26

Hidupku tanpa empedu kini...

Posted on Monday, January 16, 2017

Sakitnya di rasa kira2 sebulan setelah lahiran Theo. Awalnya sakit seperti sakit maag, hanya saja di perut bagian atas. Lama-lama di rasa, kok sakitnya hanya dibagian ulu hati menusuk sampai ke tulang belakang, disertai muntah. Pertama kali sakit, tanpa minum obat karena saya masih menyusui, sembuh dengan sendirinya setelah semaleman saya tinggal tidur. 2 minggu kemudian kok sakit lagi. Cirinya persis seperti itu, di hulu hati nembus ke tulang belakang. Lagi-lagi saya pikir hanya maag, jadi saya cuekin dan tinggal tidur. Sekitar 2 minggu kemudian, eh kok sakit lagi. Baru deh mulai mikir. Ada apa gerangan? Kenapa kambuhan begini? Perasaan saya makannya cukup teratur. Kali ini muntah-muntahnya lebih hebat. Badan gak enak semua. Mau ngapa-ngapain jadi serba salah. Jalan satu-satunya ya meringkuk aja di kasur sambil melukin botol panas ditaroh di perut.



Besoknya saya konsultasi ke dokter umum langganan. Namanya dr. Wiranto, praktek di Taman Alfa Indah. Recommended banget deh nih dokter. Dari jaman saya kecil saya selalu kesini walopun rada jauh dari rumah dan seringnya macet. Beliau adalah ahli gastro, jadi di ruang prakteknya ada USG. 




Sampe di sana, begitu saya bilang sakitnya di ulu hati, si dokter kelihatannya langsung tau. Saya langsung di USG, dan benar, katanya di empedunya banyak sekali batu kecil-kecil. Dokter bilang harus diangkat empedunya dan disuruh konsul ke dokter spesialis bedah umum. Shok lah saya mendengar kata bedah. Saya yang nontonin Greys Anatomy dari season 1 sampe 10, kebayang dong yang namanya bedah kayak apaan. 




Hari berikutnya saya ikut saran dokter konsul ke dokter bedah. Disana saya disuruh USG abdomen lengkap. Hasilnya, semuanya bagus kecuali batu di empedu yang memang harus diangkat. Sempet dijadwalin operasi, tapi saya bilang nanti dulu deh. Mentalnya belum siap :p




Dari sana saya masih konsul satu kali lagi ke dokter internist di Siloam. Hasilnya ya sama. Harus di operasi. Tapi dokternya enak, dia jelasin lengkap apa dan kenapanya, serta efek samping kalo gak di operasi. Coba saya jelaskan dibawah ya siapa tau bisa membantu.




Apa penyebab batu empedu?

Bisa faktor keturunan, bisa faktor makanan. Sebagian besar penderitanya adalah wanita, dan kebanyakan diatas 50 tahun. Terlebih lagi apabila tubuhnya gemuk dan kolesterol tinggi. Saya gak gemuk dan masih dibawah 50 tahun. Jadi kemungkinan adalah keturunan karena nenek dan om saya dari keturunan papa penderita batu empedu.



Apa gejalanya? 

Seperti saya bilang diatas. Perut bagian atas dekat ulu hati akan terasa sakit seperti ditusuk. Sakitnya sampai ketulang belakang. Pegel dan sakit tulang belakangnya. Biasanya kambuh kalau makan makanan berminyak.



Bagaimana biar gak kambuh lagi?

Jangan makan minyak. Baik minyak nabati dan hewani, semua harus di hindari. Saya sudah coba diet minyak selama sebulan dan tidak kambuh. Tapi pas "nyoba" makan minyak sedikit langsung kambuh. Itu tandanya saya sudah harus operasi.



Ada pengobatan alternatif gak?

Kalau baca di internet sih ada. Pakai terapi apel. Silahkan google sendiri ya. Intinya makan 5 apel setiap hari, hari ke enam puasa sore hari kemudian minum garam inggris dan minyak zaitun (olive oil). Harusnya pagi harinya akan mencret dan di kotorannya keluar batu warna hijau. 
Saya sudah coba 2x dan tidak berhasil. Dan kalau lihat dari batu yang beneran keluar dari empedu saya setelah di operasi, batunya gak hijau tuh. Lebih warna coklat. Ada yang bilang sih batu warna hijau itu justru olive oil yang membeku. 
Internist saya juga menjelaskan kalau empedu itu beda saluran dengan lambung. Jadi apel dll yg kita minum gak akan masuk ke empedu. Empedu itu salurannya ke usus 12 jari yang sangat keciiiiiil sekali. Kalau batunya sampe masuk ke saluran itu, kita akan sakit luar biasa. Jadi gak mungkin lah keluar lewat pup...



Emang operasi jalan satu-satunya?

Iya. Kecuali seumur hidup mau gak makan minyak sama sekali. Ya gak mungkin lah yaauuu... *bayangin martabak terang bulan*



Kalau gak dioperasi bahayanya apa?

Apabila batunya "loncat" masuk ke saluran empedu yang menuju usus 12 jari. Itu operasinya harus jadi operasi besar karena harus mengeluarkan batunya secara manual dari saluran empedu. Dan kata dokter sakitnya akan luar biasa, sehingga harus segera di operasi secara darurat.
Bahaya kedua adalah apabila infeksi. Kita bisa jadi kuning alias kena hepatitis karena fungsinya sejalan dengan fungsi hati.



Operasinya gimana?

Saya sih pakai laparaskopi. Cuma 3 titik kecil dibagian tengah atas, kanan bawah, dan udel. Gak hanya batunya yang diambil loh ya. Tapi se empedu2nya diangkat. Batunya gak bisa ditembak juga, yang bisa ditembak itu batu ginjal.
FYI, BPJS tidak menanggung operasi dengan laparaskopi, bisanya pakai bedah biasa. Sama aja sih, tapi pemulihan lukanya lebih lama aja.



Terus, gak punya empedu dong?

Iyaaa hahaha
Ngeri emang ngebayanginnya. Tapi kata dokter gak apa2 tuh. Karena fungsi empedu adalah penyimpan enzim yang dikeluarkan oleh hati. Jadi enzimnya masih tetep diproduksi sama hati. Cuma gak ada tempat nyimpennya aja. Tubuh kita lama-lama akan adjust sendiri kok.



Jadi gak pa-pa kalo gak punya empedu? 

Kata dokter gak pa-pa. Bahkan bisa makan normal lagi. We'll see :) 



Harga operasinya berapa yah?

Kemarin ini saya habis sekitar 33 jt lebih (kelas I). Untung asuransi saya mencover nyaris semua. Yang gak dicover cuma 180rb yang isinya barang-barang non medis.



.




Sooo, setelah gagal 2x terapi apel dan 2 bulan diet minyak ketat. Sakit saya kambuh lagi di tanggal 11 januari setelah saya bandel makan babi berminyak. Akhirnya daripada berlarut-larut jadi masalah, saya memutuskan untuk di operasi aja deh.




Tanggal 13 jan 2017, hari jumat. Friday the 13th bok. Hahaha.




Saya check-in di RS jam 7.30 pagi. Urus admin lalu laporan ke IGD. Cek darah, rekam jantung, dan thorax, saya langsung digiring ke ruang operasi. Jam 8.30 saya masuk ruang operasi lalu langsung fly sampe akhirnya dipindah dari ruang pemulihan ke kamar kira-kira jam 12an. 


Siap di belek... Sok-sok senyum padahal tensi udah tinggi >D<
Operasinya sih cuma 30-40 menit. Yang lama ternyata pemulihan dari bius totalnya. 



Di kamar pun saya masih fly. Gak bisa gerak, gak bisa buka mata, padahal otak saya jalan. Saya bisa denger semua percakapan. Dipegang juga kerasa. Cuma gak bisa ngapa-ngapain aja. Langsung kebayang deh sama orang yang stroke atau koma. Mungkin kurang lebih gini nih rasanya. 




Saya baru bisa buka mata sekitar jam 3 sore. Buka mata langsung lihat suami tercinta (tsaahhhh) (biar kayak di pelem-pelem. Bedanya si suami lempeng banget. Gak dipeluk. Gak dicium) (#akurapopo)




Pemulihannya lumayan cepet sih. Saya boleh miring kanan kiri. Lalu boleh minum dan makan jam 6 sore.




Masalahnya cuma satu. Saya ga bisa pipis tiduran! Dari pengalaman 2x lahiran, saya itu gak pernah bisa pipis kalo gak di kloset! Saya sudah minta pipis dari jam 3 sore tapi susternya tetep nyuruh saya coba pipis sambil tidur. Ya pake pispot keq. Pake pampers keq. Sampai disiram air dan di kompres panas dingin. Akhirnya jam 10 malam perut saya sakit sekali kepengen pipis. Saya akhirnya paksa susnya suruh pasangin kateter. Saya sampe marah-marah loh karena si susnya masih mencoba siram-siram air buat pancing pipis saya keluar. Grrrr. Akhirnya setelah gak berhasil dan saya yang sampe keluar keringet dingin, dipasangin juga tuh kateter. Dan hasilnya, pipis saya buanyaaaak bangettttt. Udah kayak seplastik bimoli 1 liter! Fiuuhh, lega. Saya juga ga tau sih kenapa gak bisa pipis tiduran. Padahal saya sudah sampe ngeden loh. Mungkin pas sehat gini saya harus belajar pipis tiduran kali yah? :P


Si batu yang membuat saya sakit. Tuh kan, warnanya gak hijau.
Laparaskopi. Cuma 3 titik kecil. Pemulihannya cepet. Katanya sih lebih sakit luka sesar.. (abaikan perut saya yang penuh guratan cinta dari Grace dan Theo yahh)



Eniway. Besok siangnya, dokter visit jam 13, dan saya langsung dibolehin pulang. Pas pulang agak mual sedikit karena seharian tiduran terus kan. Jadi pas di dorong di kursi roda dan di mobil saya mual. Untung gak jackpot sih. 




Pas pulang diresepin 2 jenis obat. Satu obat lambung, satunya antibiotik. Yang antibiotik ini bikin saya ngantuk berat. Pasti langsung teler abis minum itu :P




Walaupun dokter bilang boleh langsung nyusuin, tapi pas di cek di internet kok obatnya ada yang bilang gak boleh ya buat busui. Jadi saya buang deh hasil pompaannya. Saya cari aman aja deh. Mumpung stok di kulkas juga masih banyak dan seharusnya cukup untuk seminggu. Yang penting adalah saya tetep pompa dan hasil pompaan gak menurun. So far sih hasil produksi sudah balik seperti biasa ya, jadi saya mulai bisa membuang hasilnya dengan rela hahahaa. 




Eniway, lusa adalah hari check up saya. Doain semua hasilnya bagus yahhh. 




FYI. Sementara ini saya masih jaga makan. Belum berani makan minyak euy. Postifnya berat saya turun ke 51 kg dari normalnya sebelum hamil 58 kg. :D




Kalau yang berani lihat, silahkan scroll ke bawah ya. Ada foto empedu saya yang sedikit vulgar. Kalau gak berani lihat ya mending di skip aja yah, daripada ntar gak bisa makan heehe...






















wait for it....






























wait for it....


































Geli gak? biasa aja yah.. hehehe













Discussion

  1. Pertanyaan gua... ulu hati tuh yg mana sih? #benerangatau

    G juga orangnya masalah ama perut mulu deh..kadang kaya maag..tp kadang takut usus buntu juga.. nah skrg jd nambah referensi ketakutan masalah perut. Hadeuuuhh..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ulu hati itu di perut atas bagian tengah (tempat tali beha, diantara 2 gunung :p)
      gw juga baru tau ulu hati setelah merasakan sakitnya sih na, jadi kalo lo, bukan empedu laah..

      Delete
  2. Boooo elo carrie bradshaw banget sikkkk dalam merangkai kata-kata... i loo lop lop!!! Moga2 cek up elo smua sempurna ga ada kekurangan 1 apa juga ya bo!!! Luka 3 titik yg buat bedah itu gimana healingnya si bo? I mean kalo gw luka csect kan mengering dan selesai operasi dikasih band gitu... ini lobang operasi (((LOBANGGG))) menganga gitu apa djait? Apa disumpel? #eaa

    Gw ama august ngelakuin terapi apel bot dr 2011 selama 1 taon sekali. Tapi beda caranya sama yg lo lakuin makan apel 5pcs a day... kita di ajarin sama uncle2 tai chi dalam sehari minum 2 liter apple juice + less than 1 liter air putih selama 5 hari penuh (makan cuma boleh "baby food" - pureed or paling keras cuma boleh mashed) dan di hr ke 6, kaya yg lo lakuin minum exrta vrgn olive oil campur lemon 1 gelas disamping ranjang, as soon as u drink this yuckiest mixture on earth el haris tidur ngadep kanan straight away..... 5-6 hrs of boredom setelah minum mixture evoo-lemon baru minumin epsom salt... trus KABOOOOOOM! keluar deh itu temen-temen nikmat dimulut yg kalo dliat di toilet bowl makes u promise not to be friend with... krital minyak coklat agak kuning, few of it bener ada yg ijo clear which the uncle also said "tarikan" evoo...

    Btw gw ikut keki bot ama suster sok teu apa males yg maksa lo kencing. Kenapa ya suster2 mo bule mo gak bule selalu kek gt, di film2 kayanya compassionate gitu, wkt gw lahiran juga suster2nya minta di bogem semua. Kaya kita nih just another pasien dan selalu kasih tatapan "so stfu and do as i told". Padahal dia kan harusnya yg bantu kita akomodir apa yg kita mau!!!!!!!!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooowwh, jangan2 gw salah ya makanya gak ngepek. Gw makan seperti biasa + apel. sampe kekenyangan hahahaa. eh tapi bener tuh keluar batu2 ijo??? kapan2 kalo lo gitu lagi ambil batunya terus bawa ke lab fab. Penasaran itu olive oil yg membeku apa beneran batu empedunya bisa keluar yahh..

      naah si susnya itu ganti2 yg dateng, jadi gw harus jelasin all over again, terus mereka kukuh kaga mau kasih kateter. pokoknya itu last option lah. sampe gw nangis2 baru dikasih -_-"

      Delete
  3. moga2 abis ini ok ok aja ya...
    empedu itu galbladder kan ya? gua males google. haha. temen kantor gua juga ada yang baru operasi tapi katanya setelah itu tetep harus banget ngurangin minyak. kalo gak mesti dibantu makan suplemen yang bisa bantu nyerap lemak katanya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bener gallbladder. Kok dokter gw bilang makannya bebas ya, tapi ya memang harus kurangin minyak sih..

      Delete
  4. Get well soon ya, Mel! Gue baru mulai blogwalking dan komen-komen lagi nih, gara-gara mertua baru balik Indo hehehehe. Tau-tau dapet gambar soal empedu terpampang di layar hahaha. Semoga abis operasi ini, semua problem-problem terkait pencernaan dan kawan-kawannya gak ada yang mampir lagi ya, dan pemulihanlu berlangsung dengan baik dan cepat.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aminnnn. thanks Le
      GWS juga buat mertua lo yaa

      Delete
  5. Banyak banget yah mel batunya. semoga setelah operasi ini, elo cepet pulih dan gak ada kambuh2 lagi. Amin.. sehat2 yah mel. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. banyaaak. itu yg di foto kayaknya blm semua deh.
      Aminn. thanks pii

      Delete
  6. gua ga berani liat gambar di bawah itu hahahaha... cepet pulih ya mel, dan abis ini sehat2 terus... gua juga uda mulai mengurangi makan yang aneh2 nih, mengingat umur uda 30 hehehehe...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha.. emang ya makin kesini harus semakin memilah makanan

      Delete
  7. Kemaren pas bloggeratti gw nanyain lo kok ga ikut, trus ada yang bilang lo lagi operasi empedu.. wah sampe kaget.. speed recovery ya mel.. moga2 cepet boleh makan martabak terang bulan lagi heheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. tetep harus kurangin lemak sih de, jadi makan martabaknya icip2 aja deh huhu

      Delete
  8. Cepet sembuh dan pulih yaa mel...baru denger nih cerita ttg batu empedu..hehhee..selama ini ga aware kalo batu empedu ternyata bahaya jg yaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaa. gw jg baru tau pas sakit ini. sebelumnya malah gak pernah denger sama sekali. taunya kan batu ginjal

      Delete
  9. Syukur deh yah Mel udah pulih, soalnya nggak baik juga kan kalau penyakit dibiarkan berlarut2. Gw punya kenalan yg awalnya dari batu di empedu dan dibiarkan akhirnya berkembang jadi kanker dan menyebar kemana2, akhirnya meninggal karena dokter udah ngom ganas dan tinggal menunggu waktu (maaf gw komen soal ini).

    Update lagi yah nanti gimana perkembangannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. aduhh amit2 deh. gw juga denger bbrp bisa kanker sih, makanya gw cepet2 angkat juga

      Delete
  10. Baru tau kalau batu empedu ini ternyata bahaya juga yahh. Syukur udah pulih yah, semoga habis ini makin baikan ya mel.

    ReplyDelete
  11. Wah batu empedunya banyak juga ya Mel. Semoga cepet pulih ya Mel. Iya sama dengan Aina, ulu ati itu bagian mana sih hehehe beneran gak tau juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. itu udah gw jelasin diatas. pokoknya perut atas bagian tengah dehh, sama kalo kita sakit hati hahaha

      Delete
  12. Wolah. Semoga lekas pulih ya Mel. *peluk2

    ReplyDelete
  13. gw scroll ke bawah buru2 sambil ngingtip dikit, penasaran tapi takut juga. cupu emang! mel! gw shock bacanya but glad that you're okay. speedy recovery dan semoga bisa makan semuanya lagi hehehehe :)

    ReplyDelete