33

Tawar Menawar

Posted on Wednesday, August 5, 2015



Beberapa waktu lalu, teman kantor saya pernah cerita tentang perjalanannya ke Anyer dan Carita. Mari kita sebut beliau dengan sebutan Mister.

Mister ini bukan orang Indonesia, jadi ini pertama kalinya mereka ke Anyer. Bahkan, anaknya pertama kali loh menginjak pantai. Dia bilang, anaknya awal-awal takut menyentuh air, tapi lama-lama suka juga.

Karena kedua anaknya masih kecil, jadi mereka tidak mencoba watersport, hanya duduk-duduk saja di pantai. Anaknya mainan pasir dan air laut, sedangkan papa mamanya asik bersantai sambil minum air kelapa.

Dia bilang disana sepi karena bukan musim liburan, tapi tetap banyak orang yang jualan. Lalu ia cerita kalau pedagang sana menaikan harganya tinggi sekali, gila-gilaan katanya.

Saya bilang, ya mungkin karena mereka lihat si Mister bukan orang lokal. Wajar toh, mereka menaikan harga sesuai dengan kurs, hehe.

Tapi, eh tapi, dasar si pedagang kurang beruntung ketemu sama Mister, dia menawar harga lebih gila lagi.

Ia membandingkan harga kelapa di jual eceran di Anyer sama dengan harga di c4. Katanya di c4 cuma (misalnya, saya agak lupa karena ceritanya sudah tahun lalu) 10rb, masak si abang jual 30rb.. ditawarlah sama dia biar sama kayak di c4. Saya lupa, kayaknya si abang cuma turunin sedikit, tapi karena si mister kepengen banget jadi tetep dibeli. Tapi sambil ngomel :p

Yang lebih kasihan adalah tukang temporary tatoo. Si ibu menawarkan 50rb per-tatoo (yang ini memang sedikit overpriced). 4 tatoo jadi 200ribu. Yang kali ini mister rada susah mengelak, karena anaknya yang kepengen banget sama tatoonya.

Akhirnya setelah perdebatan panjang menggunakan bahasa tangan (si ibu ga bisa bahasa enggerish), sejam kemudian si ibu luluh, dan akhirnya deal dengan harga minim.

Tebak berapa....

50 ribu, untuk 4 tatoo!

Dan si mister menceritakannya dengan bangga sekali. Katanya dia bahkan dapat gambar macan yang ukurannya besar!

"See, it is actually very cheap!", katanya.

"You, mister, very cheap", balas saya dalam hati :p

Akhirnya saya bilang ke dia, mbok ya jangan keterlaluan lah kalau nawar. Kan ini tempat wisata, sepi pula. Bayangin dia dapat penghasilan berapa seharinya kalau sepi begitu. Bandingkan dengan gajimu, harga segitu gak berasalah...

Dia jawab, ya kalau kita bisa dapat harga yang lebih murah dengan menawar, kenapa harus bayar lebih?

Saya bilang, ya kasihan lah. Think of it as helping them, not as a business deal.

Dan akhirnya si mister senyum doang.

Mungkin dia pikir saya berani banget yah, padahal jabatan dia jauh diatas saya :p.

Ya, saya sih geregetan aja. Si mister yang bergaji ratusan ribu dollar setahun, punya cincin berlian besar ditangan, masa menawar recehan (recehan lah kalau dibanding dengan pendapatannya).

Saya suka kasihan sama street vendor begitu. Kalau harga mereka ga terlalu mahal dan tempatnya sepi, biasa saya gak tawar. Kalau memang pas musim ramai, dan lokasinya di tempat wisata yang happening banget sih saya tawar lah, tapi gak se-ekstrim itu.

Eh, tapi ini gak berlaku ya kalau di negara lain seperti Cina, India, dan lainnya. Karena kita kurang tahu medannya, kita harus berhati-hati jangan sampai tertipu.

Tapi kalau di Indonesia, ya anggap deh kita membantu sesama rakyat, yang nasibnya tidak sebaik kita yang bisa jalan-jalan setahun sekali :)
 

Source: FB

33 Comments

Discussion

  1. Menawar memang wajar, tapi nawar di pasar untuk sama dengan harga hypermarket besar apalagi kalau lagi promo, itu sih kelewatan. Gue jadi inget kemarin beli sayur di Pasar Puri, ada enci2 keren, tapi nawar kangkung dua iket aja ngototan sampai si ibu-nya ngalah, padahal gak sampai 10 ribu totalnya. Kalau itu gue bilang keterlaluan.

    Anyway, soal di daerah Anyer dan Carita itu, memang ada banyak oknum yang luar biasa iseng, apalagi resto-restonya. Sudah terkenal dari dulu suka tipu2. Gue dan beberapa coworkers sudah jadi korbannya pas ninjau pabrik di sana. Ya ada bagusnya juga waspada untuk nawar, tapi ngga boleh kelewatan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya tuh, gw juga pernah liat share-annya di FB yang kasih harga makanan semena-mena. Kalo itu sih emang beneran nipu. Tapi konteks gw kan street vendor, Le, bukannya restoran besar. Beda konteks lagi kalo nawar di mangdu, kalo itu sih WAJIB. hahahhaa...

      Delete
  2. Kalo gw kayanya lemah dalam hal tawar menawar...kadang suka bingung mau nawar bates yg normal itu berapa..tapi kayanya kalo belanja di mangdu haruss ya teteuup di tawar kalo bisa setengah harga..soalnya harga bisa di top-up gila2an hehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw juga sama kayak km, Rib. Suka bingung mau nawar berapa, dan jadinya gak enak sama yg jualan :p
      Kl di mangdu pun yang wajib nawar gw sering bingung. Sering gak berani nawar setengah harga. Makanya biasa gw cari tau dulu mau beli apa dan harganya berapa di web. Baru deh compare harga ke mangdu, hehe

      Delete
  3. haha iya si mister kebangetan ah... kasian juga atuh ya. masa dibandingin ama harga di c4. suruh dia nyari c4 di sana aja kalo gitu. hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu diaaa! kenapa dia gak bawa kelapa sendiri aja dari jkt beli di mangdu yaaaaah hahahaha

      Delete
  4. Huaaa untung mister pake patokan harga C4, klo dia tau harga pasar tradisional apa ndk nangis darah tuh pedagang, benernya tawar menawar fine2 aja di tempat wisata tp kadang jgn terlalu bgt lah pedagang kan juga dapat barang yg dijual dari org lain dan mereka dpt harga tangan keberapa makanya mahal, lagian beli mahalan dikit pas liburan ndk bikin miskin kok mister

    ReplyDelete
    Replies
    1. betul2. suka gw sm kata2 lu mir. Namanya juga liburan ya, mahal sedikit gak bakalan bikin kita miskin! hehehe

      Delete
  5. Wah mel.. Tau banget gw gaji ekspat apalagi di oil and gas industry. Huhu.. Kok tega yah nawar segitunya... Hebat mel berani negor. Hahaa.. Smoga dia sadar ya bagi2 rejeki next time..

    ReplyDelete
    Replies
    1. makanyaaaa.. kalo dia gajinya pas2an sih gpp ya nawar afgan begitu.. tapi plis dehh mister hahaha

      Delete
  6. Aduhh si mister.. tega nian nawarnya. Gue ga jago nawar loh. Kalo ke pasar, paling jarang nawar. Paling misalnya total belanjaan 11 rb, gue nawar, 10 rb aja deh yaa. Hahahaha... biasanya si abang langsung ok.

    ReplyDelete
    Replies
    1. samaaa, gw juga kebanyakan bgitu. Gak enak hati kalo nawarnya sadis haha

      Delete
  7. Mungkin si mister menganut hidup hemat Mel hehehe makanya bisa banyak duit. Kalau gw sih terus terang sebel sama orang dagang ITC buka harga ngetok gak kira2 gak ditawar turun sendiri jadi 1/5 harga asli kan males haaah.
    Ditempat wisata sih harusnya emg agak mihil dikit toh kaya kt kl beli minuman juga lebih mahal kan pasti misal di c4 cuman 4rb bisa ceban. Kudunya dia tatto itu goban dua kek yah dibanding goban empat hahaahah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang dia pencinta hidup hemat, tapi, terlalu hemat hahaha..

      Iya, bedalah kalo di toko kulakan, itu sih wajib nawar. Tapi ini kan yg jualan masyarakat daerah...

      Delete
  8. Gue tuh orang yang nggak bisa nawar banget. Kalo pas di awal penjajanya udah ngasih tawaran dan menurut gue masih masuk akal, Misalnya bajaj minta ongkos 20rb ya langsung gue bayar aja tanpa nawar, walaupun mungkin kalo naik taxi gue cuma harus bayar 15rb. Karena bagi gue uang 20rb itu mungkin tidak terlalu berarti, tapi bagi abang bajaj itu bisa jadi makan siang dan makan malamnya dia.

    Kalo olshop-olshop gitu gue juga gak pernah nawar. Kalo mereka emang mau kasih diskon juga pasti akan langsung dikasih diskon dengan sendirinya kok.

    Secara ya gue sebel banget kalo misalnya ngasih penawaran ke client terus clientnya nawar gila-gilaan, gue mending gak usah ngambil kerjaannya daripada kerja tapi dilecehkan seperti itu *cielah*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha. Customer kayak elo tuh asik bgt yah hahaha. Tp bener sih, kalo pekerja jasa kalo ditawar keterlaluan ya bisa jadi bete n hasilnya gak maksimal yah :)

      Delete
  9. gua paling ga bisa nawar, makanya ga pernah belanja di pasar... yang ke pasar malah si suami, soalnya ama dia uda pasti dikasih murah, mungkin karena mukanya muka jawa kali ya hahahaha... jadi kalo mau belanja mending ke tempat yang harganya uda pasti deh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini aku sama banget nih sama Mellisa...
      Paliiing gak bisa nawar, bawaan nya suka gak tega, jadi kalo urusan tawar menawar biasanya aku serahkan sepenuhnya ama suami aja deh..

      Makanya aku gak bisa jualan juga Mel...pernah nyoba, dan nombok mulu soalnya tiap ditawar sekian, aku suka gak tega dan main kasih aja bhahahaha...

      Etapi emang kalo nawar harus lihat situasi sih, kadang mungkin nilainya gak seberapa buat kita, tapi berharga banget buat mereka...

      Nice post Mel, makasih udah diingetin :))

      Delete
    2. Ini dua-duanya pake nama Mel sih, aku jadi puyeng sendiri pas baca ulang komen-nya..hehehe...

      Mel pertama buat Mellisa mama nya Jayden...
      Mel selanjutnya buat yang punya blog ini yaaah...hehehe...
      *klarifikasi biar kekinian*

      Delete
    3. Ya ampyun mel, para pedagang itu knp ya banyak yg stereotype org cina itu kaya n dikadih harga mahal. Padahal mah belum tentu yaa.
      Gw juga sih lebih mending suruh mbak yg belanja krn dia lebih bisa nawar daripada gw. Hihihi

      Delete
    4. @mbak er, emang kalo ga bisa nawar itu justru paling gampang ditawar yah hahaha. Suamiku juga paling ga enakan nawar, n waktu dia jualan bantuin mamanya, kalo ditawar org jd gelegepan hahaha.

      Emang nama kita sama sihhh, maklum nama org beken *tos dulu sama Mel O* lol

      Delete
  10. kalo mau nawar sah2 aja ya ci *gue tukang nawar soalnya* wkwkwk tapi jangan sadis juga, kasian sama penjualnya kan mrk butuh makan en modal buat dagang lagi..
    c mister terlalu sadis ci nawarnya apalg yang harga tato, ckckckckck :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaaaa. Nawar sih sah2 aja, tapi liat2 yg jualan juga. Ibu2 yg jualan tatoo dipantai kan dapet makan sehari2 dari situ. Kalo sepi ya mungkin untung kecil gak masalah dehhh

      Delete
  11. mungkin si penjual tato nya ngasih harga goban 4 tato buat panglaris x ya? soalnya kalo belanja di mangdu, suka bingung kalo mereka ngomong nya buat panglaris terus duit nya dikepret2 ke dagangan nya..wkwkwk. ngakak deh kalo inget adegan kepret2 duit nya..

    atau karena emang bukan musim liburan, jadi nya sepi jg yg liburan kesana. jadi si ibu nya ngalah kasih harga segitu daripada dia pulang ga dapet duit sm sekali.. kalo kayak gini case nya lebih miris lg. >.<

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ga tau juga deh. Bisa jadi buat penglaris ya hehe.. tapi si mister ga cerita ibunya kepret2in duit ke tatoo sih lol

      Delete
  12. kadang bingung juga sih kalo urusan tawar menawar di kawasan wisata, kadang yang jual jualan juga suka keterlaluan sama turis wakakaka... jadi inget dulu pas di bangkok, yg jual rok buka harga 250rb *g lupa dulu pas kesana bath harganya berapaan*, akhirya g langsung tawar 50rb deh! diturunin harga, sampe akhirnya g bilang " maaf menurut saya roknya worthed harga segitu, klo ga bisa gpp, maaf kalo nawar kemurahan ", eh dia malah manggil2 g dan ngasih tuh rok trus dia tanya orang mana ? g bilang " orang indo " ncinya diem aja.. wakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loll. Org indo, pantesss. Kata ibunya dalam hati hahaha.

      Tp itu sadis juga ya pit, nawarnya seperlima harga :o kalo gw uda dibukain harga segitu pasti udah melengos males nawar, drpd ga enak hati kan

      Delete
  13. Sampe skrg gw termasuk org yg ga bisa nawar nih. Payah bgt. Tapi bener tuh, kebangetan si mister. Semena-mena bet nawarnya, ya ga sama lah harga c4 sama pedagang kecil gitu ya. ckckc.. Namanya juga lagi liburan ya, emang bakal mahal dikit lah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa, si mister tidak mencoba mengerti.. (eh, lagu apa tu yaaa)

      Delete
  14. Wow, jago bgt itu misternya hahahahaha. Cuman gw orangnya suka ga tegaan sih, apalagi klo yg jualannya sepi trus penjualnya udah berumur. biasanya suka ga tawar2 ato paling nawar sedikasihnya ja sama penjualnya. itung2 amal lah, kasian juga menurut gw.. jualan gitu ga selalu rame. btw salam kenal ya :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga :)

      Gw setuju sm lo, kl mau nawar liat2 orgnya dulu :)

      Delete
  15. wahhh jago amat nawarnya begitu yaa...kalo di pasar gua sih gak pernah nawar...pokoknya beli dan bayar sesuai harganya...kasian juga kadang udah murah masih ditawar...kecuali belinya 1 truk gitu....

    ReplyDelete
  16. Gilee kalah jago sama si mister nih gw masalah nawar-nawar.
    Buat kawasan anyer-carita emang sering banget ngegetok harga, dan pasaran kelapa muda kebetulan memang 10 ribu :D
    Cuma yaa kalo dipikir-pikir kasian juga loh pedagang-pedagang di anyer-carita situ, secara sekarang minimarket menjamur di daerah situ, orang lebih milih beli minuman dingin di minimarket terus nyebrang ke pantai :(
    Oiaaa ini udah panjang lebar belom kenalan, haihaihai.
    Setelah sekian lama SR disini daku akhirnya komen juga.

    ReplyDelete