11

Jogja - Museum Merapi dan Prambanan

Posted on Thursday, May 21, 2015

Hari pertama di Kaliurang, kami berharap bisa bangun siang dan bersantai di hotel. Tapi, dasar bocah cilik, dia bangun dong jam 6 pagi dengan segar bugar dan penuh semangat bangunin mama papanya (Y_Y). Akhirnya mau gak mau kami bangun dan ajak jalan pagi, lihat ikan, mandi, beres-beres lalu makan pagi.

Selesai makan kami ingin melanjutkan leha-leha, tapi, tetep aja gak bisa karena si bocil satu ini belum habis juga energinya.

After another round of "jalan-jalan" di Resort, sekitar jam 11 siang kami jalan menuju Kaliurang, yang ternyata lokasinya masih naik lagi sekitar 20 menit naik mobil.

Masuk ke taman Kaliurang kami harus membayar tarif sebesar 3000 per orang dan per kendaraan. Tarif ini lebih rendah dibandingkan kalau hari sabtu dan minggu.

Nah, disanalah kami, hm, ya bisa dibilang "sedikit" tersesat :p

Soalnyaa, kami gak tau disana ada apa. Kirain bakalan hanya 1 jalan menuju puncak, ternyata jalannya bercabang-cabang, dan banyak cabangnya.

Maju dikit cabang, maju lagi roundabout, eh cabang lagi. Manalah petunjuk jalannya kadang ada kadang gak ada. Sudah tanya orang pun masih gak ketemu loh. Ini jalannya yang menyesatkan atau kami yang dudul ya, >.<

Ada tanda ke museum adat jawa, kami cari-cari malah ketemunya yang lain. Yang dicari malah gak ketemu sampai akhirnya nyerah :p. Sayangnya waktu itu kami gak tau kalau museum adat jawa itu ternyata museum Ullen Sentalu, jadi kami gak niat banget nyarinya (baca: gak pake google map). Setelah sampe hotel, saya baru cari tau, dan ternyata bagus yahhh. Jadi rada nyesel nih gak kesana...

Jalan ngalur-ngidul kami ketemu dengan Tlogo Putri dan Goa Jepang. Sayang, waktu itu pas banget jam 12 siang dan matahari lagi hot-hotnya. Trekking naik? hahaha.. :p Salah sendiri ya salah perhitungan waktu. Harusnya kesininya pagi atau sore sekalian.

Akhirnya kami ke Museum Merapi saja deh yang pasti adem *dasar cupu*.

Jalan ke Museum Merapi pun kecil loh. Walaupun petunjuknya banyak dan jelas, tetep aja kami takut nyasar. Ya gimana ya, kanan kiri ga ada apa-apa, malah keliatan jurang. (Lebay, padahal mah tanah yang turun, mungkin kena longsor)

Ada apa di Museum Merapi?

Awalnya, saya kira rumah kecil, tempat menyimpan barang-barang yang terkena lahar dingin atau letusan kemarin. Ternyata, museumnya besar dan cukup bagus.

Yuk, mari kita simak sambil lihat foto yuuk...

Di depan pintu masuk. Ada tombol yang bisa dipencet lalu keluar narrative (orang ngomong) mengenai gunung merapi. Sayanngya suaranya kecil, sampe saya aja gak bisa dengar.
Serasa kembali ke jaman SMA (atau SMP yah?). Pelajaran mengenai gunung berapi.
(Fotonya gelap, aslinya memang ruanganya rada gelap sih..)
Asal muasal terjadinya letusan

Seismograf untuk mendeteksi aktivitas gunung

Foto-foto wedhus gembel alias asap panas akibat letusan gunung berapi

Bangkai motor yang terkena lahar dingin

Bangkai keramik pecah belah (teko, gelas, piring) yang terkena lahar dingin
Legenda alias mitos Merapi
Mitos Merapi
Cara menyelamatkan diri

Wedhus Gembel lagi. Kalau yang diatas tadi foto aslinya, yang ini 3D modelnya.

Peta Museum. Gede yah...

Pose di depan Museum. Si sus kepanasan kayaknya jadi ngambil fotonya gak ada yang lurus..
Selesai dari sana kami leha-leha lagi.di hotel sekalian Grace makan siang. Sekitar jam 3 baru deh kami "turun" ke Jogja, kemana lagi kalau bukan cari Gudeg!

Berdasarkan yogyes.com, katanya Gudeg yang paling terkenal itu Gudegnya Yu Djum. Restorannya cukup banyak cabangnya. Kami nyoba yang di jalan Kaliurang.

Restorannya kecil dan berada di dalam gang. Gangnya cuma muat satu mobil. Tapi karena kecil, jadi terkesan "homey".

Saya makan nasi gudeg krecek ayam. Rasa gudegnya maniiiiiiiiiiiis banget. Kreceknya pedas. Tapi ayamnya enak. Ayam kampung tapi empuk banget di lidah, dan bumbunya meresap. Pasti masaknya lama nih.

Ini toh Gudeg asli Jogja. Menurut saya dan suami enakan gudeg yang di Jakarta, karena gak terlalu manis. Si sus malah gak doyan. Dia makan ayamnya doang, huhu.

Gudeg Yu Djum. Grace ketiduran di mobil, sampai turun ke restoran pun masih tetep tidur, bangun-bangun pas sampai di Candi Prambanan
Perut kenyang, kami melanjutkan perjalanan menuju Candi Prambanan.

Sampai disana sekitar jam 4 lebih. Kesorean memang, sehingga kami tidak sempat mengunjungi candi-candi lainnya (disana banyak candi kecil). Kami juga tidak sempat mengunjungi Candi Ratu Boko yang terkenal indah sunsetnya. Yah, setidaknya datang jam segitu kami gak kepanasan. Candi-candi lain kan bisa dikunjungi lain kali yah *kedipin suami*.

Candi Prambanan adalah candi yang dipersembahkan untuk dewa-dewa Hindu. Candi yang terbesar dan yang kami lihat terdiri dari 6 bangunan, yaitu Candi Siwa, Wisnu dan Brahma, lalu ada Candi Nandi, Garuda, dan Angsa. Candi terbesar disini adalah candi dewa Siwa. Pantas saja disebut sebagai "Rumah Siwa" (Saya jadi teringat sama bos saya yang beragama Hindu, yang screen savernya berisi gambar-gambar dewa-dewa Hindu.)

Ada arca untuk masing-masing dewa di dalam candi Siwa, Wisnu dan Brahma. Tapi tidak pada candi nandi, garuda, dan angsa (kosong). 

"Tepat di depan candi Trimurti terdapat tiga candi yang lebih kecil daripada candi Brahma dan Wishnu yang dipersembahkan kepada kendaraan atau wahana dewa-dewa ini; sang lembu Nandi wahana Siwa, sang Angsa wahana Brahma, dan sang Garuda wahana Wisnu. Candi-candi wahana ini terletak tepat di depan dewa penunggangnya." - kata Wikipedia.

Saya sendiri hanya memasuki 2 candi, yaitu Candi Siwa dan Candi Wisnu. Yang lainnya tidak saya masuki.

Disana saya melihat ada beberapa turis asing yang didampingi oleh pemandu. Saya jadi bertanya-tanya, pemandunya dapat dari mana ya? Perasaan tadi di pintu masuk gak ada yang menawarkan jasa pandu. Kalau ada saya mau banget, karena percuma kan melihat bangunan bersejarah tanpa tau ceritanya.. mana sekilas saya mendengar cerita mengenai hanoman.. saya mau tau jugaaa... (ya sudahlah, saya baca google saja, hehe..)

Di atas Candi Wisnu  (Saya suka banget sama foto ini)

Nyobain gendong belakang anaknya malah nangis ketakutan, akhirnya disogok susu. Susunya abis anaknya nangis lagi. lol.

Candi Apit (cmiiw) yang patah atasnya gara-gara gempa Merapi tahun 2010

Patahan aslinya diabadikan ditempat asli jatuhnya
Oh ya, buat yang bawa balita seperti saya, mending gak usah bawa mereka naik ke dalam candi deh. Tangga naiknya itu tinggi-tinggi banget, gak ada pegangan, dan pijakannya sempit. Saya coba bawa naik 1 step dengan menggunakan.gendongan depan. Eh, malah turunnya yang susah, karena bak ibu hamil gede, saya gak bisa melihat kaki saya sendiri (ketutup badan anak). Manalah ada rombongan ibu-ibu yang duduk-duduk di tangga sambil ngerumpi. Sudah lihat saya gendong anak mau turun, tetep aja gak mau berdiri, cuma menggok sedikit. Ih, rasanya pengen sengaja saya senggolin pakai kaki (tapi gak jadi karena takut dimarahin dewa Siwa).

Setelah puas foto-foto, kami kembali ke Kaliurang.

Dalam perjanan kami mampir makan malam di House of Raminten. Rumah makan ini mengusung konsep tradisional jawa. Di dalamnya banyak patung orang duduk menggunakan pakaian adat jawa. Ada delman juga bersama patung orangnya. Konsepnya remang-remang, gelap, dan terbuka. Juga musiknya musik jawa jaman dulu banget. Terus terang saya kurang cocok karena terkesan angker. Saya malah gak nyaman sama patungnya karena merasa diliatin pas makan. Hiiii.... Plus, menu makanannya sederhana dan cenderung kurang enak. Bingung deh, kenapa ya resto ini masuk dalam top chart di yogyes dan di beberapa website lain. Dan pas saya datang juga lumayan rame loh.

Selesai makan ala buru-buru (si sus ketakutan, takut ga bisa tidur), kami kembali ke hotel untuk istirahat dan beres-beres. Besok kami akan menginap di Malioboro :)


Jangan lupa baca postingan sebelumnya:

Discussion

  1. Selama di kaliurang, sewa mobil atau ada kendaraan umum untuk ke tempat2 wisatanya ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sewa mobil ci dari Jogja.. kayaknya kalo naik kendaraan umum lumayan susah deh

      Delete
  2. Mel, harusnya pas turun tangga jalannya kaya kepiting jadi merayap miring badan lu sender ke tangga sembari 1 tangan pegangan tangga, pasti anak tangganya gak ketutupan deh hahahaha

    Gw pengennn banget ke Jogja lagi, tadi rencana libur lebaran ini naik argo jadi anak2 biar ada pengalama naik KA tapi nyokap denger cerita udah histeris dulu dan gak boleh (jadi itu baru angan gw semata dan belom ijin sama ferry, secara nyokap aja gak kasih ijin soalnya perginya bertiga aja sama anak kaya dulu hahahhaa)

    ReplyDelete
    Replies
    1. gw pas mau ke Jogja malah inget postingan elu sama anak2 ke Borobudur. Terus inget lo beli congklak hahha...
      kayaknya kalo naik kereta dr jkt ke jogja capek juga yaa.. apakah Conrad bisa anteng atau bosan? hihii...
      Eh, kenapa atuh suami gak diajak???

      Delete
  3. Udah lama banget gak ke Yogya, Madeline juga belum pernah. Kapan-kapan boleh nih ke Yogya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ayuk, gw aja pengen lagi. Belum puas!
      Ajak Madeline naik kereta wisnu kencana deh (kudanya 2) pasti seneng banget!

      Delete
  4. Mell.. itu museum bener2 ngingetin sama karyawisata sekolah dehh.. Semua muanya.. Haha.. Btw gw setuju, kalo udah ke tmpt bersejarah, apalagi museum yg ga ada petunjuknya, bosen bgt rasanya. Tp begitu ada pemandunya, langsung jd menarik bangett haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. yoiii, malah pas gw kesana ada anak2 SMA lagi tour :p

      Delete
  5. Akuu cari2 blogmuu pantesan kok yang biasa buat komen nyambung ke wordpress yg udah lama ga diupdate dan bedaa sama biasanya. Ternyata pake blogspot toh, heuhehe.

    Kmrn juga waktu ke Jogja gw ga keburu ke Ullen Sentalu Mel, sedihh deh padahal katanya bagus. Teruus gw penasaran sama house of raminten itu soalnya banyak yg bilang makanannya enak dan murah. Enak beneran ya? Itu harusnya ibu2 yang duduk di tangga disenggol beneran aja ngalangin jalan, wakakaka :D

    ReplyDelete
  6. huaaa kangen juga udah lama gak ke jogja, sebenernya yu djum biasa aja kak mel rasanya tp karena hits jadi org kalo ke jogja nyari gudeg pasti yu djum, padahal banyak tempat makan gudeg yang lebih enak dr yu djum hihihihi

    ReplyDelete
  7. terakhir ke jogja gudeg yu djum cuma 7000 skrg kynya udah belasan ribu ya liat dari menunya...
    kapan2 kepengen juga ajak anak2 ke jogja

    ReplyDelete