25

Belum waktunya

Posted on Monday, September 23, 2013

Weekend ini saya dikagetkan dengan 2 berita yang kurang baik. 

Berita pertama datangnya dari kakak angkatnya Tomo (dulu dia diangkat anak sama temen baik mamanya karena si tante ini pengen punya anak cowo). Beritanya adalah si cici angkat pecah ketuban di usia kandungan 35 weeks! Sempet dirawat di RS selama 3 hari tapi karena air ketubannya habis jadi terpaksa harus dilahirkan sebelum waktunya. Prosesnya sesar karena gak ada mules / kontraksi sama sekali. Jadi katanya tau-tau aja byuuurrr, air tumpah. Bayinya selamat dan sehat. Pas dilahirkan beratnya 2.3 kg. Sempet masuk NICU beberapa hari tapi sekarang sudah boleh pulang ke rumah. Sayang dia tinggal di Singapore jadi saya gak bisa jengguk.

Berita kedua datangnya dari teman saya yang dulu sempet saya ceritain disini. Usia kandungannya persis-sis sama kayak saya, 31 weeks. Beberapa minggu lalu kami sempet ngobrol via WA. Dia bilang dia sudah beli perlengkapan bayi bla bla bla.. udah pesen baby hampers.. udah pesen baby box yang indent selesai Nov karena custom-made. Saya yang waktu itu belum beli apa-apa (dan gak tau harus beli apa aja) lumayan kalang kabut dong karena saya masih NOL, alias belum beli apa-apa haha.. Akhirnya minggu itu saya ngebut beli perlengkapan baju bayi dan besoknya beli baby box (akhirnya saya beli di Babybelle juga ukuran 150 x 90 cm).

Hari kamis kemarin tiba-tiba saya terima paket dari dia yang isinya what-to-buy list dan nursing cover. 

Hari jumatnya saya WA dia bilang "thank you yaaaaa.. pas banget nih gw lagi nyari nursing coverr.. ehhh katanya harus dibawa lohh pas lahiran soalnya takutnya pas lagi ada tamu jenguk and kita harus nursing babynya.. gak enak kan kalo ngusir tamunya keluar.." - cheerful mode.

Dannn jawabnya "Gw masuk RS, Mel. Gw dari semalem kontraksi setiap 5 menit."

*bengong*

"Kontraksi gimana? sekarang masih udah gpp kan?"

"Sekarang di infus supaya babynya tetep di dalem karena belum cukup umur. Ketuban belum pecah sih"

"Dokter bilang gak apa penyebabnya?"

"Gak tau juga. Bisa kecapean, bisa juga karena infeksi. Tapi gw kecapean apa? tiap hari kerjaan gw cuman masak + beresin kasur" (dia gak kerja).
 
"Hmm.. ya udah, banyak-banyak berdoa yah. Semoga cuma kontraksi palsu dan bisa sehat lagi"

Sabtu.

"Hi, apa kabar?"

"Gw barusan dikasih obat penguat paru-paru baby karena gw masih keluar lendir dan berdarah. Kontraksi masih ada tapi udah jarang-jarang waktunya. Mel, kandungan lo kan sama persis sama gw. Gw tanya dong. Sekarang perut lo gedenya dibawah atau diatas?"

(tanya Tomo) "perut gw gede diatas apa dibawah?"

Tomo bilang masih gede diatas.

"Nah itu dia Mel, gw gedenya dibawah. Posisinya udah turun seperti sudah mau keluar."

Disana saya udah bingung harus ngomong apa. Jadi saya cuma bilang ke dia banyak-banyak doa dan ajak ngomong si baby supaya jangan keluar dulu.

Minggu.
Jam 6 pagi dia WA, ngirimin foto baby dan namanya.

Saya yang kebangun karena suara henpon langsung shok. Babynya terlihat cukup besar. Saya bingung harus jawab apa. Should I congratulate her? Akhirnya saya tanya keadaan dia dan baby dan tersebut juga kata congratulation + emoticon kiss. Tiba-tiba merasa bodoh. I shouldn't say congratulation right? (-__-")

Untungnya dia jawab, "Sehat but premature. 1.9 kg. I'm ok but the baby is struggling to live"

"oohh.. sesar ya?"

"normal"

Haaaaaaa.. kok bisa yaaa baby premature lahir normal? Bukannya kalau masih terlalu kecil gak ada daya dorongnya? Tapi saya gak berani tanya macem-macem lagi. Saya cuma bilang banyak istirahat dan makan yang banyak karena dia harus mulai kasih ASI.

"Doain yah, Mel"

"Pasti. Pasti gw doain."

Hufff....

PS. Hari ini saya belum tanya keadaannya gimana. Semoga sih gak ada masalah ya.

Sejak itu saya jadi parno. Tadinya rencana mau berenang, tapi gak jadi karena takut infeksi gara-gara kaporit / penyakit dari orang lain. Saya juga gak berani terlalu capek berdiri. Gak berani angkat-angkat walopun cuma berat sedikit. Dan mulai sering ngomong sama baby supaya stay di dalem perut dan tunggu aba-aba mama saat yang tepat untuk keluar. Mulai tambah banyak berdoa agar diberi kesehatan dan keselamatan. Ternyata, masuk trimester ketiga pun belum tenang yah. Tetep aja parno-an kayak di awal-awal semester. Bener deh kata orang, orang hamil mah parnonya full 9 bulan. :p

Discussion

  1. wadu... serem bgt ya :| gue perna baca emang yg soal infeksi2 itu, tp ga jelas jg infeksi apa sampe bs bikin baby nya lahir prematur. Gue kadang kebanyakan baca2 informasi gt jadi parno an jg mel, susah bgt rasanya buat mikir positive hahaha. Semoga baby nya temen u baik2 aja yah

    ReplyDelete
    Replies
    1. hehehe gpp pi baca2 jd tau, drpd yg gak tau apa2 kan..
      yg penting mah byk2 doa deh, soalnya se-ati2nya kita tetep aja gak tau ntarnya gimana. Gw sih sering bilang sm babynya "baby keluarnya nanti yaa xx minggu lagii... tunggu aba2 dari mama yaaa..." gitu aja hehehehe

      Delete
  2. Emang, Mel... sebelum week 36 jangan ngelakuin yang berat-berat dan berisiko dulu deh. Tapi begitu masuk week 36/37 (full term) jangan lupa rajin olahraga ya! Biar lancar lahirnya :D

    Berenang emang risky... Gw waktu trimester 3 kena entah eksim entah kutu air *dokter sih bilangnya semacam kutu air* gara-gara kerajinan berenang. Ya maksudnya kan biar lahiran gampang ya...taunya malah gatelan. Huhu.

    Jalan pagi aja lah, Mel.

    Bener, ngajak ngomong bayi tuh juga penting banget. Gw berasa loh pas dia udah lahir juga kalo gw ajak ngomong, seperti ngerti yang gw minta. Komunikatif gitu.

    Soal prematur...ya justru kebanyakan bayi prematur itu lahirnya normal, karena belom waktunya tapi dia udah mau lahir. Ada sih yang caesar tapi itu biasanya karena ada masalah di dalam.

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu dia, gw kira begitu masuk 3rd semester udah boleh mulai lebih aktif dan nungging2 :p ternyata tetep hrs nunggu 36 weeks ya. Untung gwnya rada males jadi emang bentar2 bawaannya pengen duduk haha.

      Gw demen berenang soalnya emang dr dulu demen & bikin kaki kempes (walopun cuma kempes 2 hari). Skrg udah gak berani lagi ah.

      gw baru tau kalo premature itu normal. gw kira premature selalu krn ada sumthing wrong di kandungan jadi terpasa sesar biar keluar lebih awal.. Aduhh amit2 deh, gak tega gw liat baby di NICU >.<

      Delete
  3. bacanya agak-agak terharu ya mel...
    semoga lu n baby nya sehat terus sampe lahiran...

    ReplyDelete
  4. gua termasuk anak yg lahirnya prematur dan normal hehehehe... jaman dulu kan ga ada sesar2 segala... emak gua bilang gua lahir di bulan ketujuh apa delapan gitu kalo ga salah... pas lahir, emak gua boleh pulang, gua tetep stay di rumah sakit... jadi emang bisa prematur dan tetep lahir normal...

    sehat2 ya mel lu dan babynya, lancar2 terus ampe lahiran...

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah wahh... glad to hear that. eh maksudnya, glad to hear kalo anak lahir premature juga akhirnya sehat2 kyk elo hehe. Cuman waktu itu pasti bonyok lo sempet stress yah, bisa pulang ke rumah tapi anak harus ditinggal di RS T__T

      Delete
  5. Masuk trimester 3 awal emang kudu hati-hati, Mel.
    Badan tambah berat, asupan oksigen juga berkurang, cape dikit bisa langsung drop.
    G waktu hamil kan masih buka toko, tanpa karyawan pula, klo udah kebanyakkan gerak dikit muka langsung pucet, tapi guenya sendiri ngga ngeh..jadi org lain yg kasihtau..langsung istirahat deh.

    Smoga si dede betah di dalem ya sampe minimal 37 weeks..
    Klo udah 37 weeks sering-sering jalan deh..klo ga jongkok.
    G otomatis tiap hari olahraga jongkok bediri jongkok bediri buka gembok toko..hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, seringnya kita sendiri yg ga sadar kalo kita cape. Untungnya gw dikantor kerjaan blogging doang, eeehh maksudnya duduk doang gitu.. jd emang gak byk aktifitas fisik sih. Kebayang deh lo cape nya kayak apa hrs jaga toko, kepanasan + duduk bangun ngelayani customer.

      Delete
  6. duh g yang baca begini jadi na lemes juga, apa lagi g kan parnoanya banyak yah~ hiks.. anak pertama gitu yah, denger ini itu jadi na parno, walopun kadang tenang dengan kata2 " yah kan tiap orang kondisinya beda bedam jangan panik " tapi kadang jika suatu hal yang kita pernah baca dan denger trus kejadian ama kita, kitakan jadi mikir dan kadang menyalahkan diri sendiri, karena kita ga nanggapin masalah yang ada disekitar kita, karena terlalu cuek, cuma ga cuek juga bisa stress iya ga sih ?
    intinya doa g sehat selalu yah Mel :D, lancar sampai lahiran~

    ReplyDelete
    Replies
    1. jgn dibawa stress pit. Cerita2 ini kan cuma info aja supaya kita lebih hati2 bawa badan. Anggep aja kemana2 gendong bayi, kan emang harus hati2. Masalahnya kadang kita lupa kalo lagi hamil ha ha..

      Semoga lo juga sehat2 & lancar yaahh sampe lahiran ^^

      Delete
  7. mel, yg penting dibawa doa biar babynya lahir sehat2 nantinya... jgn terlalu khawatir ;) mgkn kynya gw gampang ya ngmg gini krn blum ada pengalaman hehehe.. tp gw pas lahir jg prematur 8bln gt, kaya anak monyet katanya kecil banget. tapi gw survive jd yg paling gede hahaha... trus cici gw kmrn jg pecah ketuban pas 35w, ga sampe 24jam syukurnya bisa lahirnya normal soalnya klo engga udah harus operasi dan itu kata dia lancar banget prosesnya & babynya ndut banget skrg. jadi moga2 nanti lu jg lancar2 & sehat terus ya berdua ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenernya walopun sering denger berita bayi lahir di 7 bulan aman2 aja tetep aja ngerii.. Selain ngeri sama kesehatan bayi, ngeri juga sama biayanya :p (biaya NICU mahal banget! cc angkat Tomo itu sampe habis ratusan juta buat lahiran + NICU bbrp hari doang)

      Yahh smoga baby gw anteng2 deh sampe at least 37 minggu hehe..

      Delete
  8. Banyak berdoa dan beriman aja semua baik2 aja dan baby nya bisa keluar tepat waktu yah Mel. :D Jgn sampe kepikiran apalagi sutris..

    ReplyDelete
  9. Huaaaa.. langsung parno.. X_X
    Semoga sehat terus ya Mel..

    Ternyata masuk tri-semester ketiga mulai datang lagi ya masa2 cemas kayak waktu awal hamil dulu... du du du du..

    ReplyDelete
  10. Mel, aku belon hamil tapi kalo baca beginian langsung ngilu2 sendiri huhuhu. semoga sehat2 trus yaa Mel :)

    ReplyDelete
  11. moga2 bayi temen lu sehat2 ya...

    gitu juga buat baby lu... :)

    ReplyDelete
  12. waduh :(
    semoga baby temen2 lu sehat2 selalu.

    and so do you. semoga lancar & sehat2 selalu ya sampai nanti saatnya melahirkan ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. baby temen gw sehat kok, cuma kekecilan jd hrs stay di incubator deh.
      Makasi yaa, Ngel :D

      Delete
  13. Gw sedih sekali bacanya... Sekarang gimana Mel??

    ReplyDelete