17

Cengbengan dan Ecopark

Posted on Monday, March 30, 2015



Papa  mama saya ada tradisi setiap tanggal tertentu di setiap tahun pasti pergi “ceng beng” ke Ancol.

Buat yang gak tau, “ceng beng” itu adalah tradisi orang Tionghoa sembahyang ke kuburan leluhur. Karena engkong saya tidak dikubur, melainkan dikremasi dan abunya dibuang ke laut, makanya kita kalau ceng-beng-an ya ke laut. Di Jakarta kemana lagi kalau gak ke laut Ancol kan ya..

Biasanya mama beliin engkong saya rokok, koreknya, dan permen merek Ricola karena 3 benda tersebut pasti ada di kantong engkong saya di masa tua nya. Awalnya si hanya rokok dan korek, tapi belakangan karena harus mengurangi rokok, engkong saya jadi makan permen Ricola  yang sugar-free. Kalau kosong katanya mulutnya asem.

FYI, engkong saya adalah pecandu rokok lumayan berat. Dulunya sehari bisa habis satu bungkus. Setelah tua beliau mengurangi jadi beberapa batang sehari. Kemudian diumur 80-an beliau mengidap kanker paru-paru karena kebanyakan merokok. Tapi tetap aja merokok sehari sebatang sampai akhir hidupnya. #StopSmokingNOW

Kembali ke tradisi “ceng-beng”, ternyata saya sekeluarga bukan sendiri. Di Ancol itu banyaaaak banget orang-orang keturunan Tionghoa yang datang untuk sembahyang. Mas-mas yang punya kapal aja sudah langsung menawarkan jasa kapalnya begitu lihat kita turun dari mobil (padahal mah belum bawa bunga dll)

Tradisi cengbeng nya adalah sebagai berikut. Dari rumah ortu saya sudah membeli bunga untuk ditabur. Lalu kami menyewa kapal nelayan untuk bisa berlayar sedikit ke tengah laut. Gak jauh sama sekali sih, paling juga setengah kilometer dari lepas pantai. Para nelayannya sudah tau mengenai tradisi ini sehingga mereka akan memberitahukan kita apabila sudah boleh tebar bunganya. 

Mama saya sih bilang boleh sambil tebar bunga sambil berdoa ke engkong. Tapi saya biasanya ya seperti ngobrol aja dalam hati, "apa kabar kong, Icha tahun ini punya anak loh, engkong sudah punya buyut!".. ya semacam itulah.

Layaknya orang modern dan beragama, saya merasa kalau mau berdoa ya dikamar aja cukup, ga harus sambil tebar bunga :p

Setelah bunganya habis, mama atau om saya melemparkan rokok, lighter, dan permennya ke laut. Biar engkong di sana bisa ngerokok setahun sekali hahaha. (I know, I know, nyampah dan bikin polusi)

Setelah itu kami kembali deh ke darat. Biasanya keluarga mama ngumpul dan cerita-cerita sambil makan makanan yang sudah kami bawa dari rumah di pinggir pantai. 

Tahun ini saya ajak Grace ke pantai tapi gak ikutan melaut. Mama saya khawatir Grace masuk angin laut, sedangkan saya khawatir anaknya gak bisa diem dan nyemplung ke laut. LOL. 

Jadi, setelah bertemu dengan keluarga besar, saya pamit untuk jalan-jalan ke Ecopark. 

Saya kira Ecopark tuh segede Central Park di US (kayak pernah aja lu, Mel), eh ternyata gak gede-gede amat ya. Ya, lumayan sih kalo ngiterinnya harus sambil gendong Grace (-_-")

Saya sukaaa sama pohon-pohon nya yang rindang dan jalan setapaknya yang teduh. Serasa berada di luar kota aja :)

Sudah lama rasanya gak menghirup udara segar sambil dengerin kepakan sayap burung.
Grace suka banget ngeliat bebek alias angsa dan burung dara. (Jadi inget komennya Tomo, "itu burung dara yang dimasak kan ya?" - merusak mood aja de bokk)

Awalnya Grace saya suruh jalan karena tidak mau duduk di stroller. Tapi dong, jalannya setiap beberapa langkah lalu stop, liat kebawah, lalu muter balik 2 langkah. Lalu maju lagi, beberapa langkah, stop, liat bawah, jalan mundur. Atau setelah beberapa langkah, stop, ga mau maju lagi haha. Padahal ya, itu jalan setapaknya rame sama orang jogging. 

Akhirnya karena gak sampe-sampe ke tujuan (tujuannya lihat bebek), Grace saya gendong paksa deh. Gendong lalu lari. Anaknya meronta-ronta sambil teriak. Saya ga jelas juga sih teriak seneng apa marah hahaha.

Dikasih liat bebek malah bengong. Mungkin di bayangan Grace bebek ya yang seperti di boneka dan di babyTV ya, kuning. Tapi yang ada malah angsa warna putih. Ya lumayan lah, daripada lihat bebek beneran yang coklat bisa tambah bengong dia. :p. Bunyinya juga bukan kwek-kwek, tapi lebih ke ngok-ngok. Apa mungkin karena (sekali lagi) itu angsa ya jadi bunyinya beda? *tiba-tiba merasa oon*

Bengong liat bebek, eh angsa
Sambil lihat danau bebek kita sarapan di kursi taman yang disediakan. Asiknya, makan pagi dengan pemandangan yang asri :) Sayangnya saya gak bisa foto karena si bocil berkeliaran kesana-kemari sambil makan dan saya harus megangin terus takut jatoh nyusruk ke aspal atau batu (Amit2).

Selesai makan kita melanjutkan jalan mengitari taman. Gak kerasa, eh sudah sampai aja ke pintu keluar.

Ngomong-ngomong, disana ada deer island tapi kok gak ada akses jalannya ya? Atau sayanya aja yang gak ngeh? Jadi rusa dan burung pelikannya saya hanya bisa lihat dari jauh gitu. Sayang banget...

Disana juga ada learning farm, sayangnya pagi itu tutup. Whyyyy? (Emang bukanya jam berapa sih, ci Fel?)

Akhirnya selesai satu putaran kami pulang dan semua sukses molor di mobil. Cuma pak supir alias suami aja yang misuh-misuh karena dia harus nyupir pulang hahaha *puk-puk Tomo*. 
Jadi kesimpulannya, mau liburan sehat dan murah? ke Ancol Ecopark aja (^_^) *bukan iklan*


Disuruh jalan malah diem. Disuruh diem mau foto malah jalan *lap keringet*

Discussion

  1. Gue juga minggu lalu ke ecopark (lagi). Bukan kemarin tp minggu sebelumnya. Si Abby seneng banget jalan kaki di sana. Dan seperti biasa kelar jalan pagi... lanjut lunch di Seaside Suki. Lemak keluar.. lemak masuk hahahahaha. Grace pasti happy deh di sana karena liat yg luas2. Ecopark Ancol tuh kecil banget dibanding Ecopark Malang loh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi jadi demen kesana ya Le.
      Pas gw kesana kemaren rame banget ada family gathering bbrp perusahaan. Jadi males sama macetnya di dalam ancol

      Delete
  2. Mel kayaknya setau gue, angsa suara nya lebih kayak soang deh drpd bebek wkwkwk. Gue terakhir ke ecopark pas marco blm gt lancar jalannya. Skrg uda bs ngabur kenana2 jd mikir2 lg mo ke ecopark hahahaha kebayang cape nya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha iya ya. Gw kadang ga bisa bedain mana angsa, mana soang, dan mana bebek lol
      yg di Ecopark itu angsa bukan sih?
      Btw setelah melihat Marco gw baru berasa kalo Grace itu lumayan anteng, hahahaa

      Delete
  3. Mel, gw baru tau soal ceng beng an yg di ancol. Dan ternyata emang rame ya, sampe mas2 penyewa perahu nya udah ngerti. Selama ini gw tau nya kalo dikremasi, taroh abu nya di rumah abu. Jd kalo sembahyang ceng beng, dateng nya ke rmh abu..
    blm pernah ke ecopark ancol. Kalo dr foto, keliatan nya asri bgt ya. Grace lari2an ga disana? Hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya. kan gak semua abu ditaro di rumah abu. Kalo engkong gw, maunya ditebar di laut aja supaya gak nyusahin keluarga harus ngurusin abunya.
      Grace belum bisa lari untungnya, tapi jalan oleng kanan oleng kiri :p

      Delete
  4. gua juga kalo nebar bunga ke ancol hahahaha... tapi ga rutin tiap taon sih, kalo lagi ada event2 tertentu aja, kayak waktu gua mo married...kita sekeluarga ke ancol buat minta restu kakek nenek...

    pengen nih bawa jayden ke ecopark, nanti nunggu libur deh hahahaha...

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw malah wkt mau merit gak tebar bunga :p
      mending bawa kalo anaknya udah gedean, Mel. Jadi udah ngerti :)

      Delete
  5. eco park emang lumayan banget mel untuk hiburan murah dengan suasana beda. hehehe.. :D

    eniwei, kayanya ada aksesnya deh. soalnya keponakan jp pernah liat rusanya dari deket.

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh yaa, kok gw gak liat ada jembatan ya? di petanya juga gak ada...

      Delete
  6. Klo g kesana takut anaknya lari2 trus nyusruk nyemplung ke air.. abis pinggir2 danaunya ga dipagerin.. hahahhaa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha bener bgt tuh, Na. Makanya gw juga meganginnya dengan sepenuh hati dan tenaga :p

      Delete
  7. duh liat yang udah bisa jalan, menunggu Zio bisa di lepas jalan ... walo tau akan jauh lebih pusink dari sekarang yang masih di ganteng 1 tangan wakakakaka :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi betul2.. bakalan cape ngejarnya. Hati pun ikut sport jantung, takut anaknya jatuh >_<

      Delete
  8. Baru mo bilang, berarti semua itu dibuang ke laut dong..bahaha :p Ternyata sudah ada catatannya..haha :D

    Soang sama Angsa bedanya apa deh? Bahaha.. Sampe skrg ga ngerti gw Mel bedanya..bahaha.. Kapan lagi yah ketemu Grace, tau2 dah sekolah aja yah..huhuh

    ReplyDelete
  9. Kalo saya Ceng Beng juga ke pantai.Sekarang jarang sekali orang simpan abu di rumah abu. Kalo disimpanpun paling sementara.

    ReplyDelete
  10. Kalo saya Ceng Beng juga ke pantai.Sekarang jarang sekali orang simpan abu di rumah abu. Kalo disimpanpun paling sementara.

    ReplyDelete