28

Teknologi kepo

Posted on Thursday, February 27, 2014


Baru-baru ini kantor saya pindahan ke gedung baru, alias bener-bener gedungnya baru gres jadi. Nah gedung ini bisa dibilang modern banget (eh, apa gedung lama yg kuno yah?). Suasana gedung lama dan baru kira-kira begini nih:

Gedung lama
Begitu masuk setelah melewati pintu otomatis kita akan disambut sama bapak satpam dengan alat dan pintu metal detector. Posisi ini membuat pintu otomatisnya kadang terbuka terus bila ada antrian (ya antrinya aja pas di pintu kok). 
Setelah melewati lobby, untuk masuk ke lift area kita disambut sama bapak satpam lagi dan kita harus melewati pintu kecil lagi. Maksud pak satpam mejeng di depan lift adalah supaya tamu bisa lapor dulu sebelum masuk ke lift area. 
Masalahnya adalah satpamnya cuma satu dan dengan meja kecilnya yang muat untuk satu orang duduk saja itu sering kali membuat tamu harus antri untuk menukar kartu pass. Dan antriannya pas banget disamping pintu jadi kalau lagi rame mereka akan menghalangi orang-orang yang bukan tamu yang mau langsung masuk ke lift area. 
(Lucunya kartu pas ini sebenernya gak ada guna juga sih soalnya mau masuk ke gedung ya cuma lewatin pak satpam itu. Gak ada pintu yang masuknya pake kartu akses, jadilah orang bisa selanang-selonong masuk juga kalo gak lapor). 
Lift-nya standar, tekan tombol naik/turun, bila liftnya kebuka baru tekan lantai yang dituju di dalam lift. 
Toiletnya juga masih standar dimana flush dan washtafelnya masih menggunakan tombol/knob manual.

Gedung baru
Satpam dengan pintu metal detector ada sebelum automatic door. Ini lebih bagus karena pintu otomatisnya jadi tidak terbuka terus. 
Lalu disambut dengan meja panjang seperti di lobby hotel berisikan mbak-mbak (2 orang doang sih) berpakaian rapih ber-blazer dan cantik-cantik untuk menyambut tamu dan menukarkan kartu pass. 
Setelah itu untuk masuk ke lift area kita harus melewati pintu yang keluar-masuknya harus menggunakan akses kard /  kartu pass untuk tamu. 
Untuk menuju lantai yang kita mau, kita harus menekan angka lantainya diluar lift. LCDnya lalu akan menunjukan lift mana yang akan membawa kita kesana. Begitu masuk lift hanya lantai yang dipilih dibawah lah yang akan dituju, alias kita tidak bisa memilih lantai lagi begitu kita sudah masuk ke dalam lift. 
Toiletnya sudah modern, dilengkapi dengan automatic flushing (yang akan ngeflush setelah kita meninggalkan toilet) dan washtafel yang akan mengalirkan air bisa kita letakan tangan dibawah pancuran airnya *pancuran air, Mel?* *ya gitu deh pokoknya*.

Nah, awalnya saya seneng dong melihat teknologi baru (menurut saya sih baru ya) kayak gini. Tapi lama-lama ihhhh kok reseh yaaa.

Bayangkan kejadian kayak gini. Pagi-pagi, hujan, jalanan macet, becek, alhasil telat ngantor. Buru-buru masuk ke gedung baru, gesek akses kard tapi malah eror. Berkali-kali tetep eror. Setelah diomelin sama orang belakang dan panggil satpam, baru deh tau kalau mau gesek kartu badan kita tidak boleh terlalu maju ke pintunya. Kalau terlalu maju, si sensor kepo akan menganggap manusianya sudah lewat dan pintu akan langsung tertutup sebelum terbuka (nah loh, bingung gak lo?). Jadi kita harus sabar gesek pelan-pelan, setelah pintu terbuka baru deh majuin badan n melangkah masuk -_-“.

Setelah masuk ke lift area kita tekanlah lantai yang dituju. Ok sip, diarahkan ke lift A. Lah tapi ini orang beda-beda lantai kenapa diarahkan ke lift A semua ya? Lift A terbuka, semua orang masuk, liftnya mulai penuh. Sebelum kita sempet masuk tiba-tiba *DING* lift B terbuka. Otomatis kita mau masuknya ke lift B dong, wong udah kebuka begitu.. eh tapi tapi.. kan di dalam lift gak bisa milih lantai, sedangkan si operator lift kepo otomatis sudah memilihkan lift A untuk kita. Mau-gak-mau kita berhimpitan masuk ke lift A, bersabar saat lift berhenti satu-satu di lantai yang lebih rendah dari yang kita tuju sambil ngebayangin naik lift B yang bisa langsung menuju lantai kita andai saja liftnya masih manual -_-“.

Udah? Lanjut.

Karena tadi hujan, maka kita akan ke toilet dulu untuk membersihkan diri. Masuk ke kubikel toilet beres-beresin baju agak lama maka si toilet kepo akan berkali-kali ngeflush (ya karena kita goyang kanan goyang kiri ngerapihin baju, yang mana dibaca sama toilet kepo kalau kita sudah keluar dari toilet). Setelah annoyed berkali-kali ngeflush (ya kali dikira kubikel sebelah kita pup pagi-pagi secara ngeflush mulu), kita mau ngerapihin make-up dulu dong. Jadilah tas dan barang bawaan kita letakkan diatas washtafel. Karena buru-buru gak sengaja tas kita kesenggol dan jatoh ke atas washtafel. Pas mau ambil tasnya, tangan kita tanpa disadari berada dibawah pancuran air washtafel. Apa yang terjadi? Si washtafel kepo mengucurkan airnya ke atas tas Birkin (ngarep.com) kita.

The End.

Discussion

  1. Hahaha.. mau cepet malah direpotin yah.. Puk-puk Mel..

    ReplyDelete
  2. lift model gitu kan di APL ada tuh... pas pertama masuk, gua langsung cengo, mau ke lantai sekian gimana caranya hahahahaha... norak banget...

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa betul2. mirip sama yg di APL. Sok2an pake LCD tapi bikin bingung!

      Delete
  3. Hahhaha gileee kantor loe modern banget mel...kantor gw masih manual semuanya smp2 dibeberapa toilet masih jadul banget *ember + gayung* hahhahaha, ternyata modernpun ttp merepotkan yaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha ember gayung sih jadul banget Mir!!! jgn2 pake toilet jongkok ya??

      Delete
  4. Jadi inget pas interview di kantor yang lama, lift-nya kan model centralized gitu. Terbengong-bengong aje pas di lantai bawah, terus asal naik lift, bingung kok gak ada pencetannya? Untungnya kok lift itu menuju lantai yang gue mau.

    Terus pas ke tempat client model pintu masuknya kayak yang lo sekarang gitu, di-tap access card-nya. Nggak bisa2. Untung mbak-mbak di belakang baik, ngasih tau kalo jangan terlalu ke depan badannya. Duh!

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa.. apalagi kalo ada pembagian lift atas, tengah, bawah.. dan tulisan pembagian lantainya entah dimana ko gak kliatan.. pasti bengong deh knp lantai yg gw mau kok gak ada dipilihan (pengalaman pribadi)

      Delete
  5. mirip2 sama mellisa O, di apl pula gw pertamakalinya nemu lift canggih lalu gw kepo masuk lift yg kebuka.. lalu pas sadar mw mencet ini napa gak ad lantainya g lgsung parno takut n ikut org keluar di lantai yg gak seharusnya.. lalu g turun ke lntai bwh lagi br ngeliatin org dan g ikutan dhe... gilakkk udah keringettt dinginnn aja... harusnya aiatem pembagian lantainya yg krg bener x jd pada di A smua.. *sotoy.com hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaha sampe keringet dingin.. tp emang sih buat yg gak tau bakalan bengong di dlm lift yah

      Delete
  6. kalo yang wastafel masih ok lah..
    tapi yang lift emang annoying. dulu pas masih kerja di GKBI, lift nya kan model gitu tuh. ribet. hahaha.

    ReplyDelete
  7. Dikantor kalau wastafel dan toilet udah canggih sih dan kalau mau masuk lift harus masuk lewat jalur pake akses card gitu..
    Kalau lift kaya gitu sih rada ribet sih ya, sama sih kadang kartunya suka ngadet dan harus panggil satpam dulu baru deh bisa kebuka..
    Salam kenal..

    ReplyDelete
  8. Terkadang teknologi bikin senewen jg yah...mepermudah sih mempermudah...tapi koq ribett amett..

    ReplyDelete
  9. wah mantep tuh mel kantor barunyaaa...
    btw mel, dikau di perusahaan tambang kan yah?? mw kepo sesuatu donk mel...

    ReplyDelete
  10. Hahahaha... untungnya teknologi itu udah ada dr sejak gue kerja di Indonesia.. soal pintu masuk dan elevator canggihnya maksudnya. Malah gue suka kesel kalo gedungnya 30 lantai dan lift berhenti di banyak lantai. Tg designated system itu kan maksimal 5 sampai 6 lantai aja. Tapi soal toilet, gue lbh suka yg manual. Bete kalo pas butuh ngeflush malah ga ngeflush n sebaliknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ooo jd udah lama dong ya teknologinya? (kok gw baru tau?)

      di maksimalin lantainya jg percuma, Le. kalo yg antri utk lt bawah itu rame kan tetep aja hrs jejel2an di dalem lift

      Delete
  11. Haha tulisan lo ini lucu banget aku sukaaaaaa

    ReplyDelete
  12. wakakakaka kalo toilet sih buat malu gue, dulu perna nemu toilet yg pake sensor gt nge flush mulu. karena gue norak jd bengong aja didepan sensor sambil ngeliatin itu wc napa ngeflush terus

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahahaa.. gak go green ya tu toilet. buang2 aer

      Delete
  13. Gue lom pernah merasakan naik lift yg pencet lantai diluar tuh..terdengar waaah sih tapi ternyata menyusahkan ya..hahahha

    Klo wc sih gue paling sebel klo ketemu wc yg wastafelnya ajaib.. ntah ngucurin aer darimana ato ngeluarin sabunnya gimana. kan malu klo diliatin org gue bengong liatin wastafel yaaa..

    Temen g pernah cerita loh ada wc yang pintunya pake sensor gerak..jadi klo ga ada yg bergerak dia lama2 transparan sendiri. Serem ga sih loe bayangin kita lagi pup kan biasa nyantai ga gerak ya tiba2 pintunya transparan... astagah..
    Ga penting banget nih teknologi yg satu ini..
    G lupa tapi dimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya tuh wastafel. apalagi kalo sensornya jelek.. udah goyang2in tangan dibawah keran masih gak keluar... giliran org lain kok gampang2 aja tuh aer keluar >_<

      ih itu WC sih horor banget lo na. Smoga building management gw gak tau tuh teknologi.. kalo gak bisa2 diganti pake bgituan hahaa

      Delete
  14. canggih banget gedung kantornya mel.... keren pasti :D
    emang ya kadang kecanggihan bisa beriringan dengan kerempongan kalau jadinya kek gitu hehehhe

    ReplyDelete
  15. Belum pernah coba lift kek gitu *norak* hahaha ;p Tapi kalo lantai nya banyak emang paling enak beberapa lift kebagi sesuai lantai yah jadi ga perlu berhenti disemua lantai klo emang isinya beda2 kan. :D Teknologi harusnya memudahkan yah, tpi kadang malah repotin.. :D

    ReplyDelete