6

Bikin Paspor Bayi (update 2017)

Posted on Friday, June 9, 2017

Bikin paspor sekarang menyenangkan lohhhh.

Awalnya saya sempat pesimis karena bikin paspor sekarang sudah tidak bisa online lagi kayak dulu waktu kami bikin paspor untuk Grace. Sekarang yang ada adalah sistem antrian online, yaitu ambil nomor antrian secara online (bisa lewat PC atau mobile app). Lumayan, jadi gak perlu antri dari subuh. Sistem ini hanya untuk ambil nomor antrian, jadi dokumen dll nya tetap harus dibawa lengkap pada hari H (kalo cara online yang dulu kan dokumennya kita scan lalu di kirim tuh). 

Nah, tapi, pas kita mau ambil antrian online, ternyata sistemnya baru aja dibuat dan belum berjalan di kantor imigrasi tujuan saya, Soekarno-Hatta.Huuu..

Karena gak bisa online, jadi kami memutuskan untuk mencoba aja cara manual. Kami berangkat dari rumah jam 6 pagi, dan tiba sekitar jam 6.40an. Saya turun duluan untuk antri, sementara suami cari parkir karena parkiran deket gedung imigrasinya sudah penuh. Theo, yang mau bikin paspor kebetulan masih bobok di mobil. Pas saya sampai, antrian nya udah lumayan panjang berbentuk letter-U. Ada kali 30an orang. Berhubung kami mau bikin paspor bayi, maka saya gak perlu antri dibagian antrian umum, melainkan ada antrian khusus untuk balita (dibawah 5 tahun) dan lansia (diatas 65 tahun).

Jam 8 kurang petugas udah mengumumkan tata cara masuknya. Si bapak membagikan amplop berisi form yang harus kita isi. Amplop nya dibagikan sesuai antrian. Karena gak ada nomor antrian, jadi kita harus tetap dalam barisan terus sambil inget2 siapa depan dan belakang kita. Jam 8 teng, pintu dibuka, dan kami duduk sesuai dengan barisan kita tadi. Lucu sih, jadi setiap ada orang yang maju ke loket, semua orang dibelakangnya harus maju, pindah tempat duduknya.

Antrian bayi waktu itu cuma sedikit, cuma ada 5 bayi. Saya dapat antrian ke 4. Pas kami dipanggil ke loket dan diperiksa surat-suratnya, ternyata saya ketinggalan satu dokumen dong, yaitu paspor mama / papanya. Lah gimana, wong di website nya gak ditulis kalau harus bawa paspor ortu. Udah deg-degan aja nih bakalan di tolak dan harus balik lagi. UNTUNGNYA, dibantu sama petugas lainnya kalau paspor mama/papanya bisa dikirimkan melalui email. Tapi, eh tapi, ditungguin dong sama dia. Jadi harus dikirimkan saat itu juga ke email mereka untuk langsung di print. Lahhh saya mana pernah nge-scan dan mengirimkan paspor? Suami pernah sih tapi harus akses email kantor yang sempet ngadat. UNTUNGNYA LAGI, si petugas tanya saya bikin paspor dimana. Saya bilang saya bikin disitu juga dan baru tahun lalu. Setelah di cek, ternyata data paspor saya masih ada disana dan bisa langsung di print. HORE! Asli, kami lega banget. Dan bersyukur dengan pelayanan yang sudah maju dan gak gaptek!

Setelah itu kami nunggu lagi untuk interview dan foto. Well, kita gak di interview sih. Cuma buat foto doang. Dan sekarang gak ada cap jari yah hahahaha.

Sampe di dalem si Theo tenang-tenang aja. Pas mau di foto pun, seperti biasa tenang dan sadar kamera. Sayangnyaaa, ada mbak-mbak muda yang malah kasih maenan toet-toet (itu loh, boneka plastic yang kalo dipencet bunyi toet-toet), yang mana kenceng banget toetannya dan terus-terusan. Yang ada Theo nya malah jadi takut dan nangisssssss. Passssss banget, pas di cekrek kameranya, tampangnya mewek :P

Di diemin sempet gak mau, sambil nangis sambil ngintip2 terus ke arah si mbak. Kacian…

Saya permisi keluar dulu sebentar, kasih liat tanaman (Theo demen pegang-pegang daun), lalu masuk lagi. Kebetulan sistemnya ngadat. Sampe PC nya di restart-pun masih nge hang. Jadilah kita pindah ke komputer sebelah. Dengan orang yang baru, Theo malah kembali tenang dan sadar kamera. Hasil fotonya lumayan :D

Abis itu, udah deh, kita boleh pulang. 
Bayarnya nanti dan bisa lewat bank mana aja termasuk BCA, mandiri, BRI, BNI, dsb…

Paspor akan jadi dalam waktu 5 hari kerja. Boleh diambil oleh siapa aja asalkan membawa bukti sudah bayar dari bank.

Theo kami buatkan yang 24 halaman aja dan total biaya yang kita keluarkan hanya 155 ribu. Jauh lebih murah daripada kalau bikin paspor lewat travel agen. Denger-denger orang sebelah, katanya biayanya 1.250 juta untuk satu orang :S

Jam 10 kurang kami sudah sampai di rumah lagi.

Saya happy, Theo pun happy ^_^.

Thanks pak Jokowi yang membuat semua sistem jadi baik ^_^

----

Tips and trick:
 
Dokumen yang diperlukan untuk bikin paspor bayi (bawa dokumen asli dan fotokopi 1 lembar. Saya sih fotokopi 2 lembar untuk jaga-jaga, tapi ternyata gak dipakai):

- KTP ayah dan ibu. Di fotokopi dalam satu lembar A4 (boleh atas bawah atau kanan kiri) yang penting 2 KTP tersebut harus dalam satu lembar A4 dan tidak dipotong.
- Kartu Keluarga
- Akte Lahir
- Akte Nikah orang tua 
- Paspor ayah atau ibu

Untuk dewasa yang mau bikin paspor secara manual, saya sarankan untuk datang jam 6-7 pagi karena pelayanannya hanya dari jam 8 - 10. Jadi percuma tuh kita udah antri panjang tapi ternyata giliran kita lewat jam 10. Yang ada kita harus pulang lagi dan mencoba di lain hari. 

Kalau untuk bayi, entah kebetulan pas saya datang sepi atau gimana, gak perlu deh dateng pagi-pagi banget. Datang jam 8 juga cukup. Tapi jangan kesiangan juga, karena antrian khusus ini hanya untuk 20 orang pertama, hehehe...

Di Soekarno-Hatta ada kantin dan tempat fotokopi. Jadi pastikan anda bawa SEMUA dokumen asli selengkap-lengkapnya. Kalau salah atau kurang, bisa fotokopi disana (tapi antri..). Semua dokumen yang di fotokopi harus ukuran A4. Biarin deh kepotong KK nya, karena mereka gak terima ukuran lain macam folio, dll.

Discussion

  1. Eh keren ya alur dan sistem bikin paspor sekarang. Jaman kapan taun, waktu aku bikin paspor, fotokopi KTP salah size kertas aja disuruh balik lagi dan antri (lagi dong). Waktu sesi interview ketemu petugas ya baek tapi idealis banget. Pas ditanya pekerjaannya apa, aku jawab: nggak kerja, Pak. Eh diomelin panjang lebar. "Kamu ibu rumah tangga itu juga pekerjaan. bahkan pekerjaan terberat di dunia. bla bla bla...." Hahahahahaha...... Lha ini emak bapaknya gabawa fc paspor malah dibantu ngliatin. Keren lah keren emang perbaikan yang dibikin pak Jokowow.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. gw jg amazed sama perubahannya. Terus petugasnya sekarang anak2 muda semua. gw liat gak ada yang lebih dari 40 deh umurnya. Makanya enak, gaul, dan gak gaptek. Pentinggg ituuuu

      Delete
  2. udah gampang ya bikin passport jaman sekarang. gak kayak dulu lagi ya...

    ReplyDelete
  3. mel, setau gua passport yang 24 itu bukannya untuk TKI/TKW ya? soalnya pernah baca2 dimana gitu, lebih baik ambil yang biasa. dulu gua mo ambil yang 24, cuma katanya suka disinisin sama petugas imigrasi.

    ReplyDelete
  4. Ihh kerenn yaa.. Jadi pengen bikin, thanks infonya Mel. Tar klo mo bikin ngintip2 kesini lagi :D

    ReplyDelete
  5. Bersyukur deh Mel jadinya karena buat bayi. Yang kasian itu dan antri dari masih gelap gulita ya yang udah masuk usia anak-anak tapi bukan bayi lagi. Semoga yang sistem antrian online itu bisa beneran optimal deh!

    ReplyDelete