18

Jalan-jalan ke Purwokerto

Posted on Friday, May 15, 2015

Semingu kemarin, saya dan keluarga besar berbondong-bondong pergi ke Purwokerto untuk menghadiri acara pernikahan sepupu saya.

Sekedar info, Purwokerto letaknya di Jawa Tengah dekat dengan kaki gunung Slamet, tidak jauh dari Cilacap.

Perjalanan kami ke Purwokerto ditempuh menggunakan kereta Argo Dwipangga selama 5 jam lebih.

Biasanya kan Grace di mobil gampang tidur ya, jadi saya berharap dia akan tidur lama di kereta, dan saya jadi bisa ikutan tidur. Ternyata, gak lama masuk kereta Grace bener langsung tidur, tapi cuma sejam! Sedangkan saya belum bisa tidur karena belum ngantuk. Giliran saya dan bapaknya sudah ngantuk anaknya malah seger (-_-)

Selama 5 jam Grace sempat bosan, akhirnya segala mainan masak-masakan, iPad, dan HP pun dikeluarkan. Sempat masih rewel yang akhirnya saya ajak lihat awan dan berimajinasi sama bentuk-bentuk awan. 10 menit sebelum sampai dia tidur. Untung ada gendongan, walopun tidur saya gotong turun pun sampai naik ke mobil anaknya gak kebangun.

Di purwokerto saya langsung disambut oleh om saya, kumpul dengan keluarga besar, makan siang dan check in di hotel.

Kami menginap di Dominic hotel. Hotelnya baru jadi semuanya masih bersih. Tapiii, fasilitasnya amat sangat minim. Gak ada hair dryer, ga ada shower cap, ga ada kolam renang, ga ada extra bed, boro-boro ada ranjang bayi yaa. Daan paling parahnya, gak ada restoran dongggg. Saya jadi gak bisa minta tolong panasin makanan untuk Grace, padahal kulkasnya ada.

Pas lagi nunggu jemputan di lobby, saya iseng tanya rate kamarnya berapa (semua penginapan keluarga besar di traktir sama om saya). Ternyata sodarah sodarih, satu kamarnya hanya 250 ribu sajah nett termasuk makan pagi! Bandingkan dengan harga di jakarta, mungkin harga segitu cuma dapat extra bed nya saja, malah cuma dapat sarapan kalo di hotel bintang lima. No more complain deh, :)

Sarapannya di lantai 7 alias di ballroom. Sepertinya sih pakai katering dari luar. Makanannya tidak terlalu mewah tapi saya bilang cukup enak terutama soto purwokertonya. Lumayan deh karena saya gak sempat makan soto aslinya. FYI, tambahan breakfast cukup tambah 20 ribu sajah. Kekurangannya adalah walaupun jadwal sarapan sampai jam 10 pagi, tapi jam 9 makanan sudah pada habis. Dan karena mereka tidak ada dapur, habis ya habis. Nasib deh makan nasi pakai capcay tok wkwkwkwk.

Gak terlalu banyak yang bisa diceritakan selama disana, karena kegiatan selama 2 hari adalah full acara keluarga. Makan bersama, malam widodareni, lalu acara gereja, make up, dan resepsi.

Hari ke-3 baru sempat jalan sebentar ke Baturraden. Kenapa sebentar? Karena semua masih pada kelelahan setelah pesta dan cuaca tidak mendukung, alias hujan lebat sekali huhuhu.

Taman Baturraden cukup ditempuh kurang dari setengah jam dari Purwokerto. Tamannya sebenarnya sangat luas, isinya ada beberapa air terjun, ada juga permandian air panas yang mengandung belerang, ada tempat kemah, dan kayaknya ada kebun binatang kecil. Silahkan baca lengkapnya di sini. Saya sendiri gak sempat tuh melihat semua yang saya sebutkan di atas.

Dalam perjalanan kesana kami mampir di restoran Cinta Alam untuk makan siang. Pemandangannya ckckck.. bagus! pake banget! Sayang hujan jadi kami gak bisa melihat-lihat lebih jauh. Pas reda kami buru-buru pergi ke taman baturraden sebelum gelap.


Cuaca habis hujan, adem, asik digoyang-goyan di dalam gendongan, Grace ketiduran. Lihat tangga tinggi dan banyak saya jiper duluan deh. Ya owohh, jalan sendiri aja capek, apalagi bawa anak 12 kg... Saya cukup naik satu tingkat lalu melambaikan bendera putih. Lol.

Mungkin besok-besok kalau Grace sudah bisa jalan sendiri saya mau deh nyari sampai air terjun tertinggi.

Pemandangannya serba hijau ditambah suara air terjun mengalir, benar-benar bikin betah!

Grace dengan tampang kucel baru bangun tidur. Koper sama anak gedenya hampir sama

Walopun disini tampangnya ngantuk, tapi aslinya Grace excited banget lihat kereta
Grace's first train ride ticket!
Pemandangan Gunung Slamet dari kamar hotel kami

Dekor weddingnya. Cakep yah ^^

Unique wedding cake display. Yes, it is hanging dan bisa di naik-turunin!

A must try food in Purwokerto. Apalagi kalau bukan TEMPE MENDOAN!! Hampir setiap hari saya makan ini dan gak bosen-bosen hahaha..
Ini di RM Cinta Alam. Siapa yang gak betah coba makan dengan pemandangan alam dan gunung begini
RM. Cinta Alam

Gak jauh dari pintu masuk Baturaden disambut sama air muncrat ini. Muncratnya asli tinggi banget! (lihat ukuran orang dipojok bawah)

Air terjun kecil pertama dan satu-satunya yang saya jumpai di Baturaden

Ini pintu masuknya. Tapi waktu mau masuk penuh sama orang, jadi kita baru sempet foto pas keluar disaat sepi. Gracenya udah bobok
See you later purwokerto...

Next up... Jogja :)

Discussion

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Ya elah uda nulis komen panjang2, dia error -_-

    Mel maksudnya itu sarapan di hotel nya pake katering dari luar? Baru tau gue ada hotel yg ga ada dapurnya :D kalo di kota kecil kayak lampung gt disebutnya Losmen kayaknya bukan hotel hihihi. Itu foto grace yg didepan RM Cinta Alam nyengir nya happy banget siiii *emesssshhh*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya pi, mereka gak ada dapur. Kalo lihat bentuk bangunan, lobby, dan kamar sih ini jatohnya hotel, bukan losmen. Sayang gw lupa foto kamarnya yah...

      Delete
  3. foto kalian bertiga cakep banget. semuanya senyum mempesona gitu.. bagus yah pemandangannya.. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, pemandangannya bagus banget. Coba ada kayak ginian deket jakarta ya.. Maksudnya tempat sepi dengan pemandangan alam, kalo di puncak kan udah rame bgt kayak pasar :p

      Delete
  4. Ahhh.. Sukak banget yg foto ber3, Grace keliatan hepi bgt yah Mel :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hepi dia abis makan terus main lari larian di lesehan..

      Delete
  5. itu rumah makan namanya bener2 sesuai tempat yah hahahaha bisa betah gw disana nyeruput teh sambil baca novel trus leyeh2 hahahaa

    Grace lucu nih udah gondrong rambutnya, bisa di jepit2 nih bentar lagi *mama siap2 kalap beli jepit2 lucu*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyeruputnya bajigur atau wedang ronde dong, fel, biar kerasa lokalnya wkwkwk...
      Rambut grace tipis nih, gw takut rontok kalo dikuncir2 :p

      Delete
  6. Pemandangan di resto nya cakep bgt.. nama restoran nya bnr2 sesuai bgt sm pemandangan nya..
    Mel, kl mau naek kereta, anak di atas 1 thn, udh mesti beli tiket sendiri kah?
    senyum nya grace lebarrr bgt di foto ber3.. grace cakeeeep. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo dibawah 2 tahun masih free.. Soalnya kan masih dipangku blm bs duduk sendiri hehehe.
      Thanksss rochan :)

      Delete
  7. Seru banget Mel naik kereta tut tut tut hehehehe. Kayaknya batas anak bosen itu sekitar 3 jam kali ya. Si Abby pas ke Cirebon itu masih bisa tahan, waktu itu usia 15 bulan, tidur dan hepi2 aja. Di Purwokerto sebenernya pilihan hotel cukup banyak, tapi berhubung disponsorin, terima aja, apalagi kalau bersih dan baru ya Mel, dan semoga elu nggak dapet capcay doang hihihi. Naksir deh sama Batu Radennya, mgkn nanti kapan2, gue jg mau conquer Solo Jogja dulu *kalo sempet hihihi*

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hotelnya bagus kok, kamarnya gede n masih kinclong. Recommended. Cuma ya itu, fasilitasnya seadanya hehehe... 250rb mah woethed bangettttt.
      Kok kalo sempet le? Maksudnya apa tuh? Disempatkan dong, waktu masih banyaakk :)

      Delete
  8. Lucu banget ya wedding cake nya digantung gitu :)

    Gw kirain Purwokerto itu di Jawa tengah doang lho deket solo. Yg di Jawa Barat gw kira namanya Purwakarta, ternyata ada Purwokerto juga ya? Beda ya ama Purwakarta atau sama aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Loh iya jawa tengah kok. Gw salah tulis ya hahahaha... Lo jeli juga yah *dua jempol*

      Delete
  9. Resronya baguss kayanya menarik banget itu ya buat dikunjungi... aku pengen jg kapan2 kesituh tfs ya

    ReplyDelete
  10. Wah enak yaa grace uda pinter diajak jalan2...asik nih lain kali Grace bisa diajak jalan2 yg jauhan...
    Ternyata di Indonesia tuh banyak juga yaa tempat wisata yg bagus, gw sering denger baturraden tp sampe sekarang belum tau rupanya kaya apa...smeoga nanti bisa main2 kesana juga deh..hehehe

    ReplyDelete
  11. Mell.. foto bertiganya bagusssss bangetttt.. Ekspresinya itu lohhhh... :D
    Bahagia sekalii.. hehe.. gw ngiler sama tempe mendoannya meelll.. enak kayaknyaa.. hehe.. Ditunggu postingan jogjaa

    ReplyDelete