8

Theo 1st Birthday

Posted on Wednesday, September 6, 2017

Seperti yang saya ceritakan sebelumnya, ulang tahun Theo kali ini sudah saya pikirkan dan mulai siapkan sejak 3 bulan sebelum hari H. Lama yaa haha...

Yuk, yuk, kita intip persiapan dan pestanya...

Preparation + Vendor review

Lokasi

Dari pertama, saya langsung memutuskan untuk di restoran fast food aja. 

Alasan pertama, saya pengen perayaannya meriah dan ada acaranya, yang berarti harus ada MC nya. Kalau di restoran biasa kan harus cari MC dari luar, rempong lah yaa.

Alasan kedua, budget :p. List undangan saya kira-kira sama dengan ulang tahun pertama Grace dulu, yang berarti sekitar 50 orangan. Kalau di restoran yang non-fast food... bisa-bisa over budget di menu makanan doang.

Alasan ketiga, gak ribet. Restoran fast food itu pasti pelayanannya cepat (namanya juga fast food yah). Jadi gak ada cerita menu pesenan si A gak keluar-keluar etc etc yang takutnya jadi omongan orang-orang nyinyir :p

Tapi, walaupun fast food, saya gak mau makanannya terlalu "jelek" buat anak-anak. Sempet mikir pengen di bakmi itu, tapi ternyata yang di Puri mall tempatnya sempit. Yang di TA ternyata full book buat bulan Agustus (tuh kan, 3 bulan di muka aja udah penuh lohhhh).

Nah, kebetulan, tahun lalu saya di undang ke pesta ulang tahun sodara saya di Platinum TA. Dari situ saya langsung fall in in loph sama tempatnya yang luas dan makanannya menurut saya cukup enak. Pas cek lokasi, tanggal yang kami mau juga masih kosong untuk jam siang dan sore. So, langsung deh kami DP-in dan pilih jam yang siang.

Lokasinya adalah di Gokana / Platinum Mall Taman Anggrek.

I highly recommended this place. Makanannya enak (bisa milih 6 menu dari semua menu yang ada di Gokana dan Platinum), tempatnya private untuk pesta dan luas banget bisa menampung sampai 100 orang. MC nya juga Oke, baik, komunikatif, dan yang penting... gak garing hahaha.

Pelayanannya juga memuaskan. Makanan datangnya cepat dan gak kedengeran ada komplein sih dari tamu saya :)

tinjau lokasi sehari sebelum acara

tinjau lokasi sehari sebelum acara
Ada yang merasa kalau gambar cewek nya super annoying?
Tempat goodie bag
Birthday cake

Ini yang selalu bikin saya mantengin IG setiap hari sampe saya gak sadar kalau quota saya jebol T_T. Saya harus membayar 400 ribu lebih gara-gara paket internet bulanan saya, 2 Gb, habis. Saya gak sadar dan sadarnya setelah lewat sehari. Baru sehari lohhhhh, dan sudah melonjak jadi 400 ribu aja donggggggg. Untung ya gak sadarnya setelah seminggu, bisa nangis bombay saya..

Back to laptop. Birthday cake ini bikin saya galau, karena saya gak pernah pesen kue full fondant sebelumnya. Di IG banyak banget pilihannya, dari yang bagus buanget tapi mahal pesenan para artis, sampe yang murah juga ada tapi kualitas tidak terjamin. Saya sempet kepoin IG ibu-ibu blogger juga yang barusan ngerayain ultah anak nya, dan tanya-tanya juga (peace ya buibukk). Tapi dari semua yang saya kepoin, akhirnya pilihan jatuh ke rekomendasinya Dea, yaitu di @momscakecookies.

Saya pesan 2 minggu sebelum hari H. Katanya seminggu harus DP dan 3 hari sebelum harus lunas. Nyatanya, seminggu lewat dan belum di tagih. Sebagai customer teladan, saya tetep dong transfer DP nya. Terus udah 3 hari sebelum hari H juga sama sekali gak ditagih. Saya sampe sempet ragu.. ini orang serius gak sihhhhhh, kok gak nagih, takutnya lupaaaaa, hahaha. Dan again, sebagai customer baik hati, saya ingetin sekaligus transfer pelunasannya :P. 

Hari H nya pun gak ada info apakah kuenya udah dikirim atau belum. Bikin saya senewen juga karena WA saya gak di bales. Saya telepon juga gak diangkat. Tapi ternyata, setelah saya sampai di lokasi, itu kue udah bertengger cantik donggg sejak jam 9 pagi. Phewwwwwhh legaaaaaaaaaaa.

Hasilnya cakeeeeeeeep banget. Cuma sedikit doang sih yang saya sayangkan, gambar baby boy nya ketutupan sama bunny! huhuhu... Jadi kalo foto angle nya harus dari pinggir atas supaya kelihatan bagus hahaha. 

Dari segi rasa, saya pesen isi lapis surabaya, dan enak. Mertua saya yang picky soal kue lapis juga bilang enak :)

tampak depan

fotonya harus begini...

Birthday Theme and Design

Kalau beginian emang beneran harus dari ahlinya. Saya mana bisaaaaaa bikin design-design-an... Tema saya pokoknya "Theo naik mobil merah". Kenapa? simple sih, si Theo suka warna merah dan suka naik mobil (tiap naik mobil maunya duduk di kursi supir cobaaaaaaa).

Hasilnya? beyond expectation!!!!! Super loveeeeee ittttttttttt. Makasih mama Epiiiiiiiii :D


Dessert Table

Menurut saya, dessert table itu harus simple dan gak mengambil spotlightnya si bocah yang ulang tahun. Most of the time, saya ketemu tipe dessert table yang pernak perniknya buanyak banget, terus tinggi-tinggi sampai nutupin orang yang di foto. Well, gak nutupin semuanya sih, tapi gak lucu juga sih kalo yang kelihatan hanya leher keatas. Percuma dong ya bok, udah beli baju baru tapi di foto gak kelihatan, haha.

Tadinya saya pikir mau bikin dessert table sendiri. Tapi makin kesini kok saya makin sadar kalau saya sama sekali gak ada jiwa seni. Gunting kertas aja gak bisa lurus :p. Jadi, daripada malu-maluin, mending saya pasrahkan saja dessert tablenya sama ahlinya hehe. 

Dessert table Theo isinya kebanyakan permen, coklat, dan cookies. Jadi setelah pesta selesai, semua anak dibagikan kantong yang mana mereka bisa ambil semua yang ada di table tersebut untuk dibawa pulang. Menurut saya, ini lebih menarik sih, dari pada dessert table yang isinya kue basah macam cupcakes, pudding, dan cake pop. Karena ternyata, anak-anak lebih tertarik sama coklat dan permen :D Anak-anak juga kelihatan happy banget berebutan coklat di akhir acara hahaha...

Dessert table ini dari @yoshi.moshi.hampers

Yang punya adalah sodara saya. Orangnya cantik, baik hati, dan tidak sombong. Saya kasih budget sekian dan hasilnya perfect! I love it to the moon and back! Thanks ci Yosi... :)

Oh ya, di restoran yang saya pilih, ada rekanan dessert table. Kalau pakai vendor di luar itu saya harus membayar 200 ribu (huh!), kecuali kalau bikin sendiri. Karena yang bikin dessert table adalah sodara saya, jadi saya gak kena charge deh :)

sama ci Yosii...




Goodie Bag

Goodie bag kali ini saya gak pesan yang udah jadi, tapi memang mau saya bikin sendiri. Saya cuma pesan isinya yaitu piring, sendok, dan garpu. Selebihnya kayak snack dan kotak pensil saya beli sendiri. 

Piring, sendok, dan garpunya saya pesan di @Polkadotgift.

Vendornya memang jauh di Semarang, tapi dibadingkan dengan vendor yang ada di Jakarta, harganya lumayan miring. Ownernya juga komunikatif, kalau di WA balesnya cepat (penting!).

Sama kayak kue, vendor ini juga gak nagih-nagih hahaha. Sampe barangnya sampai baru saya bayar pelunasannya :p.

Hasil cetakannya juga rapih :)

Untung waktu pesan piring saya lebihkan 5 dari perhitungan, karena ternyata goodie bag yang saya bikin gak cukup >_<". Salah saya sih, saya cuma hitung anak-anaknya doang, gak kepikiran kalo orang-orang gedenya juga demen dan pada ngambil hahaha.

Jadilah beberapa goodie bag susulan jadi gak seragam dengan yang lain.. Maap-maap deh yaa.. next time harus saya hitung lebih teliti :P

Isi goodie bag utama. Yang susulan, ada yang gak ada kotak pensilnya, ada yang gak ada piringnya. Yang gak kebagian piring saya tukar dengan botol minum dan tambahan snack :p

Magnet Kulkas

Saya kecewaaaaa sama vendor ini. Entah karena miss-comm atau gimana, tapi ukurannya gak sesuai sama yang saya minta. Saya order 8 cm, jadinya cuma 5 cm-an. Pas saya tanya, jawabannya enteng banget "harga segitu memang untuk ukuran segitu". 

Lah...

Kan saya mintanya 8 cm... kenapa ente kasih harga yang 5 cm, bang????

Sayang loh, padahal warna dan hasil cetakannya bagus. Coba gedean.......

Karena not recommended, saya gak publish ya nama vendornya. Kalau ada yang mau tau boleh PM saya langsung. Sebenernya ok sih hasilnya, cuma pastikan saja ukurannya sesuai dengan harga yang dikasih! 

--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

The Party

Saya memilih pesta hari Sabtu, dengan pertimbangan kalau hari Minggu pasti banyak yang ke Gereja dan males karena seninnya harus sekolah dan kerja. Terus saya memilih jam yang siang, yaitu jam 11-2, dengan pertimbangan kalau sore, pasti Theo-nya ngantuk.

Saya berangkat duluan sama Tomo karena mau membantu sodara saya menyiapkan dessert table. Sedangkan the birthday boy dan cici Grace saya titipkan ke mama papa saya. Mereka datang tepat jam 11, sehingga Theo sempat bobok siang dulu di rumah. 

Theo ini baiiiiiiiiiik banget anaknya. Kalau biasa anak lain jadi rewel dan nangis karena jadi pusat perhatian + kurang bobok siang, kalau Theo ngga. Dia diem aja nemplok sama saya. Nangisnya cuma kalau di gendong kelamaan sama orang yang dia gak kenal. Tapi efeknya, sepanjang pesta kita semua gak ada yang berhasil bikin Theo ketawa huhuhu.... pas di foto tampangnya default. bengong. Beda 180 derajat sama sifat cici nya yang super ekspresif.

Disini saya juga senang sama sifatnya Grace yang berbeda dengan sifat pemalunya yang pernah saya ceritakan jaman dahulu kala (kesannya udah lama banget). Selama di pesta, Grace selalu jauh sama saya, kecuali pas foto. Selebihnya, dia mau bergaul sama teman-teman sepantarannya. Disapa sama sodara yang dia gak kenal pun gak nangis, sudah bisa jawab, dan senyum! I'm so happy!

Saya merasakan sifatnya Grace jadi berani sejak saya ikutkan kelas sekolah minggu dan les balet. Disana dia ketemu banyak orang baru. Di sekolah minggu malah setiap kali ada pertanyaan dia mau jawab. Walaupun hadiahnya sepele macam sticker atau permen, tapi dia bangga kalau bisa jawab. Saya juga bangga, bukan karena bisa jawabnya, tapi karena dia berani :) Good job, big sis!

Back to Theo's party.

Saya rasa gak banyak lagi yang bisa saya ceritakan. Yang pasti, pestanya sesuai dengan harapan. Makanan juga enak dan tamunya gak menunggu lama (penting). MC nya lucu, anak-anak juga kelihatan happy.

Sampe di rumah, anak-anak bobok siang, terus langsung heboh buka kado. Yang heboh cici nya sih hahaha. 

Coba tebak kadonya Theo apaaaaaaa.......

Mobil-mobilan semuaaaaaa hahahahahaa.....

*mamanya seneng karena gak perlu beliin mainan setahun*

Selamat ulang tahun anak ku. Semoga engkau bisa tumbuh besar menjadi anak yang takut Tuhan, baik, dan sehat selalu.

Kiss kiss. (ps. kata sepupu saya tampang Grace disini jealous banget hahahaa)
Grace berani tampil. Lagi nyanyi ceritanya, walaupun pake suara semut, alias kecil banget volumenyaa

Dance.. dance.. dance...

Extra 

Karena ulang tahun Theo sama persis dengan hari ulang tahun pernikahan papa dan mama saya, jadi di sela-sela acara saya kasih surprise kue buat mereka.

Kue nya pesan dri @fab_bakes yang kebetulan tetangga seberang saya. Buat yang nyari kue-kue tipe naked cake begini, highly recommended ya. Rasanya taste international. Alias bukan bolu-bolu lembek biasa. Teksturnya keras kayak kue-kue yang biasa saya makan di Aussie (emang yang bikin juga lulusan Aussie).

8 Comments

Discussion

  1. happy birthday theo... kuenya lucu banget... pas banget nih, gua juga lagi nyari vendor kue ulang tahun buat jayden hahahaha...

    ReplyDelete
  2. happy 1st birthday Theo!! :) sehat & happy selalu ya :*

    suka sama dekor, dessert tablenya deh, cakepsss

    ReplyDelete
  3. Happy Birthday Theo ^^

    Birthday Party nya seruuu, Dekornya juga baguss...Wahh berhasil nihh ci, gak sia2 3 Bulan persiapannya...hihihi

    ReplyDelete
  4. Happy Belated Birthday Theo...rasanya kaya baru baca Grace ultah yg tema pucca yah hahahaa....

    Kayanya ada muka Marco Epi?

    ReplyDelete
  5. Lupa, udah bacain sampai kepoin emaknya ga ninggalin jejak.. Happy 1st birthdayy Theo :) Tuhan berkati selalu :D

    ReplyDelete