20

Painless Labour: bedanya ILA dan Epidural

Posted on Monday, November 11, 2013

Saya merasa cukup beruntung dapat mengikuti senam hamil minggu kemarin, karena selain diajarin cara ngeden untuk pertama kalinya (yang ternyata lumayan bikin ngos-ngosan ya bu.. padahal baru ngeden boongan), tapi juga kami dapat edukasi kehamilan yang di isi oleh dokter Anestesi =D.

Di RS. Puri memang setiap kali selesai senam hamil, selalu ada edukasi kehamilan yang tiap minggu temanya beda-beda. Pertama kali di isi oleh seorang bidan bayi yang mengajarkan tentang cara memandikan bayi. Woahh penting banget nih, soalnya saya bener-bener clueless cara menghandle bayi.. boro-boro mandiin ya hehe. Kedua kali di isi oleh seorang dokter gigi yang mengajarkan teori kapan gigi anak tumbuh dan cara membersihkan mulut/gigi anak (baca: sikat gigi bayi).

Kembali ke dokter anestesi. Intinya adalah jaman sekarang ibu-ibu udah gak perlu takut deh lahiran normal soalnya kan sekarang ada yang namanya painless labour. Disebut painless soalnya hanya mengurangi rasa sakit - bukan menghilangkan - sehingga kontraksi masih terasa tapi lebih gak sakit. Kalau operasi sesar itu sama sekali gak kerasa sakit pas di operasi, maka disebut painfree labour (tapi kata dokter saya sih namanya operasi tentunya resikonya lebih besar).

Pasti udah pada denger lah ya tentang ILA dan epidural, teorinya adalah obat ini mengurangi rangsangan rasa sakit dari bagian tubuh bagian bawah sehingga tidak sampai ke otak.

Nah, terus bedanya ILA dan Epidural apa sih? Dokter menjelaskan sbb:

ILA (Intra Thecal Labor Analgesia):
  • Hanya bisa diberikan bila bukaan sudah diatas 7 cm karena effek obatnya hanya dapat bertahan 3-4 jam saja dan tidak bisa di top-up / ditambahkan. FYI, teorinya pembukaan 1 cm itu memakan waktu 1 jam. Jadi pembukaan 1-10 ya minimum 10 jam untuk anak pertama.
  • Disuntikan di dekat tulang belakang dengan jarum suntik kecil (1/6 x jarum suntik biasa).
Epidural:
  • Bisa diberikan kapan saja, bukaan 1 cm pun sudah boleh. 
  • Efek obatnya sama dengan ILA 3-4 jam, tapi bisa di top-up.
  • Disuntikan di tempat yang sama dengan ILA yaitu di tulang belakang, tapi digunakan kateter (semacam selang kecil) dan dibiarkan disana sampai proses melahirkan selesai. Ini gunanya adalah untuk menambahkan (top-up) obat bila efeknya sudah habis tapi bukaan belum juga lengkap.
  • Karena harus masukin selang ke tulang belakang (bayangin dulu gihh...), jadi otomatis jarum suntiknya besar (6 x jarum suntik biasa). Biasanya dikasih bius lokal dulu supaya gak sakit waktu disuntik.
image source

Efek sampingnya apa?

Worst-of-the-worstnya bisa kejadian begini:
Suntikannya gak pas sasaran (NAH LHO?). Bisa jadi kalau dokternya kurang ahli / kurang berpengalaman, suntikannya bisa mengenai sumsum tulang belakang yang dapat menyebabkan kelumpuhan total di tubuh bagian bawah (ngeriiii yaaa). Tapi dokter bilang kejadian ini sedikit sekali, nyaris jarang banget.. jadi gak perlu takut :)

Efek samping kedua adalah terhadap dompet suami. Ya eyaalaahh, nambah obat / prosedur bianyanya nambah juga ibuuu ;p

Syarat-syaratnya untuk dapat ILA / Epidural apa?
  • Permintaan sendiri dari ibu hamil. Ya dokter gak bisa se-enaknya nge-jas-jus-jas-jus kalo ibunya gak minta. Sebenernya kan lebih baik alami gak pake apa-apa toh?
  • Cek darah dulu untuk melihat Hb dan kekentalan darah. Karena namanya disuntik kan dalamnya kita pasti ada luka / robekan, makanya darahnya harus bisa membeku dengan sendirinya.
  • Tekanan darah tidak boleh kurang dari 95 mmHg (tekanan darah atas) soalnya dengan diberikan suntikan ini tekanan darah akan berkurang sedikit.
  • Bila ada alergi obat, harap lapor. Bila alergi obatnya sama dengan obat si ILA/Epi yaa pastinya ga boleh dong.
  • Cek apakah tulang belakangnya normal / lurus. Apabila ada deformasi (skeliosis / sebangsanya) maka gak bisa diberikan.
  • Ibu gak boleh kegendutan (maksud loeeeee? haha..)
    Ini sih lebih ke teknik penyuntikan aja. Jarum suntiknya panjangnya tertentu. Nah kalo si ibunya terlalu gemuk dibagian tulang belakang, jarum suntiknya bisa gak sampe! Nah kalo gak sampe yaaa, nasibbb.... wkwkwkwk... Dokter bilang dia pernah suntik ibu dengan berat badan 105 kg dan sampe-sampe aja. Tapi, dia pernah juga suntik di ibu berat 75 kg tapi gak sampe. Jadi yaa bukan cuma berat ya, tapi kandungan lemak dibagian belakang.. (tiba-tiba inget gerakan fitnes buat ngelatih otot sayap)
Nambah inpoh:

Setelah disuntik ILA / Epi kita gak boleh jalan-jalan / turun dari ranjang. Ya namanya juga dibius kan... pasti ada efek nge-fly-nya sedikit. Nah karena ituuuu... otomatis kita gak boleh turun ke WC jadi jalan satu-satunya adalah harus pasang kateter untuk pipis (tidakkkkkk!). Tapi bukan kateter kayak buat orang sakit yang nempel terus-terusan loh, katanya kateternya dipasang sementara doang pas kitanya mau pipis (CMIIW)

Kata dokter lebih baik bilang sama susternya minta ILA / Epi sebelum sakitnya bener-bener gak tertahankan. Soalnya dokter anestesi bisa aja lagi di ruang operasi dan kita terpaksa nunggu agak lama. Dan kalau kitanya sudah terlalu kesakitan, otomatis pasti gak bisa diem untuk duduk menunduk sehingga sulit untuk menyuntikan obatnya.

Kalau kita harus di induksi (karena satu dan lain hal), biasanya prosesnya adalah diberikan Epidural dulu, baru di induksi, bukan sebaliknya. Eh tapi ini tergantung masing-masing dokter sih... kalo dokternya kejam bisa aja gak di ijinin =P

***

Yak sekiaaaan, semoga bisa membantu ibu-ibu yang clueless seperti saya dulu mengenai ILA dan Epidural =)

Kalo ada yang salah-salah mohon dimaapken ya, namanya juga baru teori.. nanti kalo misalnya sudah dipraktekan saya update deh hehehehe... (walopun doanya semoga saya kuat jadi gak perlu pake ILA/Epi...)


***

Update mengenai perut sendiri.. Sekarang usia kandungan udah masuk ke 38 weeks. So far baru pernah ngerasain nyeri-nyeri di perut bagian bawah banget kalo pas jalan. Selebihnya normal-normal aja sih. Ahh semoga gak lama-lama lagi yaa babyyyyy Jeeeee.

Discussion

  1. Hah? Udah 38 weeks aja tau-tau?? Cepet bangeeett... Good luck ya, Mel!
    Thanks for sharing. Gw itu takuuutt bgt sama lahiran. Belom hamil aja gw udah ketakutan duluan. Gw sebenernya baca tulisan lo ini awalnya jadi sedikit lebih tenang. Painless.... Tampaknya indah. Masalah disuntikin dimana, gw sebenernya udah tau kalo itu bakalan disuntik ke tulang sumsum. Tapi pas liat gambarnya... ngook.... seketika itu juga punggung gw ngilu, heheh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihihi gw jg dari dulu takut melahirkan.. dr kecil berdoa supaya nanti di abad ke 21 (uda kayak doraemon nih) ngelahirin udah gak sakit lagi, eeehh tp tetep aja yaa namanya cewe udah kodratnya harus sakit dikit - smoga jd dikit setelah pake Epi/ILA :p

      Delete
  2. ada yg bilang klo pas lahiran jangan mau di epi, krn bikin tulang keropos g yang baru hamil anak pertama, dapet masukan ini dan itu jadi na bingung, secara beda orang kan beda alergi pantangan dan kondisi badan yah! jadi yah sekarang ada apa2 percaya ama dr. g aja deh jajajaja :)
    eh.. tar lagi donk yah brojolan.... lancar yah sampe waktunya ^^, semoga semuanya sesuai dengan yang diharapkan hwaitinggg~

    ReplyDelete
    Replies
    1. nah itu.. ada yg bilang ada side effect nya yg kurang OK. Yahhh berdoa aja lah supaya kuat tanpa pake obat-obatan ituh :)

      Delete
  3. Mel, walaupun gue belom paham banget apa itu ILA/ Epi gue rasa info ini guna banget. Izin share ya buat temen2 gue yg mao lahiran normal :)

    ReplyDelete
  4. liking this post to the max! copy paste dl ya bot

    ReplyDelete
  5. bacanya langsung mules hahaha, takutttt kalo sakit :)
    btw.....lancar2 trus ya dan semoga kamu n bayi sehat2 sampai waktu melahirkan

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha... nanti juga kau akan merasakan kok :P
      makasih yaaa

      Delete
  6. Waaa.. baru denger soal ILA Mel.. tapi emang belom sampe dijelasin soal lahiran sih sama bidannya. Kemarin aku baru nanya ttg epidural ajah.

    Btw, lancar terus yaaah.. udah minggu ke-38 aja niiih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ntar kalo udah gedean bakal diajarin Be ttg proses2nya.. Denger2 sih di eropa ILA itu gratis loh...

      Delete
  7. wah uda 38w, sbntr lagi yaa...smoga persalinan lancar , ibu dan anak sehat. amin. smoga kuat jadi ga perlu pake epidural/ila.

    ReplyDelete
  8. Seremm juga yah Mel efek sampingnya :D Harus bener2 mastiin sih dokter anastesinya jago dong yah..

    Lancarr teruss yah Mel sampe melahirkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. dokternya sih bilang "makanya saya sekolah lagi lama-lama untuk spesialis anestesi supaya gak kejadian kayak gitu" hihihihi.. Kalo yg nyuntikin bidan jangan mau yaa (ya iyalaaaaaaah)

      Delete
  9. whoaaa...ternyata bisa dkurangin rasa sakitnyaaa ya mel...
    daku jg mw normal aja sih, soalnya lebih cepet pulih katanya....
    semangat mel...bentar lagi...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaaaa, hidup normaaaaaal

      eh eh, kamu kapan mo bikin baby? hihihhii..

      Delete
    2. bikin mah sering mel...tapi belom jadi-jadi...hihihhhi...
      doain yah....

      Delete
  10. Mel......... moga2 lahiran lancarrrrrr kayak jalan tol (di luar negeri) yaaa........

    Pengalaman gw pake Epidural:
    - Abis disuntik langsung badan mengigil banget...
    - Mata sedikit buram kayak mata minus gitu...
    Tapi begitu obat habis, semuanya normal lagi.

    Trus skrg udah hampir 4 bulan sejak gw lahiran, gw ngga ngerasa ada yang ngga ok dari badan gw sih.. moga2 seterusnya jg tetap fine2 aja...

    Once again, semoga lancar ya, mom & baby sehat! God bless.

    ReplyDelete