16

Doa dan Toa

Posted on Friday, May 3, 2013

PS. Sebenarnya saya rada takut nge-publish postingan ini karena menyangkut hal sensitif. 
But, here we go... Semoga gak ada pihak yang merasa tersinggung


 Akhir-akhir ini setiap jam 4 pagi saya pasti dibangunin sama suara dari luar. Belum lagi suaranya juga terus-terusan mulai dari jam 6 sampai jam 7.30 sore. Saking kencangnya saya sampe stress. Mau nonton TV, bok itu suara TV kalah sama suara dari luar. Apalagi kalau nontonnya nonton film bule yang gak ada subtitle, haishh give up deh...

Even worse, rasa-rasanya suaranya tambah kenceng sebulanan ini. Saya rasa pengeras suaranya baru diganti. Bayangin ya saya ada di lantai 9, dan pengeras itu ada di ground, tapi moncong pengerasnya bisa pas banget menghadap ke arah saya (ya iya lah wong moncongnya ke empat penjuru -__-). Kalau hanya suara sayup-sayup sih saya OK, tapi ini benar-benar mengganggu sekali. Tapi emang dasar tinggal di Indonesia ya, mana bisa sih di protes.

Kadang-kadang saya bingung, kenapa kita sangat berbeda? Saya diajarkan untuk mencari tempat yang sunyi dan sepi kalau mau berdoa. Sedangkan kamu malah berteriak-teriak. Saya diajarkan untuk membasuh muka (kalo jaman sekarang sih mandi kali ye) dan jangan menunjukan kalau sedang berpuasa. Sedangkan kamu meminta orang yang tidak berpuasa untuk mengerti kamu dengan tidak makan di depan mukamu, bahkan menutup warung-warung makan. Kalau tidak ada godaannya, apalah puasa-mu?

Tujuan kita padahal sama. Tapi kenapa cara kita sangat berbeda?

Jujur, saya sedih kalau mendengar agama-mu dikambing-hitamkan oleh teroris. Saya prihatin kalau di Amerika wanita berpakaian sesuai agamamu dijauhkan. Saya yakin bahwa teroris itu dilatar-belakangi oleh kepentingan politik dan bukan agama. Tapi kenapa agamamu yang diserang? 

Tapi saya juga sangat sedih apabila saya mendengar tempat ibadahku diserang bahkan ada yang dihancurkan hanya karena terdengar suara sedikit nyanyian dari pengeras suara di dalam gedung; sedangkan kamu boleh dengan bebasnya menggunakan pengeras suara di luar ruang ibadahmu. 

Maaf, tapi bukan kah semua manusia harus saling bertenggang-rasa karena kita sama-sama diciptakan oleh Sang Pencipta yang sama?

Discussion

  1. no comment dear.. :s

    eh, tp komen aja deh, berhubung kita tinggal di tmpt yg sama *pede*, bukannya kalau udah tutup jendela dan sliding door di dapur udah ketutup, ga kedengaran ya? (any kind of voices) tp kalau buka jendela, suara kodok abis ujan juga kedengeran sih emang... gw di lt.17 btw..

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw udah tutup jendela, semua udah gw tutup. nyalain TV jg udah.. tp tetep kencengan dia >_<

      Delete
  2. lo sama dengan g sih, "WHY? " g sampe sekarang jga masih bingung ^^, inget dulu tempat ibadah g di lemparin batu, oli dll hanya dengan alesan berisik, padahal saat ibadah kita ga ada pakai sound sistem, alat musik pun enggak ada, yang ada suara dari tempat ibadah mu jelassss pisan terdengar dari tempat ibadah kita. yang pernah g test, pas ada ibadah di tempat g, g berdiri di tempat ibadah kalian, ga kedengeran apa - apa , boro2 pas pada nyanyi!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah begitulah.. gw gak bs komen lebih jauh..

      Delete
  3. Okeh, gue mau komentar. Gue nggak memeluk agama apapun yang lu mention di atas dan gue punya sahabat dekat yang memeluk kedua agama diatas, so gue merasa komen gue cukup fair dan nggak bias.
    Soal terorisme dan penyerangan tempat ibadah, menurut gue udah nggak jamannya lagi meng-generalisasi isu ini sebagai isu agama. Ini jelas2 bukan isu agama, tapi isu politik. Dan sebagai orang yang educated, kita NGGAK BOLEH ter-provokasi. Nggak boleh pernah menunjuk suatu agama lain meskipun jelas2 sekelompok orang berteriak2 "Allah hu Akbar" saat ngancurin gereja, karena yang ngelakuin kesalahan itu adalah ORANGnya, bukan AGAMAnya.
    Seperti yang lo tulis diatas,tujuan kalian berdua sama, tapi caranya yang berbeda. So anggap aja seperti kalian sama2 maw selesain marathon, ada yang lari sambil dengerin mp3, ada yang sambil teriak2 menyemangati diri sendiri. Semua orang punya cara yang beda, begitu juga dengan agama.
    Inget, yang mem-provokasi itu orangnya, bukan agamanya.
    Sorry yah Mel, gue nggak bermaksud menggurui atau sok tahu, gue follow blog lu udah lama dan suka baca tulisan lo, cuma gue agak kaget aja lo posting soal ini. Gue ngerti lu maksudnya baik dan nggak maksud nyinggung orang.
    Anyhow, setelah gue tinggal di luar, gue kangen loh suara Adzan. =)
    Buat gue itu bagian dari tahan air gue. Semua agama itu indah Mel, yang buruk itu orang2 jahat yang mengatas namakan agama. =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. First, emang bukan issue agama, tp kan masih sering dikambing hitamkan. liat aja film2 hollywood, terkahir gw ntn Iron Man 3 aja penjahatnya masih pake kedok begitu.

      Second, setelah lo jabarkan begitu kayaknya gw salah tulis deh. kedua agama bukan berbeda, tapi BERTENTANGAN. Whyy??? Dan org kan memang gampang terprovokasi karena agama, no?

      Terakhir, wkt gw tinggal di Oz juga gw kangen sm suara adzan. Tapi skrg? Everyday for 2 hours gw hrs mendengarkan suara itu sampe gw ntn TV volume di 60 tetep gak kedengeran. bayanginnnnnnn coba bayanginnnnn... *lebay*

      Yah skrg gw cuma bisa berharap biar semua org tambah pinter dan tereducated, jd mrk tau mana yang baik dan mana yg buruk. Jangan sampe mrk mau disuruh jihad lagi >.<

      Delete
    2. Iya bener, soal kambing hitam itu bener. Dan korban nya itu universal.
      Soal suara adzan, yah mungkin gue nggak bisa berbagi empati krn mungkin gue kagak pernah tinggal deket masjid kali ya.
      Anyway lo udah cukup berani untuk posting publicly soal ini, so I guess lu ready untuk terima komen kayak gue ya. Hahahaha =)

      Delete
  4. kadang2 pengen nulis beginian juga, tapi ga jadi hahahaha, soalnya kan yg baca banyak yg muslim juga...

    untuk azan pake toa, gua ga pernah mempermasalahin sih... kan itu emang penanda waktu untuk mereka ibadah... lagian toh cuma sebentar, ya ga ada salahnya kita bertoleransi sedikit...

    kalo jumatan pake toa tuh baru...soalnya kan lama yak mereka kotbah hahahaha...

    tapi gua setuju sih ama maya, agama itu selalu mengajarkan yang baik, yg salah adalah orang2nya... apalagi kadang ada titipan2 politik di belakangnya... emang kita harus menanggapi dengan bijak, jgn sampe terprovokasi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw jg gak masalahin adzan. Gw masalahin adzan + dll nya yang total2 2 jam full! jd gw pulang kerja gak bs relax gara2 ituh T_T

      Delete
  5. Meeeel rumah gue dong di seberang masjid... Dan yang namanya rumah, berarti sejajar nih gue sama masjid. Hihi. Terus rumahnya Mas Ben (sebelum merid) di sebelah kelurahan persis, di mana itu toa kalo lagi adzan, corongnya ngadep ke rumahnya dia. Sedep daaaaah.

    Sooo gue bisa merasakan 'penderitaan' lo. Apalagi kalo gw lagi kerja di rumah dan butuh konsentrasi tinggi, lalu itu hari Jumat di mana siarannya panjang banget. Sumpel kuping pake earphone juga kayanya masih kedengeran deh hehe.

    Sama kaya lo, gw juga pernah mempertanyakan, kenapa sih harus di-toa-in? Kan banyak penganut agama lain juga yang nggak perlu denger. Toh agama lain nggak ada yang kaya gitu.

    Ya tapi kalo direnungkan lebih jauh, ya seperti kata May lah, caranya emang beda-beda. Buat mereka, seruan panggilan solat itu penting, termasuk dalam ajaran agamanya. Dan kita tinggal di negara yang mayoritas muslim, jadi ya ajaran mereka itu bisa dijalankan sekalipun berpotensi 'mengganggu'. Kalo di luar, ga ada yang pake toa gitu kan? Mereka terpaksa mengkompromikan ajaran mereka demi ngikutin lingkungannya juga.

    Tapi gw juga bayangin, kalo misalnya di negara barat, mungkin ada muslim yang tinggal di sebelah gereja, terus kalo mao kebaktian, loncengnya berisik, mungkin mereka juga berpikir yang sama kaya kita.

    Btw, agama perjanjian lama (Yahudi) juga punya panggilan beribadah kaya Islam gitu loh, dan kalo ga salah juga 3 atau 5x sehari gitu, sekali lagi ya itu karena mereka mayoritas. Ya dipikir-pikir akar agamanya kan emang sama.

    Eniwei, kalo soal razia pas puasa itu mah purely oknum, sama aja kaya terorisme: politasasi lah. Kalo muslim yang baik, mereka juga anti tuh pamer-pamer puasa. Temen-temen gw yang muslim malah heran kalo gw harus ngumpet-ngumpet makan minum di depan dia.

    Aduh maab jadi panjang, seru sih topiknya haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha komen lo bs jd satu postingan baru ^^
      Rumah Tomo yg dulu juga cuma beda bbrp rumah dari mesjid kecil, jadi kalo adzan ya lumayan kedengeran juga. Tapi ini masalahnya apt gw deket sama mesjid gede, meaning bukan cuma adzan doang, tapi.. ermm.. apa ya, gw takut salah.. pengajian? dan kotbahnya yang dari jam 6 sore sampe jam 8 malam setiap hari kecuali sabtu dan minggu. Itu yg bikin gw lama2 pusing.
      Kan pulang kerja pengennya relax ntn tv.. tapi ini gak bisa.. gimana dong?

      Kalo panggilan untuk beribadah doang gw ngerti lah, tapi kalo ibadahnya pake toa.. itu yg sebenernya gw kurang ngerti. Jadi biar yg dirumah ikut denger gitu? jadi gak perlu dateng ke mesjid lagi? apa gimana sih sebenernya?

      gw juga ada temen muslim yg baik, yg gak show off kalo dia 5x sholat. Tapi ada juga tuh yg pake jedud2in kepala pas sholat sampe jidatnya item.. well, again itu kembali ke orgnya ya..

      Delete
  6. kalau kata gusdur dulu Tuhannya jauh hahaha ..

    kan di arab saudi sana tinggalnya di gurun pasir makanya pake toa biar mereka tau kalau waktunya sembahyang...nah kalau disini gw nggak tau...harusnya di sesuaikan dengan negaranya kali yah...

    kl gw dr dulu rumahnya sederetan sama mesjid skrg ini beda se gang sama mesjid udah biasa...malahan suka ikutan nyanyi pake nadanya utk anak2 tapi liriknya yah gw ganti suka2 gw yg muncul di kepala ,kalo malam takbiran habisnya non stop gt kan

    dulu pernah nanya sama temen kan kl ssholat harus arahnya kiblat makanya kl di kamar hotel ceilingnya suka ada tanda panah penunjuk arah sembahyang. Pernah gw tanya kan bumi itu bundar bukan lurus trus gimana dong, tmn gw juga bingung gimana jawabnya hehehe

    hebat loe berani posting soal ginian, gw mau posting soal baby sitter aja maju mundur...kl sampe jadi posting mgkn gw protect hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bumi bundar, jadi arah doanya juga nanti membundar :D

      posting ini gak papa, kan hanya mengemukakan pendapat, gak menjelek-jelekan kok :p

      hayoo ada berita apa sama baby sitter?

      Delete
  7. so do i. gua ngalamin hal yang sama di rumah lama gua. tapi kalo ga salah sempet ada warga komplek yang protes minta toanya jangan menghadap ke komplek which is mayoritas beda agama. protesnya ke RT / RW kalo ga salah. akhirnya dipindahinlah posisi toanya... suaranya jadi ga sekenceng pertama2.

    kalo di rumah gua sekarang, emang setiap jam 4 pagi bunyi suara yang bangun2in kita, "bangguuuuuuuuuuunnnnnnnnn banngggguuuunnnnnnnnnnn" gitu. gua awal2nya terganggu tapi sekarang udah kebal x ya... sekarang malah gua ga kebangun sama sekali hihihi...

    ReplyDelete