25

Surat kecil untuk little Grace

Posted on Monday, February 17, 2014


Dear Grace,

Mama gak tau apakah kamu udah sadar atau belum kalau seminggu terakhir ini mama sudah gak bisa main sama kamu lagi siang-siang kayak dulu. Mama harus berangkat pagi-pagi sebelum kamu bangun lalu pulang waktu kamu sudah mulai ngantuk mau tidur. Papa juga begitu (walopun mama minta papa tunggu kamu bangun tidur dulu baru pergi hehe).

Ya, mama harus kerja dari jam 6 pagi sampai jam 5 sore. Yang mana berarti mama harus titipin kamu ke babysitter untuk jaga dan temenin kamu main selama 11 jam. Doa mama adalah supaya baby sitter yang jaga kamu baik, sayang sama Grace dan bisa ngemong kamu sehingga kamu jadi anak yang baik dan sehat.

Mama tau kamu masih kecil dan masih butuh perhatian mama dan papa 24 jam. Semoga nantinya kamu sadar bahwa mama dan papa ninggalin kamu kerja itu adalah untuk masa depanmu.

Mama tau betul rasanya ditinggal kerja sama orang tua. Ya karena dulu emak juga ninggalin mama kerja sejak mama masih 2 bulan. Mama inget dulu setiap sore mama menantikan jam 5 sore, ya itu jam emak pulang kerja. Mama pasti udah mandi wangi dan nungguin emak pulang kerja di halaman rumah. Bahkan dulu mama sempet naik ke genteng mau ngeliat mobil mama pulang dari jauh, dan malahan di marahin emak gara-gara bahaya hehehe.

Dear Grace,
 
Mama janji mama akan berusaha untuk bisa pulang on-time setiap  hari sebelum jalanan macet dan bisa sampai di rumah lebih cepat. Kalo mama di rumah juga pasti mama nemenin kamu main dan belajar.

Kamu tau gak, di usiamu sekarang yang baru mau 3 bulan, kamu tidur malem bisa kebangun-bangun terus sampai 3-4 kali. Apalagi kalau ditambah kalo doggy guk-guk yang bikin kamu kagetan dan kebangun. Tapi moment-moment dimana kamu terbangun minta di empok-empok atau karena haus dan minta susu ke mama adalah saat-saat yang menyenangkan. Disaat mama gendong kamu dan susui sampai kita berdua ketiduran. Disaat mama peluk kamu di dada untuk sendawa dan membiarkanmu tertidur di bahu mama untuk beberapa saat. I love watching you sleep.
Psstt, bahkan sering disaat tidurpun mama sering ngimpi kalau kamu masih dipelukan mama dan masih nyusu ke mama.

Kalau mama di kantor, setiap kali mama memompa asi mama sering ngeliatin foto / video kamu. Kangen sama muka dan ekspresi kamu yang lucu saat kamu ketawa tanpa sebab, senyum-senyum kekenyangan, atau senyum-senyum kalo lagi pup, hehe. Mama juga kangen sama suara rengekan kamu kalau sudah capek tiduran dan minta di gendong, tangisan kecil kamu apabila sudah ngantuk dan mau bobok.

Dear Grace,
 
Mama tau mama akan banyak ketinggalan moment-moment dengan kamu karena mama kerja. Makanya setiap pulang kerja pasti mama tanya ke baby sitter dan mbak Iyem aktivitas kamu seharian. Jam berapa kamu tidur, nyusu, pup. Berapa lama kamu terjaga dan main. Apakah kamu rewel. Apakah kamu belajar hal baru.

Mama tau kalau mama selalu punya pilihan untuk berhenti kerja. Tapi mengingat biaya hidup sekarang tidak murah apalagi di negara ini dimana harga-harga dan inflasi sangat tinggi, untuk saat ini mama lebih memilih untuk kerja. Mama ingin kamu bisa hidup enak, nantinya bisa sekolah di sekolahan yang bagus dan bisa kuliah di luar negeri. Mama ingin mulai menabung biaya pendidikan kamu sejak sekarang. Itu semua akan lebih bisa tercapai apabila mama bekerja.

Dear Grace, 

Mama harap kamu mengerti, bahwa apa yang mama lakukan semua adalah untuk masa depan dan kebaikan hidup kita bersama.

xoxo, 
Your working mother.


Discussion

  1. huahhh terharu, semoga kita bisa jadi FTM suatu hari nanti. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aminnnn. Lo juga bakalan balik kerja lg yg Pitz?

      Delete
  2. So sweet banget.. :) Grace pasti mengerti kenapa mamanya ninggalin grace karena bekerja. Terus semangatt yaa.. :)

    ReplyDelete
  3. Hikssss...terharu. Semoga anak2 kita mengerti ya, Mel

    ReplyDelete
  4. gua juga termasuk produk anak yg nyokapnya kerja hehehehe... emang ya, disaat biaya hidup disini ga murah, pilihan antara jadi housewife ato working mom selalu jadi dilema... semangat mel... grace pasti ngerti koq *hugs*

    ReplyDelete
    Replies
    1. kadang anaknya gak protest tapi lingkungan sekitar yg protest :p
      untungnya keluarga gw semuanya mendukung :)

      Delete
  5. Dilema ya... Tapi grace pasti ngerti... :)

    ReplyDelete
  6. ci mel.. terharu banget :')
    grace pasti ngerti kalo mamanya begitu karna sayang bgt sama dia.. :)

    ReplyDelete
  7. hiks...terharu...
    pasti grace ngerti seperti luh ngerti nyokap luh...hehehehe

    ReplyDelete
  8. hii, salam kenal ya. gw jg working mom kok, semangat ya^^ demi anak, demi impian, demi masa depan.. gw jg produk dr working mom, dan tetep gak ngerasa kekurangan kasih sayang kok:) intinya quality time aja, kalo ud dirumah & weekend, full buat anak... jia yoo ya. God bless

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenaal *jabat tangan erat2*
      iya nih, ciayoo ya sesama working mom :D

      Delete
  9. So sweet Mel! Semangat ya! Jadi working mom, sama stay at home mom, sama capeknya, sama rewardingnya. Yang penting anak & ibu sama-sama happy.

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul2. drpd memaksakan terus jd stress mending dijalani aja dengan hepi2 ya :D

      Delete
  10. hiiiiks sedih bacanya ce ㅠㅠ tapi pasti Grace ntar ngertiin mama papanya :"))
    *curhatan yang dari bayi ngga sama ortu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha kok malah sedih.. cup cup cup *puk-puk-chell*

      Delete
  11. Terharu bacanya :) Semangat yah Mama nya Grace. ^^,

    ReplyDelete
  12. So Sweeet, bacanya sampai mata berkaca-kaca :) Semangat ya Mama Grace *hugs

    ReplyDelete
  13. Huaaa mel merinding gw bacany....dalam banget isiny, terharu banget
    sama mel gw juga korban anak yg ibuny kerja yang hanya bisa ketemu setahun sekali karna nyokap dijkt dan gw dibali hehhee....

    awalny gw pikir surat kecil it surat isi keperluan grace buat babysitter dari loe ternyata surat loe buat grace....pasti mengerti kok grace *hugs* semangat yaa mel

    ReplyDelete
  14. surat u mewakili isi hati banget deh Mel :') hiks

    ReplyDelete
  15. Aaah terharu banget kak mel.. Jadi inget dulu si dedek juga aku tinggal kuliah dan kelar kampus buru2 pulang karena masih ASI.. Emang jadi kehilangan moment2 penting sih tapi someday grace pasti ngerti kok mama papanya begitu buat masa depan dia, semangat terus kak mel :)))

    ReplyDelete
  16. mel.. gw terharu bacanya huuhuhu.. sweet banget... grace pasti ngerti suatu hari nanti kalo mami papinya kaya gitu karena sayang sama dia.. :)

    ReplyDelete