27

Perjuangan ASI

Posted on Tuesday, May 13, 2014

Dulu saya kira begitu lahir maka ASI akan otomatis ngucur keluar begitu disedot anaknya. Saya sama sekali gak tau kalo ASI itu ternyata butuh perjuangan...

Perjuangan di rumah sakit

Saya melahirkan di RS yang sangat pro-ASI, yang mana bayi tidak akan diberikan susu formula tanpa persetujuan tertulis dari orang tua bayi. Sesaat setelah melahirkan saya diberi kesempatan untuk IMD selama sejam, tapi bayi saya selama sejam gak berhasil menaiki "gunung" jadi hanya menggeliat-geliat di dada saya. Karena saya melahirkan jam 1 pagi, setelah IMD saya dibiarkan istirahat dulu sementara bayi dibersihkan dan di test kesehatannya. Bayi lalu dibawa kembali ke kamar saya untuk nyusu jam 7 pagi.

"Selamat pagi ibu, ini bayinya mau nyusu ya", kata suster sambil membawa Grace yang keliatannya sih lagi tidur soalnya matanya tertutup.

"Oh, gimana caranya ya sus?", tanya saya cupu. Sungguh saya gak tau gimana cara menyusui. Memegang bayi aja rasanya baru pertama kalinya, boro-boro yang newborn, saya itu gak pernah gendong bayi sama sekali!

Suster lalu mengajarkan posisi menyusui yang benar. Lucunya si Grace begitu mulutnya ditempelkan ke puting dia langsung HAP, membuka mulutnya. Anak pinterr... Rasanya apa? LUCU! Kayak geli-geli gimana gitu.

Emang dasar newborn ya, mungkin juga sebenarnya dia belum lapar, jadi ya gak lama pasti ketiduran. Sampe susternya ngajarin gimana ngitik-ngitik supaya bangun dan nyusu lagi.

Hari kedua sepertinya Grace mulai lapar. Setelah seharian capek nerima tamu, saya berharap malamnya bisa tidur dong. Eh tapi eh tapi, jam 10an malam suster datang membawa Grace dan bilang kalau bayi nya nangis terus.

"Ibu mau full ASI kan? kalau full ASI lebih baik bayinya tidur sama mamanya aja supaya kalau mau nyusu bisa langsung disusuin".

Dan.... perjuangan di mulai.

Malam itu Grace sering banget kebangun. Nyusu sampe ketiduran - pup - nangis - nyusu lagi sampe ketiduran - pup - nangis lagi - repeat sampe pagi. Berhubung saya waktu itu geraknya masih sakit, jadi terpaksa Tomo yang gendong dan angkat Grace dari crib ke saya, lalu taroh lagi ke crib. Malam itu terasa panjaaaaaaaanag. Jam 7 pagi suster datang mengambil Grace untuk dijemur dan dimandikan. Halleluyah! Tapi gak lama keluarga dan tamu dateng dan kami mau gak mau ya gak bisa tidur lagi T_T

"Ibu, ASI-nya sudah keluar?", tanya suster jaga.

"Gak tau sus, sepertinya belum yah"

"Coba saya lihat ya.. Ini sudah keluar kok bu..."

Saya lihat cuma ada sedikiiiiit banget mengkilap-kilap tanda ada sedikiiiiit cairan di puting.

"Saya pinjem pompa ya sus"

Denger-denger kalo dipompa lebih banyak keluarnya. Kebetulan pasien sebelah saya juga mompa dan saya denger dia berhasil dapat setengah botol padahal dia lahirannya sesar.

Sebelum dipompa saya kira bakalan sakit gimana gitu karena putingnya kan ketarik-tarik ya. Eh ternyata ngga sakit tuh. Tapi hasilnya dong....

Cuman ngotor-ngotorin botol. Ini setelah setengah jam mompa kanan dan kiri loh.
Oh-em-ji banget gak sih?!

Malam ketiga Grace sepertinya lebih lapar lagi karena semaleman dia maunya nyusu terus, gak ketiduran setelah beberapa menit seperti hari-hari sebelumnya. Rekornya adalah 40 menit non-stop nyusu dengan semangat empat-lima nyedotnya. Begitu lepas sedikit nangis lagi, nangis lagi. Saya dan Tomo sampe despo dan akhirnya manggil suster dan bilang "kami harus apaaaa?". Akhirnya suster ngajarin saya nyusuin sambil sayanya tiduran menyamping jadi bisa sambil bobokan. Terus suster bilang coba dipeluk aja bayinya, mungkin denger detak jantung ibunya babynya jadi tenang. Not happening. Tetep aja Grace nangis-nangis terus.

Paginya kebetulan ada edukasi teknik menyusui bayi. Ternyataaaah, ibu hamil itu seharusnya sudah memijat payudara sebelum lahiran! Saya dengar itu sudah tidak boleh lagi kan karena bisa memicu kontraksi, tapi saya gak kepikiran kalo sudah masuk week 37 semakin cepat kontraksi kan semakin baik toh? huhuhu.. tau gitu saya pijet yaa...

Perjuangan di rumah

Setelah 3 hari 3 malam di RS, saya dan bayi diijinkan pulang. Di rumah payudara saya masih kempes tapi tetap saja saya susuin terus ke Grace. Setelah beberapa hari baru deh payudara saya kenceng sampe kayak batu. ASInya banyak, tapi jalur keluarnya masih belum lancar.

Payudara sakit karena kencang ditambah posisi perekatan yang salah yang membuat puting saya luka sampe berdarah. Aduh...

Di saat itu saya bersyukur banget saya ambil paket pijat pasca melahirkan. Saya dipijat seluruh badan termasuk payudara untuk melancarkan ASI. Juga dibawakan rempah-rempahan untuk mandi dan oles sehingga badan saya menjadi hangat (pasca melahirkan saya sering kedinginan padahal gak pasang AC). Juga diajarkan cara menguap di rumah (sauna), karena dengan di uap maka ASInya jadi lancar, bahkan sampe netes-netes.

Terima kasih banyak saya haturkan kepada ibu pijet saya, Ibu Saripah, karena tanpa beliau kayaknya saya belum tentu bisa full ASI sampai sekarang. Dialah yang, bukan saja memijat payudara, tapi membantu mompa sampe akhirnya bisa terkumpul 40 cc sekali mompa (karena sakit saya gak tega mompa sendiri, jadi harus dipompain pake breast pump manual). Dia juga yang selalu menyemangati saya kalau ASI itu bagus dan kalau ASI saya sebenarnya banyak, cuma belum lancar aja. Sering-sering dipijat maka akan jadi lancar.


Oleh rekomendasi dari Ibu Saripah, saya minum Moloco-B12 untuk memperlancar ASI. Saya juga makanin sayur katuk dan bening bayem setiap hari selama sebulan. Lalu saya minum Mama Soya setiap hari selama 2 bulan.

Setiap mompa saya sering sambil membaca cerita "perjuangan ASI" hasil dari Google. Membaca cerita orang-orang yang juga berusaha berjuang menambah semangat saya untuk bisa full ASI.

Pernah saking takutnya ASI saya tidak cukup, setiap kali minum air putih saya menumpangkan tangan diatas gelas dan berdoa "Ya Tuhan, semoga dengan meminum air ini ASI saya bisa tambah banyak dan dicukupkan untuk Grace". Lalu saya paksa untuk sering minum full menghabiskan satu gelas (saya termasuk orang yang susah / jarang minum).

Dengan perjuangan, luka, dan semangat pantang menyerah akhirnya lama kelamaan ASI lancar juga dan hasilnya ada Grace yang mulai gembul ^_^

Cobaannya


Setelah ASI saya lumayan lancar saya malah terkena cobaan lagi, benjolan di payudara kiri dan infeksi payudara kanan yang pernah saya ceritakan di sini.

Grace juga sempet mogok nyusu langsung dari saya. Awal-awal melahirkan kondisi saya sempet drop. Sering banget saya masuk angin dan demam. Pernah pas demam saya minta sus memberikan Grace susu ASIP dengan menggunakan botol. Tapi karena takut bingung puting, jadi saya beralih pake sendok (karena saat itu belum beli cup feeder). Setelah beberapa kali diberikan ASIP dengan sendok, pas dikasih langsung Gracenya malah nangis-nangis. Begitu disuapin pake sendok eh dia mau lagi. (Y__Y  "baru kusadari... cintaku bertepuk sebelah tangan... kau buat remuk sluruh hatiku..." *nyanyi 'pupus' dalam hati*)

Terus caranya gimana biar Grace mau nyusu langsung lagi? dipancing pake botol! Jadi dengan posisi menyusui, begitu dia nangis langsung kasih botol. Kalo pake botol kan langsung lahap tuh, pelan-pelan cabut botolnya dan alihkan ke puting. Nangis lagi? ulangi lagi. Pokoknya botol-puting-botol-puting sampe akhirnya mau nyusu langsung lagi. Wes, wes, no more sendok.

Thank God-nya sih sampe sekarang Grace gak bingung puting walopun sering dikasih ASIP pake botol (FYI, saya pake botol Dr. Brown yang standard).

Tantangan lain adalah growth spurts waktu Grace 2 bulan, yang mana kalo nyusu bisa sampe berjam-jam. Bayangin dong harus nyusuin dengan posisi duduk sejam full, lalu istirahat dan sejam kemudian Grace nangis lagi minta susu lagi. Hampir 2 harian tuh Grace nempel terus sama payudara saya (almost literally true, hihihi...)

Setelah berapa lama ASI saya lancar? yang pasti sebulan pertama itu saya gak bisa nyetok ASIP. Setelah 2 bulan baru deh saya bisa pelan-pelan nyetok sebotol sehari.

Sebelum balik kerja saya punya stok segini. Kira-kira 30 botol tapi gak semua isinya sampe 100 cc per botol.


Tips sukses

Mau sukses ASI? jurusnya adalah DETERMINATION alias NIAT!

Support dari sekitar juga perlu. Puji Tuhan keluarga saya mendukung seribu persen saya ASIX. Gak pernah sama sekali terucap dari mereka untuk memberikan susu formula.


Terima kasih juga untuk group WA Buibu *you know who you are :)*. Curhat dan dukungan kalian bener-bener membantu sekali dalam menyemangati saya. Terutama semuanya mama ASI jadi saya terpicu dan gak mau kalah dari kalian. LOL.

Saya menganggap ASI eksklusif sebagai tantangan buat saya. Kalau orang lain bisa, saya juga harus bisa!

Saat memberikan ASI adalah saat bonding terindah dengan anak, apalagi untuk working mom seperti saya. Setelah seharian ditinggal ngantor, senang rasanya kalau malam masih bisa menyusui. Gak kebayang deh kalo gak nyusuin.. males banget malem-malem harus bikin susu, bisa-bisa anaknya keburu nangis. Kalo langsung kan tinggal buka gentong hahaha. Lagipula saya parno kalo Grace cuma deketnya sama susternya aja.

Plusssss, nyusuin langsung adalah jurus paling tok cer untuk bikin baby bobok. hahaha. Kalo digendong-gendong gak mau, ditaro dikasur gak mau juga, nangis-nangis ge-je, jalan satu-satunya adalah nyusu! Kalo nyusu botol jarang tuh sampe ketiduran, yang ada harus kita gendong-gendong lagi. Tapi kalo nyusu PD, seringnya sih sampe tidur ya, jadi tinggal pindahin aja deh ke crib.. hi hi hi.. (mommy malas :p).

So mommiessssss, DO NOT GIVE UP!

Semua wanita saya yakin pasti keluar susunya. Binatang aja semuanya bisa kasih susu ke anak-anaknya kan? lah apalagi manusia yang makhluk paling disayang Tuhan. Pasti laaah diberikan ASI yang cukup.

Masalahnya sekarang adalah, ANDA MAU BERJUANG ATAU NGGA?

"Tapi ASI saya gak keluar"
"Tapi keluargaku kebanyakan ASInya gak keluar"

HALAH, ALASAN!


I know, I know, every mother is a good mother. Makanya saya gak pa-pa kalau ada ibu yang tidak mau kasih ASI dengan alasan misalnya takut bentuk PDnya jelek (secara yang ngomong Miranda Kerr gitu loh), atau dengan alasan lain yang intinya memang gak bisa memberikan ASI. Justru yang belum apa apa alasannya "ASI tidak keluar" ini nih yang bikin gemes.

Sudah berusahakah kalian?

Sejauh apa?

Awal-awal hasil pompa kanan dan kiri cuma dapet 20 ml. Setelah agak lancar, ASI netes dari PD sebelah kalo lagi nyusuin.

Oh ya, jangan buru-buru kasih sufor. Karena yakin deh, kebanyakan mereka yang dari awal sudah campur sufor pasti akhirnya ASInya yang kalah. Tenang, bayi gak pa-pa kok walopun 3 hari gak makan. Lagian, masa sih 3 hari disusuin terus menerus sama sekali gak ada ASI yang keluar? Se-sedikit-sedikitnya, pasti ada lah yang keluar. Kalo misalnya bayinya bener-bener masih nangis terus, mungkin boleh ya campur sufor, tapi mommy nya juga MOMPA dong. Dengan mompa jadi terpancing juga ASInya, dan setelah itu harus disusuin langsung lagi, jangan terbuai oleh sufor ya.

Keep thinking positive aja. Yakini kalo ASI anda banyak. Kalo bayi masih saja menangis setelah disusui, berarti bayi anda masih mau deket-deket sama mamanya. Masih kepengen ngempeng (asal jangan keterusan ya).. dan bukan berarti ASI anda kurang.

Melalui postingan ini saya ingin membantu menyemangati pada ibu baru, dan saya ingin agar semua bayi memperoleh haknya untuk mendapatkan ASI. Selain menyehatkan, it is a good way to bond between mother and baby. Plusssss, ASI itu GRATIS-TIS-TIS.

Why spend money when you can get it free with a far more superior quality, yes?



Mungkin ada yang ingin menambahkan tips keberhasilan ASIX-nya?

Discussion

  1. Walau belum punya anak.. tapi baca postingan elo, gua jadi ikutan semangat mel. hahaha.. okeh2 akan gua noted kalo di minggu 37 boleh untuk pijet PD *catet*

    Terus semangat mell..untuk kasih ASI terbaik buat Grace.. :)

    ReplyDelete
  2. perah pake tangan kalau lancar setelah itu ogah balik pake pompa hahahhhaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha gue gak bisaaaa. udah diajarin juga masih gak bisa :p

      Delete
  3. Semangat mel, tetep berjuang trs untuk full asi...postingan loe membantu banget deh mel tapi memang yang bener itu niat yaa kadang banyak yang udh nyerah pas ndk mao keluar asiny padahal udh banyak produksiny mungkin saluranny yg agak mampet yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa. mereka yang fail biasanya pada males atau gak tahan sakit. ASI tuh bener2 harus niat.

      Delete
  4. Asi emang butuh perjuangan. Bener yg ku bilang yg penting harus niat dan gak give up.

    Semangat terus ya...

    ReplyDelete
  5. Widih, punya anak ternyata memang tidak seindah di film-film ya...repotnya astagaaa...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha pelem apa? udah nonton "life as we know it"?
      banyak kok pelem yg ceritain ttg repotnya ngurus anak, anaknya bandel, rebel, dll :P

      Delete
  6. Baca tulisan loe bikin gue keinget waktu awal2 pompa sakitttnyaaa minta ampun sampe puting gue bengkak hahaha plus si him2 yg semangat pegangin pompa (tapi sambil ngakak) gara2 uda sejam mompa cuma dpt 50ml kiri kanan. Kl sekarang uda bisa nyombong gue tawarin dia "mau cicip ga susu fresh dari mama sapi?" Wkwkwk. Bntar lagi grace lulus sarjana S1 asix ya mel ;) wisuda bareng marco deh lol

    ReplyDelete
  7. setuju ci.. setiap bayi mstinya dapet ASI dr mamanya..
    suka bingung jg kalo ad yg bilang "ASI gak keluar"..kesannya males gitu ya..ato mgkin juga dia manja..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaa. Kebanyakan cewe manja tuh yg males kasih asi dengan alasan ya males aje. Bikin gemes rasanya :p

      Delete
  8. Cihuiiiiiii... Toss buat yang sama-sama ASI-nya pas-pasan, tapi akhirnya bisa juga menjalani semuanya dengan baik dan indah! Hihihihi... Gue sih masih inget juga capek2nya, inget gimana orang-orang yang mendukung gue, tapi ada juga yang mendukung gue untuk pake sufor secepatnya. Untungnya kita gak give up ya Mel! Gak percaya sampe sekarang gue masih kasih dia ASI walaupun seiprit2. Phew....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waaawwwww lo masih kasih asi Le??? Hebaaaaaaatttt
      Usahain sampek 2 taon ya?
      Semoga gue bisa mengikuti jalanmu ya buguru :)

      Delete
  9. Klo gue sih masih respect banget sama ibu2 yg ngomong asi nya ga keluar klo emang dia udah usaha setengag mati. Temen deket g salah satunya. Doi udah usaha kesono kemari konsul ama dokter laktasi, makanin suplemen penambah asi, mompa, dll tapi emang ga keluar. Klo udah gitu ya bukan salah dia toh.
    Justru buibu yg asi nya lancar tp malah kasih sufor dengan bbgai alasan itu yg bikin g gemes. Waktu di dokter g ada liat 1 anak mukanya bintik2 parah trus nyokap g nanya ama sus nya kenapa. Sus nya bilang alergi sufor. Mamanya ga kasih asi pdhal asinya keluar. Tapi dibuangin. Hayooo. Sakit hati ga klo lu kebetulan yg asinya ga kluar walopun udah usaha mati2an?

    Ada jg dulu toko tetangga ya stop asi pas 2 bulan karena tepar ga kuat nyusuin n bangun2 klo malem. Ironisnya bapaknya yg nyuruh kasih sufor aja karena ga tega liat istrinya cape bangun2 trus klo malem.

    Ember ya itu sih sebenernya pilihan masing2 orang sih. Toh hidup2 dia. Cuma klo inget itu buat anaknya sendiri kok ya ga berjuang sedikit ssiiihh...gemes deh..eeeehh jadi curcol

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah ada tuh Na yg emang gak bisa keluar asinya karena alasan medis. Gw pernah baca sekitar 6% wanita yg mengalami gangguan medis jd asinya gak keluar, tp gw lupa baca dimana. Kalo itu mah dimaklumi banget laaah.

      Temen kantor gw jg ada yg minta obat stop asi ke dokter karena asinya luber2 banyak banget sampe susah dikendalikan. Setiap jam dia harus mompa kalo gak bisa merembes banyak banget. Itu juga gangguan medis, amat sangat dimaklumi.

      Yg gw gemes itu yg blom apa2 bilang asi gak keluar. Temen gw masi hamil aja bilang dia ada keturunan keluarganya asinya gak keluar. Yah, blom usaha udah ga niat kasih asi. Cape deeehh

      Delete
  10. Kalo buat gue ngasih ASI itu perlu niat dan keras kepala. Karena gue dulu nggak dapet dukungan sama sekali dari pihak keluarga. Semuanya udah suruh-suruh gue kasih sufor pas Madeline umur sehari. Untungnya gue di KMC yang nggak mengenal sufor. Dasarnya gue keras kepala, semakin banyak orang yang bilang gue gak bisa, semakin pengen lah gue membuktikan kalo gue bisa.

    Tapi menurut gue ngasih ASI/nggak itu hak setiap masing-masing Ibu. Jadi gue nggak mau nge-judge Ibu-Ibu yang ngasih sufor ke anaknya. It doesn't make them a bad mother.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung lo keras kepala ya, Ngel. Memang macem2 sih tantangan ASI salah satunya ya keluarga yg ga mendukung.

      Iya kan gw bilang gw gak pa pa sama ibu yg kasih sufor ke anaknya dengan alasan tertentu. Yg gw gak suka itu sama ibu2 yang malas berjuang untuk kasih asi dengan alasan.. ya males. Males capek, males bangun subuh2 nyusuin, males payudaranya sakit. Kan enakan sufor apalagi kalo pake suster, bayi nangis laper tinggal sodorin ke sus. Mamanya cuma maunya pas hepi2 aja ajak main..temen gw ada nih yg begini, makanya gw jd sebel sendiri dengernya

      Delete
  11. gua belom ampe ke tahap ini, jadi cuma nyimak aja hehehehe... dan karena gua buta sama sekali tentang asi, pikir mau ikutan klinik laktasi gitu... jadi pas lahiran, uda punya bekal hahahaha...

    tapi gua setuju sih ama angela.. kadang ada emak2 yang lebih ga tega dari bapaknya, lebih takut anaknya kelaperan ato gizinya ga cukup makanya dikasih sufor... tapi mungkin karena itu edukasi yang kurang ato rs yang ga mendukung kali ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya Mel, enakan sebelum brojol ke klinik laktasi dulu ajah. Jangan kayak gue, udah sakit baru kesana hehehe

      skrg kan apa2 tinggal buka internet, information is in the tip of your finger. dulu gw juga gak dikasih ASI sama nyokap karena kurang informasi. Dia gak tau kalo ASI itu emang gak gampang keluarnya jadi berasumsi kalo ASInya gak keluar. Intinya dengan tulisan ini gw mo kasih tau org2 aja kalo ASI itu emang butuh perjuangan, tapi indah pada akhirnya wkwkkwwk

      Delete
  12. Wow thanks infonya Mel. Aku masih blom ngalamin, tapi informatif banget. Jadi dapet ilmunya dulu sebelum nanti mengalami :)

    ReplyDelete
  13. yup2 asi memang perjuangan... it takes determination...
    jangan menyerah (sesama ibu pejuang asi hehehe)...

    btw ada cerita sukses nih temenku yang dulunya mompa cuman dikit banget terus kita semangatin terus sekarang bisa dapet banyak sekali mompa padahal anaknya udah 10 bulan... :)

    ReplyDelete
  14. wah kisah lu mirip2 sama gw deh, emang bener banged asi itu butuh perjuangan. Gw asi nya juga bukan yg luber2 tapi bener2 ngumpulin dikit2.. sampe skarang masih full asi umur 6,5 bulan ditambah mpasi.
    Untungnya skarang sudah lebih banyak orang yg pro asi ya dibanding beberapa taon lalu.
    Kapan2 gw posting di blog gw deh perjuangan asi gw hehehe

    ReplyDelete
  15. Haaaah.. I feel youuu.. emang ternyata nyusuin itu ga segampang keliatannya yaaah
    Semangat terus supaya bisa lancar asinyaa.. :D

    ReplyDelete
  16. Hai Mel, salam kenal ya. I just had a newborn so I could totally related to your post. Karena aku jg first time mother, ak jg gk expect ternyata breastfeeding itu very challenging. Menurutku dukungan org sekitar terutama suami itu penting bgt. Waktu awal2 supply blm banyak, ak pompa tiap 2 jam sekali utk building supply and it works. Skrg lg berusaha stok sebanyak2 ny sblm masuk kerja. Anyway, thanks for sharing !

    ReplyDelete