25

Office Hazard

Posted on Friday, July 26, 2013

Di postingan ini dengan tumben-tumbennya saya mau ngomongin tentang kesehatan..

Di mulai dari cerita bos dan mama saya yang akhir-akhir ini sedang ketiban penyakit aneh. Kenapa aneh? ya soalnya ini bukan penyakit karena virus tapi penyakit tulang yang disebabkan kelamaan duduk!

Mungkin sebagian dari kalian gak sadar kalo kerja kantoran itu juga bahaya loh bagi tubuh kita. Bos dan mama saya dua-duanya dari muda selalu kerja di kantor yang tidak membutuhkan banyak aktifitas gerak. Memang efeknya gak secara langsung seperti orang yang kerja di lapangan (kena panas matahari lah, kena polusi lah, bahkan ada kemungkinan kejatuhan barang / kesetrum kalo kalian kerjanya di bagian konstruksi kayak Tomo *amit-amit-amit-amit*). Secara kita gak sadari, duduk kelamaan dikantor itu bahaya juga loh.

FYI, ini saya tulis berdasarkan pengamatan saya loh, jadi gak belom di support sama research dan penelitian panjang. Kalo ada yang salah mohon dimaafin yah :)

Back pain
Sudah berbulan-bulan ini bos saya mengeluh kalau punggung bawahnya sakit. Akhirnya pergilah dia ke dokter tulang dan dokter bilang kalau tulang belakangnya miring. Jadi belakangan ini dia bawa bantal buat ganjelan punggungnya. Saya sih sudah kasih ide untuk beli lumbar support.. Eniway kalo kerja di kantor duduknya yang rapih yaa kayak gambar dibawah biar 10 thn lagi gak jadi miring/melengkung tulangnya.

PS. Akhir-akhir ini saya merasa serba salah duduk nih. Gara-gara perut yang mulai gede dan kaki juga mulai mengembang, jadi kalo duduk kaki lurus kayak gambar diatas kan pegel ya, mau disilang kok ni paha gede banget jadi gak nyaman. Mau senderan kok jauh banget jadinya bahu sama keyboard. Mau duduk tegak kok perutnya ketekuk... jadi bagaimana solusinya? blom ketemu! ada ide? :D

Tangan kesemutan
Pertamanya tangan mama saya sering kesemutan tapi hanya yang sebelah kanan. Terus lama-lama jadi lemes dan gak bisa angkat barang berat. Jangankan berat kayak buah sekilo ya, dia angkat air penuh segelas aja gak bisa. Setelah ke dokter katanya ada urat kejepit di bagian bahu yang deket sama leher. Jadi harus fisiotherapy 10x dan pake cast di lehernya. Udah kayak abis kecelakaan dimana aja gitu kan pake cast.. Usut punya usut ternyata yang menyebabkan kejadian itu adalah gara-gara keseringan duduk dikantor dengan tangan kanan aktif di mouse. See, lagi-lagi gara-gara duduk yang kurang bener.

Bunion / Hallux Valgus
Happened to my mom very recently dan ternyata udah sering kejadian sama kaum wanita (apalagi artis); sedangkan saya baru tau kalau ada penyakit kayak gini. Jadi Bunion itu disebabkan oleh terlalu sering pemakaian sepatu berujung lancip. High heels itu biar sexeh kan ujungnya lancip-lancip yah, nah itu ternyata berbahaya sodara-sodari. Bukan karena heelsnya yang tinggi, tapi karena ujungnya. Lama kelamaan jempol kaki atau kelingking kaki bisa membelok ketengah dan nabrak jari ditengahnya. Tulang telapak kaki jadi bengkok ketengah dan itu sakit!


Solusinya?
Sekarang mama saya udah gak boleh pake sepatu berujung lancip lagi. Awalnya ganti sepatu ke sepatu "suster" alias sepatu "bakpao" alias sepatu yang berujung bulet. Tapi lama-lama ujung jempol yang bengkok itu kalau disentuh sakit, jadilah sekarang dia ke kantor pake sendal terbuka. Sedih deh gak bisa pake sepatu lagi... Dan parahnya sekarang jalannya sedikit gak balance karena tulang telapaknya kan bengkok. Jadi kalau jalan harus hati-hati, kalau buru-buru bisa kesrimpet sama kaki sendiri.

Berhubung belum terlalu parah jadi masih bisa pake support untuk memisahkan jempol sama telunjuk (belinya di AceHardware merek Dr. Kong). Tapi kalau sampe parah mau gak mau harus dibedah >_<
Untung ketauannya pas belum bengkok-bengkok amat.

See ladies, please choose your shoes wisely. Keren sih keren, tapi kalau bikin sakit buat apa?

Images from here and here.

Discussion

  1. Eh iya sebenernya kerja apa aja kalo terus2an dalam posisi yang sama, emang bikin sakit di hari tua. Makanya perlu yang namanya olahraga yang lengkap dan teratur, terdiri dari stretching, beban, sama kardio *tapi ya gitu deh kalo masi muda kan males yaaaak*

    Nyokap gw gak kerja kantoran, tapi waktu muda bikin kue kerjanya. Iie gw dokter gigi. Penyakit mereka akhirnya mirip2 sama penyakit orang yang megang mouse itu: karpal syndrom. Sekarang dokter orthopedi nyokap gw udah menyarankan operasi, tapi kalo masih tahan sih nggak usah katanya. Huhu repot kan.

    Btw soal posisi duduk gw di depan komputer selama hamil... gw nyender full ke kursi (jadi perutnya nggak ketekuk), kayak orang males gitu, dan nggak terlalu tegak. Komputer dan keyboard nya gw tarik maju sampe ke ujung meja deket gw, biar gak terlalu jauh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kalo olahraga mah makin tua makin males :p

      operasi kadang blm tentu bagus juga loh, dokter nyokap gw malah gak nyaranin operasi. selama masih bisa diatasi kalo bisa jgn operasi laah

      Delete
  2. Duh mel kasihan banget nyokap loe, tp kondisi kakinya nyokap loe sama kayak gw mel
    tulangnya kayak bengkok dan muncul gt, org2 bilangnya karna suka pake high heels ternyata karna ujungnya lancip yaa, thx untuk infonya mel
    just info juga klo gunting kuku mending di salon aja *untuk yang udh umur yaa* karna nyokap gw udh hampir 2 tahun ini ndk bisa pake sepatu or sandal selop karna kuku kakiny luka dan berdarah hanya gara2 potong kuku trus potongan kukunya masuk ke dalam jadi nusuk dagingny jempol kaki....akhirny setelah perawatan skrng bisa deh pake sandal n sepatu

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh wkt gw kecil juga gw sering tuh kuku nunclep ke daging pas numbuh. itu gara2nya dipotongin kuku sama nyokap (kan blm bisa potong sendiri)..

      eh kalo kaki lo udah bengkok gitu jgn sering2 dipake lagi sepatu luncipnya, mending buruan dicegah daripada makin parah loh

      Delete
  3. kan katanya perempuan tuh suka bela2in sakit yang penting keliatan cakep ya... hehehe. tapi emang ya ngapain ya kalo bikin sakit. comfortable itu yang number one kan ya... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo sakitnya sebentar sih gpp, misalnya sakit buat ke pesta doang. Tapi kalo sakitnya setiap hari sih itu namanya nyari penyakit hahaha

      Delete
  4. Mel.. soal tangan nyokap loe, kurang lebih sama kyk nenek gw, selain disuruh ini itu di RS, di rumah jg di suruh latihan mainin bola yg kayak jelly itu.. (tau ga?) jadi sering2 kepal & lepas tangan sambil megang bola jelly itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. oowh.. itu kenapa vin? gara2 syaraf ya?

      Delete
    2. Kyknya sih emang syarafnya.. soalnya nenek gw ke dokter syaraf sih.. (Prof.Satyanegara di Sunter) :p

      Delete
  5. mel, temen kuliah ku ada yg kek gituh, karna setiap hari pake high heels...akhirnya g boleh lagi pake high heels, padahal masih lumayan muda lhooo...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wiihh.. kalo masih muda udah kena sampe tua gak boleh pake high heels deh, sedihhh...

      Delete
  6. Tengkiu bgt buat sharing ini, gw ga pernah ngeh akibatnya soal duduk dikantor kelamaan. Sama kerjaan gw juga tiap hari duduk aja..

    Soal sepatu untungnya gw jarang bgt pake higheels, dikantor juga pake crocs2an ajah, kecuali ada owner baru deh keluarin tu hak tinggi. :p

    Semoga Mama dan Bos mu cepet pulih yah Mel.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha temen2 gw juga tuh pada pake crocs/sendal jepit kalo gak ada bos. Begitu bos dtg langsung deh rapih haha..

      Delete
  7. kalo gua....sering2 minum biar sering2 ke wc biar sering2 jalan sekaligus mengusir ngantuk hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo lagi hamil gini minum seteguk aja gak lama kebelet hahahaha

      Delete
  8. Soal kaki yg melengkung jari kelingkingnya ke dalem itu, gue bukan karena pake sepatu lancip atau apa loh, tapi TURUNAN! hahahaha... nyokap gue juga begitu. Aneh kan?? Gue mah banyakan pake sepatu bakpao! Tapi tetep aja nih jari emang kagak bisa diubah dr sononya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo turunan bahaya gak? soalnya kalo bunion itu bahaya loh, bisa pincang kalo dibiarin

      Delete
  9. Wah, padahal pake high heels itu kan kebiasaan tiap hari.. Kalo nggak sadar dari sekarang, nanti susah di hari tua. Sebetulnya tantangannya adalah bagaimana membiasakan diri supaya nggak sampek ketergantungan terhadap high heels. Rada repot juga, apalagi kalo yang make tuh suka berasa belon cantik kalo nggak pake high heels..

    ReplyDelete
    Replies
    1. yah itu terserah orangnya sih.. udah byk yg wanti2 kl pake high heels itu gak bagus buat kaki, tapi kalo lebih mentingin cantik daripada sehat ya terserah toh? :)

      Delete
  10. g justru klo yang ujung na oval/lancip buat sepatu gitu.. suka sakit jempol ama kelingking na, jadi ga pernah bisa pakai sendal/sepatu yang kek begitu ^^
    keseringan pakai high heel juga buat wanita katanya bisa varises ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya gw jg gak bisa pake sepatu lancip soalnya kaki gw lebar di depan haha

      Delete
  11. mel, yang kaki itu mgkn bener ada yg turunan juga. Trus itu emang sakit banget soalnya tanteku ama temen jg ada yg gitu. Malah temenku itu lebih muda dari aku. Punyaku juga sekarang yang kanan kayanya udah mulai lebih miring drpd yg kiri huhuhu.. trus back painku jg parah pdhl udah ga ngantor lagi.

    Oh ya trus soal tangan lemes itu klo udah ditemuin penyebabnya baguslah. Soalnya kmrn ditipi sini ada ngebahas jg krn klo bagian2 badan ada yg cuma sebelah doang yg melemah gitu kadang hrs cek otak juga. Yang penting mulai atur pola amakn & olah raga juga moga2 mamamu cepet fit lagi. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wah, emangnya km sering pake sepatu lancip? coba diperiksain aja (kalo di indo ada yg kasih scanning kaki gratis di mall2 yg jual sepatu kesehatan).

      iya kalo lemes sebelah atau sering kesemutan sebelah harus hati2 soalnya itu masalah syaraf. Gejala awal struk juga gitu loh..

      Delete
  12. pada ngebahas soal kaki semua... hehehe...
    nyokap juga kakinya bgitu padahal dia ga pernah demen pake high heels, jadi kayaknya turunan deh, dan kayaknya juga nurun ke rollz, secara rollz meskipun suka pake heels, tapi ga suka pake yang ujungnya lancip gitu, punya yang ujungnya lancip cuman sebiji doank...
    kalo rollz lebih ke soal backpain, sekarang si kalo mulai pegel rollz suka ganjel pake bantal di belakang, meskipun jadi agak jauh dari keyboard, yang penting ga terlalu pegel, kadang kalo sakit banget tu berasa kayak tulang ini uda bengkok trus tiba2 dilurusin, pingin nangis aja rasanya...
    tapi katanya kalo lagi hamil bisa lebih parah ya... yang jelas take care ya... :)
    trus smoga mama plus bos getting better ya :)

    ReplyDelete
  13. iih ini penting banget nih postingannya.
    ada satu masa temen kantor gw bergiliran pada kena back pain gitu. ternyata katanya salah si kursinya. Kita dulu kan kerja bisa sampe berbelas2 jam gitu.. akhirnya bangku satu kantor di ganti.

    Ada juga temen kantor yang syarafnya kejepit gara-gara kalau kerja di rumah dia suka tengkurep gitu di ranjang.

    Serem bgt ya, padahal keliatan sepele..

    ReplyDelete