi yang melalui infus rate nya diturunin).

Daaaaan besok paginya masih bukaan 2 menuju 3 *_*.

Gagal deh lahir hari Minggu, tanggal 10.
(untung juga sih, karena kata suami, kalau lahirnya hari minggu kita kena charge 30% dari biaya dokter :P)

Spent one day and one night in the delivery room

Senin, 11 Juni 2018

Setelah ganti shift suster jaga (yang entah keberapa kali...), akhirnya datanglah bidan senior.

Si bidan ini bilang, saya mau cek dalam ya.. lalu saya mau "tarik" sedikit.

WAIT.

APANYA YANG MAU DITARIK SEDIKITTTT?????

"Katanya mau cepet lahirnya.. Ini saya bantu tarik, biar bukaannya tambah..."

Dalam hati saya, APAAAAAAAH? MAU DI INDUKSI MEKANIKKKKKKKK?

Duluuuuuuuu waktu lahiran pertama, saya juga di induski mekanik sama dokter. Alias di obok-obok dalemnya sampe berdarah dan setelah itu langsung bukaan 2. Sakit? buangeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeet!

Yang ini juga sakiiiiiit, tapi gak sesakit itu sih *galau*.

Setelah itu, langsung deh kontraksinya konstan setiap 1 menit dan tambah kuat.

Gak selang beberapa menit, saya langsung teriak "EPIDURAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAAL!!!"

LOL.

Untung itu adalah hari senin pagi, dimana semua dokter sudah standby. Dokter anestesi langsung datang, ditusuk bagian tulang belakang, daaaaaaaan.... H.E.A.V.E.N!

:D

Asliiiiiiiiiii, semua rasa sakit hilangggggggggg. Sampe kontraksinya aja gak kerasa. Padahal di 2 lahiran sebelumnya masih kerasa loh kontraksinya.

Di cek bukaan, ternyata sudah bukaan 8. JENG. JENG. JENG. Pantesan sakit.

Dokter mana dokter?

"Dokter ada kok, lagi sesar."

Ooohh.. oke.

Ditunggu 1 jam, ternyata bukaannya belum nambah.

Dipacu lagi deh induksinya. Tapi kali ini cuma naikin dosis infus aja. Tentunya saya gak kerasa apa-apa karena efek epi *big grin*.

Gak lama kedengeran suara dokternya. Bidan langsung suruh saya di posisi ngeden (kaki diangkat ke atas). Lalu di "dongkrak".

Entah diapain, pokoknya si bidan bawa alat semacam mistar besi, terus bawah saya di obok-obok semacem di dongkrang, terus kerasa deh kalo kepala bayi sudah diujung. Disini baru kerasa sakit.

Dokter dateng. Saya disuruh ngeden. 2 kali ngeden daaaaaaaaaaaann... oeeeeeeeeekkk.....

Lahirlah putra ke 2 kami,

Tobias Arthur Kwan

dengan berat 3.070 kg dan panjang 49 cm.

Tobias artinya "kebaikan Tuhan" atau "Tuhan yang baik"

Arthur dari King Arthur yang pemberani. (Gak deng, sebenenrya nyontek dari nama anak ke-3nya Kate Middleton :P)

Kwan nama keluarga.

Jadi, bisa diartikan anak ini adalah anak dari kebaikan Tuhan. Semoga anak ini selalu menomor satukan Tuhan, menjunjung nama-Nya, dan menjadi anak yang berani. Amiiiin.

Lumayan juga nih photographer papa.. Walopun ngambil fotonya ngumpet-ngumpet dari balik tirai karena gak mau lihat ke "bawah" mamanya.

"Helpppp!" LOL

First we-fie
Si pipi gembil

Hidung hoki, yang ternyata jadi mancung sekarang :D
PS. Entah kenapa, cuma dilahiran ini aja loh air mata saya ngucur pas anak ini lahir.
Waktu anak pertama, saya malah bengong antara percaya gak percaya saya sudah jadi mama.
Anak kedua, saya harap-harap cemas karena bayinya besar, ada lilitan, dan di vakum. Tapi gak ada haru-harunya. Yang ini, bisa dibilang lahirannya gampang, gak ada masalah sama sekali, tapi saya terharuuuuuu. Mungkin karena tau ini adalah anak terakhir saya yang sempat saya deny di awal huhu..

PSS. Dipikir-pikir timingnya pas banget ya. Kayak udah di set-up sama dokternya supaya lahirnya hari senin aja jam setelah dia sesar. Tau gitu kan saya gak usah nginep di RS doooooook.. Saya masih pengen jalan-jalan hari minggunya. huhu.. :p

Cerita lahiran cici Grace dan koko Theo bisa di baca di sini dan sini yah.

Discussion

  1. mukalo abis lahiran kok fresh amat ya, cakep glowing gitu, gak kaya orang abis kontraksi 24 jam plus ngeden 2x. wkwk

    ReplyDelete
  2. waktu lahiran jayden juga gua ga ada air mata ngucur, yang ada malah panik, ini anak koq nangis kenceng banget ga berenti2 hahahaha...

    ReplyDelete
  3. Iya ini ada unsur kate middletonnya, mukanya fresh gitu ... kamu ada team make up ya ;)

    ReplyDelete
  4. Hahaha, kalo lu jalan-jalan hari minggunya terus ternyata mules di mall, malah masuk RS lahiran weekend, kena charge extra, Mel! Hahaha.

    ReplyDelete