25

Minum obat

Posted on Tuesday, January 21, 2014

Saya itu termasuk orang yang sangat sehat dari kecil sampe gede. Bisa dibilang saya jarang banget sakit. Kalopun sakit paling yang ringan2 kayak sakit kepala yang sembuh dengan paramex. Batuk pilek tergolong jarang. Yang sering malah sakit tenggorokan yang kadang harus dikasih antibiotik baru sembuh.

Sejak hamil kesehatan saya malah semakin meningkat. Selama nyaris 10 bulan mengandung, diluar pendarahan waktu 3 bulan, satu-satunya penyakit adalah sakit tenggorokan yang sembuh dengan minum air madu campur lemon. Nah justru sekarang setelah melahirkan kok saya jadi rentan terkena penyakit ya...

Sebulan pertama sering banget masuk angin gara-gara sering bergadang nyusui setiap sejam sekali. Pernah sampe demam 2x tapi gak sampe ke dokter, cukup dengan paracetamol dan kerokan =P. 

Penyakit pertama adalah timbulnya benjolan berbentuk bola di PD kiri saya. Awalnya saya kira itu adalah asi beku. Saya coba kompres dan pijet-pijet sambil di pompa tapi kok gak ilang-ilang. Makin lama makin membesar. Saya pergi ke dokter bedah PD lalu dikasih antibiotik dan di USG. Puji Tuhan gak kenapa-kenapa. Setelah minum antibiotik seminggu benjolannya hilang.
Setelah itu adal lagi cobaan yang lebih parah. Tanggal 8 Januari kemarin saya panas sampe 40 derajat!

Siangnya saya sehat walafiat banget. Eh tiba-tiba jam 9an malem saya menggigil heboh sampe gigi gemeletukan dan bibir kebiruan. Seumur-umur kayaknya baru ini saya merasa kedinginan kayak begitu. Dalam selang waktu sejam panas saya melunjak dari 37 derajat ke 40 derajat. Langsung deh saya ngacir ke UGD takut kenapa-kenapa. Di UGD saya di infus untuk menurunkan panas lalu di ambil sample darah untuk di cek di laboratorium.

Waktu itu saya sampe kepikiran apa saya sudah mau mati ya? Ini gara-gara baru baca berita tentang ibu yang baru melahirkan satu bulan lalu meninggal gara-gara komplikasi di FB nya AIMI (link artikelnya gak ketemu).

Hasil lab menyatakan bahwa leukosit saya tinggi yang berarti ada infeksi bakteri (dokter gak tau infeksinya kemana). Alhasil saya harus minum antibiotik selama 5 hari. Yes, another antibiotik -_-". Karena PD kanan saya terlihat merah padam dan panas dokter jaga menyarankan agar saya tidak memberikan asi dari PD kanan yang kemungkinan terinfeksi. Hell No! Masa saya harus membuang asi??? FYI, asi saya tidak berlimpahan, kalau hanya dari satu PD pasti kurang. 

Besoknya sempat buang asi 2 botol penuh (sekitar 250 cc?). Setelah itu saya sangsi lalu mencari-cari di google mengenai infeksi payudara. Bahkan sempet nanya ke Leony karena saya sempet baca dia juga kena mastitis (thanks a lot, Le!) Semua menyarankan untuk terus menyusui dan tidak membuang asi. Jadi setelahnya asinya saya tandain dan simpen di kulkas untuk jaga-jaga siapa tau boleh diminum.

Beberapa hari setelahnya saya pergi ke dokter laktasi. Dokter bilang kemungkinan infeksinya gara-gara ada bakteri yang masuk ke PD gara-gara ada luka di puting. Ini biasa disebut mastitis? Antibiotiknya diterusin bahkan ditambah lagi, tapi asi justru harus tetap diberikan. HALLELUYAH. 

Selain itu ketauan juga kalau di puting dan di tenggorokan Grace ada sedikit infeksi jamur yang menyebabkan PD saya cenut-cenut setiap habis menyusui. Jadi saya dikasih obat oles, dan Grace dikasih obat minum.

Seminggu setelah itu saya harus cek lab lagi dan hasilnya belum normal. Dokter menyarankan untuk cek ke dokter bedah (bikin stresss gak sihhh book). Jadi kemarin diiringi dengan rintikan hujan dan genangan dimana-mana (lebay) saya pergi juga ke dokter bedah PD. Untungnyaaa, dokter bilang ini gak apa-apa. Gak harus minum antibiotik lagi karena kasihan bayinya kalau mamanya keseringan minum obat.

Ngomong-ngomong obat, sejak tau hamil sampe sekarang saya masih minum vitamin zat besi dan kalsium. Jadi udah setahunan ya saya kontinu minumin obat setiap hari...

Yah semoga sih gak ada kejadian aneh-aneh lagi lah. Semoga saya bisa sehat terus jadi bisa jaga Grace dan memberikan ASIX dengan lancar.

Obat, jauh-jauh deh lu!

NB siapa tau ada yang butuh info: 
- Antibiotik untuk mastitis adalah Cefspan 200 mg. Harganya gak murah Y___Y
- Obat untuk jamur adalah Mycostatin

Discussion

  1. Waduh untungnya gak knp2 yah kak Mel.. Kalo lagi nyusuin emang gak boleh terlalu banyak minum obat yah kasian dedeknya.. Sehat2 terus yah kak Mel & baby Grace! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, ini juga terpaksa minum obat.. Kalo gak mah tahan2in supaya gak minum dehh

      Delete
  2. Jadi benjolan di PD itu apa mel sampe mesti minum antibiotik? Waduh ngeri bgt sampe demam 40 derajad ya :| sekarang grace uda mau nyusu dari kedua PD apa masi sebelah doang mel?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak tau apa pi. Kayak bengkak aja gitu tp bentuknya bola kayak kelereng. Skrg sih udah nyusu dari 2-2nya. Cuman kata dktr harus sering2 mompa, gak boleh terkumpul terlalu lama di dalem asinya

      Delete
  3. aduh mel lgs deg-deg-an pas baca ada benjolan gituh...untung bukan apa-apa yah...
    smoga mel sehat terus yaaa...ga coba makanin katuk mel, katanya berkhasiat buat ASI...

    ReplyDelete
  4. waduhh mel untung loe ndk papa yaa...kr demam sampai 40 derajat itu bahaya loh
    tapi dirimu minum antibiotik pas lg ngasih asi ndk papa? ndk ngaruh ke produksi asinya yaa?
    puji syukur yaa klo loe udh sehat dan mudah2an lancar ngasinya smp grace 2th yeayyyy

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa makanya gw langsung kabur ke UGD. shock liat angka 40 haha..
      antibiotiknya aman untuk asi kok :)

      Delete
  5. eh kayanya gw pernah minum cefspan soalnya nama obatnya nggak asing tapi gw minum nggak ada hub sama PD eh atau itu AB utk bakteri deng baru inget anak2 gw kena infeksi di tenggorkan dua2nya pas itu dikasih ginian dan emang mahal bo..jd bukan gw yg minum hihhihii

    gw rekomen banger ke klinik laktasi kalau ada apa2 sama PD jd bener2 bisa langsung diatasi lancar terus yah asix nya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. cefspan bukan utk PD doang sih, kayaknya untuk general infeksi bakteri deh.

      yup2 klinik laktasi bener2 membantu.. ternyata selama ini posisi menyusui gw salah, pantesan luka. Telat banget kesananya pas baby udah 2 bulan :p

      Delete
  6. yah moga2 abis ini sehat2 terus ya

    ReplyDelete
  7. semoga cepet sembuh dan sehat terus kedepannya ya mel. Kalo masalah PD gw gak ngerti karna gak ngalamin begitu. Kalo masalah badan yg sering ngedrop pasca lahiran, kalo kata org tua badan kita masih lemah setelah lahiran, makanya disuruh jaga (guek lai) untuk mengembalikan stamina badan. Saran aja mungkin seminggu sekali lo bisa ciakpo buat menjaga vitalitas badan lo. Bikin tim ayam obat aja. bisa diminum sekeluarga (suami dan ortu jg boleh ikutan makan) bener2 jaga stamina terutama dimusim ujan begini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bersyukur deh lo gak ngalamin penyakit PD. menderita banget soalnya setiap selesai menyusui PD nya cenut2.. gw ga gitu ngerti ciakpo sih, tp dulu sebulanan gitu gw makan ayam arak kok tp tetep aja bergadang bikin gw drop.. Thanks God masa2nya udah berlalu hehehee

      Delete
  8. Semoga cepat sembuh yah mel.. dan bisa terus kasih ASIX untuk grace.. :)

    ReplyDelete
  9. Sama, Mel. Clairine juga dikasih Mycostatin sama DSA. Tapi waktu itu bilangnya obat gogi untuk newborn sih. Dan cuma sempet digosokin beberapa kali, abis itu Mycostatinnya pecah disenggol mbak yg biasa ngepe kamar. Hihihihihihihi....

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin jamur Clairine adanya disekitar gigi kali? kalo Grace adanya di tenggorokan gitu, jadinya harus di minumin supaya kena.. kasihan, dia gak doyan.. pasti rasanya aneh deh hehehe

      Delete
  10. Mel, gimana kondisi sekarang? Udah mendingankah? Yang penting semoga stock ASI kagak kekurangan yah. Dan semuanya sehat walafiat. Seandainya beneran kronis mastitisnya, nanti kalo udah ga nyusuin lagi bisa diinjeksi habis atau disurgery spy gak muncul di proses menyusui berikutnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah mendingan jauh Le. Aduh semoga gak dateng lagi deh tuh mastitis.. gak kebayang kalo harus bedah2 PD!!!

      Delete
  11. Cepet sembuh dan pulih 100% yah Mel :) Salute deh sama keteguhan hati lu ut tetep nyusui.. Bersyukur banget Grace punya Super Mom :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. aaaaaaaahhh saya jadi tersanjunggggg... *pelukcium*

      Delete
  12. Baru kali ini dengar kejadian kaya gini, semoga cepat sembuh ya Mel.. Gbu

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya nih, banyak tantangannya ternyata memberikan ASIX tuh.. tunggu aja tanggal mainnya, kamu pasti merasakan juga (bukan penyakit nya loh) wkkwkwkwk

      Delete
  13. Semangat ya Mel ng-ASI-nya, mudah-mudahan masitisnya cepet sembuh. Gue nggak terlalu paham sih soal masitis. Tapi soal badan jadi cepet sakit, karena pas hamil kan badan kita bekerja ekstra keras untuk providing for the baby, makanya pas udah lahiran jadi rentan sakit. Bos gue malah cerita, karena dulu pas hamil dia nggak rajin minum susu, jadi sekarang dia ngerasa tulang belakangnya itu keropos, dan dia sering ngilu-ngilu di tulang belakangnya. Pengorbanan seorang Ibu ya. Semangat Mel! Sehat-sehat terus ya.

    ReplyDelete