13

Tentang susu

Posted on Friday, July 10, 2015

Seminggu lalu kantong mata saya sempat dibuat mirip panda sama Grace. Gara-garanya, Grace bagun sekitar jam 3 pagi, bilang “eek”, lalu minta cebok. Masalahnya adalah, dia gak eek, tapi maksa minta cebok. Kita gak mau turutin karena mau irit popok, eh ngga deng, ya karena anaknya emang gak pup! Lagian kita tau nih, kalo diturutin, pasti anaknya gak bisa tidur lagi karena sudah terlanjur seger disiram air (walopun airnya air hangat). Tapi ya gimana ya, Grace teriak-teriak terus nangis-nangis jam 3 pagi. Ya sudah diturutin cebok. Dan benar dong, setelah itu dia malah ngajak main masak-masakan sampai jam 5 pagi (T_T).

Ini kejadian dalam seminggu bisa 3x. Saya kira memang mau tumbuh gigi, atau emang ada fasanya anak susah tidur malam (kembali kayak bayi lagi), tapiiii setelah diteliti lebih dalam, ternyata ini semua gara-gara susu!

Jadi weekend sebelumnya saya kehabisan susu yang biasa. Kata mbaknya memang mau ganti box, jadi semua box lama mau dihabiskan dulu. Jadilah dalam sebulan itu merek tersebut di diskon (hore!) tapi terus jadi langka. Akhirnya saya coba pakai merek lain, yang sebelumnya sudah pernah dicoba juga dan oke. Ternyata, susu itu sepertinya membuat perut Grace jadi gak enak dan sembelit. Ketahuannya ketika Grace ngeden lama tapi gak keluar apa-apa. Kasihan sampai gak bisa tidur malam gara-gara mules (plus diomelin mamanya gara-gara gak mau tidur lagi :p).

Makanya, berbahagialah kalian ibu-ibu yang dapat memberi ASI sampai 2 tahun. Walopun susu formula dipasaran sangat banyak, tapi kita gak bisa menilai yang mana yang lebih bagus karena semua cocok-cocokan sama perut anaknya.

Tag line iklan “buat anak kok coba-coba?”, sangat tidak relevan dalam konteks ini. Karena semahal-mahalnya susu kalau memang gak cocok sama anaknya, ya gimana ya.. Eh tunggu, susu mahal identik dengan bagus, kan?

Saya jadi ingat, saya pernah di telepon sama seorang CS susu. Kami bertemu waktu saya mau membeli susu di supermarket besar dan si mbak ini minta no telp saya untuk data dan informasi produk. FYI, waktu itu saya masih dalam tahap “coba-coba” susu.

“Apa kapar dedek bayinya, bu Melissa?”
“Baik mbak”
“Gimana susu xxx nya? Masih diminum?”
“Sudah ngga mbak, anak saya gak cocok..”
“Oh, boleh tau ga cocoknya gimana?”
“Mencret mbak..”
“Oh, susu kita bagus loh bunda, ada komponen A, B,C nya yang dapat membantu pencernaan, bla bla” *gak ingat lagi *
“Iya mbak, tapi anak saya gak cocok..”
“Ada komponen X, Y, Z nya juga mbak yang dapat membuat bla bla bla” * sudah gak dengerin*
“Ya tapi gimana ya, anaknya mencret tuhhh” *nadanya mulai tinggi*
“Mungkin bisa dicoba lagi ya bund, karena brand kita sudah terbukti oleh riset bla bla serta sudah di test bla bla”
“Hehe, ga tau deh mbak, saya sudah coba beberapa kali tetap mencret”
“Mungkin makanannya, bund? Anak kan memasukan apa saja ke mulut.. atau masakannya ga cocok..”

Yeeee, si mbak kok jadi nyalahin masakan saya?! Buktinya saya ganti brand langsung gak mencret tuuuuh!

Sayangnya kalimat itu saya telan lagi, alias tak terucap. Saya hanya tertawa maksa sambil bilang, “iya deh mbak, makasih ya!”

End of conversation.

Ya maaf-maaf, saya kira ini survey kepuasan pelanggan. Makanya saya berbaik hati kasih tau kalau anak saya mencret minum susu itu. Siapa tau bisa disampaikan ke bagian riset untuk melihat lagi formula apa yang membuat anak saya mencret. Eh, si mbak malah jualan maksain produknya. Padahal mah produk susu gak perlu lah ya pakai sales maksa begitu.

Btw, kalian tau gak sih kalau susu usia dini dilarang untuk di-iklankan. Makanya iklan-iklan susu yang suka kita lihat kebanyakan susu balita kan ya, gak ada susu bayi. Mungkin gak boleh karena susu yang terbaik untuk bayi adalah Air Susu Ibu :)

13 Comments

Discussion

  1. ternyata susu pun cocok2an ya ci *nambah ilmu lagi nii ci*
    yang telp dari CS susu ga bgt dah, malah maksa nyoba lagi pdhl jelas2 uda ga cucok, haiyaaa.
    semoga nanti kalo gue lahiran bisa ngasi asi ke anak ya ci :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, setiap anak beda2 reaksinya sama susu. Makanya usahakan asi yahh, jd ga usah pusing coba coba :)

      Delete
  2. Iyaa bener mel...ndk jaminan sufor mahal itu paling bagus, ponakan gw 3hr ndk bisa pupu gara2 salah sufor hadehhh nightmare dah nangis mulu tiap malas kr pupny keras n dia ndk ngerti harus apa *kasihan ya anak kecil klo lg sembelit*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa, mending grace udah bisa ngomong sedikit2. Kalo yg masih bayi banget lebih kasihan lagi, mir

      Delete
  3. Nyari susu emang paling rempong sedunia. Lu bayangin aja si Abby yang sempet alergi susu sapi, ehhh sama susu kedele gak doyan juga! Akhirnya pake Pedia yg susu jagung tp gak gue kasih sering2 karena takut kenyang. Memang gak mudah nyari yang pas buat anak, dan iklan-iklan itu kayaknya gampangin banget semua susu isinya bagus2.

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw baru tau loh ada susu jagung. Beli di c4 gitu ada??

      Delete
  4. Walah, ternyata gara2 susu bs jd ngaruh ke pup nya grace ya..
    eh iya, gw baru tau mel kalo susu buat baby itu ga blh diiklanin..
    baru ngeh pas u blg.. makanya baru ada iklan buat susu anak kalo udh umur 1 thn ya? Cmiiw ya.. hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa bangettt, susu tuh sangat pengaruh ke pencernaan anak.
      Iya, rata2 di iklan kan anaknya sudah bisa lari kan hehee

      Delete
  5. Si mbak CS maksaaaa banget deh.
    Aduh emang paling rempong ini kalo nggak nemu brand yang biasa dipake. Sehat-sehat terus ya Grace.

    ReplyDelete
  6. gua belom nyampe ke permasalahan susu nih, so far masih ada gentong susu nempok di badan hehehehe... tapi emang setau gua, susu formula untuk anak dibawah 2 taon, khususnya 0-6 bulan itu ga boleh diiklanin... soalnya pemerintah mendukung pemberian asix... tapi sayangnya ga diimbangi sama rumah sakit ya...

    ReplyDelete